Sebanyak 107 item atau buku ditemukan

Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar)

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik. Dengan kata lain, program ini dapat menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di satu sisi dan mutu manusia Indonesia secara luas di sisi yang lain. Dengan buku ini menjadi jalan dalam memahami dan menerapkan cara pandang pendidikan melalui kebijakan “merdeka belajar” yang telah dicanangkan, agar pendidikan di Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dalam buku ini terdiri dari 13 Bab, yang terdiri dari, Kurikulum Merdeka Belajar, Program Semester, Program Tahunan, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar, Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran, dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar.

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik.

Komunikasi Kesehatan

Pengantar Komunikasi Kesehatan, Teori Dan Isu-Isu Kontemporer Dalam Komunikasi Kesehatan, Model–Model Komunikasi Kesehatan, Simbol Pesan Komunikasi, Ragam Konsepsi Kesehatan Dan Penyakit, Komunikasi Interpersonal (Provider-Patient Relationship), Humas Dan Advokasi, Professional Medical Communication, Perencanaan Dalam Komunikasi Kesehatan, Mengembangkan Rencana Taktis Dan Evaluasi, Implementasi, Monitoring, Dan Evaluasi Program Dan Pemasaran Sosial

Pengantar Komunikasi Kesehatan, Teori Dan Isu-Isu Kontemporer Dalam Komunikasi Kesehatan, Model–Model Komunikasi Kesehatan, Simbol Pesan Komunikasi, Ragam Konsepsi Kesehatan Dan Penyakit, Komunikasi Interpersonal (Provider-Patient ...

Teori Komunikasi Pendidikan

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik. Komunikasi pendidikan berusaha memaksimalkan dan memberikan peserta didik kesempatan untuk mencapai keberhasilan belajar yang optimal dalam lingkungan instruksional. Kajian komunikasi pendidikan berfokus pada kajian tentang pesan dan hubungan antar guru dan siswa serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran. Pemahaman guru dan praktisi pendidikan yang tinggi terhadap pola komunikasi pendidikan berdampak pada kemudahan dalam mentransfer pengetahuan. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Konsep komunikasi dalam konteks pendidikan; Faktor-faktor Komunikasi Pembelajaran; Kompetensi Komunikasi Guru dalam Pembelajaran; Format Komunikasi dalam Pembelajaran; Komunikasi Massa dalam Pendidikan; Karakteristik Peserta Didik dan Konsekuensinya bagi Komunikasi Pembelajaran; Bahasa, Logika dan Komunikasi Verbal dan Non Verbal; Komunikasi Verbal dan Non Verbal serta Implikasinya dalam Pembelajaran; Komunikasi Efektif, Komunikasi Ekspresif dan Komunikasi Respektif serta Implementasinya dalam Pembelajaran; Strategi dan Desain Komunikasi Pembelajaran; Media Komunikasi dalam Pembelajaran; Variasi, Seleksi dalam Penggunaan Media Untuk Pembelajaran; Komunikasi Pendidikan Dalam Pembelajaran Online. Melalui buku “Teori Komunikasi Pendidikan” ini diharapkan pembaca mampu memahami secara teoritis serta mengimplementasikan bentuk komunikasi pendidikan dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik.

DINAMIKA KONSEP DASAR MODEL PEMBELAJARAN

Dinamika perubahan dan pengembangan teoriteori pembelajaran sangat cepat dan sangat produktif, sehingga pembaharuan pendidikan sudah mengalami percepatan siklus dari sepuluh tahunan, pada lima tahunan. Aspek-aspek yang senantiasa menjadi perhatian para akademisi pendidikan antara lain kurikulum, metode dan strategi pembelajaran, penilaian, dan pengolahan pendidikan. Paradigma yang diusung dalam perubahan-perubahan tersebut adalah demokratisasi penyelenggaraan pendidikan yang memperkuat pelibatan siswa, guru, orang tua dan masyarakat dalam berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan. Dalam keperluan itulah, buku Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan. Buku ini juga untuk memberikan pencerahan kepada para pendidik, peserta didik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka menciptakan generasi emas yang memiliki ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas.

Dalam keperluan itulah, buku Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan.

Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berorientasi Kebutuhan Pasar

Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Joyce dan Weil (1989) mengetengahkan 4 (empat) kelompok model pembelajaran, yaitu: (1) model interaksi sosial; (2) model pengolahan informasi; (3) model personal-humanistik; dan (4) model modifikasi tingkah laku. Kendati demikian, sering kali penggunaan istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan dengan strategi pembelajaran

Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.

Strategi, Pendekatan, & Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Pembelajaran Matematika

Buku ini merupakan buku referensi. Isi buku ini penulis susun berdasarkan hasil kajian literatur dari berbagai sumber dan hasil penelitian secara empiris berbagai pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif serta contoh bentuk bahan ajarnya. Adapun tujuan penulisan buku ini adalah untuk memberikan gambaran terkait pengertian, penjelasan tentang konsep dan teori terkait pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif dan contoh bentuk bahan ajar dari setiap pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa, guru, peneliti dan dosen bidang pendidikan matematika dalam penerapan di lapangan.

Buku ini merupakan buku referensi.

Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam penyebaran ilmu pengetahuan, khususnya terkait dengan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang secara terperinci, tetapi juga melalui penyampaian contoh penerapan yang sesuai dan mudah dipahami. Sistematika buku ”Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 10 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar metode penelitian pendekatan kuantitatif, diantaranya: Pengantar Penelitian Ilmiah, Proses dan Paradigma Penelitian, Proses Pengambilan Keputusan Penelitian, Rumusan Masalah, Landasan Teori, Pengajuan Hipotesis, Populasi dan Sampel, Instrumen Penelitian, Pengumpulan Data, dan Analisis Data.

Buku ini terdiri atas 10 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar metode penelitian pendekatan kuantitatif, diantaranya: Pengantar Penelitian Ilmiah, Proses dan Paradigma Penelitian, Proses Pengambilan Keputusan ...

PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

Buku Ajar Pendidikan Anti Korupsi ini berisikan bahan ajar dasar yang dapat dikembangkan sesuai dengan visi-misi, kondisi dan kebutuhan STKIP Singkawang dan Program Studi di STKIP Singkawang. Bahan ajar dasar yang dituliskan dalam buku ini terdiri dari dua belas bab, yaitu: (1) Korupsi dan Integritas, (2) Faktor Penyebab Korupsi, (3) Dampak Masif Korupsi, (4) Nilai dan Prinsip Anti Korupsi, (5) Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia, (6) Gerakan, Kerja sama, dan Instrumen Internasional Pencegahan Korupsi, (7) Gerakan Kerja sama dan Instrumen Nasional Pencegahan Korupsi, (8) Tindak Pidana Korupsi dalam Peraturan Perundang-undangan, dan (9) Perkembangan Tindak Pidana Korupsi, (10) Korupsi dan Pelayanan Publik, (11) Mahasiswa dalam Upaya Pencegahan Korupsi dan (12) Model Pembelajaran Mata Kuliah Anti Korupsi.

Buku Ajar Pendidikan Anti Korupsi ini berisikan bahan ajar dasar yang dapat dikembangkan sesuai dengan visi-misi, kondisi dan kebutuhan STKIP Singkawang dan Program Studi di STKIP Singkawang.

Kata Bersama: Antara Muslim dan Kristen

Inisiatif “Kata Bersama” (Kalimat Sawa’, Common Word) disuarakan oleh para intelektual dan ulama Islam terkemuka yang ditujukan kepada kalangan Kristiani, menyusul pidato-kontroversial Paus Benediktus XVI di Universitas Regensburg, Jerman, 12 September 2006. Isu utamanya adalah bisakah umat Muslim mencapai titik kesepakatan bahwa mencintai Tuhan dan mencintai sesama adalah keyakinan bersama? Buku “Kata Bersama”—mencakup teori dan aplikasi—mengangkat isu-isu seputar teologi komparatif Islam/Kristen dan pelbagai pandangan tentang bagaimana kedua pemeluk agama ini menjawab tantangan global bersama semisal lingkungan, pembangunan, perempuan, dan hak asasi manusia. Dialog Muslim-Kristen ini sedemikian penting bagi perdamaian global karena kedua komunitas ini meliputi lebih dari separuh penduduk bumi. Tidak akan ada perdamaian dan keadilan dunia tanpa melibatkan pengikut Muhammad dan Isa ini. Apalagi di tengah krisis kemanusiaan global akibat, salah satunya, gejala radikalisme, ekstremisme, dan kekerasan bernuansa keagamaan yang kian menonjol di pelbagai belahan dunia.

Pluralisme dalam konteks negara-bangsa yang majemuk perlu dipahami sebagai kesadaran politis yang memberi “ruang dan kebijakan publik” secara setara kepada semua agama tanpa perlu terjebak dalam relativisme agama.