Sebanyak 570 item atau buku ditemukan

Menghafal Al-Qur`an dengan Otak Kanan

Melalui buku ini, kami ingin berbagi 7 jurus ampuh yang dapat Anda praktikkan agar dapat menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan teknik Otak Kanan. Sebab kami tahu Anda termasuk orang yang memiliki masalah dalam menghafal Al-Qur’an, benar demikian kan? Umumnya, kendala orang dalam menghafalkan Al-Qur’an karena merasa risih, malu karena umur, bukan begitu? Akibatnya, karena Anda merasa sudah tidak muda lagi dan banyak disibukkan oleh kegiatan, luntur deh semangat Anda untuk menjadi seorang penghafal Al-Qur’an. Tahukah Anda bahwa orang tua di atas usia 40 tahun itu, insya Allah sangat potensial untuk menghafal Al-Qur’an. Bahkan anak muda aja bisa kalah sama orang tua di atas usia 40 tahun ini loh! Ini sebenarnya sudah menjadi rahasia umum. Apakah Anda sudah mengetahuinya? Kami telah banyak sekali membimbing orang tua di atas usia 40 tahun dalam menghafalkan Al-Qur’an. Luar biasa sekali fakta yang kami dapatkan. Hanya dalam waktu 2 minggu saja, mereka sudah ada bisa menghafal hingga 7 juz, 5 juz, 4 juz, dan bermacam-macam deh kejutan yang saya temukan. Ini baru namanya orang tua keren! Anak muda aja bisa mereka kalahkan. Kalau dalam ring tinju itu ibaratnya anak muda langsung K.O sekali pukul atau malah T.K.O ya? Jika saat ini umur Anda ada di kisaran angka 40 tahun, jangan merasa minder ataupun malu. Sebab Anda juga bisa menghafalkan Al-Qur’an dengan cepat dan mudah. Tanpa Anda sadari bahwa potensi para orang tua berumur 40 tahun ke atas itu sangat besar sekali. Hanya sayangnya potensi mereka belum dibuka saja, jadi potensi kemampuan menghafalkan Al-Qur’an itu masih tersembunyi, masih malu-malu buat dikeluarkan, makanya nggak bisa-bisa menghafalkan Al-Qur’an. Dengan adanya buku ini, kami ingin membuka potensi diri Anda. Jangan didiamkan, sayang banget kan jika sampai menjelang ajal memanggil Anda tidak juga kunjung bisa menghafalkan Al-Qur’an. Perjalanan menjadi penghafal Qur’an dimulai!

Sanksi Pelanggaran Pasal 113 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (1) Setiap Orang yang dengan tanpa hak melakukan pelanggaran hak ekonomi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf i untuk Penggunaan Secara ...

EPISTEMOLOGI SAINS MODERN DALAM AL-QUR’AN

Buku yang berjudul “EPISTEMOLOGI SAINS MODERN DALAM AL-QUR’AN” disusun untuk memenuhi kebutuhan para pembaca yang terkait teori-teori dasar sains dan matematika dalam Al-Aqur’an, sehingga dengan harapan dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Dalam buku ini penulis membahas tentang teori biologi modern, biokimia, mikrobiologi, ekonomi sosial pertanian dan matematika. Ide-ide yang tertuang dalam buku ini, penulis banyak didukung oleh dosen-dosen dari Program studi Biologi FMIPA dan FKIP Universitas Mataram dan Program Pasca Sarjana Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedik FK UGM. Penulis menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun. Semoga buku ini nantinya dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk para pembaca.

Buku yang berjudul “EPISTEMOLOGI SAINS MODERN DALAM AL-QUR’AN” disusun untuk memenuhi kebutuhan para pembaca yang terkait teori-teori dasar sains dan matematika dalam Al-Aqur’an, sehingga dengan harapan dapat meningkatkan keimanan ...

Manajemen Keperawatan “Pengelolaan Metode Tim dan Latihan Manajemen Konflik"

Buku ini dilengkapi dengan metode pengelolaan ruangan yaitu TIM, dengan menjelaskan secara rinci tugas kepala ruangan, ketua tim, perawat pelaksana, serta buku dilengkapi dengan cara menghitung tenaga perawat, BOR, dan ALOS. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan 50 kasus manajemen konflik yang terbaru sesuai saat pandemi Covid-19, sehingga seorang perawat dapat belajar mengenai masalah yang ada saat ini.

Buku ini dilengkapi dengan metode pengelolaan ruangan yaitu TIM, dengan menjelaskan secara rinci tugas kepala ruangan, ketua tim, perawat pelaksana, serta buku dilengkapi dengan cara menghitung tenaga perawat, BOR, dan ALOS.

Hukum Perdata

Hukum perdata di sini tidak hanya mencakup tema-tema yang telah ditetapkan dalam KUHpdt, melainkan juga dilengkapi dengan tinjauan hukum perdata Islam sebagai penutup dari pembahasan. Topik-topik dalam hukum perdata Islam merupakan topik yang tidak mudah ditemui dalam buku ajar hukum perdata lainnya, bahkan terkesan asing. Buku ajar ini berusaha mengawali agar perkuliahan hukum perdata tidak hanya berkutat pada materi-materi yang umum tetapi juga disertai dengan materi-materi perdata Islam.

Hukum perdata di sini tidak hanya mencakup tema-tema yang telah ditetapkan dalam KUHpdt, melainkan juga dilengkapi dengan tinjauan hukum perdata Islam sebagai penutup dari pembahasan.

Hukum Waris Islam

Tiga peristiwa penting dalam kehidupan manusia adalah kelahiran, perkawinan, dan kematian. Kematian inilah yang menjadi unsur mutlak dalam peristiwa pewarisan, khususnya dalam Hukum Waris Islam. Setiap orang bisa saja menjadi subjek hukum dalam peristiwa pewarisan karena kematian adalah sebuah kepastian. Oleh karena itu, diperlukan sebuah pengaturan mengenai pewarisan. Hukum waris di Indonesia bersifat pluralisme. Ada tiga sistem hukum waris yang berlaku di Indonesia, yaitu: Hukum Waris Adat, Hukum Waris BW atau KUH Perdata, dan Hukum Waris Islam, yang kesemuanya diajarkan di Fakultas Hukum. Maka bentuk pengaturannya pun berbeda antara satu sistem hukum dengan sistem hukum yang lain. Pemahaman terhadap ketiga sistem hukum waris pun berbeda. Buku ini menyajikan materi Hukum Waris Islam secara terperinci. Buku yang terdiri dari 7 bab ini membahas mengenai: Bab 1 Pengantar Hukum Waris Islam, Bab 2 Asas, Syarat, dan Rukun Waris Islam, Bab 3 Penggolongan Ahli Waris, Bab 4 Bagian Ahli Waris, Bab 5 Beberapa Hal Khusus, Bab 6 Hukum Waris Islam dalam Tata Hukum di Indonesia, Bab 7 Praktik Hukum Waris Islam di Indonesia dan Bedah Kasus. Hadirnya buku ini yang disusun oleh Ibu Dr. Siti Hamidah, S.H, M.M. dan Tim Pengajar Hukum Waris Islam di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, lebih memudahkan mahasiswa Fakultas Hukum pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk memahami Hukum Waris Islam. Pada buku ini juga disajikan tabel ahli waris sehingga pembaca mudah mengingatnya serta disajikan juga cara menghitung bagian waris. Selain itu buku ini juga menyajikan kasus-kasus mengenai hukum waris Islam yang terjadi di Indonesia. Dengan demikian, buku ini melengkapi kebutuhan mahasiswa dan masyarakat luas yang ingin memahami Hukum Waris Islam.

Selain itu buku ini juga menyajikan kasus-kasus mengenai hukum waris Islam yang terjadi di Indonesia. Dengan demikian, buku ini melengkapi kebutuhan mahasiswa dan masyarakat luas yang ingin memahami Hukum Waris Islam.

Konsep Keamanan Pangan dalam Al-Qur’an dan Implementasinya: Studi Living Al-Qur’an tentang Pemahaman Masyarakat Kec. Sukmajaya Kota Depok Terhadap Konsep Makanan Halal dan Thayyib dalam Al-Qur’an Serta Implementasinya

Buku ini bertujuan untuk menggambarkan resepsi (penerimaan) masyarakat Kecamatan Sukmajaya Kota Depok terhadap konsep keamanan pangan (pangan halal dan thayyib) dalam Al-Qur’an. Jenis penelitian Buku ini adalah penelitian metode studi Living Al-Qur’an. Studi Living Al-Qur’an yaitu kajian yang lebih menekankan pada aspek respon masyarakat terhadap kehadiran Al-Qur’an. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan selama penelitian, dilakukan dengan metode kepustakaan dan lapangan; observasi, wawancara mendalam dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Living Qur’an yang telah penulis lakukan terhadap masyarakat Kecamatan Sukmajaya; baik dari pelaku usaha sebagai produsen pangan, maupun masyarakat umum sebagai konsumen dalam memahami ayat-ayat terkait konsep keamanan pangan dalam Al-Qur’an, maka penulis menyimpulkan sebagai berikut: Masyarakat pelaku usaha atau produsen pangan di Kecamatan Sukmajaya memiliki pemahaman yang sangat terbatas dalam meresepsi ayat-ayat terkait konsep keamanan pangan dalam Al-Qur’an; secara umum lebih dari 65% informan tidak memahami ayat dengan baik. Hanya sebagian kecil yaitu kurang dari 30% yang memahami ayat dengan pemahaman terbatas. Sangat berbeda dengan informan produsen, sebagian besar masyarakat konsumen Kecamatan Sukmajaya mampu meresepsi ayat-ayat terkait konsep keamanan pangan dalam Al-Qur’an dengan baik. Dari hasil penelitian ditemukan fakta bahwa secara umum lebih dari 80 % informan memahami ayat dengan baik. Sisanya memahami ayat dengan pemahaman terbatas.

Untuk memperkuat pernyataan Deklarasi PBB tersebut, maka PBB pun mengeluarkan International Covenant On Civil and Poltical Rights dan International Covenant In Economic, Social and Cultural Rights.14 Dalam hukum positif Indonesia, ...

Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad Karya Imam Al-Ghazali

Dunia pendidikan dalam keadaan serius. Tidak hanya serius dalam melaksanakan pelayanan dengan kualitas terbaik namun juga pendidikan memerlukan pemikiran dan upaya yang seirus terkait keberlangsungan pendidikan itu sendiri terutama masa pandemi ataupun disebut masa adaptasi kebiasaan baru saat ini membuat kompleksitas problem pendidikan semakin lengkap. Pada modern sekarang yakni era revolusi industri 4.0 masyarakat kita telah bersahabat dengan teknologi, hal ini tampak pada pemanfaatan yang mulai merata di kalangan masyarakat terkait dunia digital dalam bidang ekonomi hingga praktik pendidikannya. Akan tetapi pada tahun 2019 lalu kita dikejutkan dengan peresmian society 5.0 yang diinisiasi oleh Jepang, sebagai solusi revolusi industri 4 yang dikhawatirkan akan meniadakan peran manusia dalam dunia pendidikan khususnya karena semua aktivitas pelayanan pendidikan dilakukan oleh robot dan sebaliknya masyarakat 5.0 merupakan masyarakat yang dapat memberikan solusi penyelesaikan setiap problem dan tantangan sosial dengan memanfaatkan hasil inovasi yang terlahir pada masa revolusi industri 4.0 yaitu diantaranya internet (internet on things), data dengan jumlah besar (big data), kecerdasan buatan (artificial intelligence), serta robot guna menaikkan kualitas kehidupan manusia. Ini artinya, komponen utama yang dimanfaatkan masyarakat 4.0 adalah lebih kepada kecerdasan buatan untuk menyelesaikan problemnya, kemudian pada 5.0 ini masyarakat beralih menjadi masyarakat yang berprinsip tetap menggunakan teknologi sebagai alat, sedangkan pelaku utamanya adalah manusia. Sehingga yang semula hanya menjadikan internet sebagai sarana berbagi informasi lalu menjadikan internet sebagai perantara menjalani kehidupan. Adapun posisi buku ini yaitu memberikan orientasi untuk menentukan sikap dan peran Pendidikan Agama Islam dalam pembekalan hidup dalam bermasyarakat era 5.0 dengan berpedomankan kitab Ayyuhal Al-Walad karya Imam Al-Ghazali. Sedangkan cakupan buku ini pada bagian Pertama, menjelaskan, Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Kedua, Ilmu dan Amal Pegangan Utama Masyarakat 5.0, Ketiga, Sholat sebagai Kendaraan Tercanggih Masyarakat 5.0, Keempat, Macam-macam Perilaku Masyarakat 5.0, Kelima, Pendidikan dalam Masyarakat 5.0, Keenam, Obat Hati Masyarakat 5.0, Ketujuh, Perilaku Yang Harus Dihindari Masyarakat 5.0 , dan Kedelapan, Kunci Sukses Masyarakat 5.0.

Dunia pendidikan dalam keadaan serius.

Stigmatisasi Terorisme

Telaah Hubungan Islam dan Negara

Penulis menyusun buku ini untuk menambah khazanah terorisme dan negara. Kajian terhadap terorisme harus senantiasa dilakukan mengingat begitu pentingnya persoalan ini di mana negara harus hadir secara tepat dalam menangani atau menyelesaikan persoalan ini yang tak kunjung selesai.

Penulis menyusun buku ini untuk menambah khazanah terorisme dan negara.

Pengembangan Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan suatu bagian yang tidak bisa terpisahkan dari proses pembelajaran itu sendiri. Agar dapat menghasilkan media pembelajaran yang baik dibutuhkan suatu pemahaman terhadap sejarah perkembangan media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran dan karakteristik serta ciri-ciri media pembelajaran yang baik. Selain membahas mengenai hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya, buku ini membahas bagaimana memilih media pembelajaran yang akan dikembangkan, serta bagaimana merancang, memproduksi dan mempresentasikan berbagai jenis media visual, audio dan audio visual. Secara lengkap buku ini membahas : Bab 1 Pengertian Media Pembelajaran Bab 2 Landasan Teoritis Penggunaan Media Pembelajaran Bab 3 Ciri-Ciri Media Pembelajaran Bab 4 Sejarah Perkembangan Media Pembelajaran Bab 5 Kegunaan dan Fungsi Media Pembelajaran Bab 6 Jenis–Jenis Media Pembelajaran Bab 7 Karakteristik Masing-Masing Media Pembelajaran Bab 8 Pemilihan Media Pembelajaran Bab 9 Perencanaan dan Pengembangan Media Pembelajaran Bab 10 Merancang, Memproduksi dan Mempresentasi Media Visual Bab 11 Merancang, Memproduksi dan Mempresentasi Media Audio Bab 12 Merancang, Memproduksi dan Mempresentasikan Media Audio Visual

Secara lengkap buku ini membahas : Bab 1 Pengertian Media Pembelajaran Bab 2 Landasan Teoritis Penggunaan Media Pembelajaran Bab 3 Ciri-Ciri Media Pembelajaran Bab 4 Sejarah Perkembangan Media Pembelajaran Bab 5 Kegunaan dan Fungsi Media ...