Sebanyak 5337 item atau buku ditemukan

Model-Model Pembelajaran Kelompok Sistem Perilaku

Belajar Tuntas Berprogram Langsung Simulasi

Model pembelajaran merupakan suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Materi yang terkandung dalam model pembelajaran merupakan materi utama yang wajib ditempuh oleh mahasiswa pendidikan program Magister dan Doktoral. Bagi mahasiswa pendidikan program Sarjana, materi yang terkandung dalam model pembelajaran diajarkan supaya mempunyai wawasan mendasar mengenai model pembelajaran. Buku ini disusun dengan pertimbangan menjadi salah satu bahan bacaan untuk mahasiswa pendidikan program Sarjana, Magister, maupun Doktoral. Dengan demikian, kedalaman materi yang digunakan sesuai dengan perkembangan wawasan mahasiswa. Kontributor buku ini adalah para Dosen mata kuliah desain dan implementasi kurikulum fisika Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Tulisan dari berbagai bab merupakan sumbangan dari Himawan Putranta, Nita Mei Sulastriningsih, Rizky Nur Apriliasari, dan Rosita Madjis Mudjid. Terimakasih kepada kontributor yang telah memberikan masukan dan saran terhadap kerangka tulisan buku ini. Terimakasih kepada Prof. Djumadi atas bantuan dan fasilitas yang diberikan mulai dari penyusunan sampai penerbitan buku ini. Semoga bernilai ibadah. Terimakasih kepada UNY Press yang berkenan menerbitkan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Tulisan dari berbagai bab merupakan sumbangan dari Himawan Putranta, Nita Mei Sulastriningsih, Rizky Nur Apriliasari, dan Rosita Madjis Mudjid.

Model-Model Pembelajaran Matematika

Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang disajikan oleh guru, agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan. Model ini nantinya digunakan guru untuk mengorganisasikan kelas, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Model pembelajaran tentunya tidak sekadar alat penyampai materi, tapi juga dapat memberikan dorongan dan minat belajar bagi siswa. Tak terkecuali pada mata pelajaran matematika. Mata pelajaran matematika umumnya hanya mengandalkan metode konvensional berupa penjelasan yang dijabarkan oleh guru, dan siswa hanya mencatat atau menghafal rumus/konsep. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan berbagai model pembelajaran yang efektif, agar pembelajaran matematika dapat berjalan dengan menarik dan juga mudah dipahami oleh siswa. Buku ini menjabarkan berbagai model pembelajaran matematika, yang dapat membantu guru untuk memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif.

Buku ini menjabarkan berbagai model pembelajaran matematika, yang dapat membantu guru untuk memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif.

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LARI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Buku model pembelajaran nomor lari (ASAHI) berbasis permainan pada siswa sekolah dasar sangat sederhana, mudah dipahami dan dapat diterapkan dari segi kesesuaian, variasi permainan, serta kemasan yang sangat menarik dari produk buku yang dilengkapi dengan media pembelajaran sehingga memudahkan para guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran dan meningkatkan efektifitas dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran nomor lari (ASAHI) berbasis permainan pada siswa sekolah dasar dapat memberikan kontirbusi yang positif dalam menunjang pencapaian tujuan pembelajaran, karena selain dapat meningkatkan keterampilan lari jarak pendek juga siswa dapat tertarik dengan variasi model pelatihan lari jarak pendek. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan model pembelajaran ini dapat pula diterapkan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan lari jarak pendek. Disamping itu model pembelajaran nomor lari (ASAHI) berbasis permainan pada siswa sekolah dasar menampilkan model pembelajaran yang variasi permainannya menarik dan menyenangkan serta sistematis mulai dari model permainan yang sederhana dan mudah dipahami sampai pada model permaianan dengan gerakan kombinasi yang sulit.

Buku model pembelajaran nomor lari (ASAHI) berbasis permainan pada siswa sekolah dasar sangat sederhana, mudah dipahami dan dapat diterapkan dari segi kesesuaian, variasi permainan, serta kemasan yang sangat menarik dari produk buku yang ...

Model Pembelajaran Matematika Situation-Based Learning di Sekolah Dasar

Isi buku ini menjelaskan serta memaparkan bagaimana proses/gambaran pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran SBL. Buku ini dilengkapi dengan contoh RPP dan LKS (bahan ajar) pada kelas 4 dan kelas 5, untuk materi geometri yang di desain berdasarkan karakteristik SBL. Selain itu, dalam buku ini juga dilampirkan lembar observasi untuk kegiatan guru dan siswa terkait pelaksanaan proses pembalajaran SBL. Hal ini bertujuan, supaya guru dan siswa memiliki rambu-rambu kegiatan apa saja yang harus dilakukan ketika diterapkannya pembelajaran SBL.

Isi buku ini menjelaskan serta memaparkan bagaimana proses/gambaran pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran SBL.

MODEL PEMBELAJARAN Inovatif dan Efektif

Judul : MODEL PEMBELAJARAN Inovatif dan Efektif Penulis : Ponidi, Novi Ayu Kristiana Dewi, Trisnawati, Dian Puspita, Erliza Septia Nagara, Marilin Kristin, Dwi Puastuti, Widi Andewi, Leni Anggraeni, Bernadhita H. S. Utami. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 210 Halaman ISBN : 978-623-6233-08-5 Buku “Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif” ini merupakan buku yang dapat dijadikan sebagai referensi, pegangan atau pedoman bagi pendidik baik guru maupun Dosen dalam melaksanakan Pembelajaran di kelas. Penulis memaparkan berbagai model dan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif sebagai alternatif pembelajaran yang dilakukan di sekolah maupun di Perguruan Tinggi. Pemaparan dalam buku ini memberikan gambaran yang komprehensif bagaimana guru atau Dosen menggunakan model pembelajaran sehingga mudah dipahami. Buku ini membahas Konsep Pembelajaran Karakter, Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran PAKEM, Model Pembelajaran Inkuiri, Model Pembelajaran Simulasi, Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Model Pembelajaran Value Clarification Technique, dan Model Pembelajaran E-Learning. Pada setiap bab buku ini dilengkapi dengan pengertian setiap model pembelajaran, hakikat model dan metode pembelajaran, lingkup model pembelajaran hingga membahas mengenai langkah-langkah setiap model pembelajaran. Dengan demikian buku ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dari kalangan pendidikan untuk dapat menjadikan buku ini sebagai acuan dalam meningkatkan kompetensi guru maupun dosen dikelas dan pencapaian pembelajaran yang efektif.

Judul : MODEL PEMBELAJARAN Inovatif dan Efektif Penulis : Ponidi, Novi Ayu Kristiana Dewi, Trisnawati, Dian Puspita, Erliza Septia Nagara, Marilin Kristin, Dwi Puastuti, Widi Andewi, Leni Anggraeni, Bernadhita H. S. Utami.

Model Pembelajaran P2OC2R untuk mengubah Konsepsi IPA Siswa

Buku ini berisi informasi tentang Model Pembelajaran P2OC2R yang merupakan singkatan dari langkah-langkah penerapan model ini, yaitu Probing, Propose Previous Conception, Observation, Clarification & Confirmation and Reinforcement. Model ini dikembangkan dari hasil penelitian tahun sebelumnya, yaitu modifikasi model pembelajaran pemerolehan konsep (Concept Attainment Model) dengan lebih mempertimbangkan konsepsi awal siswa.

Buku ini berisi informasi tentang Model Pembelajaran P2OC2R yang merupakan singkatan dari langkah-langkah penerapan model ini, yaitu Probing, Propose Previous Conception, Observation, Clarification & Confirmation and Reinforcement.

SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH (ONLINE) DI MASA PANDEMI

Buku ini merupaKan karya mahasiswa IAIN Parepare pada kuliah Pengabdian Masyarakat, oleh karena itu proses penyelesaian buku ini tidak terlepas dari keseriusan mahasiswa KPM. Buku ini diterbitkan dengan menggunakan anggaran pengusulan ISBN perguruan tinggi IAIN Parepare Nusantara Press. Oleh karena itu, penghargaan setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya, kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penulisan buku ini. Buku ini yang merupakan kumpulan tulisan mahasiswa KPM angkatan 2020.

Tematik Posdaya Berbasis Asset Based Communities Development (ABCD), Universitas Islam Negeri Raden Fatah ... Anak selama Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 Issue 2 (2021) Pages 1138-1150.

Desain Pembelajaran Trigonometri Terintegrasi Alquran dengan Konsep Sibaliparriq sebagai Model Pembelajaran

Buku ini merupakan produk dari penelitian “Desain Pembelajaran Trigonometri Terintegrasi Alquran Dengan Konsep Sibalippariq Sebagai Model Pembelajaran”. Buku ini menjadi acuan penerapan pada mata kuliah Trigonometri pada Program Studi Pendidikan Matematika yang akan diujicobakan di Universitas Al Asyariah Mandar, Universitas Hasanuddin dan Universitas Muhammadiyah Makassar. Buku ini terdiri dari 4 bab, yakni: (1) Pengertian Desain Pembelajaran, (2) Mengidentifikasi Kebutuhan Pembelajaran Trigonometri, (3) Mengembangkan Bahan Ajar Trigonometri Terintegraasi Alquran, (4) Mengembangkan Model Pembelajaran Kooperatif berbasis nilai Sibaliparriq, (5) Mengembangkan instrumen penilaian, (6) Hasil Validasi Desain Pembelajaran Trigonometri Terintegrasi Alquran Dengan Konsep Sibalippariq Sebagai Model Pembelajaran.

Buku ini terdiri dari 4 bab, yakni: (1) Pengertian Desain Pembelajaran, (2) Mengidentifikasi Kebutuhan Pembelajaran Trigonometri, (3) Mengembangkan Bahan Ajar Trigonometri Terintegraasi Alquran, (4) Mengembangkan Model Pembelajaran ...