Sebanyak 4823 item atau buku ditemukan

Belajar dari Covid-19: Perspektif Teknologi dan Pertanian

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan yang berdampak pada lebih dari 200 negara dan hampir di setiap aspek kehidupan. Perubahan-perubahan ini juga terlihat dalam perilaku pengunaan teknologi informasi dan komunikasi di dunia, terutama ketika miliaran orang beralih ke teknologi yang membantu mereka mengatasi kehidupan dan bekerja pada status lockdown yang diterapkan oleh pemerintah sebagian negara di dunia. Penulisan buku ini dilakukan secara berkolaborasi yang ditulis selama dua minggu sejak 20 Juni sampai 5 Juli 2020. Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi melakukan kajian-kajian terhadap permasalahan khusus pada bidang Teknologi dan Pertanian untuk menghasilkan solusi demi kemaslahatan Bersama. Buku ini membahas: 1. Memasuki Era New Normal, Apa Kata Netizen? 2. Tren Teknologi Informasi pada masa Pandemi Covid-19 3. Kolaborasi Online yang Efektif pada Masa Pandemi COVID-19 4. Komunikasi Inovasi: Pendampingan Mahasiswa dan Bina Desa Pada Masa Covid-19 5. Penguatan dan Optimalisasi TIK Di Tengah Pandemi Covid-19 6. Covid-19 dan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Pembelajaran 7. Pemanfaatan IT Menuju New Normal pada Dunia Jasa Konstruksi 8. Teknologi Digital untuk Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19: Tantangannya 9. Work From Home selama COVID-19: Kepuasan dan Efektivitas Kerja 10. Pemanfaatan Youtube Untuk Meningkatkan Kreativitas Dosen Dalam Mengajar di Masa Pandemi COVID-19 11. Transisi Normal Baru dalam Teknologi 12. Sektor Pertanian Pada Masa Pandemi Covid-19 13. Strategi Sektor Pertanian Menghadapi Pandemi Covid-19 14. Teknologi Budidaya Tanaman untuk Swasembada Pangan Keluarga pada Masa Pandemi Covid-19 15. Teknologi Urban Farming Di Masa covid-19 16. Peran dan Potensi Agribisnis dalam Memastikan Ketahanan Pangan di Tengah Wabah Covid 19

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan yang berdampak pada lebih dari 200 negara dan hampir di setiap aspek kehidupan.

Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial

Buku ini terdiri dari 8 Bab, yang diantaranya merangkum mengenai kondep dasar metodologi penelitian, data, kerangka penelitian, hipotesis, populasi dan sampel, instrumen penelitian, teknik analisis, serta uraian mengenai hubungan antara tiap bab di dalam suatu karya ilmiah. Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Buku panduan pos PAUD inklusif

E. Langkah-langkah Pelaksanaan Pembelajaran 1. Penataan ruang secara fisik
yang memungkinkan semua anak terlibat dalam aktivitas pembelajaran dengan:
a. menata lingkungan kelas dan lingkungan main b. menata posisi tempat ...

Analisis Kebijakan PAUD

Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD

Manfaat dari buku ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan kebijakan pendidikan anak usia dini. Selain itu juga menginspirasi para pembaca, khususnya yang terjun langsung di dunia pendidikan anak untuk mengembangkan materi terkait pendidikan anak usia dini. Banyak hal yang perlu dikaji dan dicermati terkait pendidikan anak. kebijakan PAUD, adalah hal penting yang perlu dipahami oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan anak. Buku ini merupakan kumpulan dari hasil karya mahasiswa magister (S2) FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Segala daya upaya telah dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun tentu tidak ada karya yang sempurna. Sehebat apapun karya seseorang, selalu ada celah untuk bisa diperbaiki. Demikian juga buku ini. Kalaupun masih ada kekurangan di sana sini, namun hasil karyanya secara tertulis sudah bisa dinikmati. Karena keilmuan yang tinggi tanpa ditulis tidak akan bisa diapresiasi. Dengan terwujudnya karya buku ini maka pembaca bisa memberikan apresiasi berupa penilaian, kritik, saran dan masukan untuk perbaikan selanjutnya.

Manfaat dari buku ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan kebijakan pendidikan anak usia dini.

Titik Nadir Korona: Kumpulan Puisi karya Guru PAUD Indonesia

Gerakan Guru PAUD Menulis Bagi guru PAUD menulis adalah hal yang sudah biasa dilakukan dalam keseharian. Menulis catatan anak murid di kelas adalah salah satu bagian yang tak terpisahkan. Jika ada perkembangan anak murid yang muncul maka layaknya seorang jurnalis, guru PAUD segera mendokumentasikan hal tersebut. Dalam kegiatan belajar mengajar di PAUD, puisi menjadi salah satu bentuk kegiatan aspek pengembangan bahasa. Puisi menjadi materi dalam memperkuat tema pembelajaran di kelas. Puisi dapat diambil dari karya yang sudah ada, dibuat sendiri oleh guru atau dibuat oleh anak murid. Kondisi epidemi covid -19 di Indonesia ini membuat kami tergerak untuk untuk mengumpulkan karya puisi guru PAUD menjadi satu buku dengan tema korona. Puisi yang ditulis guru PAUD ini adalah harapan dan rasa optimis diri agar epidemi ini segera berakhir. Kumpulan puisi ini adalah langkah kecil kami untuk menebar virus positif dalam bentuk Gerakan Guru PAUD Menulis. Harapan kami semoga makin banyak guru PAUD yang berkontribusi dalam gerakan ini. Depok, 2 Mei 2020 Pandji Widya (Guru TK Islam Dian Didaktika) Siti Euis Holillah (Guru TK Islam Al Azhar 45 GDC) Mela Hidayah (Guru TK Little Muslim)

Gerakan Guru PAUD Menulis Bagi guru PAUD menulis adalah hal yang sudah biasa dilakukan dalam keseharian. Menulis catatan anak murid di kelas adalah salah satu bagian yang tak terpisahkan.

Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis Multiple Intelligence

Buku ini merupakan upaya kaum intelektual para mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mewujudkan revolusi mental yang sebenarnya melalui tawaran-tawaran strategi pembelajaran Anak Usia Dini berbasis pada multiple intellegences. Ide-ide kreatif tersebut tertuang secara jelas dan mudah untuk diterapkan sehingga para guru Anak Usia Dini tidak perlu repot untuk mendesain pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, melainkan juga memiliki muatan-muatan penanaman karakter dengan menggunakan klasifikasi kecerdasan majemuk. Sajian dalam buku ini dilengkapi dengan ulasan secara teoritik dari setiap strategi pembelajaran yang ditawarkan. Terdiri dari 9 bagian dengan masing-masing terdapat 14 strategi pembelajaran, buku ini sangat relevan dikonsumsi oleh mereka para calon guru Anak Usia Dini, guru Anak Usia Dini dan pemerhati dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini sebagai referensi utama. Selain itu, kelebihan dari buku ini adalah strategi yang disajikan tidak sekedar hasil dari kajian pustaka saja, namun telah dilakukan eksperimen pada berbagai lembaga pendidikan Anak Usia Dini. Hal tersebut dikarenakan para penulis buku ini memiliki kapasitas yang mumpuni baik secara teoritik maupun praktik. Melihat urgensi dan tingkat kebermanfaatan yang ada dalam buku ini, Penerbit Mangku Bumi merasa sangat bangga dapat menerbitkan buku yang sekarang sedang anda baca. Anda akan menemukan berbagai macam strategi yang up to date. Selamat bereksperimen dan salam revolusi mental...!!!

Buku ini merupakan upaya kaum intelektual para mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mewujudkan revolusi mental yang sebenarnya melalui tawaran-tawaran strategi pembelajaran Anak Usia Dini berbasis pada multiple ...

Kompendium PAUD

Memahami PAUD Secara Singkat

Guru PAUD dituntut untuk melengkapi dan meningkatkan dirinya dengan pemahaman yang holistik. Buku ini akan membantu memenuhi tuntutan tersebut karena dikemas dalam sebuah bentuk tulisan yang ringkas dan disusun dalam kategorial, sehingga guru akan lebih mudah memahami tentang hakikat, prinsip, hingga cara memahami kondisi anak usia dini. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Guru PAUD dituntut untuk melengkapi dan meningkatkan dirinya dengan pemahaman yang holistik.

Supersmart Book Menulis dan Berhitung untuk Paud/TK

Hei lihat... Pangeran dan Putri sedang belajar sekaligus berpetualangan di sekitar istana. Ayo, ikuti petualangan seru mereka. Ingat, selalu semangat, jangan takut salah, dan jangan pernah menyerah! Bunda, temukan cara belajar yang menyenangkan untuk si kecil dalam menulis huruf A-Z dan berhitung 1-20. Buku ini dikemas secara menarik, menyenangkan dengan beragam aktivitas, disertai penjelasan langkah demi langkah. Si kecil pun akan lebih semangat dan mudah untuk memahami sekaligus mempraktikkannya. -AnakKita-

Hei lihat.

Assesmen Pembelajaran PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental. Ada 2 hal penting yang dialami anak usia dini, pertama adalah usia golden age dimana perkembangan seluruh aspek berkembang secara pesat, kedua, anak usia dini merupakan masa kritis, dimana seluruh aspek perkembangan pada usia ini menentukan perkembangan berikutnya. untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik salah satunya yaitu dengan melakukan assesmen atau penilaian. Kegiatan penilaian merupakan usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik. Adapun tujuan pelaksanaan assesmen yaitu untuk (1) merencanakan pembelajaran individual dan kelompok agar dapat berkomunikasi dengan orang tua. (2) Mengidentifikasi anak yang memerlukan bantuan atau layanan khusus. (3) Mengevaluasi apakah tujuan pendidikan sudah tercapai atau belum. Oleh karena itu kegiatan assesmen anak usia dini tidak terlepas dari 3 hal ini. Untuk lebih mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai assesmen pada anak usia dini, dalam buku ini akan dipaparkan berbagai kajian ilmiah tentang konsep dasar anak usia dini beserta aspek-aspek perkembangannya. Buku ini juga dilengkapi dengan teknik penilaian assesmen yang efektif dan tepat untuk diterapkan dalam pendidikan anak udia dini. Dalam buku ini terdiri dari 10 bab yang membahas tentang Assesmen autentik anak usia dini, Assesmen observasi dan portofolio anak usia dini, Assesmen unjuk kerja dan catatan anekdot anak usia dini, Assesmen percakapan pada anak usia dini, Assesmen Pembelajaran moral agama anak usia dini, Assesmen perkembangan kognitif pada anak usia dini, Assesmen perkembangan bahasa pada anak usia dini, Assesmen perkembangan sosio emosional anak usia dini, Assesmen perkembangan fisik motorik anak usia dini, Assesmen perkembangan seni pada anak usia dini.

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental.