Buku ini menitikberatkan analisisnya terhadap aspek Materi Buku, Penyajian Buku, Penggunaan Bahasa, dan Wacana Kritis. Yang terakhir ini kemudian diujikan kepada para siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman dan keterbacaannya sehingga dapat diketahui tentang peningkatan mereka terhadap kedua masalah tersebut. Permasalahan buku teks yang dijadikan sebagai bahan ajar untuk para siswa setiap tahun memang mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal ini sesuai dengan perkembangan penerbitan yang begitu menjamur di tanah air. Pertumbuhan yang begitu pesat tersebut harus diimbangi dengan peningkatan mutu buku teks itu sendiri sehingga dapat membantu para pihak yang berkepentingan untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar di sekolah yang pada akhirnya nanti dapat meningkatkan prestasi belajar para siswa dalam bidangnya.
Oleh karena itu dalam proses pembelajaran , guru adalah orang yang penting dan bertanggung jawab dalam memberikan informasi yang ... Oleh karena itu Young Pai ( 1990 ) menambahkan bahwa fungsi utama institusi atau sekolah adalah sebagai ...
uku ini menjelaskan konsep Pendekatan, strategi, metode dan model pembelajaran, model pembelajaran contextual teaching and learning, e-learning dalam konteks pendidikan, model pembelajaran berbasis penemuan, dan model pembelajaran group investigasi
uku ini menjelaskan konsep Pendekatan, strategi, metode dan model pembelajaran, model pembelajaran contextual teaching and learning, e-learning dalam konteks pendidikan, model pembelajaran berbasis penemuan, dan model pembelajaran group ...
Dinamika perubahan dan pengembangan teoriteori pembelajaran sangat cepat dan sangat produktif, sehingga pembaharuan pendidikan sudah mengalami percepatan siklus dari sepuluh tahunan, pada lima tahunan. Aspek-aspek yang senantiasa menjadi perhatian para akademisi pendidikan antara lain kurikulum, metode dan strategi pembelajaran, penilaian, dan pengolahan pendidikan. Paradigma yang diusung dalam perubahan-perubahan tersebut adalah demokratisasi penyelenggaraan pendidikan yang memperkuat pelibatan siswa, guru, orang tua dan masyarakat dalam berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan. Dalam keperluan itulah, buku Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan. Buku ini juga untuk memberikan pencerahan kepada para pendidik, peserta didik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka menciptakan generasi emas yang memiliki ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas.
Dalam keperluan itulah, buku Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan.
Buku ini disusun oleh para akademisi dan praktisi yang berasal dari berbagai institusi pendidikan. Pada buku ini tidak bermaksud untuk mengungkap secara keseluruhan model-model pembelajaran, tetapi hanya terbatas pada model-model pembelajaran tertentu. Tim penulis berharap buku ini dapat menjadi tambahan referensi dan pembanding bagi para pembaca maupun para insan akademisi yang ingin menerapkan model-model pembelajaran tersebut. Terdapat 10 model pembelajaran yang disajikan pada tiap bab dalam buku ini diantaranya Model Pembelajaran Discovery, Model Pembelajaran Inquiry, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Contextual Teaching and Learning (CTL), Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Numbered Head Together, Model Pembelajaran Word Square, Model Pembelajaran Hybrid Learning, dan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE)
Pada buku ini tidak bermaksud untuk mengungkap secara keseluruhan model-model pembelajaran, tetapi hanya terbatas pada model-model pembelajaran tertentu.
Penerapan model pembelajaran akan memiliki nilai dan manfaatnya yang optimal ketika guru mampu memodifikasi sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kerumitan materi yang dihadapi. Ini merupakan tantangan bagi guru untuk melakukan berbagai kreativitas dan inovasi pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang tepat merupakan upaya guru agar tujuan pembelajaran tercapai dan pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien. Model pembelajaran yang mendukung tumbuhnya kemampuan analisis dalam pembelajaran adalah model pembelajaran Concept Attainment. Model pembelajaran yang bisa menarik minat peserta didik melalui aktivitas pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai subjek utama dalam pembelajaran. Keunggulan buku ini disajikan secara teoritis praktis dan dilengkapi dengan gambar dan contoh penerapan model pembelajaran Concept Attainment pada Mata Pelajaran PPKN materi Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara.
Keunggulan buku ini disajikan secara teoritis praktis dan dilengkapi dengan gambar dan contoh penerapan model pembelajaran Concept Attainment pada Mata Pelajaran PPKN materi Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga ...
Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Joyce dan Weil (1989) mengetengahkan 4 (empat) kelompok model pembelajaran, yaitu: (1) model interaksi sosial; (2) model pengolahan informasi; (3) model personal-humanistik; dan (4) model modifikasi tingkah laku. Kendati demikian, sering kali penggunaan istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan dengan strategi pembelajaran
Konsep Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skill Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning), Model Pembelajaran Berbasis E-Learning, Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dan Model Pembelajaran Peneltian Sosial
Konsep Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skill Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning), Model Pembelajaran Berbasis E-Learning, Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dan Model Pembelajaran Peneltian ...
Buku ini merupakan buku referensi. Isi buku ini penulis susun berdasarkan hasil kajian literatur dari berbagai sumber dan hasil penelitian secara empiris berbagai pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif serta contoh bentuk bahan ajarnya. Adapun tujuan penulisan buku ini adalah untuk memberikan gambaran terkait pengertian, penjelasan tentang konsep dan teori terkait pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif dan contoh bentuk bahan ajar dari setiap pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa, guru, peneliti dan dosen bidang pendidikan matematika dalam penerapan di lapangan.