Komunikasi merupakan aktivitas sehari-hari yang selalu dilakukan oleh manusia sebagai makhluk individu, maupun sebagai makhluk sosial. Komunikasi juga digunakan dunia bisnis dan usaha untuk mengembangkan strategi pemasarannya, tak terkecuali organisasi nirlaba. Meskipun organisasi nirlaba tidak berorientasi pada profit, mereka tetap membutuhkan sebuah strategi komunikasi pemasaran agar tetap eksis dan dipercaya oleh donaturnya. Kepercayaan inilah yang menjadi modal bisnis organisasi nirlaba, agar dapat menciptakan loyalitas pada donatur. Buku ini akan membahas strategi komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication) organisasi nirlaba di Indonesia, yang berangkat dari pengembangan hasil penelitian penulis terhadap aktivitas spin off (pemisahan) Yayasan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dari Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) yang sekarang telah berganti brand menjadi Human Initiatif (HI). Harapannya, buku ini dapat menjadi sumbangsih keilmuan di bidang komunikasi bisnis serta menjadi asupan informasi bagi pejuang kemanusiaan di Indonesia.
Kotler & Amstrong (2001) merumuskan bentukbentuk komunikasi pemasarang langsung yang mencakup penjualan temu muka, pemasaran pengeposan, pemasaran katalog, telemarketing, pemasaran televisi tanggap langsung, pemasaran kios, ...
Perkembangan dalam teori kewirausahaan cukup dinamis, mulai economic entrepreneurship theory (Schumpeter, 1934); psychological theory of entrepreneurship (McClelland, 1961; Rotter, 1966); sociological theori of entrepreneurship (Hagen ...
Buku ini berisi tentang Paradigma dan Konsep Teori Ilmu Syariah di Indonesia yang membahas tentang pengembangan keilmuan dan peta konsep hukum bidang syariah. Penulis menghimpun buku ini dengan judul PERSPECTIVE AND PARADIGM OF SHARIA REASON THEORY. Buku ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan bagi pembaca terkait peran syariah tanpa menghilangkan esensi budaya dan sosial keindonesiaan. Buku ini banyak membahas kemajuan terkini dari turunan Ilmu-ilmu Syariah meliputi Politik Islam, Waris Kekinian, Taqlid dan Talfiq bagi Santri, Mazhab sebagai potensi perbandingan, juga pembahasan tentang fikih berkemajuan dalam kehidupan berbangsa Indonesia.
Business actors in running their businesses that were originally traditional, for example in buying and selling, they did it directly in the market but now have turned into an online business that is no longer limited by space and time.
Teknologi berkembang begitu pesat dan semakin canggih. Perkembangan teknologi ini memberikan kemudahan bagi manusia untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari inilah yang disebut dengan era digital. Suatu era di mana sebagian besar masyarakat menggunakan sistem digital dalam memudahkan segala aktivitas. Sejalan dengan perkembangan teknologi tersebut, dunia pendidikan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media digital, yaitu E-Learning, Google Class Room, aplikasi Quizizz dalam bentuk pembelajaran dengan permainan, WA Group, penggunaan aplikasi Zoom, penggunaan video pembelajaran yang berkaitan dengan mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, Voice Note untuk setoran hafalan. Penulis berharap buku ini dapat menjadi salah satu informasi terkait peran literasi digital bagi dunia pendidikan di Indonesia.
... 2) Penelusuran materi pembelajaran sesuai tema berdasarkan link yang diinformasikan. 30 Al-Qallaf, C. and Al-Mutairi, A. “Digital Literacy and Digital Content Supports Learning”, The Electronic Library, Vol. 34 No.
Penilaian hasil belajar merupakan aktivitas yang sangat penting dalam proses pendidikan. Semua proses di lembaga pendidikan formal pada akhirnya akan bermuara pada hasil belajar yang diwujudkan secara kuantitatif berupa nilai. Hasil belajar peserta didik tidak selalu mudah untuk dinilai. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Evaluasi merupakan subsistem yang sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam setiap sistem pendidikan, karena evaluasi dapat mencerminkan seberapa jauh perkembangan atau kemajuan hasil pendidikan. Buku ini menyajikan pembahasan mengenai evaluasi dalam pembelajaran dalam 11 (sebelas) bab, di antaranya Penilaian, Pendekatan dalam Pemberian Nilai, Instrumen, Tindakan Lanjut Hasil Penilaian, dll.
Buku ini menyajikan pembahasan mengenai evaluasi dalam pembelajaran dalam 11 (sebelas) bab, di antaranya Penilaian, Pendekatan dalam Pemberian Nilai, Instrumen, Tindakan Lanjut Hasil Penilaian, dll.
Menulis dalam keterampilan berbahasa merupakan kegiatan yang kompleks karena penulis dituntut untuk dapat menyusun dan mengorganisasikan isi tulisannya serta menuangkan dalam formulasi ragam bahasa tulis dan konvensi penulis lainnya. Di balik kerumitannya, menulis mengandung banyak manfaat bagi pengembangan mental, intelektual, dan sosial seseorang. Menulis dapat meningkatkan kecerdasan, mengembangkan daya inisiatif dan kreativitas, menumbuhkan keberanian, serta merangsang kemauan dan kemampuan menyimpulkan informasi. Buku ini akan membahas metode mengajar menggunakan metode drill yang sangat sesuai untuk melatih keterampilan fisik maupun keterampilan mental karena hanya dengan latihan, suatu keterampilan dapat dikuasai. Metode drill berhubungan dengan pembentukan asosiasi mental yang siap untuk direproduksi. Latihan atau praktik berhubungan dengan pembentukan kemahiran atau kecakapan. Kemahiran yang bersifat penyesuaian seperti kemahiran untuk memecahkan suatu soal untuk kecakapan dalam penyesuaian terhadap situasi. Di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia metode drill sangat efisien untuk menanamkan konsep materi pembelajaran menulis surat undangan, metode drill juga sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis surat undangan pada siswa dengan menggunakan ejaan yang benar.
A. Model Pembelajaran Menurut Istarani (2011:58) model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang ...
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Selama ini, mahasiswa kurang mendapat pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata sehingga kurang siap untuk bekerja. Sementara praktik kerja mahasiswa-magang dan/atau Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang berjangka pendek dianggap sangat tidak cukup untuk memberikan pengalaman dan kompetensi industri dan/atau sekolah bagi mahasiswa, bahkan justru terindikasi mengganggu aktivitas di industri dan/atau sekolah. Guna memperbaiki kekurangan tersebut, maka ruang lingkup magang dalam konteks merdeka belajar ini meliputi bidang pekerjaan atau profesi yang dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang ilmu/minat yang ditekuni dan ditempuh dalam kurun waktu 1 (satu) semester. Pedoman Program Magang dan/atau Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa ini merupakan bagian dari upaya dalam menyukseskan program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka, diharapkan semoga buku ini dapat bermanfaat bagi Kampus-kampus Merdeka.
Puisi-puisi bimbingan konseling yang telah tercurah setelah pandemi Covid-19 adalah sebuah ungkapan isi hati yang setiap peristiwa terjadi dalam proses bimbingan konseling. Hal-hal yang berkaitan dengan ungkapan para peserta didik dan guru bimbingan konseling dapat diwujudkan dengan sebuah karya yang mampu untuk mewujudkan penyelesaian permasalahan peserta didik karena situasi dan keadaan. Penulis merangkai kata demi kata yang menjadikan sebuah untaian bait-bait penyelesaian suatu masalah ataupun ungkapan isi hati yang berwujud menjadikan sebagai penyelesaian masalah. Ungkapan isi hati permasalahan dan penyelesaiannya dapat dibuat dengan rangkaian kata-kata sejuk, sehingga mewujudkan hasil yang baik tanpa adanya suatu ketersinggungan dari pihak mana pun dan permasahan pun selesai dengan sebaik-baiknya. Inilah sebuah kata-kata yang terangkai dalam bentuk puisi-puisi bimbingan konseling.
Puisi-puisi bimbingan konseling yang telah tercurah setelah pandemi Covid-19 adalah sebuah ungkapan isi hati yang setiap peristiwa terjadi dalam proses bimbingan konseling.
Melacak Aktivitas Dakwah Nabi Muhammad pada Masyarakat Madinah
Keanekaragaman budaya manusia merupakan keniscayaan yang tidak dapat dielakkan, namun budaya perlu dicermati karena tidak sepenuhnya budaya yang berkembang dalam masyarakat baik dan membawa kemaslahatan bagi manusia meskipun budaya tersebut sudah ada dan berkembang di tengah-tengah masyarakat seperti kebiasaan pesta dengan minum minuman keras dan sebagainya. Membangun sebuah jembatan antarbudaya (dalam arti ras, kepercayaan, dan sosiokultural), dengan landasan persamaan dan persaudaraan saat ini sangat penting. Karena manusia tidak berdiri sendiri terutama pada kehidupan yang kontemporer dan kompleks seperti dewasa ini. Hubungan kerja sama dengan sesama manusia untuk menghindari fanatisme dan etnosentrisme yang berlebihan, sebab kedua hal tersebut dapat menyebabkan perpecahan di antara manusia. Salah satu ikhtiar manusia untuk memelihara hubungan dengan sesama adalah melalui dakwah antarbudaya seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw. pada periode Madinah yaitu dakwah dengan memperhatikan dan mengindahkan nilai-nilai budaya termasuk tradisi agama yang dianut masyarakat. Dakwah dalam hal ini berarti memberi bimbingan tidak mencaci maki budaya orang lain, adat-istiadat, dan tradisi agama yang dianut masyarakat. Bila menyimpang dari agama dapat diluruskan sesuai dengan tuntunan agama itu sendiri, dan pelaksanaannya berpedoman pada prinsip-prinsip dakwah antarbudaya sebagaimana yang akan diuraikan pada buku ini.
Setelah menerima ajaran Islam, kedua suku yang suka berperang ini akhirnya bersatu di bawah panji Islam. Mereka bersama-sama Rasulullah saw. dan umat Islam lainnya berjuang menegakkan syariat Islam. Mereka rela berkorban nyawa dan harta ...
Buku ini menggambarkan integrasi keilmuan yang terlaksana di Perguruan Tinggi. Integrasi keilmuan ini tercermin dalam komponen perangkat pembelajaran yang penting dalam proses perkuliahan yaitu kurikulum dan RPS. Proses pembelajaran berbasis harmonisasi ilmu terdapat beberapa model yang dilakukan oleh dosen-dosen pengampu mata kuliah. Beberapa model tersebut dipaparkan secara jelas disertai contoh. Harapannya, buku ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca sehingga dapat menerapkan integrasi keilmuan dalam proses pembelajaran. Pemesanan Buku Tercetak: 0858-7606-7240 (WhatsApp)