Sebanyak 3671 item atau buku ditemukan

Filsafat Komunikasi

Buku Ajar ini terdiri dari materi mata kuliah Filsafat Komunikasi, yang ditulis dengan tujuan agar mempermudah sistem pengajaran dan pembelajaran bagi mahasiswa Program Ilmu Komunikasi pada Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Buku Ajar Filsafat Komunikasi ini sangat dibutuhkan saat proses perkuliahan pada Prodi Ilmu Komunikasi. Mata Kuliah Filsafat Komunikasi ini sebagai salah satu mata kuliah di program studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU, maka penulis merasa mempunyai tanggung jawab yang cukup besar.

... Philosophy, menjelaskan bahwa epistemologi adalah “the theory of knowledge.” Epistemologi merupakan “the branch of philosophy which concerned with the nature and scope of knowledge, its presuppositions and basis, and the general ...

Penemuan dan penafsiran hukum

Buku yang berjudul Penemuan dan Penafsiran Hukum disusun oleh para Dosen di Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pertiba Pangkalpinang. Menjadi seorang Dosen bukan hanya sekedar melaksanakan pengajaran, dengan kata lain, Dosen juga berkewajiban melakukan penelitian serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bentuk. Dosen wajib mengembangkan kompetensi diri kearah yang lebih produktif dalam rangka untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya, khususnya dibidang ilmu hukum. Salah satu pengembangan diri seorang Dosen adalah dengan menulis sebuah buku dan menjadikannya sebagai bahan ajar yang berguna bagi mahasiswa dan pembaca lainnya. Buku penemuan hukum ini sangat bagus untuk dibaca dan dipelajari oleh seorang calon Sarjana hukum, Magister hukum dan Doktor ilmu hukum mengingat materi penemuan hukum sangat penting dalam mempelajari proses pembentukan dari hukum itu sendiri. Dengan adanya buku ini diharapkan menjadi semangat para Dosen lainnya untuk menulis. Saya percaya dan yakin penulis buku Penemuan dan Penafsiranb Hukum ini sudah memenuhi kaidah penulisan yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan. Akhirnya, Saya selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pertiba Pangkalpinang memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas dedikasi para Dosen dalam menulis buku ini sebagai bentuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Buku yang berjudul Penemuan dan Penafsiran Hukum disusun oleh para Dosen di Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pertiba Pangkalpinang.

Filsafat Santo Thomas Aquinas

Santo Thomas Aquinas adalah seorang yuris, teolog, dan filsuf yang sangat berpengaruh dalam tradisi skolastisisme selain sebagai pendukung teologi kodrat yang paling menonjol dan populer. Pengaruhnya pada pemikiran Barat cukup besar, dan banyak filsafat modern yang mengembangkan ataupun menentang gagasan-gagasannya, khususnya dalam bidang etika, hukum kodrat, metafisika, dan teori politik. Karya-karyanya yang paling dikenal adalah Summa Theologiae dan Summa contra Gentiles. Diduga kuat ia berkenalan dengan Aristoteles, Averroes (Ibnu Rusyd), dan Maimonides ketika berkuliah sehingga memengaruhi teologi dan filsafatnya. Thomas pernah ditawan oleh keluarganya sendiri lantaran niatnya bergabung dengan Ordo yang ia kagumi dan yakini. Penentangan seperti itu ia alami lagi ketika ia menyebarkan pemikirannya. Ia dikecam oleh keuskupan Paris pada tahun 1277. Namun, perlahan teologinya dikagumi oleh banyak pihak sehingga ia mendapat kanonisasi. Sampai sekarang, kelengkapan filsafat dan kejernihan teologi Thomas masih sering dijadikan pokok diskusi kaum intelek. Buku Seri Tokoh Filsafat diterjemahkan dari karya termasyhur Frederick Charles Copleston, seorang pendeta Yesuit Inggris, yang sebelumnya diterbitkan dalam sembilan jilid antara tahun 1946 dan 1975. Sebagaimana dicatat oleh The Encyclopedia Britannica, karya ini adalah “teks dasar pengantar filsafat untuk ribuan siswa universitas, khususnya dalam edisi paperback AS-nya.”

... General Studies. Teologi Kodrati GARRIGOULAGRANGE, R. God: His Existence and His Nature. 2 vols. Translated by B. Rose. London, 19346. PATTERSON, R. L. The Concept of God in the Philosophy of Aquinas. London, 1933. ROLFES, E. Die ...

Filsafat Schelling

Pada usia lima belas tahun, Schelling diterima di yayasan teologi Protestan di Universitas Tubingen, berteman dengan Hegel dan Hoderlin, yang mana keduanya berusia lima tahun lebih tua darinya. Di usia tujuh belas, ia telah menulis sebuah disertasi tentang bab ketiga dari Genesis, dan di tahun 1973 ia menerbitkan esai “On Myths” (Ueber Mythen). Pada waktu itu, bisa dikatakan bahwa Schelling merupakan anak didik Fichte. Akan tetapi, pemikiran Fichte hanyalah titik pemberangkatan refleksi Schelling. Tidak lama setelah itu, Schelling menunjukkan independensi dalam berpikir. Khususnya, ia tidak puas dengan pandangan Fichte tentang Alam yang hanya dianggap sebagai instrumen untuk aksi moral. Pada pandangannya sendiri, Alam adalah manifestasi terdekat dari Mutlak, sebagai dinamika yang mengorganisir dirinya sendiri dan sistem teologi yang terus bergerak. Di tahun 1798 Schelling ditunjuk menjadi Kepala Universitas Jena. Dia memang baru menginjak usia 23, tapi karya-karyanya berhasil menuai pujian tak hanya dari Goethe, tapi juga dari Fichte. Dari tahun 1802 sampai tahun 1803, ia berkolaborasi dengan Hegel menyunting Critical Journal of Philosophy. Buah pikiran Schelling yang terus tumbuh dengan amat terbuka membuatnya menarik untuk diikuti—lebih daripada filsuf lainnya. Buku Seri Tokoh Filsafat diterjemahkan dari karya termasyhur Frederick Charles Copleston, seorang pendeta Yesuit Inggris, yang sebelumnya diterbitkan dalam sembilan jilid antara tahun 1946 dan 1975. Sebagaimana dicatat oleh The Encyclopedia Britannica, karya ini adalah “teks dasar pengantar filsafat untuk ribuan siswa universitas, khususnya dalam edisi paperback AS-nya.”

... Philosophy General (Ueber die Moglichkeit einer Form der Philosophie uberhaupt). Pada waktu itu, bisa dikatakan bahwa Schelling merupakan anak didik dari Fichte. Fakta tersebut sangat terlihat dalam sebuah karyanya yang dipublikasikan ...

Mengenal Filsafat Pendidikan

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas karunia-nya yang begitu nyata tercurahkan kepada kita semua. Buku dengan judul Mengenal Filsafat Pendidikan yang ada di tangan pembaca sekarang ini merupakan hasil dari sebuah ikhtiar dalam menghimpun dan menyusun seperangkat pengetahuan filsafati tentang pendidikan. Tidak banyak buku-buku filsafat pendidikan diterbitkan di Indonesia walaupun di dalam khasanah ilmu pendidikan jelas sekali bahwa filsafat menjadi salah satu pondasinya. Pada era dewasa ini, pemikiran filsafat pendidikan di Indonesia perlu digalakkan agar berbagai kebijakan dan praktik pendidikan selalu berada pada tujuan mulia pendidikan itu sendiri, yaitu menjadikan peserta didik sebagai orang yang pintar sekaligus baik; orang yang mencapai aktualisasi potensi secara optimal. Berdasarkan paparan di atas, maka buku ini hadir memberikan alternatif pilihan kepada para pembaca yang budiman untuk dapat merefleksikan berbagai fenomena pendidikan yang ada dari perspektif filsafati. Semoga dengan refleksi tersebut dapat menjadikan pembaca semakin kritis dalam upaya memperbaiki praktik pendidikan, khususnya di Indonesia, setidaknya kita dapat belajar bersama dan ikut berpartisipasi untuk mewujudkan masyarakat pembelajar. Namun demikian, kami sebagai penulis menyadari bahwa buku ini banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kritik dan saran selalu kami tunggu agar buku ini di kemudian hari akan semakin baik dari sisi isi maupun tampilannya. Akhirnya, kami berharap semoga buku ini bermanfaat bagi banyak pihak. Amiiin.

... philosophy attemps to understand reality as a whole by explaining it in the most general and systematic way , so educational philosophy seeks to comprehend educationin its entirely , interpreting it by means of generals concept that ...

Pendidikan Pancasila Dan Pluralisme

Pancasila dan pluralisme merupakan matakuliah yang diajarkan di seluruh universitas di Indonesia, karenanya sudah sepatutnya mahasiswa memahami dengan baik materi pendidikan Pancasila. Di samping mahasiswa, pendidikan Pancasila juga diperlukan oleh berbagai pemangku kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat. Mempertimbangkan hal tersebut, karenanya buku ini tidak hanya menyajikan materi pendidikan Pancasila secara teoretis, tetapi lebih menyajikan Pancasila dan pluralisme secara lebih “membumi” sehingga menarik dibaca semua kalangan. Dalam penyusunan buku ini, penulis menitikberatkan pada pendekatan teoretis, kemudian memadukannya dengan pembahasan substansi yang kontemporer. Buku ini banyak memuat peristiwa aktual sebagai bagian dari pembahasan, utamanya pada bagian implementasi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan implementasi pluralisme. Tujuannya agar pembaca tidak sekadar memahami sejarah dan konsep-konsep pendidikan Pancasila dan pluralisme, tetapi juga dapat menghayati pendidikan Pancasila dan pluralisme melalui pembahasan peristiwa-peristiwa kontemporer, serta mengimplementasikan falsafah Pancasila dan keberagaman (pluralisme) dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam setiap keputusan yang diambil. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Tujuannya agar pembaca tidak sekadar memahami sejarah dan konsep-konsep pendidikan Pancasila dan pluralisme, tetapi juga dapat menghayati pendidikan Pancasila dan pluralisme melalui pembahasan peristiwa-peristiwa kontemporer, serta ...

Pancasila dalam Pendidikan Humaniora

Interkulturalisme dan Globalisasi-Internasionalisasi

Di tengah arus perkembangan zaman, Pancasila tetap dijaga keberadaannya untuk terus diteguhkan menjadi identitas dan nilai-nilai kebangsaan. Diskursus-diskursus akademik adalah salah satu upaya yang dilakukannya. Diskursus ini terinspirasi dari kegiatan yang dilakukan oleh organisasi pergerakan jaman dulu seperti Budi Utomo, Indonesische Studieclub, dan Algemene Studieclub. Buku ini merupakan pengupayaan akademik yang berkaitan dengan ke-Pancasila-an secara dialogis. Kemudian Pancasila didudukkan sebagai basis moral dari segi pendidikan kemanusiaannya, nilai-nilai kebudayaan dan kecenderungan tantangan yang disebabkan pengaruh globalisasi dan paham-paham internasional. Maka tidak berlebihan jika isi buku ini sangat relevan untuk dapat dijadikan sebagai bahan bacaan bagi para pemerhati kebangsaan dan para Pancasilais yang memiliki keberpihakan dan kepedulian terhadap nasib bangsa ini.

Di tengah arus perkembangan zaman, Pancasila tetap dijaga keberadaannya untuk terus diteguhkan menjadi identitas dan nilai-nilai kebangsaan.

Panduan Penulisan Karya Ilmiah ( Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah)

Judul : Panduan Penulisan Karya Ilmiah ( Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah) Penulis : Dr. H. Masduki. M.Pd.I., Dr. Rasto, M.Pd., Siha Abdurohim, M.Pd. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 145 Halaman ISBN : 978-623-62334-0-5 Karya ilmiah termasuk di dalamnya skripsi berbeda dengan tulisan lepas biasa. Di dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah terdapat kaidah-kaidah yang berlaku, yang mana kaidah-kaidah tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah yang baik dan benar. Melalui karya ilmiah, mahasiswa dapat mengungkapkan pikirannya secara sistematis sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. Dengan mengacu pada hasil kajian pustaka yang bersumber baik dari publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal, artikel, buku teks, makalah, prosiding, atau juga publikasi internet lainnya, mahasiswa melakukan pengamatan lapangan, melakukan penelitian historis atau kajian kepustakaan. Buku pedoman ini dibuat dalam rangka meramu kaidah-kaidah yang berlaku tersebut agar terjadi penyelarasan dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah di lingkungan STKIP Al-Amin Indramayu, sehingga mudah dipahami oleh mahasiswa dan dosen dengan sifat yang seragam.

Judul : Panduan Penulisan Karya Ilmiah ( Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah) Penulis : Dr. H. Masduki.

Manajemen Pers Dakwah

Dari Perencanaan Hingga Pengawasan

Sebagai sebuah proses komunikasi, kegiatan dakwah dapat menggunakan pelbagai media, dan pers atau jurnalistik adalah sebuah kebutuhan yang tak terelakkan pada zaman modern sekarang ini. Pada zaman modern sekarang ini juga tuntutan akan sebuah manajemen adalah sebuah keniscayaan. Buku ini memberikan jawaban atas kelangkaan acuan pada manajamen pers dakwah yang dibutuhkan oleh banyak pihak, terutama para mahasiswa, kaum terpelajar dan praktisi pers Islam.

Sebagai sebuah proses komunikasi, kegiatan dakwah dapat menggunakan pelbagai media, dan pers atau jurnalistik adalah sebuah kebutuhan yang tak terelakkan pada zaman modern sekarang ini.