Sebanyak 204 item atau buku ditemukan

Perkembangan Peserta Didik: Konsep dan Permasalahan

Tujuan pembuatan buku referensi ini diharapkan dapat digunakan oleh kalangan akademisi, pendidik, dari level dasar sampai perguruan tinggi, dan penggiat pendidikan nonformal dan informal. Materi buku ini ditulis dari data empiris dengan gaya tulisan yang populer sehingga bisa diterima oleh masyarakat umum. Buku ini membahas konsep dasar dan fundamental dari peserta didik itu sendiri sampai teori dan praktik perkembangannya, yang secara rinci dijabarkan dalam 11 bab: Bab 1 Definisi, Hakikat, dan Kebutuhan Peserta Didik Bab 2 Aturan Pelayaran dan Jenis-Jenis Muatan Kapal Laut Bab 3 Hukum – Hukum Perkembangan Bab 4 Prinsip – Prinsip Perkembangan Bab 5 Perkembangan Pranatal Bab 6 Perkembangan Masa Awal Kanak – Kanak Bab 7 Perkembangan Remaja Bab 8 Pengaruh Perkembangan Emosi Terhadap Perkembangan Peserta Didik Bab 9 Perkembangan Sosial Yang Dialami Peserta Didik Bab 10 Perkembangan Moral Peserta Didik

Peran yang tidak kalah penting lagi adalah sosok guru sebagai orang tua disekolah. Tentu saja guru sebagai pendidik memiliki perbedaan bagaimana mengajarkan peserta didiknya yang masih anak-anak, dan bagaimana pula mengajarkan peserta ...

Sosial Emosional TK

Kompas Ilmu

Buku ini disusun sesuai dengan indikator resmi yang dikeluarkan pemerintah untuk TK.

Buku ini disusun sesuai dengan indikator resmi yang dikeluarkan pemerintah untuk TK.

STRATEGI PENGEMBANGAN TALENTA INOVASI DAN KECERDASAN ANAK

Buku ini dipaparan berbagai strategi mengembangkan talenta inovasi dan kecerdasan anak. Strategi yang dimaksud adalah pertama, pembudayaan talenta disiplin. Pembudayaan talenta disiplin: (1) melalui pembelajaran tematik, (2) melalui penerapan VCT (Value Clarification Technique), (3) melalui keteladanan guru. Kedua, pengembangan talenta tanggung jawab. Pengembangan kecerdasan dapat dilakukan dengan berapa strtegi untuk beberapa jenis kecerdasan. Kecerdasan yang dikembangkan dan dipaparkan dalam buku ini adalah kecerdasan spiritual, sosial, dan kecedasan kognitif. Strategi pengembangan kecerdasan spirtual yang dilakukan adalah pelaksanaan pembelajaran agama, strategi keteladanan dan strategi pembiasaan guru. Strategi pengembangan kecerdasan sosial dilakukan dengan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Strategi pengembangan kecerdasan kognitif ditempuh dengan menerapkan aplikasi kahoot dalam pembelajaran.

Menurut Wulandari (2014:3) kompetensi sosial mengacu pada keterampilan sosial, emosional, kognitif serta kemampuan beradaptasi dengan situasi di sekitarnya. Teori tersebut sesuai dengan hasil temuan pada aspek ini, misalnya pada materi ...

Perilaku Organisasi (Konsep dan Strategi)

Pembahasan dalam buku ini diuraikan dalam dua belas bab yang terdiri dari sejarah perilaku organisasi, dasar-dasar perilaku individu dan kepribadian, perilaku kelompok dalam organisasi, perubahan paradigma organisasi, emosi-sikap-perilaku dalam pekerjaan, kreativitas dan inovasi karyawan, persepsi dan unsur-unsur komunikasi, sikap dan kepuasan kerja, strategi efektif mengelola konflik, teori motivasi, dan efektivitas sistem reward.

Pembahasan dalam buku ini diuraikan dalam dua belas bab yang terdiri dari sejarah perilaku organisasi, dasar-dasar perilaku individu dan kepribadian, perilaku kelompok dalam organisasi, perubahan paradigma organisasi, emosi-sikap-perilaku ...

Kebangkitan Etnis Menuju Politik Identitas

Marjinalisasi dan diskriminasi yang dialami sebuah etnis dalam kurun waktu yang sangat lama membuat ikatan emosional etnis semakin erat dan kuat, karena adanya common cause, common goal, and common interest dan akhirnya memunculkan politik identitas, yang merupakan aliran politik dengan melibatkan seseorang atau kelompok masyarakat yang memiliki kesamaan karakteristik, seperti agama, etnis dan budaya.Konsep tersebut sejalan dengan simpulan dan temuan penelitian ini, yaitu: (1) marjinalisasi dan diskriminasi etnis Dayak di Kalimantan Barat telah menyebabkan ikatan emosional etnis Dayak semakin erat dan kuat, sehingga memunculkan politik identitas etnis Dayak dan membuat lebih mudah dikonsolidasi untuk memilih tokoh dari etnis Dayak sebagai Gubernur; (2) demokrasi dan desentralisasi pada era reformasi merupakan peluang bagi etnis Dayak untuk berkompetisi dengan mencalonkan tokoh dari etnis Dayak sebagai Gubernur; (3) kemenangan tokoh dari etnis Dayak sebagai Gubernur Pada Pilkada Gubernur Kalimantan Barat pada Tahun 2007 telah menggugurkan mindset yang dibentuk oleh kolonial Belanda bahwa Dayak Ulun atau kuli dan oleh Orde Baru bahwa Dayak pemalas serta tidak produktif, sekaligus kemenangan ini telah menyelamatkan dan mengangkat harkat dan martabat etnis Dayak yang selama ini kurang diperhatikan; (4) kenyataan bahwa lembaga politik resmi atau partai politik tidak selamanya mampu menjadi arena perpolitikan yang handal untuk dapat memenangkan kandidat dalam sebuah kompetisi seperti Pilkada; (5) Teori Were (1996) yang mengatakan bahwa partai politik yang representative merupakan wadah dan alat untuk proses konsolidasi, komunikasi, dan kompetisi dalam pemilihan umum, dapat digugurkan oleh munculnya politik identitas yang memenangkan tokoh etnis Dayak pada Pilkada Gubernur Kalimantan Barat tahun 2007. Buku dengan analisis komprehensif ini membawa kita pada kenyataan bahwa partai politik tidak selamanya dan bukan satu-satunya yang dapat diandalkan sebagai wadah atau alat pemenangan Pemilihan Umum. Munculnya politik identitas telah berhasil mengkonsolidasikan etnis Dayak secara emosional untuk memenangkan tokoh Dayak dalam kontestasi politik. Buku Kebangkitan Etnis menuju Pilitik Identitas ini menawarkan referensi bagi kepala Negara (cq. Kementrian dalam negeri) sebagai penentu kebijakan daerah di seluruh Indonesia terutama dalam pembangunan infrastruktur di wilayah pedalaman yang sudah lama terabaikan, pengkaji ilmu politik, peminat studi politik, dan para pemangku kepentingan di bidang politik.

Marjinalisasi dan diskriminasi yang dialami sebuah etnis dalam kurun waktu yang sangat lama membuat ikatan emosional etnis semakin erat dan kuat, karena adanya common cause, common goal, and common interest dan akhirnya memunculkan politik ...

Konsep dan Strategi Pembelajaran

Kekeliruan memilih dan menerapkan strategi pembelajaran menjadi salah satu pemicu dari rendahnya minat belajar peserta didik. Kegiatan pembelajaran sejatinya adalah suatu lingkaran yang saling topang menopang antara pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, model pembelajaran dan teknik pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam buku Konsep dan Strategi Pembelajaran ini terdiri dari 11 Bab, yaitu : Bab 1 Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Bab 2 Teori-Teori Belajar Dalam Pembelajaran Bab 3 Pendekatan Pembelajaran Bab 4 Model Pembelajaran Bab 5 Metode dan Teknik Pembelajaran Bab 6 Pengelolaan Kelas Bab 7 Strategi Pembelajaran Langsung Bab 8 Strategi Pembelajaran Tak Langsung Bab 9 Strategi Pembelajaran Interaktif Bab 10 Strategi Pembelajaran Eksperimen Bab 11 Strategi Pembelajaran Mandiri Besar harapan kami, Buku ini berguna bagi dunia pendidikan dan bisa dimanfaatkan menjadi referensi dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang baik, serta dapat menambah wawasan pembaca terkait konsep dan strategi pembelajaran.

Pembelajaran tematik (konsep dan aplikasi). Magetan: CV. AE Media Grafika. Margaretha, L. (2020) 'Teori- Teori Belajar Untuk Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini', Early Childhood Research and Practice, 1(01), ...

Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0

Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0 adalah berkenaan dengan teknologi pembelajaran yang memegang peranan signifikan di era 5.0. Media pembelajaran menempati posisi strategis dalam mempermudah dan memperlancar belajar, serta menambah efektivitas keberhasilan tujuan pembelajaran.

Aktif dalam organisasi profesi Ikatan Konselor Indonesia (IKI), guru SMP dan konsultan beberapa sekolah di wilayah Depok serta sebagai Asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan PNF Provinsi Jawa Barat sampai sekarang.

Metodologi Penelitian Kuantitatif

Pengertian Metodologi Penelitian Kuantitatif, Tujuan Penelitian Kuantitatif, Peranan Dan Jenis Penelitian Kuantitatif, Ciri- Ciri Penelitian Kuantitatif, Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Rancangan Penelitian Kuantitatif, Prosedur Penelitian Kuantitatif, Populasi, Sampel Dan Variabel Penelitian, Pengukuran Skala, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Pengumpulan Data Dan Perbedaan Penelitian Kualitatif Dengan Kuantitatif

DAFTAR PUSTAKA Amir Hamzah dan Lidia Susanti (2020) Metode Penelitian kuantitatif , Kajian teoritik dan Praktik. Malang: Literasi Nusantara. Bajari, A. (2017) Motode Penelitian Komunikasi, Prosdur , Tern, dan Etika. Bandung: PT.

Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar

Komunikasi merupakan proses yang berlangsung terus menerus dalam menyampaikan dan memperoleh informasi, membangun interaksi sosial. Penulis mengandalkan pidato, tulisan, cetakan dan gambar materi, gerak tubuh dan ekspresi dan juga media teknis seperti telegrafi, radio, televisi, komputer dan lain sebagainya untuk mengoptimalkan komunikasi. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan ilmu komunikasi. Buku ini terdiri dari 13 Bab yang mendiskusikan tentang: Konsep Dasar Komunikasi Model-model Komunikasi Konteks Komunikasi Manusia Teori Komunikasi Verbal dan Non Verbal Teori Komunikasi Interaktif dan Kritis Komunikasi Antarpribadi Komunikasi Kelompok Komunikasi Organisasi Komunikasi Massa Komunikasi Antarbudaya Hubungan Kemasyarakatan Media dalam Konteks Komunikasi Peranan Komunikasi dalam Pembangunan

Komunikasi merupakan proses yang berlangsung terus menerus dalam menyampaikan dan memperoleh informasi, membangun interaksi sosial.