Sebanyak 416 item atau buku ditemukan

Komunikasi Bisnis

Kegiatan bisnis tidak terlepas dari peran praktisi komunikasi, baik dari tingkat karyawan hingga direktur diperlukan kepiawaian dalam mengelola komunikasi agar segala bentuk kegiatan komunikasi dan penyampaian informasi dapat dipahami oleh penerima informasi yang dituju. Dalam beberapa situasi, komunikasi bisnis saat ini sudah beralih ke media elektronik digital. Pemanfaatan internet dan sosial media cenderung menjadi bias komunikasi di organisasi. Untuk itu setiap perangkat organisasi di dalamnya perlu memahami peralihan cara komunikasi bisnis saat ini. Menjawab hal di atas, maka buku yang saat ini ada di tangan Anda hadir untuk membantu para pembacanya yang ingin memahami konseptual dasar komunikasi bisnis dengan pembahasan yang lugas dan mudah dipahami, tidak hanya tentang komunikasi bentuk konvensional dan digital, namun juga konsep kehumasan dan perangkat divisinya agar tujuan komunikasi organisasi dapat tercapai. Adapun isi pembahasan dalam buku ini terdiri dari 12 bab yang saling terhubung, yaitu: Bentuk dan Lingkup Komunikasi Bisnis; Komunikasi dalam Organisasi; Komunikasi Interpersonal dan Antarbudaya; Perencanaan Pesan-pesan Bisnis; Korespondensi Surat Digital; Komunikasi Presentasi dan Panggilan Video; Menyusun Proposal Bisnis; Laporan Bisnis; Konsep Dasar Kehumasan Organisasi Bisnis; Komunikasi Pemasaran; Komunikasi Korporat; Media Sosial Organisasi Bisnis.

Dalam beberapa situasi, komunikasi bisnis saat ini sudah beralih ke media elektronik digital. Pemanfaatan internet dan sosial media cenderung menjadi bias komunikasi di organisasi.

Komunikasi Bisnis

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang tidak dapat dilepaskan dari dunia komunikasi, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali. Sebelum berangkat kerja atau sekolah, berbagai kegiatan komunikasi mereka lakukan, seperti mendengarkan radio atau music dalam format CD (Compact Disc) atau DVD (Digital Versatile Disc), menonton acara televisi, membaca koran, tabloid, atau majalah, atau bercengkrama dengan anggota keluarga. Kegiatan komunikasi yang dilakukan dapat menggunakan berbagai media komunikasi yang ada, baik media komunikasi nonelektronik / konvensional maupun media komunikasi elektronik. Media komunikasi nonelektronik antara lain adalah penggunaan Bahasa lisan, Bahasa isyarat/Bahasa tubuh, dan anek media komunikasi yang menggunakan kertas (aneka macam surat menyurat, surat kabar, majalah, dan tabloid). Sedangkan media komunikasi elektronik antara lain adalah media audio-visual (televisi), interkom, radio panggil (pager), Internet (situs Web dan e-mail (electronic mail), teleconference, video conference, telepon biasa (fixed line), dan telepon genggam / seluler (handphone). Buku ini merupakan salah satu buku rujukan untuk mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis dan juga dapat menjadi pegangan para pelaku usaha, Praktisi dan akademisi serta masyarakat luas yang ingin mengetahui konsep-konsep komunikasi bisnis. Kritikan yang bersifat konstruktif edukatif dari para pembaca, sangat kami harapkan.

Buku ini merupakan salah satu buku rujukan untuk mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis dan juga dapat menjadi pegangan para pelaku usaha, Praktisi dan akademisi serta masyarakat luas yang ingin mengetahui konsep-konsep komunikasi bisnis.

Pengantar Matematika Ekonomi

Buku ini berisikan pelajaran matematika ekonomi dimana setiap bab selalu dilengkapi dengan pendahuluan sebagai pengantar, mengarahkan pikiran pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan penanaman konsep-konsep yang telah dibahas. Pendalaman konsep pada contoh soal yang disertai dengan penyelesaiannya dan dilengkapi juga dengan soal-soal latihan. Dengan demikian ketika mengakhiri pembahasan pada masing-masing bab, para pembaca diharapkan telah memperoleh pengetahuan yang benar untuk dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul.

Buku ini berisikan pelajaran matematika ekonomi dimana setiap bab selalu dilengkapi dengan pendahuluan sebagai pengantar, mengarahkan pikiran pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan penanaman konsep-konsep yang telah ...

Perilaku Manajemen Keuangan Personal Untuk Generasi Milenial Pada Sektor Pariwisata Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Ekonomi Halal Di Kabupaten Bangkalan Dan Sampang Di - Madura

Judul : Perilaku Manajemen Keuangan Personal Untuk Generasi Milenial Pada Sektor Pariwisata Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Ekonomi Halal Di Kabupaten Bangkalan Dan Sampang Di - Madura Penulis : Evaliati Amaniyah, S.E., M.S.M., dan Purnamawati, S.E.,M.Si Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 160 Halaman No ISBN : 978-623-5314-70-9 Tahun Terbit : Juli 2022 SINOPSIS Di dalam buku ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pengelolaan keuangan personal sektor pariwisata dengan memeriksa hubungan antara empat faktor yang meliputi sikap keuangan personal, pengetahuan keuangan, lokus pengendalian dan perilaku pengelolaan keuangan sektor pariwisata dalam bisnis halal. Model penelitian diuji dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diambil dengan purposive sampling dan dikumpulkan melalui survey lapangan terhadap generasi milienial di kabupaten Sampang dan Bangkalan dengan tahun lahir dari 1993-2001. Data yang dapat diperoleh dari lapangan sebanyak 360 dan secara kebelulan porsi dari laki-laki dan perempuan jumlahnya sama. Dalam penelitian ini, penggunaan pengujian dan analisis dilakukan secara bertahap yang dimulai dari uji validitas dan reliabilitas, dan uji path analysis. Diharapkan riset ini menghasilkan temuan tiga faktor kunci yang memiliki pengaruh langsung terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Hasil yang diperoleh bahwa sikap keuangan, pengetahuan keuangan, dan locus of control berpengaruh positif dengan perilaku pengelolaan keuangan. Sebaliknya, pengetahuan keuangam tidak mampu menjadi mediator sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan sektor pariwisata. Begitu pula, locus of kontrol eksternal tidakmampumemediasiperilaku pengelolaan keuangan sektor pariwisata. Temuan ini dapat menjadi referensi yang berguna untuk mengembangkan teori perilaku yang berkaitan dengan manajemen keuangan personal di sektor pariwisata di wilayah Madura.

After the study, it was proven that there was a positive influence between financial attitudes (FA) based on halal principles and had a positive influence on personal financial management behavior in the tourism sector (FB) with halal ...

MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Implementasi dan Praktik Manajemen Bisnis pada Perbankan Syariah)

Manajemen bisnis merupakan sesuatu yang sangat penting dalam Islam. Islam telah mengatur bahwa dalam menjalankan aktivitas bisnis harus berpatokan kepada prinsip-prinsip syariat Islam, dengan mengacu kepada Al-Qur’an dan hadis.[1] Dalam Islam manajemen bisnis dipandang sebagai suatu kegitan perwujudan amal sholeh yang harus bertitik tolak dari niat baik. Niat baik tersebut akan memunculkan motivasi aktivitas untuk mencapai hasil yang bagus demi kesejahteraan bersama. Ada empat landasan untuk mengembangkan manajemen bisnis menurut pandangan Islam, yaitu: kebenaran, kejujuran, keterbukaan dan keahlian. Seorang manajer harus memiliki empat sifat utama itu agar manajemen yang dijalankannya mendapatkan hasil yang maksimal.[2] [1] Yanti Nova Maleha, “Manajemen Bisnis Dalam Islam,” Economica Sharia 1, no. 2 (2016): hlm.52. [2] Berlian Herzeqovina, “Konsep Manajemen Bisnis Dalam Pandangan Islam Berdasarkan Al-Qur’an Dan Hadits,” Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman 3, no. 1 (2020): hlm.146, http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/80.

Jurnal Tabarru ' : Islamic Banking and Finance 5 , no . ... ISLAMICONOMIC : Jurnal Ekonomi Islam 7 , no . ... Penguatan Manajemen Syariah Melalui Total Quality Managementbagi Pelaku Lembaga Keuangan Syariah Di Kota Semarang .

Integrasi Perencanaan Keuangan Religiusitas Profesional Muslim melalui Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia

Harta dalam perspektif Islam, di samping memiliki fungsi ekonomi juga memiliki fungsi sosial keagamaan. Tujuan pemanfaatan harta dapat dikategorikan kepada dua, untuk pemenuhan kebutuhan hidup dan untuk ibadah. Tujuan pemanfaatan harta untuk tujuan ibadah dapat digolongkan kepada dua, yaitu pertama untuk ibadah individual, yaitu zakat, haji, umrah, dan qurban. Kedua untuk ibadah sosial dapat dibedakan padainfak untuk kaum kerabatdan infak secara umum, yaitu infak untuk fakir miskin, ibn sabil, masjid, lembaga-lembaga sosial dan lain-lain, shadaqah, hibah, wasiat, dan wakaf.

Harta dalam perspektif Islam, di samping memiliki fungsi ekonomi juga memiliki fungsi sosial keagamaan.

MANAJEMEN KEUANGAN

Judul : MANAJEMEN KEUANGAN Penulis : Daniati Mayasari, S. IP, Endah Prawesti Ningrum, S.E, M. Ak, Ummi Kalsum, S.E., M.Si, Muhamad Syahwildan, SE., MM, Mahdi, S.E., M.Si, Dr.Teguh Setiawan Wibowo, M.M., M.Si., M.Farm., Apt, Septriau Putra Abadi, S.E, Suhendar, S.E., Ak. M. S. Ak, Mohamad Zulman Hakim, SE., MM., M.Ak., CSRS., CSRA Iwan Adinugroho, ST, SE, MM Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 160 Halaman No ISBN : 978-623-497-167-5 Tahun Terbit : Desember 2022 Sinopsi Buku Buku ini berjudul “Manajemen Keuangan”. Buku ini disusun oleh beberapa dosen dari beberapa univiversitas di Indonesia. Buku yang dikontribusikan untuk bidang ekonomi khususnya dibidang manajemen keuangan keuangan. Buku ini terdiri dari sepuluh bab. Adapun pembahasan masing-masing bab dalam buku ini sebagai berikut : Bab 1 Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Bab 2 Analisis Laporan Keuangan Bab 3 Manajemen Kas Bab 4 Manajemen Piutang Bab 5 Manajemen Persediaan Bab 6 Penilaian Surat Berharga Bab 7 Capital Budgeting Bab 8 Sumber Dana Jangka Menengah dan Leasing Bab 9 Sumber Dana Jangka Panjang Bab 10 Bentuk Restrukturisasi Perusahaan . Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami manajemen keuangan, sehingga tidak hanya dipahami secara teori tapi dapat diimplementasikan dalam dunia usaha dengan baik.

Islamic Economy And Politics In The View Of Muhammad Baqir Sadr. Journal of Research in Business, Economics and Management, 13(2), 2431-2436. Rivai,Veithzal, Arviyan Arifin, Islamic Banking: Sebuah Teori, Konsep, dan Aplikasi.

MANAJEMEN KEUANGAN

KONSEP DASAR DAN PRINSIP-PRINSIP

Aktivitas utama manajerial adalah perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan. Manajemen keuangan merupakan pengelolaan keuangan dengan tujuan utamanya mensejahterakan pemilik modal, meningkatkan nilai perusahaan dan keberlanjutan usaha (sustainability). Untuk mencapai tujuan itu, pihak manajer keuangan melakukan tiga aktivitas yang menjadi ruang lingkup manajemen keuangan yaitu: mencari sumber dana, mengelola dana dan kebijakan pendistribusian dividen (dividend policy). Buku ini menjelaskan konsep dasar manajemen keuangan berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan manajer keuangan untuk mencapai tujuannya dan prinspi-prinsip yang menjadi acuan.

Selanjutnya dalam perkembangannya berdiri lagi sebuah lembaga internasional yang bernama International Islamic Market (IIFM) ... Lembaga ini bergerak pada pengembangan istrumen kepatuhan syariah dalam system manajemen likuiditas dan ...

ENTREPRENEURSHIP & DIGITALISASI: Mengembangkan Bisnis di Era 5.0

Setelah menjelajahi hal-hal mendasar mengenai Entrepreneurship dan Digitalisasi, saatnya kita melangkah lebih jauh ke dalam dunia yang dinamis ini. Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana mengembangkan bisnis di Era 5.0, dimana inovasi dan teknologi menjadi pilar utama kesuksesan. Dalam buku ini, Anda akan menemukan berbagai konsep dan strategi yang dapat membantu Anda memanfaatkan potensi digitalisasi untuk meraih kesuksesan bisnis. Kami akan membahas topik-topik seperti transformasi digital, pemasaran digital, E-commerce, pengembangan produk dan layanan berbasis teknologi, serta pengelolaan data dan keamanan informasi. Selain itu, Anda juga akan diajak untuk mempelajari kisah inspiratif dari para pengusaha sukses yang telah berhasil menghadapi perubahan era ini dengan penuh semangat dan keberanian. Mereka akan membagikan pengalaman dan wawasan yang berharga tentang bagaimana mereka mengembangkan bisnis mereka di tengah gejolak teknologi dan digitalisasi.

Setelah menjelajahi hal-hal mendasar mengenai Entrepreneurship dan Digitalisasi, saatnya kita melangkah lebih jauh ke dalam dunia yang dinamis ini.

PERAN INOVASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS UMKM SEKTOR PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF DI BALI

Buku ini berjudul "PERAN INOVASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS UMKM SEKTOR PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF DI BALI".

Buku ini berjudul "PERAN INOVASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS UMKM SEKTOR PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF DI BALI".