Sebanyak 2731 item atau buku ditemukan

Rekognisi Pembelajaran Lampau pada Pendidikan Guru Kejuruan

Buku ini memberi gambaran tentang rekognisi pembelajaran lampau pada pendidikan guru kejuruan di perguruan tinggi, pengertian, metode rekognisi, dan contoh implementasi rekognisi pembelajaran lampau.

Permasalahan guru kejuruan tidak dapat lepas dari permasalahan sekolah kejuruan sebab kunci keberhasilan pendidikan terletak pada peran guru dalam proses belajar. Hal ini sesuai dengan pernyataan Kartadinata,(2010) yang menyatakan bahwa ...

Surat Kabar Guru Belajar Edisi II Program Pendidikan Untuk Semua Yogyakarta

MENDAKI LEBIH TINGGI Senyum bahagia anak adalah hadiah terbaik atas kerja keras pendidikan. Terlebih senyum itu berasal dari murid penyandang disabilitas yang optimis untuk melanjutkan pendidikan tinggi. --- Saya bisa menyetir mobil itu termasuk lambat dibandingkan kebanyakan teman. Saya mengendarai mobil setelah bekerja sekian tahun. Setelah bisa, saya mengurus surat ijin mengemudi. Gara-gara itu saya akhirnya tahu bahwa surat izin mengemudi ternyata ada levelnya. Surat Izin Mengemudi (SIM) yang saya miliki berada pada level paling rendah, level penguasaan yang paling sedikit tantangannya. Hanya bisa mengendarai kendaraan yang tergolong kecil. Setelah mempunyai SIM jenjang terendah sekian bulan, saya baru bisa mengajukan SIM pada jenjang yang lebih tinggi. Semakin tinggi jenjang, semakin kompleks tantangannya dan semakin banyak penyesuaian perilaku yang dibutuhkan. Begitu juga menjadi guru. Pada dasarnya menguasai kompetensi yang sama namun dengan jenjang penguasaan yang berbeda-beda. Saya selalu membayangkan guru pada pendidikan inklusi dan pendidikan luar biasa menempati jenjang yang lebih tinggi dibandingkan guru pada umumnya. Saya membayangkan guru pada pendidikan khusus sama seperti guru pada umumnya hanya saja tantangan yang dihadapi lebih kompleks. Guru pada umumnya menghadapi murid yang beragam kondisinya. Guru pendidikan khusus menghadapi keragaman murid yang lebih intensif. Guru pada umumnya dituntut kreatif melakukan pembelajaran. Guru pendidikan khusus dituntut lebih kreatif lagi. Wajar bila kita respek dan perlu belajar dari guru pendidikan khusus. Itulah mengapa menjadi kehormatan bagi Kampus Guru Cikal ketika dipercaya Nusantarun untuk mengelola program Pendidikan untuk Semua di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Program ini bertujuan menyediakan dukungan dan kesempatan bagi murid penyandang disabilitas mendapatkan akses pendidikan tinggi. Guru pendidikan khusus, bagaimana pun, menjadi penggerak utama program yang berinteraksi langsung dengan murid penyandang disabilitas. Program Pendidikan untuk Semua sendiri termasuk kompleks. Banyak pihak yang dilibatkan, mulai guru, murid penyandang disabilitas, orangtua, pemerintah daerah hingga perguruan tinggi yang mempunyai program bagi murid penyandang disabilitas. Variasi program dan konten pembelajarannya pun relatif kompleks. Setelah lebih dari satu tahun berjalan, program Pendidikan untuk Semua ini sebenarnya sudah pada fase akhir program. Sayangnya, kondisi darurat COVID-19 membuat pelatihan bagi murid penyandang disabilitas di Yogyakarta yang berpotensi mendapatkan beasiswa harus tertunda. Saat ini kami tengah menyiapkan program belajar daring (online) pengganti untuk memastikan kualitas pembelajaran yang setara dengan pelatihan yang dilakukan di Jawa Tengah. Surat Kabar Guru Belajar edisi ini menampilkan perjalanan dan pelajaran sepanjang perjalanan program dari awal hingga akhir. Pada akhirnya, keyakinan awal semakin menguat bahwa murid penyandang disabilitas layak mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi. Sebagaimana ditegaskan pada tulisan guru Sri Wahyuni, murid penyandang disabilitas tidak butuh perlakuan istimewa. Mereka butuh perlakuan yang sama, sebagaimana kita memperlakukan semua murid secara istimewa. Terima kasih Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atas dukungannya. Terima kasih untuk IAIN Sunan Kalijaga, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas 11 Maret dan Universitas Dian Nuswantoro atas komitmennya terhadap kesempatan yang setara bagi murid penyandang disabilitas melanjutkan pendidikan tinggi. Terima kasih Nusantarun yang telah memberi kepercayaan dan menjadi teman seperjalanan untuk mewujudkan pendidikan untuk semua. Telah panjang perjalanan kita, tapi masih panjang perjalanan yang harus ditempuh untuk mendampingi murid penyandang disabilitas yang mendapatkan beasiswa pendidikan tinggi. Mari terus melangkah bersama, menemani mereka mendaki lebih tinggi! Bukik Setiawan Kampus Guru Cikal

Sebagai guru bimbingan dan konseling di sekolah saya sering menjumpai berbagai macam permasalahan murid dalam proses pemenuhan tugas-tugas perkembangannya. Saya menyadari bahwa satu masalah saja dalam diri murid dapat berpengaruh ...

Guru Is The Best

Kesejalanan – kemajuan – keserasian pendidikan, sangat ditentukan oleh tanggung jawab guru di sekolah. Karena guru merupakan pejuang terdepan pendidikan yang berhubungan langsung dengan peserta didik di lapangan. Secara mendasar, konsep cerdas selalu dikaitkan dengan kinerja guru. Para guru lebih berkontribusi dan dianggap memiliki saluran wewenang paling besar untuk mencerdaskan peserta didik. Sebab itu, secara pribadi maupun institusi hendaknya para guru mau meng-upgrade, meng-update, dan meng-up keilmuan sebagai upaya meningkatkan profesionalitas keguruan. Tidak ada kata yang bisa membuat kita berubah saat tidak menemukan alasan perubahan dengan hanya menanti tanpa berusaha. Tanpa niat kita sendiri, maka kita hanya akan merasakan ketertinggalan dan tidak berdaya mencegahnya. Sebab itu, memulai dan melatih diri jauh lebih penting daripada merasa cukup dengan kondisi sekarang Guru Is The Best ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan permasalahan dalam kajian. 2. Siswa diberi permasalahan sebagai penjajakan pemahaman. 3. Siswa diberikan instruksi-instruksi singkat dan permasalahan sebagai contoh yang dapat disimulasikan. 4.

MENGUKUR MINAT PROFESI GURU

Instrumen dan Teknik Validasi

Berapa jumlah guru yang tersisa? Pertanyaan itu dilontarkan oleh Kaisar Hirohito beberapa hari setelah Nagasaki dan Hiroshima luluh-lantak karena bom atom dijatuhkan di dua kota tersebut oleh Tentara Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Apakah Anda percaya pertanyaan tersebut benar-benar ada? Apakah Anda pernah menemukan jawaban dari pertanyaan itu? Pertanyaan-pertanyaan ikutan itu menjadi kurang penting karena banyak orang telah mempercayai pertanyaan utamanya. Terlebih lagi, orang dapat melihat bukti nyata bahwa Jepang telah berhasil bangkit dari kekalahan perang dalam waktu singkat. Para pengamat waktu itu mempredeksi Jepang baru akan mampu tumbuh dan bangkit berkembang dalam kurun waktu 70 tahun setelah peristiwa bom di kedua kota tersebut. Mereka, termasuk kita semua, memperkirakan faktor penentu keberhasilan itu adalah pendidikan yang tentunya sangat erat terkait dengan peran dan fungsi guru. Bagaimana dengan pernyataan, “Guru adalah jabatan mulia”. Apakah Anda mempercayainya? Apa yang telah Anda lakukan untuk memuliakan guru? Mungkin masih banyak pertanyaan lain yang dapat dimunculkan terkait dengan pernyataan utama tersebut. Bila salah satu anak atau anggota keluarga Anda menyatakan keinginannya untuk menjadi guru, apakah Anda akan mendukungnya? Bagaimana menelusuri minat terhadap profesi guru dan bagaimana mengukurnya? Pertanyaan-petanyaan tersebut dan juga pertanyaan lain yang terkait dengan profesi guru dibahas dalam buku yang sedang Anda baca. Pertanyaan atau lebih umum permasalahan yang dimunculkan dalam beberapa pertanyaan tersebut tidak hanya perlu untuk dibahas sebagai diskursus (discourse) bagi para orang tua, yang berkeinginan salah satu anggota keluarganya berprofesi guru, akan tetapi juga perlu diketahui sebagai rujukan bagi para guru, para mahaguru atau dosen di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), dan para mahasiswa yang sedang belajar di LPTK. Oleh karena itu, buku ini layak untuk dibaca oleh mereka semua. Bagi yang sedang menjalani tugas sebagai guru dapat mengambil manfaat dari buku ini, misalnya, mendapatkan jawaban untuk menjawab dan meyakinkan diri sendiri apakah mereka benar-benar mencintai profesinya, apakah mereka telah memenuhi ciri-ciri profesi guru sehingga dapat meningkatkan pengabdiannya. Bagi para mahasiswa LPTK dapat mengambil manfaat, antara lain peningkatan pemahaman tentang profesi guru sehingga komitmen mereka untuk menjadi guru professional semakin kokoh. Di samping itu, mereka dapat memanfaatkan alat ukur yang dikembangkan dan dibahas dalam buku ini sebagai instrumen penelitian mereka. Demikian pula, para orang tua dan para dosen LPTK dapat mengambil manfaat sesuai keperluan mereka masing-masing. Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk meyusun disertasi beberapa tahun yang lalu. Ide untuk menyusun buku ini sudah lama tersimpan dalam rencana dan baru saat ini terlaksana. Oleh karena itu, sebagian besar sumber yang dirujuk adalah sumber-sumber lama namun dapat diyakinkan bahwa esensi maknanya masih relevan dengan kondisi saat ini. Untuk itu, uraian pada bagian akhir buku ini merupakan konfirmasi tentang kemutahiran esensi makna yang dibahas dalam buku ini. Bagian ini diakhiri dengan satu quotation atau kata bijak yang sering disampaikan untuk memotivasi guru dan calon guru untuk terus belajar. “Who Dares to Teach Must Not Cease to Learn”. Siapa yang berkeinginan kuat untuk menjadi guru harus terus belajar. Selamat belajar, semoga bermanfaat.

Berapa jumlah guru yang tersisa?

PTK Dan Manfaatnya Bagi Guru

Buku yang berjudul PTK dan Manfaatnya Bagi Guru disusun untuk memberikan pengetahuan tentang konsep penelitian tindakan kelas, sistematika penulisan, trik melakukan PTK, manfaatnya bagi guru dalam hal meningkatkan profesionalitas, dan tujuan PTK untuk meningkatkan kualitas proses dan produk pembelajaran. Permasalahan yang kerap terjadi di lapangan diantaranya: mahasiswa (bukan guru) melakukan PTK di kelas orang lain, terdapat guru yang mungkin belum pernah melakukan PTK di kelasnya sendiri, atau bahkan guru yang ingin melakukan PTK namun terhambat karena minimnya wawasan mengenai PTK secara teoritis dan praktik. Sementara PTK merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru, bahkan hal tersebut telah menjadi program pemerintah dan instansi pendidikan sedari lama. Dengan demikian, buku ini ditulis untuk menjembatani permasalahan yang terjadi dan harapan yang ingin dicapai mengenai pelaksanaan PTK dan profesionalisme guru. Materi yang disajikan pada buku ini terdiri dari 8 bab, yaitu: (1) Konsep Penelitian Tindakan Kelas; (2) PTK dan Profesionalisme Guru; (3) Kedudukan PTK dalam Penelitian Lain; (4) Sistematika PTK; (5) Pendahuluan di dalam PTK; (6) Landasan Teori di dalam PTK; (7) Desain dan Model Penelitian Tindakan Kelas; dan (7) Pengumpulan dan Analisis Data Pada PTK. Materi-materi tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis maupun praksis bagi para pembaca, baik pembaca yang berprofesi guru maupun bukan guru.

Buku yang berjudul PTK dan Manfaatnya Bagi Guru disusun untuk memberikan pengetahuan tentang konsep penelitian tindakan kelas, sistematika penulisan, trik melakukan PTK, manfaatnya bagi guru dalam hal meningkatkan profesionalitas, dan ...

Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru

Hampir seluruh sektor kehidupan di penjuru negeri “lumpuh” akibat pandemi COVID-19. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang patut diberi atensi yang besar. Bagaimanapun, sektor pendidikan di sebuah negara harus tetap hidup sebagai bekal untuk membangun bangsa. Salah satu pemeran penting agar pendidikan bangsa ini tetap hidup adalah guru. Buku ini ditulis oleh para guru nusantara dengan ide-ide menarik tentang cara menghidupkan pembelajaran di masa pandemi. Buku ini tentu wajib dibaca oleh para guru untuk menambah kreativitas dalam mengajar di masa-masa sulit–karena pembelajaran yang menyenangkan membuat peserta didik lebih mudah dalam menerima ilmu.

Hampir seluruh sektor kehidupan di penjuru negeri “lumpuh” akibat pandemi COVID-19. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang patut diberi atensi yang besar.

Tantangan Koperasi di Era Modern

Koperasi di Indonesia sudah berumur 70 tahun. Peringatannya dilaksanakan besar-besaran dan meriah di Kota Makassar pada 12 Juli lalu. Presiden Joko Widodo hadir sebagai bentuk dukungan kepada koperasi di Indonesia.

Koperasi di Indonesia sudah berumur 70 tahun. Peringatannya dilaksanakan besar-besaran dan meriah di Kota Makassar pada 12 Juli lalu. Presiden Joko Widodo hadir sebagai bentuk dukungan kepada koperasi di Indonesia.

Total Quality Management (TQM)

Principles, Methods, and Applications

"This textbook provides the understanding of all aspects of TQM and the implementation. This textbook covers all aspects of TQM, discusses quality systems in detail, highlights the importance of the needs of the customer, and presents the concept of Total Productive Maintenance (TPM)"--

"This textbook provides the understanding of all aspects of TQM and the implementation.

The Public Relations Handbook

The Public Relations Handbook, 6th edition provides an engaging, in-depth exploration of the dynamic and ever-evolving public relations industry. Split into four parts exploring key conceptual themes in public relations, the book offers an overview of topics including strategic public relations, politics and the media; media relations in the social media age; strategic communication management; public relations engagement in the not-for-profit sector; activism and public relations; and the effects of globalisation and technology on the field. Featuring wide-ranging contributions from key figures in the PR profession, this new edition presents fresh views on corporate social responsibility, public relations and politics, corporate communication, globalisation, not-for-profit, financial and public sector public relations. The book also includes a discussion of key critical themes in public relations research and exploratory case studies of PR strategies in a variety of institutions, including Extinction Rebellion, Queen Margaret University, Mettis Aerospace, and Battersea Cats' and Dogs' Home. Containing student-friendly features including clear chapter aims, analytical discussion questions, and key further reading throughout the text, The Public Relations Handbook is an ideal resource for students of public relations, corporate and strategic communications, and media studies.

The Public Relations Handbook, 6th edition provides an engaging, in-depth exploration of the dynamic and ever-evolving public relations industry.