Sebanyak 222 item atau buku ditemukan

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Isi, Strategi, dan Penilaian

Berdasarkan Standar Isi 2006, pendidikan kewarganegaraan di Indonesia pada tingkat sekolah memperkenalkan diri dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Mata pelajaran PKn mengembangkan misinya sebagai pendidikan kebangsaan dan demokrasi juga penambah misi lainnya yakni sebagai pendidikan bela negara, pendidikan HAM, pendidikan multikultural, pendidikan lingkungan hidup, pendidikan hukum, dan pendidikan anti korupsi. Hal demikian sejalan dengan sifat dari pendidikan yang multidimensional atau multifacet. Buku ini berupaya menyajikan karakteristik pendidikan kewarganegaraan di Indonesia, khususnya dalam dimensi kurikulum sebagai mata pelajar di sekolah. Sajiannya mencakup 3 (tiga) dimensi penting dalam pembelajaran di kelas, yakni bagaimana isi, strategi, dan penilaian pembelajaran dalam bidang PKn. Semoga dapat digunakan para guru dan pendidik bidang kewarganegaraan.

... (Citizenship) tahun 2004 (uji coba kurikulum berbasis kompetensi). g. Pendidikan Kewarganegaraan tahun 2006 (Permendiknas No. 22 Tahun 2006) ... kewarganegaraan atau citizenship education 15 Bab 1 Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah.

Manajemen

Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4

Manajemen adalah seni dan ilmu (teori). Manajemen bukah hanya diteorikan melainkan dipraktikkan dan dirisetkan. Teori tanpa praktik bagaikan pohon tidak berbuah. Sebaliknya, praktik tanpa teori bagaikan orang buta tersesat di tengah hutan yang gelap gulita. Teori tanpa dirisetkan menyebatkan teori tidak berkembang bahkan tidak ada teori baru. Sebaliknya, riset tanpa teori bagaikan hipotesis dan atau pertanyaan riset yang turun dari langit. Praktik tanpa dirisetkan menyebabkan barang/jasa tanpa inovasi dan kreasi. Sebaliknya, riset tanpa dipraktikan hanyalah untuk manfaat teoretis. Jadi, teori, praktik, dan riset merupakan suatu sistem. Buku ini layak dibaca oleh akademisi, praktisi, dan masyarakat luas yang masih bingung membedakan antara manajemen dengan administrasi, manajemen dengan kepemimpinan, serta leader, manager dengan administrator, dan denisi manajemen pendidikan. Di samping itu, buku ini penting bagi akademisi, praktisi, dan masyarakat luas yang ingin meningkatkan mutu dirinya, keluarganya, organisasinya, serta masyarakat. Mutu tersebut antara lain; pengoordinasian, motivasi, kepemimpinan, kekuasaan, pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, komunikasi, koordinasi negosiasi, konflik, keterampilan, kepercayaan, kinerja, kepuasaan kerja, pengendalian (pemantauan, penilaian, dan pelaporan), dan teknik-teknik meningkatkan mutu.

Manajemen adalah seni dan ilmu (teori). Manajemen bukah hanya diteorikan melainkan dipraktikkan dan dirisetkan. Teori tanpa praktik bagaikan pohon tidak berbuah.

Kiat Mengentaskan Pengangguran dan Kemiskinan Melalui Wirausaha

Jumlah penduduk miskin dan pengangguran dari tahun ke tahun terus meningkat. Penduduk yang miskin tersebut sebagian besar disebabkan tidak mempunyai pekerjaan (pengangguran). Mereka umumnya berpendidikan rendah, tamat dan tidak tamat SD hingga berpendidikan tinggi. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, jelas akan menghambat cita-cita mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Buku "Kiat Mengentaskan Pengangguran dan Kemiskinan Melalui Wirausaha" diharapkan dapat dijadikan "guideline" atau panduan bagi para pembaca untuk segara dapat memulai menjadi pengusaha atau wirausaha. Penulis berharap seiring berjalannya waktu akan bermunculan pengusaha-pengusaha baru di berbagai bidang. Hal ini tentu akan berdampak positif, yaitu berkurangnya pengangguran dan kemiskinan serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Buku "Kiat Mengentaskan Pengangguran dan Kemiskinan Melalui Wirausaha" diharapkan dapat dijadikan "guideline" atau panduan bagi para pembaca untuk segara dapat memulai menjadi pengusaha atau wirausaha.

Implementasi Kurikulum Merdeka

Perubahan kurikulum kali ini diharapkan mampu mendorong terciptanya pendidikan yang berkualitas dan dapat menghasilkan sumber daya manusia pembangunan yang beretos kerja tinggi untuk menyiapkan Indonesia Emas tahun 2045. Hal ini penting, terutama dalam memasuki era digitalisasi yang sarat dengan kualitas dan penuh persaingan. Dalam konteks tersebut, semoga buku ini dapat membantu saudara menerapkan kurikulum secara tepat waktu dan tepat sasaran. Buku ini berupaya memformulasikan suatu cara praktis dalam implementasi Kurikulum Merdeka sehingga dapat dijadikan panduan oleh para pelaksana di lapangan. Buku ini juga menyajikan contoh kurikulum operasional yang harus dikembangkan oleh guru dan kepala sekolah di sekolah masing-masing. Buku ini mencakup penjelasan mengenai Paradigma Baru Kurikulum Merdeka, Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka, Rencana Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Pelaksanaan Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Strategi dan Pendekatan Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, dan Menciptakan Iklim Sekolah Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka.

Buku ini mencakup penjelasan mengenai Paradigma Baru Kurikulum Merdeka, Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka, Rencana Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Pelaksanaan Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, ...

Manajemen Investasi dan Portofolio

Buku ini disusun dalam 15 bab tentang bagaimana manajemen investasi dan portofolio. Ruang lingkup buku ini meliputi Pasar Modal Indonesia dan instrumennya; penilaian saham dan obligasi; risk dan return aset tunggal dan portofolio saham; analisis ekonomi saham; analisis perusahaan; analisis industri dan analisis teknikal saham; serta dilengkapi dengan kajian tentang efisiensi pasar. Karena pertumbuhan dan kapitalisasi pasar modal syariah, maka buku ini menambahkan 1 bab khusus tentang pasar modal syariah. Materi yang disajikan melalui pendekatan konsep teori, praktik, dan penelitian terbaru di bidang yang bersangkutan diharapkan mampu memenuhi tujuan penulisan buku ini.

Buku ini disusun dalam 15 bab tentang bagaimana manajemen investasi dan portofolio.

Filsafat Administrasi

Perkembangan ilmu pengetahuan tidak terlepas dari peran administrasi, dimana format yang bernama "ad" dan "ministrae" ternyata lahir dari pemikiran-pemikiran seni filsuf pada awal sejarah presitorik (jaman pra sejarah). Saat ini pemikiran filsafat administrasi tersebut bergerak dinamis kontemporer dan banyak melahirkan pemikiran-pemikiran konsep baru tentang pengembangan ilmu administrasi. Bahkan menjadi suatu model yang dikemas menjadi fungsi humanities-progresif yang menjadi akar pemecahan masalah di bidang pelayanan publik. Buku ini mencoba memberikan pemahaman penting kepada generasi penerus bangsa bahwasanya mother of science (ibu dari segala ilmu adalah filsafat) dapat dipelajari dengan mudah seperti ikut dalam alunan irama lagu yang secara khusus menyajikan cikal bakal administrasi menjadi suatu ilmu yang bermanfaat bagi hajat hidup orang banyak.

... general. Prinsip yang bersifat general ini harus dapat dipakai untuk menjelaskan segala sesuatu kajian atas objek ... Philosophy of Plato and Aristotle. 3. Untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu dipergunakan? Bagaimana 8 Filsafat ...

Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah

Segala aktivitas dan Manajemen Peserta Didik (MPD) yang dijalankan di sekolah, jika dirunut pastilah bermuara di sentral layanan pendidikan, yaitu peserta didik. Di era otonomi daerah dan school based management seperti sekarang, MPD berbasis sekolah menduduki posisi yang sangat strategis. Buku ini hadir karena hampir semua lembaga pendidikan di negeri ini, sedang berhasrat besar untuk memberikan layanan yang andal dan prima kepada peserta didiknya. Pembahasannya diawali dengan urgensi MPD, baik dari perpektif sosiologis maupun psikologis. Kemudian dilanjutkan diskursif manajemen dengan pendekatan MPD, perencanaan, rekrutmen, dan orientasi (induction) peserta didik baru, pengelompokan (grouping), sistem tingkat, dan sistem tanpa tingkat, peningkatan kedisiplinan, kode etik, student government, dan pengadilan peserta didik dengan dua pendekatan yang digunakan, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa jurusan Administrasi/ Manajemen Pendidikan, mahasiswa fakultas ilmu pendidikan atau tarbiyah serta para manajer pendidikan (kepala sekolah) di berbagai jenjang dan satuan pendidikan. dengan membaca buku ini akan menginspirasi diaplikasikannya pendekatan konvergensi dalam penanganan peserta didik di sekolah.

Segala aktivitas dan Manajemen Peserta Didik (MPD) yang dijalankan di sekolah, jika dirunut pastilah bermuara di sentral layanan pendidikan, yaitu peserta didik.