Sebanyak 1098 item atau buku ditemukan

ILMU PENDIDIKAN ISLAM ANALISIS TENTANG AGAMA, PENDIDIKAN DAN SAINS PERSPEKTIF PEMIKIRAN TOKOH Naquib al-Attas - Ismail Raji al-Faruqi – Mehdi Golshani – Hasyim Asy’ari – Ahmad Dahlan – Hasan Langgulung

Al-Attas, al-Faruqi, Golshani, Hasyim Asy’ari, Ahmad Dahlan, dan Hasan Langgulung memberikan inspirasi untuk upaya perbaikan dalam pendidikan Islam. Meski dengan kemampuan yang berbeda, berdasarkan latar belakang pendidikan yang berbeda serta masa yang berbeda. Namun, tokoh-tokoh tersebut sangat peduli akan pendidikan Islam.

Al-Attas, al-Faruqi, Golshani, Hasyim Asy’ari, Ahmad Dahlan, dan Hasan Langgulung memberikan inspirasi untuk upaya perbaikan dalam pendidikan Islam.

PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Pendidikan Islam sebagai salah satu disiplin ilmu menjadi alternatif dalam rangka membentuk manusia menjadi lebih baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan begitu, manusia, khususnya pendidik dan peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki menuju perubahan yang lebih baik serta mengangkat harkat dan martabatnya sebagai manusia yang merupakan ciptaan-Nya yang paling baik.

Pendidikan Islam sebagai salah satu disiplin ilmu menjadi alternatif dalam rangka membentuk manusia menjadi lebih baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Multikulturalisme dalam Pendidikan Agama Islam

Analisis Pemikiran Dosen PAI di Perguruan Tinggi Umum

Pemikiran dosen PAI UNTIRTA Serang-Banten sejalan denganperspektif multikulturalisme dalam bidang ghairu mahdhah (sosial kemasyarakatan) dan tidak sejalan dengan perspektif multikulturalisme dalam bidang aqidah (teologi) dan hukum Islam. dalam pemikiran dosen PAI UNTIRTA mengandung sebelas soal-soal pokok, yakni: Mengenai agama Islam, hukum Islam, pluralitas agama dan toleransi, interaksi antar pemeluk agama, jihad, kesetaraan gender, demokrasi, hak asasi manusia, kepemimpinan dalam Islam, seni dalam Islam dan budaya lain. Pemikiran dosen PAI UNTIRTA dalam melihat multikulturalisme dipengaruhi oleh pendekatan yang bersifat deskriptif-normatif dan judgmental serta pendidikan dan wawasan yang mereka miliki. Pemikiran dosen PAI UNTIRTA Serang-Banten tentangmultikulturalisme mengandung kesan: truth claim (klaim kebenaran), prejudice (prasangka), value Judgment (penilaian berdasar standar nilai yang dianut), stereotype ( penilaian berdasarkan persepsi/ alasan yang dibuat-buat/ salah sangka), discrimination (perilaku terhadap orang lain yang berbeda dengannya yang bersifat negatif), tolerance (sifat mengerti tanpa menilai terhadap pandangan dan praktek orang lain) dan majority-minority (berkaitan dengan keadilan, menuntut persamaan kedudukan dan kesetaraan hak).

... Multicultural and Canadian Constitution , ( Canada : UBC Press , 2007 ) , h . 49 . 10 James A. Banks , Multicultural Education , Issues and Perspectives , ( London : Allyn and Bacon Press , 1989 ) , h . 4 - 5 . 111 Gde Semadi Astra , ...

Materi Dasar Pendidikan Islam

“Materi Dasar Pendidikan Islam” untuk memberikan pengetahuan dan pendidikan materi aqidah Islam, Syari’at Islam, Akhlak dan Tasawuf, bacaan-bacaan shalat, kumpulan hadits pilihan, dan hukum menuntut ilmu, agar para pembaca dapat mengambil manfaat dari tulisan-tulisan tersebut.

Abdul Aziz. Biodata Penulis Nama : Abdul Aziz Alamat : Jatisari RT.02 RW.02 Kebumen Jawa Tengah Pendidikan Terakhir : S.1 PAI IAIN Walisongo Semarang 79 BIODATA PENULIS.

Akuntansi Manajemen Strategis

Strategi dibutuhkan oleh sebuah organisasi dalam mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan. Penentuan indikator kinerja yang tepat, diharapkan organisasi mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Akuntan manajemen berperan dalam ranah informasi yang bersifat keuangan maupun non-keuangan untuk membantu manajer dalam mengambil keputusan strategis. Kondisi lingkungan eksternal yang terus mengalami perubahan akan memaksa organisasi untuk beradaptasi dan memanfaatkan analisis data yang tidak hanya bersifat kuantitatif tetapi juga bersifat kualitatif. Informasi yang dikumpulkan dari internal maupun eksternal akan diolah oleh akuntan manajemen melalui sebuah sistem akuntansi manajemen yang disertai dengan strategi dalam rangka menciptakan keunggulan kompetitif sebuah organisasi. Akuntansi manajemen strategis merupakan akuntansi manajemen yang menekankan pada informasi yang bersifat internal dan eksternal, sekaligus informasi yang bersifat non-keuangan. Akuntansi Manajemen Strategis menekankan hubungan antarindividu dalam suatu organisasi, hal ini yang membedakan dengan akuntansi manajemen tradisional. Teknik akuntansi manajemen kontemporer dibahas satu persatu, ABC, JIT, TQM, dan alat yang bermanfaat dalam ketidakpastian lingkungan, yaitu analisis profitabilitas pelanggan. Akuntansi pertanggungjawaban sosial dan pengukuran kinerja keuangan maupun nonkeuangan dengan pemberian bonus atau insentif juga diuraikan dalam buku ini. Pengukuran kinerja keuangan dan nonkeuangan, yaitu BSC dijelaskan sebelum bab terakhir, dan buku ini diakhiri dengan menguraikan konsep akuntansi manajemen strategis dalam bidang sektor publik. Secara keseluruhan Teknik akuntansi manajemen strategis yang sering dipergunakan dalam dunia bisnis telah diuraikan dalam buku ini. Buku akuntansi manajemen strategis ini merupakan pemahaman konsep dasar dan pengembangan bisa dilakukan oleh pembaca.

Buku akuntansi manajemen strategis ini merupakan pemahaman konsep dasar dan pengembangan bisa dilakukan oleh pembaca.

Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21

Penulisan buku ajar ini guna memenuhi kekurangan buku di UNIKA Santu Paulus Ruteng. Kebutuhan buku ajar maupun buku referensi bagi para dosen dan mahasiswa. Dengan munculnya berbagai fenomena pendidikan di abad 21, maka harus dijabarkan ke dalam konsep yang lebih sederhana dan dapat dirumuskan tingkat ketercapaiannya secara terukur. Ketercapaian tujuan pendidikan pada setiap jenjang juga harus dirumuskan dan dijabarkan secara rinci ke dalam materi ajar dengan menggunakan metodologi yang relevan agar keterkaitan antara tujuan dan cara pencapaiannya dapat tergambar jelas. Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Menegakkan kemerdekaan pers

"1001" alasan Undang-Undang Pers lex specialis : menyelesaikan permasalahan akibat pemberitaan pers

Issues on freedom of the press related to implementation of press law as a special law in Indonesia.

Issues on freedom of the press related to implementation of press law as a special law in Indonesia.