Sebanyak 1500 item atau buku ditemukan

Ilmu Komunikasi dan Informasi & Transaksi dan Elektronik

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dalam bidang Ilmu Komunikasi dan Informasi & Transaksi Elektronik. Sistematika buku Ilmu Komunikasi dan Informasi & Transaksi Elektronik ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

PBB menyerukan kriminalisasi di seluruh dunia atas produksi, distribusi, ekspor, transmisi, impor, dan NEGARA DALAM HUKUM INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK” kepemilikan dan iklan 153 PENGANTAR INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK ...

Sejarah Sastra Indonesia

Penyusunan buku tentang sejarah sastra Indonesia mungkin tidak pernah lengkap karena terkait dengan keterbatasan informasi. Sejarah juga merupakan hal yang subjektif karena sudut pandang yang dipakai dapat berbeda-beda. Berbagai masalah politik, juga ideologi, kerap kali sangat berpengaruh dalam penyusunan sejarah sastra. Dunia sastra tidak hadir dengan karya sastranya saja, melainkan dengan segenap aktivitas sastrawannya dalam kehidupan bernegara. Dalam masyarakat yang terbuka, ketika informasi merupakan hak publik, penyusunan sejarah sastra diharapkan mampu memberi informasi yang memadai terhadap berbagai aktivitas kesastraan yang telah terjadi. Zaman terus berkembang. Informasi tentang dunia sastra Indonesia semakin meluas dan kompleks. Buku-buku sejarah sastra yang telah ada tentu tidak mampu menjangkau wilayah waktu yang ada di depannya. Pembahasan tentang perkembangan sastra Indonesia dalam buku-buku yang telah menjadi klasik umumnya berhenti hingga Angkatan 66. Masih sangat terbatas pembahasan sejarah sastra Indonesia yang menjangkau ke Angkatan 2000 hingga tahun-tahun terakhir saat buku tersebut disusun. Kehadiran buku dalam ranah sejarah sastra Indonesia ini semoga dapat mengatasi keterbatasan-keterbatasan di atas. Tentu saja dalam buku ini masih banyak informasi yang belum terekam. Diharapkan ada saran dan kritik agar buku ini di masa-masa mendatang dapat terbit dengan lebih lengkap.

Penyusunan buku tentang sejarah sastra Indonesia mungkin tidak pernah lengkap karena terkait dengan keterbatasan informasi.

KONSEP KINERJA GURU DAN SUMBER BELAJAR DALAM MERAIH PRESTASI

KONSEP KINERJA GURU DAN SUMBER BELAJAR DALAM MERAIH PRESTASI PENULIS: Abdul Azis, M.Pd. Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-268-8 Terbit : Juni 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Prestasi belajar tidaklah dikatakan berprestasi tanpa bantuan aspek dan faktor lain yang melater belakanginya. Kinerja guru dan pemanfaatan sumber belajar merupakan bagian dari faktor instrumental yang turut menentukan keberhasilan belajar siswa. Maka buku ini memuat factor kinerja guru, sumber belajar yang mengantarkan siswa berprestasi. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Psikologi Belajar Pendidikan Agama Islam, Rajawali, Jakarta Undang – undang Guru dan Dosen (UU RI No.14 Th. 2005), Jakarta : Sinar Grafika Yamin, Martinis dan Masiah, 2010. Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta : Gaung Persada Ya'qub, ...

Studi Inovasi Dan Globalisasi Pendidikan Suatu Pendekatan Teoritis dan Riset Dilengkapi Contoh Hasil R & D Bahan Ajar

Penulisan buku ini dilatarbelakangi karena masalah pemenuhan buku referensi dan buku ajar Inovasi dan Globalisasi Pendidikan berbasis riset masih kurang. Memenuhi kebutuhan tersebut maka penulis merasa perlu untuk menulis buku ini, terutama untuk menambah referensi dan wawasan keilmuan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Inovasi dan Globalisasi Pendidikan. Perbedaan buku Studi Inovasi dan Globalisasi Pendidikan yang ditulis ini dengan buku-buku yang telah ada adalah buku yang berada di tangan anda ini ditulis dengan materinya sesuai dengan silabus KKNI mata kuliah Studi Inovasi dan Globalisasi Pendidikan. Buku ditulis berbasis riset dilengkapi contoh pengembangan bahan ajar dengan mengambil salah satu materi dari mata kuliah yang pernah peneliti ampu, dan sesuai dengan pengalaman penulis sebagai pengampu mata kuliah ini.

A. Globalisasi Pendidikan Pendidikan merupakan suatu aktivitas penting yang dilakukan oleh setiap negara. Melalui pendidikan terbentuklah rakyat yang cerdas, saleh, berakhlak mulia, terampil, mandiri dan dapat diandalkan sebagai output ...

Mendesain Bahan Ajar Cetak Dan Digital

Perkembangan pembelajaran terus mengalami perubahan. Paradigma pembelajaran dari TCL (Teaching Center Learning) menjadi SCL (Student Center Learning) telah mengubah pola pembelajaran yang menunutut siswa untuk bisa belajar mandiri. Perangkat pembelajaran mandiri di antaranya adalah bahan ajar yang berisi materi, petunjuk belajar, dan evaluasi yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Di era industri 4.0 yang masuk pada era digitalisasi telah membawa perubahan besar pada sistem pembelajaran. Pembelajaran yang berbasis internet telah melahirkan era pembelajaran online (dalam jaringan). Bahan ajar pun menjadi bagian yang terdampak. Bahan ajar harus harus menjadi perhatian guru. Bahan ajar dalam bentuk cetak untuk pembelajaran offline (luar jaringan) harus bertransformasi dalam bentuk bahan ajar digital. Secara konten, penyusunan bahan ajar digital tidak berbeda dengan yang cetak. Hanya saja bahan ajar digital memerlukan bantuan aplikasi berbasis komputer. Banyak aplikasi yang ditawarkan baik yang berbayar maupun gratis yang bisa dimanfaatkan untuk penyeusunan bahan ajar tersebut. Oleh karena itu, melalui tulisan ini penulis menawarkan sesuatu yang dapat menjadi rujukan bagi mahasiswa calon guru yang akan menyelesaikan tugas akhir dengan mengembangkan bahan ajar, atau para guru yang akan menyusun bahan ajar, baik cetak maupun digital. Buku ini disusun secara sistematis mulai langkah awal rencana penyusunan bahan ajar, teori yang akan menjadi landasan, metodologi pengembangan, implementasi hasil pengembangan, dan produk akhir, serta contoh aplikasi dan bahan ajar digital. Semoga buku ini memberikan inspirasi untuk menyusun bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan pendidikan di era industri 4,0 dan di era digitalisasi.

Perkembangan pembelajaran terus mengalami perubahan.

BAHAN AJAR PERENCANAAN PEMBELAJARA

Bahan ajar Perencanaan Pembelajaran disusun merupakan langkah penting agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Perencanaan pembelajaran menekankan kepada proses penyusunan pedoman pembelajaran dalam rangka menerjemahkan kurikulum yang berlaku. Penulisan Bahan Ajar ini bersifat kompilasi dari berbagai buku sumber yang dipergunakan. Oleh karena itu Tim Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu penulis buku teks yang buah pikirannya kami gunakan, khususnya Bapak Prof. DR Wina Sanjaya penulis buku berjudul “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”. Tujuan Bahan ajar ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mengatasi keterbatasan kemampuan dan biaya dalam pengadaan buku-buku literature serta mudah-mudahan dapat memotivasi mahasiswa mendalami dalam merancang pembelajaran lebih lanjut, sehingga dapat mencapai tujuan.

Bahan ajar Perencanaan Pembelajaran disusun merupakan langkah penting agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar

Adanya tatanan dunia baru dalam era digital ini agaknya memengaruhi sikap, karakter, serta kecenderungan personal bahkan psikologis generasi muda yang sebagian besar berada pada usia sekolah baik pada level dasar, menengah, atas maupun perguruan tinggi. Sikap, karakter, serta kecenderungan personal generasi muda usia sekolah ini berperan besar dalam munculnya berbagai isu problem belajar di sekolah mulai dari motivasi, bahan ajar, dan media ajar. Sebagai contoh problem motivasi belajar siswa khususnya Generasi Z kerap dijumpai karena derasnya gempuran media sosial berikut segenap atributnya seperti influencer, gamer, youtuber dan sebagainya. Banyak anak-anak sekolah lebih termotivasi mendapatkan popularitas seperti role model mereka masing-masing di media sosial dibanding prestasi akademik karena umumnya penggiat media sosial memang tidak mengangkat tema akademis. Hal tersebut pada dasarnya bukan hal yang bersifat negatif mengingat di era digital ini bahkan keterampilan mengelola media sosial dapat menjadi aset yang sangat berharga. Akan tetapi, hal ini banyak disalah artikan oleh Generasi Z sehingga menurunkan motivasi belajar dan menimbulkan problem bagi sekolah, guru, maupun orangtua.

Adanya tatanan dunia baru dalam era digital ini agaknya memengaruhi sikap, karakter, serta kecenderungan personal bahkan psikologis generasi muda yang sebagian besar berada pada usia sekolah baik pada level dasar, menengah, atas maupun ...

Bahan Ajar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Kesehatan merupakan cara seseorang menawarkan produknya yang berkaitan dengan kesehatan, atau sama dengan penyuluhan kesehatan masyarakat yang sering dilakukan oleh tenaga kesehatan sebelum menyampaikan program-program yang harus disosialisasikan, Cara ini tidak sepenuhnya salah jika Dikaitkan dengan pengertian promosi dan kesehatan itu sendiri, terdapat beberapa teori dasar promosi kesehatan. Sebelumnya nama kegiatan promosi adalah Program Bina Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) tahun 1975 dan tingkat Internasional tahun 1978 Deklarasi Alma Ata tentang Primary Health Care menjadi tonggak cikal bakal Kesehatan Promosi (Departemen Kesehatan, 1994). Istilah Health Promotion (promosi kesehatan) sebenarnya sudah mulai dicetuskan setidaknya pada tahun 1986, ketika Promosi Kesehatan diselenggarakannya Konferensi Internasional pertama tentang Health Promotion di Ottawa, Kanada pada tahun 1986. Pada Waktu Itu “The Ottawa Charter” diluncurkan, yang berisi definisi dan prinsip. Prinsip dasar promosi kesehatan. Buku ajar ini hadir dengan harapan dapat memenuhi rasa ingin tahu tentang konsep dasar Kesehatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Sehingga harapannya dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang fenomena masalah kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Semoga buku ini memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan pengetahuan siswa guna mencapai kompetensi yang dipersyaratkan dalam kurikulum, serta bekal untuk menyelesaikan pendidikan dan berkarya di bidang lingkungan dan kesehatan masyarakat. Bahan Ajar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Bahan Ajar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Mudah Membuat Bahan Ajar Matematika menggunakan Canva

Buku ini berisi hasil penelitian pengembangan bahan ajar digital menggunakan Canva. Tujuan umum buku ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar digital dengan menggunakan media Canva pada materi matriks. Sedangkan secara khusus buku ini bertujuan untuk dapat mengetahui nilai kelayakan dari produk bahan ajar digital menggunakan Canva pada materi matriks sebagai suatu kebaruan dalam bahan ajar digital matematika. Kebaharuan penelitian dalam buku ini juga yaitu menghasilkan produk bahan ajar digital dengan berbantuan media canva yang memuat bahan ajar serta konten-konten yang menarik di dalamnya serta dapat di tampilkan melalui komputer maupun smartphone. Sehingga peserta didik lebih mudah untuk mempelajari bahan ajar digital tersebut. Buku ini memberikan tahapan pembuatan bahan ajar digital melalui Canva serta dalam penyusunananya menggunakan pendekatan kualitatif metode penelitian dan pengembangan serta desain ADDIE (Analyst, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data yang diperoleh yaitu dari hasil validasi ahli. Modul di uji validasi kepada ahli media dan ahli materi dan bertujuan untuk menguji kelayakan bahan ajar digital yang dibuat. Proses pembuatan bahan ajar digital ini diolah dan didukung dengan beberapa software yaitu, Microsoft Office, VideoScribe, Filmora, BandiCam, dan Googleform.

Buku ini berisi hasil penelitian pengembangan bahan ajar digital menggunakan Canva.

Bahan Ajar Kelistrikan Otomotif

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan segala kelebihan dan kekurangannya saya dapat menyelesaikan seluruh rangkaian penulisan buku bahan ajar ini. Buku bahan ajar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruaan. Salah satunya adalah bahan ajar berupa buku. Berkenaan dengan diterapkannya kurikulum 2013 bahan ajar berupa buku dalam kegiatan belajar mengajar semakin diperlukan. Berkaitan dengan hal-hal tersebut, penting kiranya untuk menyusun buku atau bahan ajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan yang termasuk ke dalam mata pelajaran kompetensi keahlian yang terdapat dalam struktur SMK di program keahlian teknik otomotif. Buku ini diperuntukkan sebagai salah satu bahan untuk mencapai kompetensi tuntutan mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan. Semoga buku ini dapat dijadikan acuan bagi setiap peserta didik dan memberikan manfaat bagi guru yang akan mengajar di sekolah.

Berkaitan dengan hal-hal tersebut, penting kiranya untuk menyusun buku atau bahan ajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan yang termasuk ke dalam mata pelajaran kompetensi keahlian yang terdapat dalam struktur SMK di program keahlian ...