Sebanyak 97 item atau buku ditemukan

Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya

Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas diterbitkannya Buku ini, karena merupakan bagian buku pengajaran yang ada dalam kurikulum program studi manajemen pada Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Humaniora. Dengan diterbitkan buku pengantar Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya ini bisa menjadi referensi pada dosen dam mahasiswa agar memahami secara komprehensif tentang perbankan maupun lembaga-lembaga keuanga lainnya. Buku yang terdiri dari tujuh bagian, dengan pembahasan yang lugas dan tuntas, berharap semoga bermanfaat bagi mahasiswa di lingkungan Universitas Tangerang Raya pada khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya. Secara singkat buku ini membahas tentang perkembangan ekonomi perbankan dan kegiatan transaksi dalam perekonomian baik dalam pengertian lembaga maupun pengertian fisik, sehingga menjadi sesuatu yang sangat penting dalam perekonomian di Indonesia. Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada penulis/penyusun yang telah banyak meluangkan waktu, mencurahkan tenaga dan pikirannya, hingga tersusunnya buku Pengantar Bank dan Lembaga Keuangan lainnya ini. Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Tangerang, Mei 2022 Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis & Humaniora Universitas Tangerang Raya Sri Sukartono Natadiharja, SE. S.IP. MM.

Dengan diterbitkan buku pengantar Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya ini bisa menjadi referensi pada dosen dam mahasiswa agar memahami secara komprehensif tentang perbankan maupun lembaga-lembaga keuanga lainnya.

MANAJEMEN STRATEGIS Dilengkapi Kasus-Kasus Manajemen Strategis dari Perusahaan Indonesia yang Go Internasional

Memasuki era Industri 5.0, suka atau tidak suka akan mendorong manajemen organisasi untuk mendesain ulang praktik manajemen strategis pada organisasi, agar dapat mengeskalasi tingkat efisiensi dan efektivitas pekerjaan, sehingga lebih optimal menuju pencapaian tujuan organisasi. Tiga strategi untuk meningkatkan kinerja organisasi, yaitu meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), memperkuat jaringan bisnis, dan penggunaan teknologi yang tepat. Strategi- strategi yang mau diterapkan dalam sebuah organisasi merupakan wilayah kajian manajemen strategis. Manajemen strategis menganalisis tentang bagaimana penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan manajemen dalam sebuah organisasi, baik itu organisasi bisnis maupun nonbisnis. Manajemen strategis mengombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen strategis memberikan arahan secara menyeluruh untuk perusahaan dalam merumuskan, mengimplementai, mengevaluasi dan melakukan tindak lanjut dalam kebijakan-kebijakan strategis organisasi, sekaligus untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi di era disrupsi menuju Industri 5.0 yang penuh dengan ketidakpastian. Peran strategis dari manajemen strategis adalah mengidentifikasi tujuan organisasi, sumber daya, dan bagaimana sumber daya yang ada dapat digunakan secara paling efektif untuk memenuhi tujuan strategis organisasi. Isi buku terdiri atas 17 bab dan diperkaya dengan kasus-kasus manajemen strategis dari perusahaan-perusahaan milik Indonesia yang berskala bisnis multinasional dan sudah go internasional. Pada bagian akhir, dimuat pula jurnal ilmiah hasil penelitian yang sudah diterbitkan oleh jurnal internasional bereputasi dengan mengambil topik Persoalan Manajemen Strategis di Perbankan Syariah di Indonesia. Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa program S-l, S-2, dan S-3 di berbagai fakultas, baik Ilmu Ekonomi maupun fakultas lain yang mengambil mata kuliah Manajemen Strategis. Selain itu, buku ini juga bermanfaat bagi manajemen perusahaan atau organisasi nonperusahaan nirlaba, seperti perguruan tinggi, yayasan, dll. dalam rangka merumuskan strategi pengembangan, implementasi,evaluasi, dan tindak lanjut organisasi ke depan.

Memasuki era Industri 5.0, suka atau tidak suka akan mendorong manajemen organisasi untuk mendesain ulang praktik manajemen strategis pada organisasi, agar dapat mengeskalasi tingkat efisiensi dan efektivitas pekerjaan, sehingga lebih ...

Manajemen Konflik

Manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik. Manajemen konflik termasuk pada suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi (termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan intrepretasi. Bagi pihak luar (di luar yang berkonflik) sebagai pihak ketiga, yang diperlukannya adalah informasi yang akurat tentang situasi konflik. Hal ini karena komunikasi efektif antara pelaku dapat terjadi jika ada kepercayaan terhadap pihak ketiga. Manajemen konflik merupakan langkah-langkah yang diambil para pelaku atau pihak ketiga dalam rangka mengarahkan perselisihan kearah hasil tertentu yang mungkin atau tidak mungkin menghasilkan ketenangan, hal positif, kreatif, bermufakat, atau agresif. Manajemen konflik dapat melibatkan bantuan diri sendiri, kerja sama dalam memecahkan masalah (dengan atau tanpa bantuan pihak ketiga) atau pengambilan keputusan oleh pihak ketiga. Suatu pendekatan yang berorientasi pada proses manajemen konflik menunjuk pada pola komunikasi (termasuk perilaku) para pelaku dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan dan penafsiran terhadap konflik.

Manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik.

MANAJEMEN INVESTASI

Buku ini dapat menjadi referensi materi mata kuliah Manajemen Investasi yang dapat digunakan oleh tenaga pengajar, mahasiswa atau para pemula investor di pasar modal dan pembaca pada umumnya untuk meningkatkan wawasan dan ilmu berkenaan dengan Investasi. Buku ini disusun berasarkan acuan berbagai literature dan pengalaman mengajar penulis.

Buku ini dapat menjadi referensi materi mata kuliah Manajemen Investasi yang dapat digunakan oleh tenaga pengajar, mahasiswa atau para pemula investor di pasar modal dan pembaca pada umumnya untuk meningkatkan wawasan dan ilmu berkenaan ...

MANAJEMEN KEUANGAN

Syukur Alhamdulillah kepada Tuhan YME atas lindungan dan rahmat-Nya karena para penulis dari berbagai Perguruan Tinggi dan Instansi kembali mampu menyelesaikan naskah kolaborasi dengan Judul “Manajemen Keuangan”. Yang melatarbelakangi penerbit mengadakan kegiatan Menulis Kolaborasi adalah untuk membiasakan Dosen dan Guru menulis sesuai dengan rumpun keilmuannya. Buku dengan judul Manajemen Keuangan merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Sumber Dana Jangka Pendek, 2) Sumber Dana Jangka Panjang, 3) Leasing vs Borrowing, 4) Biaya Modal, 5) Penilaian Obligasi, 6) Penilaian Saham, 7) Analisis Leverage, 8) Teori Struktur Modal, 9) Kebijakan Dividen. Akhir kata Dengan terbitnya buku ini, harapan penerbit ialah menambah Khazanah Keilmuan dibidang Pendidikan dan dapat dinikmati oleh kalangan pembaca baik Akademisi, Dosen, Peneliti, Mahasiswa atau Masyarakat pada Umumnya.

Buku dengan judul Manajemen Keuangan merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Menaklukkan Pasar Derivatif

Kebutuhan terhadap kegiatan pengelolaan risiko fluktuasi harga di kalangan bisnis internasional sekarang ini cukup meningkat. Luasnya perdagangan yang berbasiskan komoditas pertanian, pertambangan, dan keuangan mendorong kesadaran untuk mengetahui teknik-teknik pengelolaan risiko fluktuasi harga. Pengelolaan risiko telah menjadi usaha yang berskala global dan merupakan praktik-praktik yang perlu bagi badan usaha komersial di setiap negara. Di banyak negara, organisasi-organisasi bisnis atau grup-grup perdagangan dan lembaga-lembaga pemerintahan telah menggunakan cara alternatif dalam mengelola risiko fluktuasi harga yang melekat pada suatu bisnis dan kebijakan ekonomi. Pasar derivatif (derirative market) merupakan salah satu sarana yang dapat memenuhi kebutuhan untuk mengalihkan risiko fluktuasi harga tersebut. Dalam setiap usaha yang penuh ketidakpastian dapat mengakibatkan risiko yang akan dipikul oleh para pelaku bisnis tersebut. Ketidakpastian usaha khususnya di bidang perdagangan terdapat risiko pada mata rantai pemasaran (harga, produksi, distribusi, procesing, dan sebagainya). Salah satu faktor yang sangat sulit diperkirakan sehingga menyebabkan ketidakpastian itu adalah risiko fluktuasi harga yang sering mengganggu kepastian untuk menetapkan strategi suatu usaha. Pasar derivatif selain berfungsi sebagai sarana pengalihan risiko fluktuasi harga, juga berfungsi sebagai pembentukan harga yang efektif dan transparan dan sarana investasi serta informasi harga yang dapat digunakan sebagai harga patokan dan rujukan bagi masyarakat luas maupun pengusaha untuk melindungi usahanya dari risiko fluktuasi harga. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pengelolaan risiko fluktuasi harga dan pembentukan harga yang transparan serta sebagai sarana investasi yang menguntungkan apabila dilakukan dengan analisis teknikal dan fundamental yang tepat namun bisa sebaliknya mendatangkan kerugian apabila tidak dianalisis dengan tepat, hal tersebut dapat diketahui dengan lengkap dalam isi buku Pasar Derivatif (Derivative Market).

Kebutuhan terhadap kegiatan pengelolaan risiko fluktuasi harga di kalangan bisnis internasional sekarang ini cukup meningkat.

MANAJEMEN EVENT DAN PROYEK

Antara Konsep dan Praktiknya

Event merupakan bagian dari suatu proyek yang memang diselenggarakan untuk kepentingan pihak tertentu dan dengan tujuan tertentu. Oleh karena itu dalam manajemen event tidak lepas dengan manajemen proyek. Tidak berbeda jauh dalam pelaksanaan suatu proyek pun terkadang membutuhkan pihak yang memanajemen ketika ada suatu acara yang dibuat dalam sebuah proyek, misalnya seperti peresmian gedung, syukuran selesainya sbeuah proyek maupun acara lainnya. Namun terlepas dari adanya suatu acara pada sebeuah proyek, dalam manajemen proyek pun tidak lepas dari keterbutuhannya pada manajemen event, seperti kebutuhan publikasi, dan kebutuhan sponsorship. Dengan demikian, sekalipun ada beberapa hal yang berbeda antara manajemen event dan proyek, tetapi ada beberapa hal yang saling terkait antara manajemen event dan proyek, salah satunya peran penting Event Organizer (EO) atau penyelenggara sebuah acara. Untuk itu buku ini membahas mengenai manajemen event dan manajemen proyek.

... management, antara lain : a. Event Organizer (EO); b. Production House (PH) atau Rumah produksi ; c. Communication; d. Agency / biro jasa; e. Panitia Pelaksana; event f. Organizing Committee; g. Dan lain sebagainya. Dalam arti sempit, 34.

MANAJEMEN STRATEGIK (sebuah kajian dalam Pendidikan Islam)

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya. Dengan karya-karya semacam ini, yang tergabung dalam sistem keilmuan program studi MPI, kita dapat berharap secara bertahap stigma terhadap LPI sebagai lembaga pendidikan “yang tahan hidup, banyak masalah, dan tidak maju” itu dapat kita atasi.

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya.

Loyalitas dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik

Dari seluruh proses kegiatan pemberian jasa kepada konsumen oleh sebuah perusahaan, pada akhirnya akan bermuara pada nilai yang akan diberikan oleh konsumen mengenai kepuasan yang dirasakan. Pentingnya kepuasan konsumen berkaitan dengan persaingan yang makin ketat, serta tingkat kerugian dan keuntungan perusahaan. Khusus alasan yang terakhir, keuntungan, memang tidak selalu ditentukan oleh faktor kepuasan konsumen, tetapi juga oleh kepercayaan dan kesetiaan konsumen terhadap suatu produk dan perusahaan. Bebarapa faktor itu jelas saling mempengaruhi karena di tengah ketatnya persaingan, kesetiaan konsumen menjadi hal yang sangat sulit dipertahankan. Kepuasan Konsumen pada akhirnya akan membentuk Loyalitas terhadap pembelian produk. Bagaimanapun juga, Konsumen merupakan aset penunjang perusahaan, tanpa konsumen yang loyal dapat dipastikan pertumbuhan usaha sebuah perusahaan tidak akan berjalan dengan baik, tersendat-sendat dan butuh suntikan dana berkelanjutan agar tetap survive. Loyalitas konsumen memiliki peran penting untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja kelangsungan hidup perusahaan. Griffin, (2012:31) mendefinisikan bahwa “Konsumen yang loyal adalah orang yang melakukan pembelian berulang secara teratur/antar lin produk, mereferensikan kepada orang lain yang menunjukkan kekebalan terhadap produk pesaing”.

Dari seluruh proses kegiatan pemberian jasa kepada konsumen oleh sebuah perusahaan, pada akhirnya akan bermuara pada nilai yang akan diberikan oleh konsumen mengenai kepuasan yang dirasakan.