Sebanyak 723 item atau buku ditemukan

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ULUL AL-BAB DALAM AL-QUR’AN

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ULUL AL-BAB DALAM AL-QUR’AN PENULIS: Basrinsyah, M.Pd. Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-318-6 Terbit : Juni 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Konsep ul?l-alb?b yang terdapat dalam al-Quran adalah orang yang selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara ber-zikir di manapun dan kapanpun dia berada. Mereka selalu menancapkan kalimatullah dalam hatinya, di samping itu dia mau menggunakan kecerdasannya dengan selalu berfikir dan menganalisa ciptaan Allah SWT, sehingga dengan kegiatan berfikir dan berzikir tersebut mereka mampu mengambil faidah darinya atas semua keagungan Allah SWT dan mau mengingat hikmah akal dan keutamaannya dalam segala situasi dan kondisi. Dengan melakukan dzikir dan fikir, maka sampailah manusia pada suatu kesimpulan bahwa Allah SWT menciptakan alam ini syarat dengan tujuan dan kemanfaatan bagi manusia. Selanjutnya mereka memohon kepada Allah SWT supaya mereka diberi petunjuk dan dihindarkan dari siksa api neraka.Relevansi konsep ul?l-alb?b dengan karakter pendidikan nasional sangat erak sekali. ul?l-alb?bdan karakter pendidikan nasional adalah dua kata yang salingberhubungan, karena sebenarnya karakter pendidikan nasional adalah suatu misi yang diemban dan hendak direalisasikan oleh seorang ul?l-alb?b melalui berbagai aktifitas dalam kehidupan yang dijalaninya. Sedangkan ul?l-alb?b adalah merupakan salah satu tujuan akhir dari pendidikan itu sendir. Karakter ul?l-alb?b yang selalu befikir dan berzikir kepada Allah SWT akan mendekatkan dia yang karakter pendidikan nasional yang sejatinya sudah tergambar dalam Islam dan juga pribadi ulal albab. Karakter tersebut antara lain religius, jujur, toleransi, disiplin, dan lain-lain. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ULUL AL-BAB DALAM AL-QUR’AN PENULIS: Basrinsyah, M.Pd. Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-318-6 Terbit : Juni 2020 www.guepedia.com Sinopsis: ...

Pengembangan Proses Belajar Peserta Didik dalam Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Pengajar

Buku ini memuat kumpulan artikel tentang : Profesi Guru dan Perubahan Perilaku Maysarakat dalam Era Globalisasi; Peran Orang Tua sebagai Pendamping dalam Belajar Anak; Tinjauan Teoritik tentang Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Lembaga Pendidikan Tenagat Kependidikan (LPTK); Paket Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi; Penegakan Kode Etik Profesional Guru Indonesia; Mengenal Kepemimpinan Pendidikan; Manajemen Kelas dan Usaha Mengembangkan Profesi Dosen dalam Bidangnya; Metode Kualitatif dalam Penelitian di Bidang Pengajaran; Metode Kualitatif dalam Penelitian di Bidang Pengajaran; Pengembangan Kurikulum sebagai Upaya Peningkatan Mutu Proses Belaajr Mengajar di Perguruan Tinggi; Pendidikan Prasekolah Menurut UUSPN tahun 1989 dan Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 1990; Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian; Komunikasi Dosen Wali dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi; Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa; Validitas dan Reliabilitas Tes Sine Qua Non Pengukuran Hasil Belajar Mahasiswa; Hadiah dan Hukuman sebagai Alat Pendidikan.

Buku ini memuat kumpulan artikel tentang : Profesi Guru dan Perubahan Perilaku Maysarakat dalam Era Globalisasi; Peran Orang Tua sebagai Pendamping dalam Belajar Anak; Tinjauan Teoritik tentang Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Lembaga ...

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM PENGEMBANGAN UMKM DI WILAYAH PESISIR

Buku ajar ini disusun dengan maksud agar para mahasiswa dapat dengan mudah mengetahui dan memahami masalah pemberdayaan masyarakat di desa yang terkait engan pengembangan UMKM khususnya yang berada disekitar wilayah pesisir pantai. Pemberdayaan saat ini telah menjadi Program nasional melalui PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat), Sehingga semua SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah ) memiliki program Pemberdayaan Masyarakat. Bahkan diseluruh Provinsi dan kabupaten/kota perlu dibentuk instansi khusus yang bernama Badan/kantor Pemberdayaan Masyarakat.Bahkan di dalam Struktur pemerintah desa/kelurahan juga dibentuk Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan (LPMD/LPMK). Oleh sebab itu buku ini diterbitkan dengan harapan untuk dapat dijadikan acuan bagi semua pihak yang membutuhkan, baik Mahasiswa, Fasilitator, aparat desa/kelurahan , pemerhati pemberdayaan masyarakat desa untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam kaitannya dengan perspektif kebijakan publik.

Buku ajar ini disusun dengan maksud agar para mahasiswa dapat dengan mudah mengetahui dan memahami masalah pemberdayaan masyarakat di desa yang terkait engan pengembangan UMKM khususnya yang berada disekitar wilayah pesisir pantai.

TELAAH KURIKULUM : TEORI & PENGEMBANGANNYA

Buku dengan judul Telaah Kurikulum : Teori & Pengembangannya merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Paradigma Awal : Pendidikan Dan Kurikulum, 2) Pengertian Kurikulum, 3) Hakikat Kurikulum, 4) Anatomi Kurikulum, 5) Landasan Pengembangan Kurikulum, 6) Model Pengembangan Kurikulum, 7) Model Implementasi Kurikulum, 8) Tahapan Dan Prinsip Pengembangan Kurikulum, 9) Evaluasi Kurikulum, 10) Telaah Historis Kurikulum Di Indonesia, 11) Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, 12) Telaah Kurikulum Pendidikan Dasar, 13) Telaah Kurikulum Pendidikan Menengah Pertama, 14) Telaah Kurikulum Pendidikan Menengah Atas, 15) Kurikulum Pendidikan Tinggi, 16) Kurikulum Dan Mutu Pendidikan.

Buku dengan judul Telaah Kurikulum : Teori & Pengembangannya merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA PENULIS: AYU SRI MENDA BR SITEPU ISBN: 978-623-229-244-4 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 90 halaman Sinopsis: Buku ini diharapkan dapat mendorong atau bahkan menyadarkan pembaca bahwa perwujudan kreativitas adalah penting bagi setiap insan manusia. Buku ini disusun guna membekali para guru untuk memahami bagaimana proses kreativitas itu diimplementasikan, dan terlebih penting bagaimana dapat mengembangkan dalam pembelajarannya di sekolah. Buku ini juga menguraikan tentang manusia kreatif, kreativitas manusia, kreativitas berdasar beragam perspektif, ciri-ciri kreatif, bakat dan kreativitas, proses kreatif, teknik pengembangan kreativitas dalam pembelajaran dan tips menghadapi tantangan berkreatif. Pembahasan lengkap dengan ilustrasi dan contoh agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Penulis menyadari bahwa buku ini masih memiliki beberapa kekurangan dan berupaya untuk terus lakukan penyempurnaan pada masa selanjutnya berdasarkan umpan balik pembaca. Buku yang ada di tangan pembaca kali ini, menggugah kesadaran kita bahwa pada dasarnya setiap manusia itu kreatif. Persoalannya hanya pada titik pengembangannya semata. Ada yang berusaha mengembangkan kreativitasnya, dan ada pula yang kurang peduli dengan kreativitasnya, sehingga menyebabkan dirinya menjadi pribadi yang kurang berkualitas. Buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya para guru dalam membina kreativitas peserta didiknya melalui pembelajaran atau keteladanan yang dilakukannya. Perlu diingat bahwa orang kreatif bukanlah individu yang jenius melainkan orang-orang yang luwes, dinamis, antuasia, tekun, tidak tergantung pada orang yang lain, pernuh perhatian pada sesuatu yang baru, dan punya rasa ingin tahu yang tinggi. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA PENULIS: AYU SRI MENDA BR SITEPU ISBN: 978-623-229-244-4 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 90 halaman Sinopsis: Buku ini diharapkan dapat mendorong atau bahkan menyadarkan pembaca bahwa ...

Dasar-Dasar Analisis Laporan Keuangan

Buku dengan judul Dasar-dasar Analisis Laporan Keuangan merupakan buku pembelajaran, sumber refrensi dan pedoman belajar, buku ini mencakup tentang konsep dasar laporan keuangan; jenis dan komponen laporan keuangan; analisis laporan keuangan; analisis rasio; rasio likuiditas; rasio solvabilitas; rasio aktivitas; rasio profitabilitas; rasio keuangan bank; analisis sumber dan penggunaan modal kerja; analisis perkreditan; dan analisis laba kotor.

Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi: Edisi 4. BPFE. Sawir, A. (2009). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Suwiknyo, D. (2016). Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah.

Pengantar Manajemen Aset

Dalam buku ini, berisikan tentang bagaimana cara mengelola suatu aset disertai dengan peraturan yang melandasi dari pelaksanaan pengelolaan aset tersebut. Untuk mengelola aset maka diperlukan suatu manajemen aset agar nantinya aset tersebut dapat optimal dan dapat menunjang perekonomian nasional. Seperti kita ketahui bersama, pengelolaan aset Negara yang optimal akan menambah pendapatan suatu Negara dan harapannya manfaat dari aset tersebut dapat berguna bagi masyarakat pada umumnya. Tentu hal tersebut yang diharapkan bersama Untuk hal – hal yang dibahas dalam manajemen aset, khususnya dalam buku ini adalah berisikan tentang: Manajemen Aset, Perencanaan dan Penganggaran Aset, Pengadaan Aset, Pemeliharaan Aset, Pemanfaatan Aset, Penghapusan Aset, Pemindahtangan Aset, dan Optimalisasi Aset. Masing - masing bahasan tersebut dituangkan dalam bab yang berbeda sehingga akan lebih detail didalamnya. Dalam bab tertentu, akan dibahas perbedaan antara pengelolaan aset yang berupa Barang Milik Negara (BMN) atau Barang Milik Daerah (BMD) beserta peraturan yang melandasinya. Karena dalam pengelolan aset Negara, harus jelas paying hukumnya dalam pengelolaan aset agar nantinya tidak terdapat masalah hukum dikemudian hari atau prosedur yang dilanggar. Demikian buku ini kami susun, agar dapat menjadi tambahan wawasan atau ilmu pengetahuan bagi siapa saja yang membacanya. Tentunya ada kekurangan atau kelemahan dari buku yang kami susun, apabila ada masukan kami sangat mengharapkannya. Terima Kasih.

Dalam buku ini, berisikan tentang bagaimana cara mengelola suatu aset disertai dengan peraturan yang melandasi dari pelaksanaan pengelolaan aset tersebut.

Pengantar Manajemen

Book Chapter ini disusun oleh sejumlah dosen dan praktisi dari berbagai intitusi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Hadirnya buku ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Manajemen, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang dengan detail, melainkan berbagai aplikasi dan mudah dipahami. Sistematika buku ini dengan judul “Pengantar Manajemen” terdiri atas 12 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai: 1. Konsep Dasar Ilmu Manajemen 2. Pengembangan Teori Manajemen 3. Ruang Lingkup Manajemen 4. Perencanaan dalam Manajemen 5. Strategi dan Pengambilan Keputusan 6. Struktur dan Desain Organisasi 7. Mengelola SDM 8. Motivasi 9. Kepemimpinan 10. Mengelola Komunikasi 11. Proses Pengendalian 12. Pengelolaan Beberapa Komponen Operasional dalam Kegiatan Bisnis

Book Chapter ini disusun oleh sejumlah dosen dan praktisi dari berbagai intitusi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Pengantar Manajemen : Panduan Komprehensif Pengelolaan Organisasi

Sistematika buku ini meliputi 14 (empat belas) bagian yang merupakan serangkaian dasar untuk belajar mengenai ilmu-ilmu manajemen yang diperkaya dengan studi kasus. Buku ini diharapkan menjadi alternatif referensi bagi kalangan akademik dan profesional (bisnis maupun nonbisnis) dalam meningkatkan pengetahuan dan seni dalam mengelola organisasi yang secara terus menerus mengalami berbagai tantangan, baik dari internal maupun eksternal.

Sistematika buku ini meliputi 14 (empat belas) bagian yang merupakan serangkaian dasar untuk belajar mengenai ilmu-ilmu manajemen yang diperkaya dengan studi kasus.