Sebanyak 770 item atau buku ditemukan

Dasar Manajemen Bisnis

Tidaklah dimungkiri, ilmu manajemen diperlukan oleh hampir semua jenis profesi, baik yang bekerja di pemerintah, swasta, maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM). Dalam keperluan inilah, buku Dasar Manajemen Bisnis ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca Tujuan buku Dasar Manajemen Bisnis ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang Dasar Manajemen Bisnis.

Dalam keperluan inilah, buku Dasar Manajemen Bisnis ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca Tujuan buku Dasar Manajemen Bisnis ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang ...

Model-Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0

Karena masyarakat terus berubah, pembelajaran juga layaknya terus dimutakhirkan. Dengan adanya kemajuan teknologi dan perubahan pola hidup masyarakat, kita sedang memasuki era di mana cara-cara lama dalam pendidikan sudah kedaluwarsa dan perlu terus diperbaharui dan disesuaikan dengan tuntutan perkembangan masyarakat. Saat ini, di tengah gelombang disrupsi yang terus menerjang berbagai aspek kehidupan manusia, pembelajaran yang kreatif, inovatif dan berorientasi kepada kehidupan nyata harus terus diteliti, diuji coba dan diterapkan. Semua itu demi kesiapan peserta didik untuk menghadapi persaingan tiada batas yang telah dimulai bahkan tatkala mereka masih ada di bangku sekolah dan kuliah.

... pai tujuan tertentu . Terdapat beberapa teori yang mendasari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT menurut ( Liang et al . , 2021 ) , yaitu : 1. Teori Kognitif Sosial . Teori ini menyatakan bahwa individu belajar melalui pengalaman ...

ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN: Kajian Teoritik dan Aplikatif

Pendidikan merupakan salah satu sektor vital dalam pembangunan suatu negara. Kebijakan pendidikan yang tepat dan terarah dapat membawa dampak signifikan terhadap kualitas sumber daya manusia dan kemajuan bangsa. Namun, proses perumusan kebijakan pendidikan bukanlah tugas yang sederhana. Dibutuhkan pemahaman yang komprehensif tentang berbagai konsep dasar, pendekatan, serta proses yang terlibat dalam perumusan hingga implementasi kebijakan pendidikan. Buku ini disusun untuk menjadi panduan bagi para akademisi, praktisi, pembuat kebijakan, dan mahasiswa yang ingin mendalami dunia kebijakan pendidikan. Dalam buku ini, kami menyajikan berbagai bab yang mencakup: Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan: Memaparkan landasan teoritis dan prinsip-prinsip dasar yang mendasari kebijakan pendidikan. Pendekatan dan Proses dalam Perumusan Kebijakan Pendidikan: Menguraikan berbagai pendekatan yang dapat digunakan dalam proses perumusan kebijakan, serta tahapan-tahapan yang harus dilalui. Konsep Analisis Kebijakan Pendidikan: Menjelaskan metode dan teknik analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kebijakan pendidikan. Meneliti Hakekat Isu dan Masalah dalam Konteks Analisis Kebijakan Pendidikan: Mengidentifikasi dan menganalisis berbagai isu dan masalah yang sering muncul dalam konteks kebijakan pendidikan. Implementasi Kebijakan Pendidikan: Membahas langkah-langkah dan strategi dalam mengimplementasikan kebijakan yang telah dirumuskan. Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan: Menyoroti pentingnya monitoring dan evaluasi dalam memastikan kebijakan pendidikan berjalan efektif dan efisien.

Pendidikan merupakan salah satu sektor vital dalam pembangunan suatu negara.

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Moderasi Beragama

Allah Swt menciptakan mahlukNya selalu berbeda dalam segala hal, warna kulit, suku, kebangsaan, agama dan karakter psikologinya. Manusia sebagai salah satu mahluk Allah Swt diperintahkan agar mau dan mampu mengenal satu dengan lainnya agar mengetahui dan menemukan kemanfaatan di balik perbedaan yang ada. Di era distrupsi atau era digital yang ditandai dengan teknologi informasi, pendidikan dihadapkan dengan banyak problematika yang harus dijawab dengan cara yang rasional, objektif dan sistematis. Pendidikan dihadapkan dengan moralitas lulusan yang relatif rendah karena masih banyak terjadi tawuran antar pelajar, pelecehan seksual di lembaga pendidikan, perundungan guru, bullying siswa. Diluar pendidikan masih banyak terjadi kekerasan dengan membawa simbol simbol keagamaan, saling serang gara gara beda agama, suku, kelompok atau keyakinan. Bahkan sebagian kelompok masih ada yang memiliki keraguan terhadap Pancasila sebagai filosofi negara, sehingga ingin mengusung khilafah (pemberlakuan sistem negara Islam) yang diklaim sebagai perintah ajaran agama Islam. Fenomena tersebut secara pelan atau cepat pasti membahayakan kelangsungan negara dan bangsa Indonesia yang sudah terkenal sebagai bangsa yang cinta damai, rukun, gotong royong toleran dan demokratis. Upaya untuk mengatasi dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui pendidikan dan pembelajaran.

Allah Swt menciptakan mahlukNya selalu berbeda dalam segala hal, warna kulit, suku, kebangsaan, agama dan karakter psikologinya.

ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM Ekpektasi Guru & Masyarakat, Teori, Partisipan Siswa

Guru bukan sekedar wahana untuk menyalurkan hobi atau sebagai pekerjaan sambilan, akan tetapi merupakan pekerjaan yang harus ditekuni untuk mewujudkan keahlian profesional secara maksimal. Sebagai tenaga profesional, guru memegang peranan dan tanggung jawab yang penting dalam melaksanakan program pengajaran di sekolah. Salah satu sasaran upaya tersebut adalah meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pengelola kurikulum di kelas dengan baik dan benar pada saat pembelajaran berlangsung. Pencapaian sasaran tersebut harus dapat dilihat dari bertambah profesionalnya guru dalam penampilan mengelola kelas, dan bertambah optimalnya proses belajar siswa. Bahan referensi bersisi tentang beberapa pokok permasalahan kurikulum pendidikan dan pembelajaran yang nantinya diharapkan menjadi acuan bagi mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran di kampus atau di sekolah. Bagaimana peran guru dapat mempersiapkan kurikulum di kelas dengan baik, sehingga tujuan instruksional bisa tercapai sebagaimana yang diharapkan.

Guru bukan sekedar wahana untuk menyalurkan hobi atau sebagai pekerjaan sambilan, akan tetapi merupakan pekerjaan yang harus ditekuni untuk mewujudkan keahlian profesional secara maksimal.

EKSPLORASI DALAM PROFESI KEPENDIDIKAN

Saat kita memasuki era yang dipenuhi dengan perubahan yang cepat dan kompleks, tantangan dalam profesi kependidikan semakin berkembang. Seiring dengan tuntutan akan penyesuaian terhadap perkembangan teknologi, dinamika sosial, dan kebutuhan individual siswa, eksplorasi menjadi landasan penting dalam menjawab panggilan sebagai pendidik.

Saat kita memasuki era yang dipenuhi dengan perubahan yang cepat dan kompleks, tantangan dalam profesi kependidikan semakin berkembang.

Profesi Keguruan

Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat

Profesi keguruan merupakan suatu kegiatan yang menunjukkan dan menjunjung tinggi prinsip dan asas-asas keprofesionalitasan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam mendidik dan mengajar peserta didik. Guru yang profesional merupakan produk dan hasil dari suatu pendidikan profesi guru dengan mengandalkan kualitas keilmuan yang tinggi, moralitas yang agung, serta ditunjang berbagai kapabilitas yang tidak diragukan lagi efektivitas dan efisiensinya dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran. Begitu pula sebutan guru profesional berlaku dalam seluruh aktivitas kehidupannya baik di sekolah maupun di luar sekolah seperti lingkungan dan masyarakat. Namun untuk menjadi guru yang profesional tidaklah mudah karena memerlukan pendidikan khusus yaitu pendidikan profesi guru dan proses yang berkelanjutan. Hadirnya buku ini merupakan dalam rangka membantu merealisasikan guru profesional di negeri ini. Isi buku ini seluruhnya berkaitan dan sesuai dengan kebutuhan guru profesional dan pemerhati pendidikan. Dimulai dari pembahasan tentang pemahaman arti profesi dan guru secara mendalam, kompetensi guru, hard skill dan soft skill guru, perencanaan pembelajaran, kode etik profesi guru, supervisi pendidikan, dan program sertifikasi profesi guru yang kesemuannya itu telah disesuaikan dengan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Juga ditambahkan berbagai konsep pendidikan Islam sehingga buku ini mencoba untuk menggabungkan pendidikan secara umum dengan pendidikan Islam. Ini karena guru profesional adalah guru yang memiliki intelektualitas yang bermutu, bermoral religius, dan memiliki kapabilitas (multi talented) dalam proses pendidikan. Buku ini merupakan buku rujukan utama mata kuliah Profesi Keguruan bagi mahasiswa, namun buku ini juga sangat sesuai dan berguna bagi para pendidik atau guru, pemerhati dan praktisi pendidikan, semua civitas akademika, dan bagi siapa pun yang peduli pada peningkatan kualitas pendidikan.

Profesi keguruan merupakan suatu kegiatan yang menunjukkan dan menjunjung tinggi prinsip dan asas-asas keprofesionalitasan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam mendidik dan mengajar peserta didik.

BUKU AJAR PROFESI KEPENDIDIKAN

Buku ini merupakan hasil pemahaman dan refleksi terhadap materi yang disampaikan dan semoga buku ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan profesi kependidikan.

Buku ini merupakan hasil pemahaman dan refleksi terhadap materi yang disampaikan dan semoga buku ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan profesi kependidikan.

Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang lain. Suatu profesi harus mempelajari atau menguasai bidang tertentu, melibatkan aktivitas intelektual, dipersiapkan secara profesional, membutuhkan proses pendidikan dan pelatihan yang kesinambungan, lebih mengutamakan kepentingan dan layanan publik daripada individu dan pribadi, terwadahi dalam organisasi profesi, dan menjanjikan jenjang karier yang permanen. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 memberi amanat bahwa guru memiliki kegiatan pokok, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih anak, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok. Bagaimana standar guru? Kompetensi apa yang harus dimilikinya? Bagaimana mengembangkan profesi guru? Buku ini secara tuntas memaparkan tentang profesi dan profesionalisme guru, kualifikasi dan kompetensi guru serta bagaimana karier dan pengembangan profesionalisme guru. Setelah membaca buku ini Anda akan memahami bahwa keberadaan profesi guru sangat penting untuk diperhatikan serta ditingkatkan dalam pelaksanaan tugas dan pekerjaannya.

Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang lain.

Pengembangan Guru Profesional

Guru memiliki peran yang sangat esensial bagi mutu pendidikan di Indonesia karena guru menjadi salah satu faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran disamping kurikulum dan sarana prasarana. Guru memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, dan mengevaluasi peserta didik. Tugas utama tersebut akan menjadi efektif apabila guru memiliki derajat profesionalitas tertentu yang meliputi kompetensi yang harus dimiliki guru disertai dengan kode etik tertentu. Pengembangan dan peningkatan profesi guru juga dilakukan dalam rangka menjaga agar kompetensi profesinya tetap sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin modern. Pembinaan dan pengembangan profesi guru meliputi pembinaan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Sedangkan pembinaan dan pengembangan karier meliputi penugasan, kenaikan pangkat, dan promosi. Keduanya disesuaikan dengan jabatan fungsional masing-masing. Buku Pengembangan Guru Profesional ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta daya tarik pelaksanaan pembelajaran Pengembangan Kompetensi Pendidik. Tujuannya agar siswa ketika belajar pelajaran ini dapat memperoleh wawasan dan kompetensi mengelola pembelajaran sebagai kegiatan inti dari keseluruhan proses pendidikan di sekolah dan madrasah. Selamat membaca! Informasi lain : Deskripsi fisik : 16 x 24 cm, 372 halaman Weight : 0.53 kg ISBN : 9786024460495 Pengarang : Sholeh Hidayat Penerbitan : Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017 Bahasa : Indonesia Subjek : Guru Bentuk Karya : Bukan fiksi Status : Aktif

Buku Pengembangan Guru Profesional ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta daya tarik pelaksanaan pembelajaran Pengembangan Kompetensi Pendidik.