Sebanyak 72 item atau buku ditemukan

Manajemen Keperawatan

Perawat sebagai tenaga kesehatan profesional di mana pun mereka ditempatkan pada area pelayanan kesehatan harus menjadi manajer dan pemimpin yang efektif untuk memenuhi tanggung jawab mereka terhadap diri mereka sendiri, klien dan profesi. Perawat dan manajer keperawatan akan menjadi pemimpin bagi diri mereka sendiri, staf perawat dan mitra kerja dalam tim kesehatan; rekan kerja pada berbagai tingkat manajerial dalam organisasi pelayanan kesehatan dan sebagainya. Dalam posisi ini, Perawat dan manajer keperawatan harus memiliki strategi kreatif, disiplin dan kemampuan untuk meneliti dan menganalisis sistem manajemen keperawatan secara kritis sebagai respon terhadap perubahan pelayanan kesehatan yang cepat dan berkelanjutan. Manajer dan pemimpin harus mampu mengintegrasikan pengetahuan dan kemampuan untuk menerapkan teori-teori manajemen ke dalam praktik pelayanan kesehatan kemudian memperluas aplikasi melalui penelitian. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Konsep dasar manajemen keperawatan Bab 2 Perencanaan dalam manajemen keperawatan Bab 3 Perencanaan tenaga keperawatan Bab 4 Kepemimpinan dalam manajemen keperawatan Bab 5 Perekrutan, seleksi, orientasi, penjadwalan dan perencanaan tenaga keperawatan Bab 6 Manajemen konflik dan menegakkan strategi penyelesaian konflik Bab 7 Motivasi dan hubungannya dengan kepuasan kerja Bab 8 Penilaian kinerja perawat Bab 9 Kewenangan dalam pendelegasian, supervisi dan perubahan Bab 10 Pre conference dan post conference Bab 11 Ronde keperawatan Bab 12 Discharge planning

Buku ini membahas tentang: Bab 1 Konsep dasar manajemen keperawatan Bab 2 Perencanaan dalam manajemen keperawatan Bab 3 Perencanaan tenaga keperawatan Bab 4 Kepemimpinan dalam manajemen keperawatan Bab 5 Perekrutan, seleksi, orientasi, ...

Pengembangan media pembelajaran SD/MI

Dalam konteks komunikasi, seorang pendidik atau guru memerlukan media sebagai alat bantu untuk memudahkan seorang guru mengomunikasikan pesan berupa materi pelajaran kepada siswa dengan harapan proses komunikasi dapat berjalan baik dan sempurna sehingga siswa dapat menerima pesan yang benar tanpa ada kesalahan. Oleh karena itu, peran media sangat penting dalam proses pembelajaran karena penggunaan media dapat memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh seorang guru. Namun, seorang guru juga harus mampu memilih, mendesain, dan menampilkan media sesuai dengan perkembangan seorang anak dan dapat membuat anak merasa nyaman ketika mengikuti proses pembelajaran.

Dalam tahapan ini, pemilihan kurikulum, menjadi gerak awal dari serangkaian proses berikutnya. Bagian mana dari kurikulum tersebut yang berpeluang untuk ...

Model dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia

Implementasi Kurikulum 2013 yang mengalami revisi dan perubahan ini dapat diimprovisasi, diinovasi, dan dikembangkan lebih lanjut sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku. Pendidik/ guru selayaknya mengikuti perubahan ini dan merespons secar positif. Namun, pada kenyataannya memang masih banyak guru yang kesulitan memahami dan mengaplikasikan perubahan ini, terutama mengenai model-model dan teknik pembelajaran yang disarankan dalam Kurikulum 2013. Berdasarkan kondisi dan realitas tersebut, penulis tergerak untuk menyajikan buku pendukungnya. Buku yang mendukung bagaimana mengimplementasikan model pembelajaran Kurikulum 2013 dan teknik-teknik yang patut dicoba untuk menjadikan kelas lebih aktif dan “hidup”. Oleh karena itu, guru/pendidik—sebagai agen perubahan—dituntut kritis, kreatif, inovatif, dan adaptif merespons perubahan kebijakan dan pembaruan ini. Buku yang bisa dijadikan buku referensi atau pegangan pelatihan bagi guru-guru ini mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan dapat pula mempermudah guru menerapkan model dan teknik pembelajaran yang menarik dan variatif. Semoga hadirnya buku ini juga dapat menginspirasi guru-guru yang memiliki cita dan mimpi yang sama, yaitu memberikan yang terbaik bagi peningkatan mutu pendidikan kepada peserta didiknya.

Implementasi Kurikulum 2013 yang mengalami revisi dan perubahan ini dapat diimprovisasi, diinovasi, dan dikembangkan lebih lanjut sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.

PENGANTAR TEORI-TEORI BELAJAR DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

Sebagian orang berpendapat bahwa Belajar adalah semata – mata mengumpulkan atau menghafalkan fakta – fakta yang tersaji dalam bentuk informasi atau materi pelajaran. Disamping itu menurut konsep Skiner bahwa Belajar adalah proses beradaptasi atau menyesuaikan tingkah laku yang berlangsung secara prograsif. Chaplin juga berpendapat bahwa belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman. Hitzman juga berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme (manusia dan hewan) disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.Selain itu Belajar adalalah (istilah kunci) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seseorang peserta didik. Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik. pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dengan sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi yang diarahkan untuk tercapainya suatu tujuan yaitu tercapainya tujuan kurikulum. Melihat penting arti kata belajar seyogianya seorang guru harus melihat hasil belajar siswa dari berbagai sudut psikologis yang utuh dan menyeluruh. Sehubungan dengan hal itu, seorang siswa yang menempuh proses belajar ditandai dengan munculnya pengalaman – pengalaman psikologis yang baru . Pengalaman ini diharapkan dapat mengembangkan aneka sifat, sikap, dan kecakapan yang konstruktif (membangun) dan bukan kecakapan sebaliknya yang cenderung destruktif (buruk). Untuk mencapai pengalaman atau hasil belajar yang ideal seperti di atas, kemampuan pendidik dalam membimbing siswa mutlak sangat berpengaruh. Dalam hal itu, pendidik perlu wawasan atau pengetahuan teori-teori dalam belajar dan bagaimana mengaplikasikannya dalam model-model pembelajaran. Pengetahuan teori-teori belajar dan model-model pembelajaran ini disajikan apik dalam buku ini. Buku yang terdiri dari dua bagian ini menguraikan dengan jelas bagaimana seharusnya kita belajar. Pada bagian pertama, penulis menyajikan teori-teori belajar mulai dari teori Behaviorisme hingga Identitas. Teori-teori ini biasa dapat diterapkan oleh suatu riset dan praktik dalam bidang pendidikan. Bagian kedua, penulis menyajikan model-model pembelajaran--mulai dari model Active Learning, PAIKEM, Discovery Learning, Contextual Learning (CTL), Mind Mapping, hingga Cooperative Learning--sebagai contoh aplikasi atau penerapan teori-teori pembelajaran.

Cooperative Learning , Printed in United states of Amirica. ... Studies in Adult Education, 4, 57-62 Training Design. ... Beyond Teaching and Learning, Memadukan Quantum Teaching & Learning, (terjemahan Ria Sirait dan Purwanto), Nuansa, ...

Tata Permainan Bahasa Karya Tulis Ilmiah

Di sisi hal ini, buku ini juga berupaya menampilkan suatu paradigma baru perihal :jlis-menulis karya tulis ilmiah, mengingat selama ini dunia tulis- menulis karya ilmiah dianggap sebagai dunia yang tidak membumi.

PENGANTAR JURNALISTIK

Teknik Penulisan Berita Artikel & Feature

Buku ini bicara tentang pengantar jurnalistik, yakni berisi dasar-dasar junalistik melliputi bagaimana membuat berita, menyusun draft wawancara serta teknik penulisan feature. Buku ini cocok dimiliki oleh para calon wartawan serta praktisi jurnalistik, ditulis oleh Dr Indiwan seto wahjuwibowo mantan wartawan LKBN ANTARA serta akademisi dari Universitas Multimedia Nusantara Tangerang Banten

Buku ini bicara tentang pengantar jurnalistik, yakni berisi dasar-dasar junalistik melliputi bagaimana membuat berita, menyusun draft wawancara serta teknik penulisan feature.

Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat

Perkembangan zaman yang semakin pesat menjadikan perubahan di masyarakat, bukan hanya sandang pangannya, tapi juga komunikasi dengan sesama. Baik itu individu dengan individu, individu dengan komunitas, atau komunitas dengan komunitas. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengharuskan teori komunikasi mengikuti media dan teknologi yang ada, tujuannya agar bisa mewadahi dan sejalan dengan perubahan yang ada. Komunikasi massa adalah proses penyusunan sebuah pesan oleh seorang atau sekelompok orang atau organisasi yang besar lalu mengirimkannya melalui berbagai media kepada khalayak luas. Kehadiran media komunikasi modern sebagai dampak makin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi cenderung mengubah masyarakat dan mengaburkan batasan antara komunikasi antar pribadi atau komunikasi interpersonal tradisional dan komunikasi massa. Buku berjudul Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat ini terbagi menjadi 4 Bagian: Pengaruh Media Massa dalam Lingkup Masyarakat, Media Massa Dalam Teknologi dan Peradaban, Tingkah Laku Masyarakat dalam Bersosialisasi. Buku ini adalah kumpulan tulisan dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Ilmu Komunikasi.

Buku berjudul Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat ini terbagi menjadi 4 Bagian: Pengaruh Media Massa dalam Lingkup Masyarakat, Media Massa Dalam Teknologi dan Peradaban, Tingkah Laku Masyarakat dalam Bersosialisasi.

Cara Cerdas Menulis

Buku ini patut dimiliki dan dibaca akademisi , dosen , peneliti , mahasiswa , serta
masyarakat umum yang berminat dalam tulis - menulis karya ilmiah . ... buku ini
akan " memaksa " Anda untuk memahami tata permainan bahasa karya tulis ...

Sesudah filsafat

esai-esai untuk Franz Magnis-Suseno

On philosophy, socio-economics, politics, and theology; festshrift in honor of Franz Magnis-Suseno, Catholic priest, educator, philosopher, and author; collection of articles.

umum memperlihatkan , para penebar warta ” Kekristenan ” dari Utara ke
Selatan umumnya dapat dikategorikan dalam kelompok misionaris tradisional ,
semacam fideistik ; dan di kalangan Protestan umumnya aliran - aliran radikal ...