Sebanyak 427 item atau buku ditemukan

Filsafat Ilmu

Di dalam buku ini menyajikan konsep dasar tentang filsafat ilmu, arah pemikiran sebuah filsafat ilmu, dan ranah kajian filsafat ilmu yang meliputi 3 pokok hal yaitu ranah ontologi, ranah epistimologi, dan ranah aksiologi. Selain itu, belajar filsafat juga terdapat sarana-sarana untuk berpikir secara ilmiah seperti logika, bahasa, statistika, dan matematika. Filsafat ilmu yang berusaha menelaah ilmu secara filosofis dari berbagai sudut pandang ilmiah, maka peran seorang ilmuan dalam mengembangkan ide dan gagasannya tidak lepas dari penilaian secara etika dan moralitas. Adanya tanggung jawab seorang ilmuan menjadi jalan berpikir bagi setiap orang untuk senantiasa memberikan analisis dengan sikap kritis dan evaluatif. Analisis tersebut tentunya harus berdasarkan kriteriakriteria ilmiah, sitematis berpangkal pada metode ilmiah, analisis obyektif, etis, dan filsafati. Materi-materi tersebut didukung dengan contoh-contoh penerapan filsafat dalam kehidupan sosial. Hal ini bertujuan untuk mengaplikasikan konsep dasar filsafat ilmu yang dialami oleh manusia, baik secara individu maupun sosial. Penulis menyadari bahwa dalam buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada penerbit Deepublish yang telah berkenan menerbitkan buku ini. Untuk meningkatkan kualitas secara isi dan penyajiannya, penulis mengharapkan saran dan kritik positif dari pembaca sebagai bahan perbaikan pada penerbitan yang akan datang

Filsafat ilmu yang berusaha menelaah ilmu secara filosofis dari berbagai sudut pandang ilmiah, maka peran seorang ilmuan dalam mengembangkan ide dan gagasannya tidak lepas dari penilaian secara etika dan moralitas.

PENGANTAR SOSIOLOGI PENDIDIKAN

Pemahaman Kewirausahaan

Buku ini berisikan ruang lingkup kewirausahaan, pengertian wiraswasta dan wirausaha, sifat sifat wirausaha, ciri-ciri dan kepribadian wirausaha, prinsip-prinsip wirausaha, kiat-kiat sukses berwirausaha, kepemimpinan dalam wirausaha, pengambilan keputusan, pemilihan bidang usaha, pemasaran praktis, negosiasi dalam wirausaha, studi kelayakan bisnis, perencanaan bisnis, strategi menyusun proposal bisnis, serta etika bisnis dan corporate social responsibility. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini berisikan ruang lingkup kewirausahaan, pengertian wiraswasta dan wirausaha, sifat sifat wirausaha, ciri-ciri dan kepribadian wirausaha, prinsip-prinsip wirausaha, kiat-kiat sukses berwirausaha, kepemimpinan dalam wirausaha, ...

PENGANTAR KEWIRAUSAHAAN

Menurut Wiratmo (2018:2) istilah kewiraswastaan (entrepreneurship) berasal dari Prancis yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “perantara”. Sedangkan kewiraswastaan secara lebih luas didefinisikan sebagai proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul risiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi. Kristanto (2009:3) kewirausahaan adalah ilmu, seni maupun perilaku, sifat, ciri, watak seseorang yang memiliki kemampuan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif (create new & different). Sedangkan menurut Suryana (2009:2) kewirausahaan (entrepreneurship) adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Menurut Hendro (2011:5) kewirausahaan (entrepreneurship) bukan ilmu ajaib yang mendatangkan uang dalam sekejap. Melainkan sebuah ilmu, seni, dan keterampilan untuk mengelola semua keterbatasan sumber daya, informasi, dan dana yang ada guna mempertahankan hidup, mencari nafkah, atau meraih posisi puncak dalam karir.

Menurut Wiratmo (2018:2) istilah kewiraswastaan (entrepreneurship) berasal dari Prancis yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “perantara”.

BUKU AJAR PENGANTAR KEWIRAUSAHAAN

Dengan Pendekatan Hasil Penelitian

Kata wirausaha yang dewasa ini sering di sebut entrepreneurship merupakan kata yang pada awalnya diadopsi dari bahasa Perancis “entreprendre” yang berarti memulai atau melaksanakan. Sedangkan Wirausaha maupun Wiraswasta sendiri merupakan penggalan dari kata Wira, Swasta dan Usaha. Wira memiliki arti, sifat gagah nan berani, luhur; swa berarti sendiri; sta dapat diartikan sebagai berdiri; sedangkan usaha memiliki makna yang berhubungan dengan aktivitas produktif. Dari asal kata tersebut, wiraswasta pada awalnya merupakan sebutan untuk seseorang maupun sekelompok orang yang mampu berdiri sendiri. Sedangkan di Indonesia kata wiraswasta lazim didefinisikan untuk orang-orang yang bekerja mandiri atau yang tidak bekerja untuk sektor-sektor pemerintahan seperti para pengusaha, pemborong, pedagang serta orang-orang yang bekerja di berbagai perusahaan swasta, sedangkan wirausaha adalah orang atau sekelompok orang yang melakukan usaha sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Wirausaha juga dapat diartikan sebagai orang yang memiliki keberanian untuk membuka dan menjalankan kegiatan yang sifatnya produktif dan mandiri.

Kata wirausaha yang dewasa ini sering di sebut entrepreneurship merupakan kata yang pada awalnya diadopsi dari bahasa Perancis “entreprendre” yang berarti memulai atau melaksanakan.

Entrepeneur: Bagaimana Menciptakannya - wawasan & ide dalam proses pengajaran kewirausahaan

Saat ini, orangtua menyekolahkan anak mereka bukan sekadar agar mudah memperoleh pekerjaan, tetapi juga menjadi pengusaha mandiri. Tak heran, pendidikan entrepreneurship (kewirausahaan) telah mendapat perhatian dari lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Pendidikan kewirausahaan yang mampu menghasilkan wirausaha andal tidak hanya mengandalkan konsep dan teori, tetapi juga praktik bisnis yang nyata. Tidak hanya tentang mengetahui apa itu entrepreneurship (to know), tapi juga bagaimana cara menjadi entrepreneur (to be). Buku ini memberikan informasi dan ide kepada para pendidik serta orangtua murid mengenai: • Bagaimana konsep pendidikan entrepreneurship dirancang. • Bagaimana konsep pengajaran project based learning merupakan salah satu metode yang ampuh untuk memampukan mahasiswa merintis bisnis. • Bagaimana cara mengembangkan student based learning dan bukan lagi teacher based learning. • Peranan pendidik, yaitu bukan lagi sebagai dosen, melainkan juga coach, mentor, dan fasilitator. • Poin-poin tahapan pembelajaran entrepreneurship dari semester ke semester, bagaimana peserta didik membangun bisnis dengan mengalami beberapa kegagalan dan bangkit kembali. Buku ini tidak bermaksud menggurui, tapi memberikan pertimbangan, ide, serta wawasan dalam pendidikan entrepreneurship berdasarkan pengalaman penulis sebagai salah seorang pengajar pada sebuah perguruan tinggi berbasis pendidikan entrepreneurship dan humaniora.

Saat ini, orangtua menyekolahkan anak mereka bukan sekadar agar mudah memperoleh pekerjaan, tetapi juga menjadi pengusaha mandiri.

KEWIRAUSAHAAN

Gaya Hidup

Buku ini ditujukan bagi mereka yang memiliki dan ingin memasarkan keterampilan serta bakat mereka, tetapi ditolak oleh saluran yang telah ada, entah karena keterampilan mereka unik atau karena tidak sesuai dengan struktur kelembagaan besar, bukan struktur bisnis kecil. Buku ini ditujukan bagi mereka yang teiah bekerja keras untuk menjadi pakar di sebuah bidang karena mereka menginginkannya, bukan karena bidang itu secara tradisional menguntungkan dan ada banyak peluang. Buku ini ditujukan bagi mereka yang ingin menggunakan keterampilan mereka untuk memberikan kontribusi unik pada dunia, dan menggunakan bisnis kecil sebagai sarana untuk memungkinkan kontribusi tersebut. Singkatnya, buku ini ditujukan bagi mereka yang ingin menggunakan keterampilan mereka untuk merancang gaya hidup mereka sendiri. Bisnis kecil menyediakan sarana yang unik dan sangat kuat untuk melakukan hal tersebut.

Buku ini ditujukan bagi mereka yang memiliki dan ingin memasarkan keterampilan serta bakat mereka, tetapi ditolak oleh saluran yang telah ada, entah karena keterampilan mereka unik atau karena tidak sesuai dengan struktur kelembagaan besar, ...

Mudah Membuat Media Pembelajaran

Media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan mutu proses kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, pemahaman peserta didik pada materi pelajaran bisa ditingkatkan. Penggunaan media pembelajaran juga bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga peserta didik selalu termotivasi. Penerbitan buku ini didorong oleh kenyataan masih banyaknya guru yang merasa kesulitan dalam membuat media pembelajaran. Buku “Mudah Membuat Media Pembelajaran” ini disusun berdasarkan pengalaman pribadi penulis pada saat mengikuti lomba-lomba media pembelajaran. Buku ini berisi tahapan dan contoh-contoh pembuatan media pembelajaran yang asyik untuk siswa. Ditulis dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti. Tahapan-tahapan yang sederhana sangat membantu untuk penyelesaian pembuatan media pembelajaran yang lengkap dengan catatan dan form-form yang diperlukan sehingga dengan media yang dibuat siap untuk digunakan.

Media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan mutu proses kegiatan belajar mengajar.

Sistem Operasional Manajemen Distribusi

Buku Sistem Operasional Manajemen Distribusi ini menguraikan secara padat dan ringkas mengenai kegiatan operasional pendistribusian sebagai berikut. • Manajemen Distribusi, membahas pengertian, fungsi, keunggulan, dan hambatan yang dialami saluran distribusi. • Saluran Distribusi, menguraikan jenis-jenis saluran distribusi yang dapat dipergunakan secara tradisional dan modern, perilaku konsumen dalam distribusi, sistem distribusi lama dan baru, serta permasalahan saluran distribusi. • Perencanaan Manajemen Distribusi, menguraikan mengenai pelayanan konsumen, perencanaan dan evaluasi saluran distribusi, manajemen distribusi yang terintegrasi, dan faktor keberhasilan dalam manajemen distribusi. • Kebijakan dan Strategi Saluran Distribusi, menerangkan strategi yang diterapkan dalam saluran distribusi. • Membangun Sistem Manajemen Distribusi, menjelaskan model perusahaan distribusi, pedoman dan prosedur pelaksanaan kerja distribusi, dan jenis laporan dalam saluran distribusi. • Pengukuran dan Analisis Keuangan Saluran Distribusi, yakni memberikan pengukuran beserta analisis yang berkaitan dengan kegiatan operasional pendistribusian. Pembahasan-pembahasan tersebut dapat memberikan wawasan pengetahuan kepada mahasiswa dan masyarakat umum mengenai kegiatan operasional distribusi beserta pengukurannya. Buku yang wajib dimiliki oleh mahasiswa konsentrasi manajemen pemasaran, dosen, dan praktisi pemula, serta masyarakat yang ingin mendalami dunia distribusi.

... lima komponen yang harus dikelola. Dari rentang saluran distribusi yang
mungkin digunakan, pilihan harus dibuat hingga didapat keunggulan bersaing
yang paling baik. Tim riset di Centre for Strategic Manufacturing, Strathclyde
University ...

Membangun Bank Syariah Sekolah

Adalah sebuah keniscayaan, setiap kita pergi untuk suatu keperluan, selalu ada uang dalam saku atau tas kita. Demikian pula ketika kita berangkat ke sekolah. Untuk latihan mengatur keuangan, kelola keuangan kita sekecil apapun melalui pembiasaan menabung. Jenis Setoran ke Bank Syariah Sekolah : 1. Tabungan bebas waktu pengambilan 2. Tabungan tidak bebas waktu pengambilan (tabungan widiawisata, tabungan kelulusan dan lain-lain yang tidak akan diambil sebelum waktu yang ditentukan) 3. Angsuran pinjaman/pembiayaan 4. Setoran Sumbangan Dana Partisipasi Masyarakat

Adalah sebuah keniscayaan, setiap kita pergi untuk suatu keperluan, selalu ada uang dalam saku atau tas kita.