Sebanyak 770 item atau buku ditemukan

Visualisasi Dan Virtualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Era digital atau juga dikenal sebagai periode Revolusi 4.0 telah menghantarkan peserta didik menjadi output yang berkolaborasi dengan teknologi melalui sentuhan unik manusia. Sebagian aktivitas pembelajaran dari dunia nyata beralih virtual. Dalam konteks ini, guru pendidikan agama Islam perlu mampu mengoperasionaliasikan perangkat pembelajaran pendidikan agama secara digital, mampu memvisualisasi dan memvirtualisasikan pembelajaran pendidikan agama Islam Melalui buku ini pembaca akan memperoleh gambaran dan pemahaman tentang metode dan konsep penting dalam visualisasi pembelajaran. Di dalam buku ini diuraikan secara sistematis visualisasi pembelajaran pendidikan agama Islam mulai dari ruang lingkup pembelajaran pendidikan agama Islam, kriteria guru pendidikan agama Islam sampai ke paparan tentang virtualisasi pembelajaran pendidikan agama Islam sesuai dengan konsep digital learning. Buku ini ditulis untuk guru pendidikan agama Islam agar mereka memiliki pedoman dalam mengoperasionaliasikan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara digital, mahasiswa, dan semua pihak yang tertarik dalam bidang ini. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

... Agama Islam dan Budi Pekerti di jenis dan jenjang sekolah dasar ( SD ) . KENCANA TABEL 3.1 . KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL , KOMPETENSI SIKAP SOSIAL. 62 VISUALISASI DAN VIRTUALISASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM VERSI PROGRAM MERDEKA ...

Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah

Capaian pembelajaran matakuliah Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam adalah mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan konsep kurikulum di sekolah dan madrasah (ranah kognitif), menguasai teori kurikulum untuk diterapkan di kelas saat mengajar (ranah psikomotorik), mendalami karakteristik peserta didik dan pendidik dalam rangka memotivasi belajarnya (ranah afektif), menerapkan kurikulum secara inovatif yang bertolak dari perkembangan kemajuan pendidikan (ranah psikomotorik), menindaklanjuti hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian tindakan kelas sebagai upaya mengembangkan kurikulum. Pencapaian tersebut akan mampu diwujudkan dengan dukungan bahan ajar yang berkualitas. Karenanya, buku ini disusun berdasarkan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan inovasi kurikulum. Setiap konten dikumpulkan dan dianalisis sesuai dengan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Beberapa fokus pembahasan yang disoroti penulis yakni: Pentingnya mengenalkan konsep kurikulum di sekolah dan madrasah; Mengukur standar kualitas kurikulum; Teori-teori kurikulum di sekolah, Empat landasan pengembangan kurikulum; Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; Model pengembangan konsep kurikulum di sekolah; Anatomi dan desain kurikulum; Evaluasi kurikulum; serta peran guru dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah dan madrasah. Para guru pendidikan agama Islam serta mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) sangat dianjurkan untuk membaca bahan ajar ini. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan buku ini juga layak dibaca oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan; serta para guru yang berpredikat ustaz/ustazah, murobbi, mudarris, muallim yang kaya akan ilmu dan pengetahuan untuk khalayak ramai. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

... dasar berbentuk Sekolah Dasar ( SD ) dan Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) atau bentuk lain yang sederajat serta Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) dan Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) , atau bentuk lain yang sederajat . ( 3 ) Ketentuan mengenai ...

Konsep Dasar Pengajaran & Pembelajaran Pendidikan Islam

Buku pendidikan agama islam yang berjudul Konsep Dasar Pengajaran & Pembelajaran Pendidikan Islam merupakan buku karya Zulkifili, dkk. Buku ini cukup banyak memberikan perhatian, motivasi dan pandangan hidup yang bersifat universal sebagai bagian dari sinyal kehidupan untuk memacu manusia dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ilmu pengetahian dan teknologi. Buku Konsep Dasar Pengajaran & Pembelajaran Pendidikan Islam membahas tentang pendidikan agama islam, mulai dari hakikat, interpretasi, karakteristik, ruang lingkup, metode pembelajaran, model dan prinsip pembelajaran, hingga strategi dan rancangan pengembangan. Daftar isi buku ini meliputi : Bab 1 Pendidikan Agama Islam Bab 2 Hakikat Pendidikan Islam Bab 3 Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam Bab 4 Metode Pendidikan Agama Islam Bab 5 Model-Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bab 6 Strategi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bab 7 Rancangan Pengembangan Pembelajaran PAI Spesifikasi buku ini meliputi : Kategori : Pendidikan Agama Islam Penulis : Zulkifili, dkk. E-ISBN : 978-623-02-5645-5 Ukuran : 15.5x23 cm Halaman : 103 Tahun Terbit : 2022 Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan tinggi (universitas dan sekolah tinggi).

Buku Konsep Dasar Pengajaran & Pembelajaran Pendidikan Islam membahas tentang pendidikan agama islam, mulai dari hakikat, interpretasi, karakteristik, ruang lingkup, metode pembelajaran, model dan prinsip pembelajaran, hingga strategi dan ...

PEMASARAN DIGITAL EKONOMI KREATIF USAHA IBU RUMAH TANGGA

Kita sudah sering membaca bahwa sejarah digital telah meningkat drastis. Teknologi telah tertanam kuat dalam cara kita menjalani kehidupan sehari-hari, tidak hanya memengaruhi cara kita menjalani hidup, tetapi juga cara kita menjalankan pekerjaan. Perbincangan Economist Intelligence Unit sangat menarik karena teknologi telah mengubah cara bisnis dan organisasi beroperasi. Topik teknologi telah menjadi topik hangat dalam banyak diskusi di hampir semua industri. Dalam buku ini, penulis secara singkat membahas tiga teknologi utama dan dampaknya terhadap bisnis. Ada juga beberapa indikasi mengapa penting bagi masyarakat umum untuk terus menggunakan teknologi ini di masa mendatang. Penggunaan teknologi mobile telah menjalankan bisnis dengan lebih baik, transformasi bisnis telah diubah oleh teknologi seluler menjadi lebih sukses (Dash, et al., 2021). Demikian dengan Astuti, et al., (2020); dan C. Smith, et al., (2018) menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi mobile dapat membantu industri meningkatkan kesetiaan, kegembiraan, produktifitas, serta kreatifitas staf.

Kita sudah sering membaca bahwa sejarah digital telah meningkat drastis.

Praktik Analisis Data : Pengolahan Ekonometrika dengan Eviews dan SPSS

Ilmu-ilmu ekonomi dapat kita analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pada saat ini penelitianpenelitian dengan penggunaan pendekatan kuantitatif sudah semakin berkembang, dimana hubungan-hubungan variabel ekonomi yang dahulunya hanya dijelaskan secara kualitatif, sekarang dapat dibuat dalam bentuk matematis dengan pendekatan kuantitatif. Hubungan matematis ini dapat dianalisis dengan penggunaan alat-alat analisis statistik dengan pengujian-pengujiannya, sehingga dalam hal ini ekonometrika sangat berperan(Firdaus, 2011). Ekonometrika adalah suatu ilmu yang membahas masalah pengukuran tentang hubungan dalam ekonomi. Dengan demikian, Ekonometrika adalah ilmu yang mencakup teori ekonomi, matematika, dan statistika dalam satu kesatuan sistem yang bulat, menjadi suatu ilmu yang berdiri sendiri dan beda dengan ilmu ekonomi; matematika; maupun statistika. Ekonometrika digunakan sebagai alat analisis ekonomi yang bertujuan sebagai menguji kebenaran teorama-teorama teori ekonomi yang berupa hubunganantarvariabel ekonomi dengan data empirik.

Ilmu-ilmu ekonomi dapat kita analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Akuntansi Manajemen: Teori dan Praktek

Akuntansi merupakan seni mencatat, mengklasifikasikan, mengikhtisarkan, dan menganalisis transaksi ekonomi. Weygant (dalam Yadiati & Wahyudi, 2007) akuntansi adalah suatu sistem informasi untuk mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan kejadian ekonomi dari suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan. Meigs (dalam wikipedia.com, 2008) akuntansi adalah Pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Dalam hal ini, Akuntansi merupakan seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai “bahasa bisnis”.

... Manajemen (Management Accounting), Akuntansi Biaya (Cost Accounting), Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting), Sistem Informasi (Information System), Anggaran (Budgeting), Akuntansi Pemerintahan (Govermental Accounting), Akrual Basis dan ...

Pendekatan Studi Islam

Buku ini merupakan kajian singkat tentang studi Islam dan berbagai pendekatan-pendekatan dalam pengkajiannya. Pendekatan pengkajian tersebut meliputi pendekatan filsafat, tasawuf, hukum, antropologi, sosiologi, psikologi, sains, sejarah, ekonomi, dan pendidikan. Buku ini hadir untuk memberikan provokasi bagi para pembaca bagaimana menjadikan teori-teori dan pendekatan studi Islam tersebut dapat digunakan untuk mengkaji Islam secara utuh, tidak setengah-setengah, dan tidak hanya bersifat doktrinalnormatif. Dengan demikian, diharapkan Islam mampu merespons dan menjawab berbagai macam tantangan zaman dengan tetap berpegang teguh pada Al-Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad saw.

... Islamic of Advances Studies, dan lain-lain.29 Studi Islam di Barat memang sedikit bervariasi. Di Chicago University ... Rahmatan Lil'alamin, (Yogyakarta: CV Gerbang Media Aksara, 2018), hlm. 33-34. 30 Ibid., hlm. 34. 31 Muniron ...

Filsafat Pendidikan

Edisi Pertama

Buku ini berisi tentang pemikiran mengenai filsafat dan persoalan pendidikan dalam hubungannya dengan eksistensi kehidupan manusia. Oleh sebab itu, kajian pada buku ini lebih kepada filsafat pendidikan yang menjadi ciri khas dalam kehidupan manusia, pendidikan untuk manusia. Buku ini terdiri dari 15 bab, membahas mulai dari pengertian filsafat, definisi filsafat, subjek dan objek filsafat, dan pentingnya filsafat dalam kehidupan manusia, teori kebenaran, filsafat pancasila, etika, dan sebagainya. Oleh karena itu, buku ini memberikan paparan yang komprehensif dan mudah dipahami, sehingga dapat dibaca oleh siapa saja yang berminat dengan kajian filsafat dan filsafat pendidikan, mulai dari mahasiswa, dosen dan peminat filsafat pada umumnya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

Oleh sebab itu, kajian pada buku ini lebih kepada filsafat pendidikan yang menjadi ciri khas dalam kehidupan manusia, pendidikan untuk manusia.

Panduan Penulisan Karya Ilmiah ( Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah)

Judul : Panduan Penulisan Karya Ilmiah ( Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah) Penulis : Dr. H. Masduki. M.Pd.I., Dr. Rasto, M.Pd., Siha Abdurohim, M.Pd. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 145 Halaman ISBN : 978-623-62334-0-5 Karya ilmiah termasuk di dalamnya skripsi berbeda dengan tulisan lepas biasa. Di dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah terdapat kaidah-kaidah yang berlaku, yang mana kaidah-kaidah tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah yang baik dan benar. Melalui karya ilmiah, mahasiswa dapat mengungkapkan pikirannya secara sistematis sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. Dengan mengacu pada hasil kajian pustaka yang bersumber baik dari publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal, artikel, buku teks, makalah, prosiding, atau juga publikasi internet lainnya, mahasiswa melakukan pengamatan lapangan, melakukan penelitian historis atau kajian kepustakaan. Buku pedoman ini dibuat dalam rangka meramu kaidah-kaidah yang berlaku tersebut agar terjadi penyelarasan dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah di lingkungan STKIP Al-Amin Indramayu, sehingga mudah dipahami oleh mahasiswa dan dosen dengan sifat yang seragam.

Judul : Panduan Penulisan Karya Ilmiah ( Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah) Penulis : Dr. H. Masduki.

Buku Ajar Etika Profesi Guru

Pembahasan tentang profesi melibatkan istilah-istilah lain yang berkaitan, yaitu profesi, profesional, profesionalisme, profesionalisasi, dan profesionalitas. agar saudara-saudara dapat memahami perbedaan diantara istilah-istilah tersebut, pada bagian ini akan dijelaskan secara singkat pengertian-pengertian profesi, profesional, profesionalisme, profesionalisasi, dan profesionalitas. Istilah “profesi” menunjuk pada suatu pekerjaan atau jabatan yang menuntut keahlian, tanggung jawab, dan kesetiaan terhadap pekerjaan tersebut. Tujuan dari pembuatan buku ajar ini adalah sebagai buku panduan bagi mahasiswa dalam pembelajaran Mata Kuliah Etika Profesi Guru. Selain itu, isi buku ajar ini dapat dijadikan pembelajaran dan pedoman dalam kehidupan kita sehari-hari bagi pendidik ataupun calon pendidik. Penulis : Dr. Yohamintin, S.Pd., M.Pd.I Editor : Dr. Rahmat Fadhli, Ed.M. Jumlah : i-v+98 hlm Ukuran : 15,5 cm x 23 cm

Penulis : Dr. Yohamintin, S.Pd., M.Pd.I Editor : Dr. Rahmat Fadhli, Ed.M. Jumlah : i-v+98 hlm Ukuran : 15,5 cm x 23 cm