Sebanyak 17586 item atau buku ditemukan

Makers of Contemporary Islam

In this timely and important work, John Esposito and John Voll explore the development of contemporary Islamic movements and thought through the biographies of nine major activist intellectuals who represent a wide range of Muslim societies. Many Muslims have combined revivalist activism with intellectual efforts, but only a few have achieved significant international visibility and influence. By examining the lives and work of nine such internationally recognized figures, Esposito and Voll provide a new understanding of the intellectual foundations of contemporary Islamic awareness and politics. Included are profiles of: Ismail Ragi al-Faruqi (U.S./Palestine), Khurshid Ahmad (India/Pakistan), Maryam Jameelah (U.S./Pakistan), Hasan Hanafi (Sudan), Rashid Ghannoushi (Tunisia), Hasan al-Turabi (Sudan), Abdolkarim Soroush (Iran), Anwar Ibrahim (Malaysia), and Abdurrahman Wahid (Indonesia). These thinkers contributed to some of the most significant intellectual and activist developments in the Muslim world during the 1980s and 1990s--the period during which Islamic movements became a major force in Muslim societies and international affairs. They helped to organize and lead the movements of Islamic renewal and provided the conceptual foundations for the programs those movements advocate. Together, they represent a distinctive phase in the evolution of Islamic thinking: the ongoing effort to create an effective synthesis of modernity and Islamic tradition. Their work supplies the core of the Islamic resurgence of the1990s and the foundation for what it can become in the twenty-first century.

By examining the lives and work of nine such internationally recognized figures, Esposito and Voll provide a new understanding of the intellectual foundations of contemporary Islamic awareness and politics.

Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama

Judul : Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Penulis : Dr. Mohammad Akmal Haris, M.Pd., C.FLS. Ukuran : 15,5 x 23 Tebal : 350 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN: 978-634-235-182-6 No. E-ISBN: 978-634-235-183-3 (PDF) Terbitan : Mei 2025 SINOPSIS Di tengah keberagaman Indonesia yang kaya, tantangan terbesar adalah menjaga kedamaian dan keharmonisan antarumat beragama. Buku ini menawarkan solusi dengan pendekatan moderasi beragama dalam Pendidikan Agama Islam, yang menekankan keseimbangan, toleransi, dan keadilan. Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama mengungkapkan prinsip-prinsip moderasi seperti tawassuth (jalan tengah), tasamuh (toleransi), dan al-‘adl (keadilan), serta bagaimana nilai-nilai ini dapat diintegrasikan dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam. Buku ini juga mengajak pendidik dan masyarakat untuk mengatasi tantangan ekstremisme dan intoleransi, baik di dunia nyata maupun dunia maya, dengan pendekatan yang inklusif dan berbasis nilai-nilai moderat. Karya ini sangat relevan bagi pendidik, orang tua, dan siapa saja yang ingin memahami bagaimana moderasi beragama dapat menciptakan generasi yang damai, berpikiran terbuka, dan mampu hidup harmonis dalam masyarakat yang plural. Sebuah panduan penting untuk mewujudkan kedamaian dan keharmonisan dalam keberagaman.

Judul : Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Penulis : Dr. Mohammad Akmal Haris, M.Pd., C.FLS.

Bahan ajar moderasi beragama di lingkungan perguruan tinggi

Buku “Moderasi Beragama di Lingkungan Perguruan Tinggi” membahas pentingnya moderasi beragama dalam membangun masyarakat yang inklusif, toleran, dan harmonis, terutama di lingkungan pendidikan tinggi. Buku ini mengupas konsep dasar moderasi beragama, peran tokoh agama, dan tantangan masa depan dalam mempertahankan nilai-nilai moderasi di tengah kemajuan teknologi dan dinamika masyarakat modern. Selain itu, buku ini menjelaskan sembilan nilai kunci moderasi beragama, upaya penguatan sikap inklusivisme, serta bagaimana moderasi dapat diterapkan melalui media sosial dan online. Juga disajikan hasil penelitian terkait implementasi moderasi di pendidikan tinggi keagamaan Islam.

Buku “Moderasi Beragama di Lingkungan Perguruan Tinggi” membahas pentingnya moderasi beragama dalam membangun masyarakat yang inklusif, toleran, dan harmonis, terutama di lingkungan pendidikan tinggi.

HARMONI MODERASI BERAGAMA: Pemahaman, Kesadaran, dan Penerapannya

Buku ini lahir dari kebutuhan untuk menjembatani gap antara teori dan praktik dalam moderasi beragama, serta mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari siswa di sekolah. Melalui buku ini, kami berharap dapat memberikan wawasan yang bermanfaat tentang bagaimana moderasi beragama dapat diintegrasikan dalam kurikulum dan kegiatan sekolah, serta membangun kesadaran dan sikap yang inklusif di kalangan siswa. Pemahaman moderasi beragama adalah pendekatan untuk mengelola perbedaan agama dengan cara yang harmonis dan inklusif, menghindari ekstremisme, dan mempromosikan toleransi. Konsep ini mencakup menghormati keyakinan agama orang lain, memahami latar belakang budaya yang berbeda, dan mencari titik temu yang dapat diterima oleh semua pihak. Kesadaran mengenai pentingnya moderasi beragama melibatkan pengenalan terhadap masalah-masalah yang muncul akibat intoleransi dan diskriminasi agama. Buku ini membahas bagaimana kesadaran ini dapat dibangun melalui pendidikan, dialog, dan pengalaman langsung yang mengajarkan nilai-nilai keberagaman dan inklusi.

Buku ini lahir dari kebutuhan untuk menjembatani gap antara teori dan praktik dalam moderasi beragama, serta mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari siswa di sekolah.

Ormas Islam dan Gerakan Moderasi Beragama di Indonesia - Rajawali Pers

Maraknya berbagai paham kekerasan dengan mengatasnamakan Islam telah mengusik berbagai organisasi kemasyarakatan Islam (ormas Islam) di Indonesia. Ormas Islam, sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dituntut berperan aktif menyelesaikan berbagai paham kekerasan atau radikalisme tersebut, dengan mempromosikan Islam sebagai agama yang damai dan penuh rahmat. Untuk itulah, perlu kiranya ditelusuri bagaimana pemikiran, peran, dan kontribusi ormas-ormas Islam di Indonesia dalam mewujudkan dan menjaga keutuhan masyarakat Islam Indonesia melalui upaya deradikalisasi dan moderasi pemahaman Islam. Buku ini mengkaji beberapa pemikiran, peran, dan kontribusi ormas besar keagamaan Islam yang ada di Indonesia dalam melakukan moderasi beragama, sekaligus mencegah berkembangnya radikalisme di Indonesia. Semoga buku ini dapat memberikan gambaran kepada pembaca tentang realitas pemikiran, peran, dan kontribusi ormas Islam dalam membangun Islam moderat di Indonesia, sekaligus memberikan solusi dan alternatifnya terkait gagasan dan gerakan moderasi beragama di Indonesia.

Maraknya berbagai paham kekerasan dengan mengatasnamakan Islam telah mengusik berbagai organisasi kemasyarakatan Islam (ormas Islam) di Indonesia.

Moderasi beragama pada pembelajaran PAI

Moderasi beragama, dalam kajian ini, didefinisikan sebagai pendekatan yang mengedepankan pemahaman dan pengamalan ajaran agama dengan cara yang seimbang, rasional, dan menghargai keragaman. Pendekatan ini bertujuan untuk mempromosikan sikap toleransi dan menghindari pemahaman ekstrem atau eksklusif yang dapat menimbulkan perpecahan. Oleh karena itu, buku teks PAI diharapkan dapat mencerminkan prinsip-prinsip moderasi beragama ini secara efektif. Moderasi beragama, dalam hal ini,merujuk pada pendekatan yang mengedepankan sikap toleran,inklusif, dan tidak ekstrem dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama.

Moderasi beragama, dalam kajian ini, didefinisikan sebagai pendekatan yang mengedepankan pemahaman dan pengamalan ajaran agama dengan cara yang seimbang, rasional, dan menghargai keragaman.