Sebanyak 19652 item atau buku ditemukan

Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran

Berdasarkan difinisinya Asesmen merupakan proses pengumpulan data yang menunjukan perkembangan pembelajaran peserta didik. Sedangkan evaluasi pembelajaran ialah penilaian terhadap informasi dan keterangan yang diperoleh dari aktifitas asesmen. Berdasarkan definisi tersebut, asesmen dan evaluasi pembelajaran merupakan kedua hal yang saling berkaitan. Kedua hal ini perlu dipahami oleh pelajar/mahasiswa dan khususnya tenaga pengajar/guru/dosen dalam merancang asesmen yang pada akhirnya menuju ke penilaian peserta didik. Oleh karena itu tenaga pengajar perlu untuk memahami dan menguasai jenis-jenis dan kelebihan-kekurangan asesmen dan lain lain, yang digunakan untuk menilai kemampuan siswa setelah mendapatkan pembelajaran, sehingga peserta didik berhasil menguasai kompetesi yang ditargetkan. Buku Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran ini akan menyajikan materi yang mencakup 7 bab yang disusun secara koheren. Kami berharap buku Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran ini dapat menjadi referensi kepada pelajar/mahasiswa serta tenaga pengajar/guru/dosen agar lebih memahami Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran.

Sedangkan evaluasi pembelajaran ialah penilaian terhadap informasi dan keterangan yang diperoleh dari aktifitas asesmen. Berdasarkan definisi tersebut, asesmen dan evaluasi pembelajaran merupakan kedua hal yang saling berkaitan.

Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019

Untuk meningkatkan mutu pendidikan pada lingkup satuan pendidikan yang berperan aktif adalah tenaga pendidik. Tanpa peran aktif mereka, peningkatan mutu pendidikan tidak akan pernah tercapai. Menurut Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan, komponen-komponen sistem pendidikan yang bersifat sumber daya manusia dapat digolongkan menjadi tenaga pendidik dan pengelola satuan pendidikan (penilik, pengawas, peneliti dan pengembang pendidikan).

Untuk meningkatkan mutu pendidikan pada lingkup satuan pendidikan yang berperan aktif adalah tenaga pendidik.

Dasar-Dasar Evaluasi Hasil Pembelajaran Biologi

Buku ini merupakan revisi yang telah disusun sebelumnya untuk memudahkan mahasiswa sebagai calon guru Biologi dalam penguasaan materi yang ada di dalam buku ini dan memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan referensi materi perkuliahan untuk mata kuliah Evaluasi Pembelajaran khususnya mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, isi buku ini membahas tentang konsep dasar evaluasi hasil belajar, prosedur evaluasi hasil pembelajaran, penyususnan penilaian (asessment) teknik tes, analisis kualitas butir soal, pengolahan hasil evaluasi dan mencari nilai akhir.

Buku ini merupakan revisi yang telah disusun sebelumnya untuk memudahkan mahasiswa sebagai calon guru Biologi dalam penguasaan materi yang ada di dalam buku ini dan memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan referensi materi perkuliahan untuk ...

Evaluasi Pendidikan

Buku tentang pendidikan yang berjudul Evaluasi Pendidikan merupakan buku karya Mardiah Astuti. Buku ini ditulis sebagai salah satu referensi untuk sumber belajar bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu dan Tarbiyah dan Keguruan yang mengambil mata kuliah Evaluasi Pendidikan. Buku Evaluasi Pendidikan ini terdiri dari delapan bab yaitu Bab I membahas tentang Evaluasi Pendidikan, Pengukuran dan Penilaian; Bab II membahas tentang Hubungan Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan; Bab III membahas Prinsip, Karakteristik dan Jenis-Jenis Evaluasi Pendidikan; Bab IV membahas tentang Teknik Evaluasi Pendidikan; Bab V membahas Standar Penilaian Pendidikan dan Tahapan Evaluasi Pendidikan; Bab VI membahas tentang Tingkat Kesukaran dan Daya Beda; Bab VII membahas tentang Belajar dan Hasil Belajar; dan Bab VIII membahas tentang Penilaian Hasil Belajar. Spesifikasi buku ini meliputi : Kategori : Pendidikan Penulis : Mardiah Astuti E-ISBN : 978-623-02-5187-0 Ukuran : 15.5x23 cm Halaman : 160 hlm Tahun Terbit : 2022 Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan tinggi (universitas dan sekolah tinggi). Buku ini tersedia juga dalam versi cetak. Dapatkan buku-buku berkualitas dengan pilihan terlengkap hanya di Toko Buku Online Deepublish : penerbitbukudeepublish.com.

Buku tentang pendidikan yang berjudul Evaluasi Pendidikan merupakan buku karya Mardiah Astuti.

EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BIDANG TEKNOLOGI

Terminologi, Prosedur dan Pengembangan Program dan Instrumen

Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi: Terminologi, Prosedur Pengembangan Program dan Instrumen ini merupakan buku edisi pertama. Alhamdulillahirobbil-‘alamin, penulis panjatkan puji syukur ke hadlirat Alloh SWT atas segala limpahan rahmat-Nya, sehingga buku ini dapat dipersembahkan kepada para pembaca. Paparan teoretik yang terkait dengan konteks dan ranah bidang teknologi beserta pembelajarannya, serta berbagai terminologi terkait dengan evaluasi yang dilengkapi dengan kiat-kiat dalam prosedur pengembangan program dan instrumen evaluasi menjadi isi utama dalam buku ini. Tampilan dan bentuk kemasan paparan buku ini lebih berdasarkan pada karakteristik isi bidang kajian, penggunaan bahasa dan kerangka pikir yang mudah dipahami oleh pembaca. Berbagai contoh kiat pengembangan program dan instrumen evaluasi diangkat dari pengalaman penulis, antara lain sebagai konsultan pengembangan bidang pembelajaran, evaluator berbagai program hibah perguruan tinggi, evaluator proposal dan laporan penelitian, serta akreditasi jurnal perguruan tinggi di Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M), tim pengembang instrumen seleksi untuk masuk perguruan tinggi, tim Pengembangan instrumen sertifikasi guru dalam jabatan dan pra-jabatan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, peneliti dalam bidang pembelajaran, pembimbing dosen muda dan mahasiswa program S1, S2, dan S3, dan fasilitator berbagai kegiatan seminar dan pelatihan yang terkait dengan pengembangan pembelajaran dan evaluasi yang relevan dengan rumpun bidang keahlian guru besar penulis yaitu Teknologi Pembelajaran Kejuruan Teknik.

Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi: Terminologi, Prosedur Pengembangan Program dan Instrumen ini merupakan buku edisi pertama.

Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Buku Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia disusun meliputi: (1) Hakikat Evaluasi, (2) Penilaian Pembelajaran, (3) Prinsip-Prinsip Evaluasi, (4) Penilaian Berbasis HOTS, (5) Penilaian Kebahasaan dan Kesastraan, (6) Penilaian Keterampilan Berbahasa, (7) Penilaian Apresiasi Sastra, dan (8) Uji Kemahiran Berbahasa. Pembaca diharapkan berkompeten; a. Mampu membedakan konsep evaluasi, penilaian, pengukuran, dan tes. b. Mampu mendeskripsikan sejarah kebijakan ujian nasional di Indonesia, penilaian proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan mekanisme penilaian pembelajaran. c. Mampu merumuskan prinsip-prinsip penilaian. d. Menerapkan penilaian berbasis HOTS. e. Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan kebahasaan dan kesastraan. f. Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan berbahasa. g. Mengembangkan instrumen penilaian apresiasi sastra. h. Menguasai uji kemahiran berbahasa Indonesia.

Buku Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia disusun meliputi: (1) Hakikat Evaluasi, (2) Penilaian Pembelajaran, (3) Prinsip-Prinsip Evaluasi, (4) Penilaian Berbasis HOTS, (5) Penilaian Kebahasaan dan Kesastraan, (6) Penilaian ...

MONITORING DAN EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penelitian dari karya tulis ilmiah dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang berjudul : “Efektifitas Monitoring dan Evaluasi Melalui Model Pendekatan Face To Face Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran di SMP Muhammadiyah Parepare Tahun Pelajaran 2015/2016” Disadari bahwa selesainya penulisan buku ini tidak terwujud tanpa bantuan, dorongan serta bimbingan dari berbagai pihak. Penelitian untuk buku ini tidak dapat terselesaikan sebagaimana yang diharapkan, olehnya itu rasa terima kasih dengan dedikasi yang tinggi diucapkan kepada ; Drs. Mustafa Mappangara, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare, atas segala arahan dan motivasinya dalam meningkatkan Profesionalisme Pengawas di Lingkungan Dinas pendidikan Kota Parepare, Drs. H. Mujahidin Rauf, M.Pd., selaku Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan Kota Parepare yang telah banyak memberikan konstribusi terhadap pelaksanaan dan penyelesaian Laporan Penelitian Tindakan Sekolah ini, Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada rekan-rekan Pengawas Dinas Pendidikan Kota Parepare, atas kerjasamanya dalam melakukan penelitian ini, Anwar Ali, S.Pd., selaku kepala sekolah SMP Muhammadiyah yang ikut membantu dalam pengolahan data penelitian dan tak lupa Guru Mata Pelajaran PKn dan IPS yang telah berkolaborasi dengan penulis dalam melancarkan proses penelitian ini. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya juga disampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dalam penyelenggaraan penelitian ini.

Perencanaan pembelajaran merupakan langkah yang sangat penting sebelum pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan yang matang diperlukan upaya pelaksanaan pembelajaran berjalan secara efektif. Perencanaan pembelajaran dituangkan ke dalam ...

EVALUASI PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19

Buku ini disusun dengan berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Buku ini disusun dengan berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan diselaraskan berdasarkan ...