Sebanyak 166 item atau buku ditemukan

Ekonomi Pembangunan

Kajian Teoretis dan Studi Kasus

Ekonomi Pembangunan tidak hanya terkait pada bagaimana sebuah negara memacu nilai tambah produksi dari waktu ke waktu, namun ekonomi pembangunan memiliki ruang yang lebih luas dalam mengakomodasi indikator sosial dan kebutuhan dasar ke dalam rangka analisisnya. Seperti pesan yang disampaikan dalam buku ini bahwa tujuan pembangunan ekonomi bukan hanya sekedar meningkatkan pendapatan semata, tetapi mencakup tujuan yang lebih luas. Tujuan pembangunan yang universal adalah perwujudan potensi kedirian manusia dan perwujudan self-resilience dalam perekonomian suatu negara. Dalam buku ajar Ekonomi Pembangunan yang terdiri dari 14 bab ini, penulis menggunakan pendekatan pembahasan yang bersifat multidimensi. Secara garis besar buku ini berusaha menjembatani teori ekonomi pembangunan dengan praktik empiris yang tertuang dalam studi kasus pada beberapa bab. Secara ringkas, buku ajar ini menguraikan konsep dan teori ekonomi pembangunan yang meliputi teori klasik, neo klasik, teori developmentalis, dan ekonomi pembangunan dari perspektif aspek sosial, kesehatan, perkembangan teknologi, dan pembangunan sumber daya manusia serta dari perspektif perencanaan pembangunan baik dari sisi teori dan praktiknya termasuk dikaitkan dengan pelaksanaan desentralisasi seperti yang ada di Indonesia.

Salah satu fitur terburuk kolonialisme, seperti yang berkembang di Afrika, Asia, dan Amerika Latin adalah ciptaan yang oleh para ... Selain itu, sektor pra-kapitalis menyediakan tenaga kerja bagi perusahaan-perusahaan kapitalis modern.

Manajemen Agribisnis

Antara Teori Dan Aplikasinya

Manajemen Agribisnis membahas beberapa pokok bahasan antara lain: Ruang Lingkup Manajemen Agribisnis dimana di dalamnya menyangkut konsepsi, mengapa manajemen agribisnis dan pentingnya sektor perikanan, bentuk usaha dan koperasi. Pokok bahasan Unit Bisnis Usaha Pembenihan Ikan Gurami meliputi: aspek teknis pembenihan ikan gurami, fiseability study usaha pembenihan.

Manajemen Agribisnis membahas beberapa pokok bahasan antara lain: Ruang Lingkup Manajemen Agribisnis dimana di dalamnya menyangkut konsepsi, mengapa manajemen agribisnis dan pentingnya sektor perikanan, bentuk usaha dan koperasi.

Manajemen Mina Bisnis Komoditi Perikanan

Teori dan Aplikasi pada Komoditas Bandeng

Usaha Mina Bisnis Bandeng sekarang dapat dibilang telah berkembang dengan pesat, sehingga diperlukan penelitian untuk menganalisis Feasibility Study (menilai kelayakan) pada usaha Mina Bisnis Bandeng (Budi Daya, Pengolahan, dan Pemasaran Bandeng) agar dapat menghasilkan Model Pengembangan Mina Bisnis Bandeng sehingga dapat menghasilkan produk unggulan Kabupaten Gresik yang berkualitas, meningkatkan kesejahteraan RTP (Rumah Tangga Perikanan) terkait, sekaligus dapat mempertahankan ketersediaan pangan serta menjaga ketahanan pangan di masa mendatang. Sehingga kajian utama buku ini yaitu adanya analisis: (1) Tingkat Feasibility Study Mina Bisnis Bandeng dari segi nonfinansial (aspek teknis, aspek pemasaran, aspek manajemen, hukum, sosial, lingkungan, kelembagaan) dan segi finansial (aspek finansial jangka pendek/operasional dan aspek finansial jangka panjang) (2) Strategi Pengembangan Mina Bisnis Bandeng (Budi Daya Bandeng, Pengolahan Bandeng, dan Pemasaran Bandeng) (3) Model Strategi Pengembangan Mina Bisnis Bandeng di masa mendatang. Selain itu, buku ini juga memuat tentang kajian teoretis manajemen dan aplikasi pada usaha mina bisnis perikanan pendederan bandeng dan usaha budi daya ikan bandeng serta pengolahan produk otak-otak bandeng.

Disebut keuntungan kotor karena masih harus dikurangi lagi dengan biaya pajak dan biaya sosial. Maka, dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut: ▫ EAT (Earning After Tax) “ EAT = π–(...% x π) “ ▫ EBZ (Earning Before Zakat) EBZ = π ...

Statistika Matematika dengan Pendekatan Terapan

Buku ini adalah pegangan bagi mata kuliah Statistika Matematika sehingga materi-materi yang disajikan adalah materi yang mendukung tercapainya tujuan perkuliahan tersebut. Pada bagian awal disajikan materi mengenai konsep dan sifat-sifat sebaran peluang bersama bagi dua variabel acak, diskrit maupun kontinyu. Konsep penurunan fungsi peluang marginal dari fungsi peluang marjinal dibahas setelahnya untuk selanjutnya digunakan di dalam perhitungan peluang bersama, peluang marjinal, peluang bersyarat, nilai harapan dan sifat-sifat kebebasan antarvariabel acak tersebut. Konsep fungsi peluang bersama dari dua variabel kemudian dikembangkan menjadi fungsi peluang bersama untuk n variabel, yang digunakan untuk membahas teori mengenai setoran penarikan sampel. Dibahas pula materi mengenai sebaran normal bivariat dan sifat-sifatnya sebagai salah satu sebaran peluang yang paling sering digunakan dalam terapannya. Semua pembahasan di dalam buku ini tidak hanya meliputi aspek teori akan tetapi juga diberikan interpretasi secara terapan untuk mempermudah pemahaman pembaca.

Buku ini adalah pegangan bagi mata kuliah Statistika Matematika sehingga materi-materi yang disajikan adalah materi yang mendukung tercapainya tujuan perkuliahan tersebut.

Pemodelan Statistika pada Analisis Reliabilitas dan Survival

Buku berjudul PEMODELAN STATISTIKA PADA ANALISIS RELIABILITAS DAN SURVIVAL ini ditujukan khususnya untuk membantu para pembaca/peneliti/mahasiswa dalam menyeesalikan permasalahan yang berkaitan dengan statistika, terutama pemodelan statistika. Statistika merupakan sekumpulan konsep dan metode untuk mengumpulkan data, menyajikannya dalam bentuk yang mudah dipahami, menganalisis data, dan mengambil suatu kesimpulan berdasarkan hasil analisis data dalam situasi yang memiliki ketidakastian dan variasi. Penggunaan statistika, atau lebih tepatnya pemodelan statistika hingga kini telah digunakan para peneliti di berbagai bidang ilmu kehidupan. Pada bidang keteknikan, kerap menggunakan alat analisis yang lebih spesifik untuk mengetahui kehandalan dari suatu mesin/sistem. Salah satu penerapannya adalah analisis reliabilitas, yang menggunakan pemodelan statistika. Dengan pemahaman secara komprehensif mengenai analisis reliabilitas, akan memudahkan peneliti di bidang keteknikan untuk mengambil keputusan serta penentu kebijakan berbasis pemodelan statistika yang diperoleh. Di sisi lain, bidang kedokteran atau ilmu kesehatan, kerap pula menggunakan alat anlisis yang lebih spesifik untuk mengetahui ketahanan seorang atau sekumpulan pasien dari suatu penyakit, khususnya penyakit menular yang mengkhawatirkan kesehatan diri sendiri pasien maupn lingkungan sekitar. Penerapan yang digunakan adalah analisis survival, yang juga menggunakan pemodelan statistika. Kedua analisis di atas yaitu reliabilitas dan survival, bersumber dari pemodelan statistika yang berbasis probabilistik. Dengan menggunakan buku ini, proses pemahaman pemodelan statistika dalam analisis reliabilitas dan survival melalui basis probabilitas, lebih dipilih untuk melihat proses ketidapastian dari probabilitas menjadi sebuah keputusan statistika yang kelak merekomendasi peneliti untuk mengambil keputusan dan penentu kebijakan. Kini permasalahan pemodelan statistika bukan suatu masalah rumit karena seiring dengan perkembangan teknologi komputer, pekerjaan statistik sangat terbantu dengan adanya program aplikasi komputer untuk statistik yang kini sudah banyak dipasarkan. Komputer sangat membantu pekerjaan statistik, terutama dalam melakukan perhitungan statistik yang menggunakan rumus-rumus matematika yang rumit dan banyak data. Berbagai perangkat lunak (software) telah berkembang pesat, akan tetapi Software statistik yang komersil mensyaratkan lisensi dengan harga yang relatif sangt mahal untuk ukuran sebagian besar pengguna di Indonesia, atau memaksakan mencuri lisensi dalam bentuk crack yang bersifat ilegal. Dengan demikian, salah satu alternatif penyelesaian mahalnya lisensi, atau agar tidak terjebak pada proses yang ilegal, buku ini menggunakan software yang bersifat freeware statistik, yaitu program R. Artinya, pengguna tidak perlu membayar lisensi, karena perangkat ini adalah bebas dipakai oleh siapapun.

Buku berjudul PEMODELAN STATISTIKA PADA ANALISIS RELIABILITAS DAN SURVIVAL ini ditujukan khususnya untuk membantu para pembaca/peneliti/mahasiswa dalam menyeesalikan permasalahan yang berkaitan dengan statistika, terutama pemodelan ...

Ekonomi Politik Komunikasi

Sebuah Realitas Industri Media di Indonesia

Buku ini memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai bagaimana relasi dalam ekonomi politik komunikasi yang berkelindan pada penggunaan sumber daya untuk menghasilkan konten yang didistribusikan kepada (audiens) masyarakat. Lebih jauh lagi buku ini juga akan membedah konsep dan praktik komodifikasi, komersialisasi, spesialisasi, dan strukturisasi dalam industri media di Indonesia.

Buku ini memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai bagaimana relasi dalam ekonomi politik komunikasi yang berkelindan pada penggunaan sumber daya untuk menghasilkan konten yang didistribusikan kepada (audiens) masyarakat.

Perubahan Struktur Ekonomi Lokal

Diskursus tentang transformasi ekonomi desa pegunungan tidaklah berbeda dengan proses transformasi di pedesaan pada umumnya dimana perubahan tidak dapat dilepaskan dari sejarah dinamika sosial ekonomi di kawasan setempat. Yang berbeda hanyalah ciri geografis wilayah yang tidak rata serta jenis-jenis tanaman yang dibudidayakan sekaligus corak masyarakat pegunungan yang relatif “sukar” diorganisir sebagaimana masyarakat desa dataran rendah pada umumnya. Untuk itu kajian historis sangat berguna untuk menjelaskan lebih mendalam gejala-gejala perubhan struktur sistem pertanian dan kultur yang berkembang pada komunitas lokal. Diawali dari masa penjajahan, kolonialisme telah memperkenalkan cara produksi “modern” yang datang seiring dengan implementasi sistem produksi pertanian ala perkebunan yang kapitalistik oleh pemerintah penjajah Belanda. Penetrasi kapital dilakukan oleh penjajah secara ekspansif melalui pembukaan perkebunan pada sistem ekonomi lokal yang telah mapan sebelumnya.

Perubahan Moda Produksi Lokal: Dominasi Kapitalis Industri Tak satupun Negara di Asia Tenggara dapat menghindari krisis ekonomi yang datang dipenghujung abad 20. Banyak analisis memprediksi Asia Tenggara berpotensi dapat menjadi pesaing ...

Perilaku Konsumen di Era Digital

Beserta Studi Kasus

Sering terjadi, bahwa hasil observasi tidak dimanfaatkan dengan maksimal, sehingga masih ada kesenjangan antara apa yang diinginkan perusahaan dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen (Zyman, 2000). Sebuah survei online dilakukan oleh Kompas.com, yang menyatakan bahwa ada 5 tren konsumen terkait layanan digital sepanjang tahun 2015. Salah satunya, perkembangan teknologi digital yang terjadi saat ini memicu penduduk di seluruh dunia tanpa mengenal usia untuk saling terhubung satu dengan yang lain. Perkembangan ini memunculkan generasi baru yang diberi nama screenager. Screenager merupakan kelompok masyarakat yang memiliki beragam perangkat digital dan tidak pernah puas terhadap layanan digital tertentu. Masyarakat kelas menengah di Indonesia telah mencapai 74 juta orang dan jumlah ini akan semakin meningkat di tahun 2020 (Setiawan, 2016). Selain itu, 93% konsumen digital memiliki telepon genggam, yang 77% di antaranya sudah menggunakan ponsel pintar. Terkait hal itu, korelasinya adalah dengan meningkatnya jumlah pengguna teknologi dan layanan digital maka hal tersebut juga disertai perilaku konsumen yang menginginkan pengalaman digital yang lebih baik.

1.2.1 Konsumen Era Ekonomi Digital Pemikiran bahwa pemasar harus mempelajari dan mengenal konsumennya bukanlah hal baru. Memang pada hakikatnya, pemasar harus melihat dari sudut pandang konsumen. Konsumen pun bukanlah hanya satu mata ...

Perilaku Konsumen dan Pemasaran Pendidikan Tinggi

Buku ini memberikan analisis kritis yang komprehensif tentang hubungan mahasiswa dan institusi pendidikan tinggi dalam sebuah kerangka perilaku konsumen dan konsep pemasaran, yang menggambarkan siswa sebagai konsumen layanan pendidikan yang ditawarkan oleh universitas. Buku ini menyajikan beberapa hasil penelitian dan aspek-aspek pilihan dari proses keputusan yang digunakan oleh para siswa ketika mereka membuat keputusan untuk memilih universitas di berbagai negara. Ideal bagi mahasiswa, akademisi, dan praktisi pemasaran yang tertarik pada perilaku konsumen dan pemasaran pendidikan tinggi, buku ini mengeksplorasi konsep dan aplikasinya untuk penelitian tentang pemilihan pendidikan tinggi termasuk berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen, model teoritis dan penelitian serta keterlibatan teknologi digital terkait proses pengambilan keputusan siswa. Pembahasan buku ini dilengkapi dengan isu reformasi, persaingan, dan dorongan konsumen yang muncul di pasar pendidikan tinggi yang menjadi pemicu pro dan kontra peran siswa sebagai konsumen dalam konteks pemasaran. Buku ini sengaja dirancang untuk merangsang perdebatan baru dan kritik dari pilihan konsumen pendidikan tinggi.

Ideal bagi mahasiswa, akademisi, dan praktisi pemasaran yang tertarik pada perilaku konsumen dan pemasaran pendidikan tinggi, buku ini mengeksplorasi konsep dan aplikasinya untuk penelitian tentang pemilihan pendidikan tinggi termasuk ...

Peran Faktor Situasional & Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Butik di Kota Malang

Buku disusun berdasarkan hasil penelitian untuk memberikan gambaran tentang perilaku konsumen pada waktu berbelanja di sektor retail, khususnya di butik yang khusus menawarkan busana wanita. Penelitian ini mengamati tentang peranan faktor situasional, yaitu merupakan lingkungan sementara berkaitan dengan kegiatan konsumen, yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu. Faktor situasional yang diamati dalam penelitian ini berupa atmosfir toko atau lingkungan fisik, waktu yang dimiliki oleh konsumen pada waktu berbelanja, lingkungan sosial yang berkaitan dengan teman berbelanja, dan suasana hati pada waktu berbelanja. Selain faktor situasional, pengamatan juga dilakukan terhadap reaksi impulsif dan nilai berbelanja hedonis. Buku ini menunjukkan bahwa faktor situasional yang berkaitan dengan atmosfir/lingkungan fisik toko dan perspektif waktu/waktu yang tersedia untuk berbelanja konsumen dapat mendorong terjadinya reaksi impulsif konsumen. Lingkungan sosial dalam hal ini berkaitan dengan teman berbelanja dan susana hati konsumen dapat menimbulkan nilai berbelanja hedonis. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa faktor situasional dapat mendorong perilaku pemebelian impulsif atau pembelian yang tidak direncanakan melalui reaksi impulsif konsumen.

Lebih lanjut jika dicermati pendapat konsumen pada Tabel 5.4.3.1. menunjukkan bahwa untuk melayani konsumen pengusaha butik perlu menciptakan nilai bagi konsumen (Dunne and Lusch, 2005). Konsumen bersedia menghabiskan waktu, ...