Sebanyak 8680 item atau buku ditemukan

Pedoman Kata Baku & Tidak Baku

Sebagai pemakai bahasa Indonesia, kita wajib mematuhi aturan yang berlaku, terutama saat kita berada di forum resmi atau saat menyajikan tulisan ilmiah. Kenyataannya, tidak semua penutur bahasa Indonesia mampu berbahasa Indonesia sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan (kodifikasi). Sering kali kita juga kebingungan apakah bahasa yang kita pakai termasuk bahasa yang baku atau tidak, atau apakah bahasa yang digunakan sudah menggunakan ejaan yang benar atau belum? Kehadiran buku Pedoman Kata Baku & Tidak Baku ini merupakan solusi tepat dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Di dalamnya berisi pedoman penulisan unsur serapan, pedoman umum pembentukan istilah, kumpulan kata baku dan tidak baku yang disusun secara alfabetis, serta pedoman umum ejaan bahasa Indonesia edisi terbaru. Harapannya, buku ini memberi manfaat bagi setiap pemakai bahasa Indonesia, baik siswa, guru, perangkat pemerintahan, maupun masyarakat umum, sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Buku Persembahan Penerbit Bmedia

Istilah bentuk majemuk atau kompositum merupakan hasil penggabungan dua bentuk atau lebih, yang menjadi satuan leksikal baru. Gabungan kata itu berupa (1) gabungan bentuk bebas dengan bentuk bebas, (2) bentuk bebas dengan bentuk terikat ...

Kata Bersama: Antara Muslim dan Kristen

Inisiatif “Kata Bersama” (Kalimat Sawa’, Common Word) disuarakan oleh para intelektual dan ulama Islam terkemuka yang ditujukan kepada kalangan Kristiani, menyusul pidato-kontroversial Paus Benediktus XVI di Universitas Regensburg, Jerman, 12 September 2006. Isu utamanya adalah bisakah umat Muslim mencapai titik kesepakatan bahwa mencintai Tuhan dan mencintai sesama adalah keyakinan bersama? Buku “Kata Bersama”—mencakup teori dan aplikasi—mengangkat isu-isu seputar teologi komparatif Islam/Kristen dan pelbagai pandangan tentang bagaimana kedua pemeluk agama ini menjawab tantangan global bersama semisal lingkungan, pembangunan, perempuan, dan hak asasi manusia. Dialog Muslim-Kristen ini sedemikian penting bagi perdamaian global karena kedua komunitas ini meliputi lebih dari separuh penduduk bumi. Tidak akan ada perdamaian dan keadilan dunia tanpa melibatkan pengikut Muhammad dan Isa ini. Apalagi di tengah krisis kemanusiaan global akibat, salah satunya, gejala radikalisme, ekstremisme, dan kekerasan bernuansa keagamaan yang kian menonjol di pelbagai belahan dunia.

Pluralisme dalam konteks negara-bangsa yang majemuk perlu dipahami sebagai kesadaran politis yang memberi “ruang dan kebijakan publik” secara setara kepada semua agama tanpa perlu terjebak dalam relativisme agama.

Pembentukan kata dan pemilihan kata dalam bahasa Jawa

2.2.2.3.3 Satuan Ukuran Jumlah - puluh / -jinah Satuan ukuran jumlah -puluh / -jinah digabungkan pada BD numeralia sehingga terbentuk numeralia turunan majemuk . Perlu diketahui bahwa numeralia turunan terbentuk dari BD numeralia ...

BERKHIKMAT KATA MENGGAPAI HARAPAN

Masa Sumenep

Dari pembeljaran, persoalan diri, persoalan lingkungan dan masyarakat sampai urusan teknologi dibicarakan dalam esai pendek ini. Banyak hal, bahkan ilmu yang bisa didapat ketika membaca esai pendek guru-guru SMK ini. Sebuah kebangkitan pemikiran yang kadang tak terjamah oleh pengambil kebijakan, dan kali ini menjadi gres dan aktual jika dihubungkan dengan sekolah penggerak.

INTOLERANSI DI INDONESIA MAJEMUK, heterogen dan beragam merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia. Berawal dari adanya keberagaman dan pluralitas yang ada, mendorong bangsa Indonesia untuk tetap bertahan dan ...

Indeks Al-Quran

Panduan Mudah Mencari Ayat dan Kata dalam Al-Quran

KEUNGGULAN INDEKS AL-QURAN karya DR. AZHARUDDIN SAHIL •Paling lengkap dan paling sistematis dibandingkan indeks-indeks Al-Quran yang ada. •Layak disebut Al-Mu’jam Al-Mufahras versi Indonesia karena kelengkapannya dan kesistematisannya. •Memuat semua kata yang terdapat dalam terjemahan Al-Quran bahasa Indonesia yang disusun secara alfabetis. •Kata-kata disajikan dalam bentuk lema (entri), baik dalam bentuk kata kerja, kata sifat, kata keterangan, maupun kata benda. •Tiap-tiap lema disusun berdasarkan kata dasarnya, yang diikuti oleh beberapa sublema, baik berupa kata turunan, kata ulang, atau kata majemuk. Misalnya, putus: memutuskan (me-kan) terputus (ter-) terputuslah (ter-lah) keputusan (ke-an) hari keputusan (hari ke-an) putus-putusnya (kata ulang) putus asa (kata majemuk) •Disusun oleh pakar pengajaran Al-Quran yang telah menyusun berbagai buku seputar Al-Quran yang digunakan secara luas di Indonesia dan Malaysia. Indeks Al-Quran adalah peranti navigasi bagi pencinta Al-Quran untuk menelusuri keluasan dan keragaman tema-tema dalam Al-Quran. Indeks ini disusun dan dikemas menyerupai Al-Mu'jam Al-Mufahras, sebuah indeks Al-Quran terlengkap yang paling banyak dipakai oleh umat Islam di seluruh dunia. Dengan menampilkan terjemahan Al-Quran lengkap dengan nomor surah dan ayat, pembaca yang tidak mengerti bahasa Arab pun dapat dengan mudah mencari ayat-ayat dan kata-kata dalam Al-Quran yang dikehendaki. Disusun untuk menutup kekurangan-kekurangan yang terdapat pada indeks sejenis yang telah ada, indeks ini sangat dibutuhkan oleh para pemikir, cendekiawan, ulama, penulis, pengajar, mubalig, pelajar dan mahasiswa—pendeknya, siapa saja yang menjadikan Al-Quran sebagai referensi kehidupan. “Membantu Anda dengan mudah dan cepat untuk menemukan keterangan bagaimana pandangan Al-Quran tentang sesuatu masalah.” —K.H. Miftah Faridl “Memberikan sumbangan berharga kepada siapa saja yang berminat berunding dengan Kitab Suci melalui cara yang mudah.” —Ahmad Syafi’i Ma’arif [Mizan, Pustaka, Referensi, Agama]

KEUNGGULAN INDEKS AL-QURAN karya DR. AZHARUDDIN SAHIL •Paling lengkap dan paling sistematis dibandingkan indeks-indeks Al-Quran yang ada. •Layak disebut Al-Mu’jam Al-Mufahras versi Indonesia karena kelengkapannya dan kesistematisannya ...

Konstruksi frasa dengan kata yang

Syntax of "yang" in Indonesian language.

Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri atas dua klausa atau lebih sehingga mempunyai , paling tidak , dua predikat yang tidak dapat dijadikan suatu kesatuan ( Alwi et al . , 1993 : 41 ) . Berdasarkan jenis konjungtornya , kalimat ...

PUTIKA (Puisi Tiga Kata)

Teori dan Konsep

“Putika” adalah nama yang diberikan kepada jenis puisi pendek yang hanya terdiri dari tiga kata. Jenis puisi ini, pada awalnya dimuat dalam sebuah grup puisi di jejaring social facebook, dengan nama “Putika (Puisi Tiga Kata)”. Kemudian mulai berkembang pada grup-grup lain di luar putika, dan bahkan pada blog-blog sastra pribadi. Sebagian yang lain juga menyebar dalam sebuah Antologi Puisi yang dibuat oleh para penyair facebook. Buku ini adalah uraian TEORI dan KOSEP dari Putika. Dengan buku ini, diharapkan PUTIKA bias lebih meluas tidak hanya di dunia maya, tetapi juga di dunia nyata dan sesuai dengan kaidah atau batasan-batasan yang sudah diberikan. Buku ini memperkaya khasanah sastra dan geliat kebudayaan tulis di Nusantara. Indra Intisa, adalah seorang PNS di provinsi Jambi, namun hobinya menulis dan berkesenian tidak pupus semenjak kecil. Di Sela kesibukannya sebagai abdi negara, ia tetap bermusik dan bergaul dengan para penyair di internet, serta turut aktif menulis dalam berbagai antologi. Indra juga sangat tekun menemani para penyair dunia maya serta merumuskan konsep-konsep puisi kontemporer yang berkembang di jejaring social.

Kata majemuk adalah gabungan morfem dasar yang seluruhnya berstatus sebagai kata yang mempunyai pola fonologis, gramatikal, dan semantis yang khusus menurut kaidah bahasa yang bersangkutan. Contoh “kacamata” terdiri dari dua gabungan ...

Idiomatic American English

A Step-by-Step Workbook for Learning Everyday American Expressions

[The following excerpt from the Introductiion gives a clear idea of the book's contents.] Idiomatic expressions give English its color and vitality. They are indispensable to the daily speech of the people and to the language of newspapers and books, television and movies. Whenever you hear a phrase whose meaning cannot be understood even if you know the definitions of the separate words involved, you have probably encountered an idiom. Mastering idioms requires a great deal of listening, studying, practice, and usage. You cannot ignore this part of the language: idiomatic expressions and more formal grammar should be given equal time. The lessons in this book are designed to teach you the kind of informal, everyday speech--including many slang words as well as idioms--that is commonly understood by all native Americans, no matter what their level of education. There are various levels of idiomatic difficulty, and each group of lessons listed in the Table of Contents begins with the easiest lessons and ends with the more advanced ones. However, you may use them in any order you desire; each lesson is self-contained. Each lesson begins with a dialogue, since idioms are best learned in meaningful verbal contexts. A vocabulary section then explains the idioms in clear, concise definitions. (Where the notation "neg." appears after an idiom, it means the idiom is generally used in the negative. For example, have the heart to (neg.) indicates the phrase is normally used in a negative statement such as "I didn't have the heart to tell her." Where alternate words are given in parentheses, either word may be used interchangeably. For example, down the drain (tubes) means you may say "down the drain" or "down the tubes." Two sets of exercises are included in each lesson. In the first, you are asked to choose the correct idiom needed to complete a sentence. In the second, you will substitute an idiomatic expression for an italicized phrase or sentence.

The lessons in this book are designed to teach you the kind of informal, everyday speech--including many slang words as well as idioms--that is commonly understood by all native Americans, no matter what their level of education.

Teaching English, Language and Literacy

Are you looking for one book that gives a comprehensive account of primary and early years English, language and literacy teaching? This fully revised fourth edition of Teaching English, Language and Literacy includes up-to-date research and updated discussion of effective teaching. Throughout the book there is guidance on England's new National Curriculum and its impact. Rooted in research evidence and multidisciplinary theory, this book is an essential introduction for anyone learning to teach English from the early years to primary school level. The authors draw on their research, scholarship and practice to offer advice on: inclusion and equality, including working effectively with multilingual pupils speaking and listening developing reading, including choosing texts, and phonics teaching improving writing, including grammar and punctuation planning and assessing the latest thinking in educational policy and practice the use of multimedia maintaining good home--school links All the chapters include examples of good practice, coverage of key issues, analysis of research and reflections on national policy to encourage the best possible response to the exciting challenges of teaching. Each chapter also has a glossary to explain terms and gives suggestions for further reading. This authoritative book is for all those who want to improve the teaching of English, language and literacy in schools. Designed to help inform trainee teachers and tutors, but also of great use to those teachers wanting to keep pace with the latest developments in their specialist subject, this is an indispensable guide to the theory and practice of teaching English, language and literacy.

This book is an essential introduction for anyone learning to teach English from the early years to primary school level.

Teaching English in Middle and Secondary Schools

Pre-service and new teachers alike will appreciate this comprehensive, realistic view of what it is like to teach English language arts in grades 6 through 12. Through thoughtful integration of practical approaches to both curriculum and instruction, the book addresses the questions and concerns that those new to the profession encounter. The book stresses the constructivist approach and emphasizes reflective practice, and it asks readers to interact with the ideas presented-to affirm, question, and challenge those ideas. Included are numerous actual sample lessons plus classroom ideas with reflective questions that show readers how theory and research relate to practice. New Internet sources, summative graphic organizers of the material, and a flexible approach make this an ideal teaching tool for teachers of middle and secondary school students. Here's what makes this new fifth edition unique: Internet sources and the end of some chapters make the material relevant and give students additional resources for reflection. Reflective questions appear when appropriate in each chapter, prompting students to reflect on and absorb key content. Web sites particularly useful for English teachers are included. New chapter on media literacy (Chapter 9). Chapter 4, Oral Language, continues to build on the strong presentation of the previous edition, but now examines the use of improvisation. Chapter 12, Your Starting Role: Student Teaching and Beyond, takes readers through student teaching experiences, complete with actual material from former student teachers-emails, student teaching logs, and more. Included are scenarios and experiences that give readers opportunities to explore problems they might face in the classroom. Additions to the literature chapters include strategies for conducting a good class discussion on literature, criteria for selecting "good" books for adolescent readers, student units, Web sites for teachers, and reflection activities. These chapters also emphasize multicultural literature and young adult literature, without neglecting the classics.

Here's what makes this new fifth edition unique: Internet sources at the end of each chapter make the material relevant and give students additional resources for reflection.