Sebanyak 819 item atau buku ditemukan

Marketing Syariah

Berangkat dari definisi pemasaran syariah yang telah disepakati oleh Dewan World Marketing Association (WMA) dalam World Marketing Conference di Tokyo April 1998, Hermawan Kartajaya mendefinisikan Pemasaran syariah adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran dan perubahan values dari suatu inisiator kepada stakeholders-nya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip muamalah dalam Islam (Marketing syariah is a strategic business discipline that directs the process of creating, offering and changing, value from one initiator to its stakeholders, and the whole process should be in accordance with muamalah principles in Islam).1 Selain merujuk kepada definisi diatas perlu disampaikan pula bahwa definisi tersebut dilengkapi dengan kaidah fiqh dalam Islam yaitu almuslimuuna alaasyuruutihim illa syartan (kaum muslimin terikat dengan kesepakatan-kesepakatan bisnis (syarat-syarat) yang mereka buat, kecuali kesepakatan (syarat) yang mengharamkan yang halal dan menghalalkan yang haram. Juga fiqh yang paling basic dalam konsep muamalah yaitu ” al-ashlu fil muaamalatil ibahahillah ayyadulla daliilun alaa tahriimihaa” (pada dasarnya semua bentuk muamalah/ bisnis boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya).

Buku Marketing Syariah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Metodologi Penelitian Kesehatan Masyarakat

Ilmu merupakan himpunan pengetahuan (body of knowledge) yang tersusun secara sistematis atas dalil-dalil, hipotesis-hipotesis, dan teori-teori, atau juga disebut sebagai kepanjangan akal sehat (common sense) yang sistemsatis dan terkendali.

Buku Metodologi Penelitian Kesehatan Masyarakat ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Belajar Mudah Aplikasi Komputer Myob Accounting V.17

Buku ini disusun bertujuan untuk membantu para mahasiswa agar lebih mudah dalam mempelajari aplikasi komputer akuntansi MYOB accounting Versi 17. Buku ini penulis sajikan dalam bentuk praktis dan sederhana agar lebih mudah dipraktikkan oleh mahasiswa maupun umum yang masih pemula dalam mempelajari aplikasi komputer akuntansi. Penulis melengkapi buku ini dengan studi kasus agar para pembaca dapat latihan membuat transaksi keuangan dan laporan keuangan secara otodidak menggunakan aplikasi MYOB V 17.

Buku ini disusun bertujuan untuk membantu para mahasiswa agar lebih mudah dalam mempelajari aplikasi komputer akuntansi MYOB accounting Versi 17.

Konsep Dasar Sistem Informasi Kesehatan

Buku ini merupakan kumpulan bahan ajar untuk mata kuliah dengan judul yang sama. Di dalam buku ini akan dibahas tentang pengertian sistem informasi dan penerapannya dalam ilmu kesehatan. Buku ini wajib dijadikan rujukan mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah sistem informasi kesehatan. Selain itu, buku ini juga cocok untuk menjadi referensi bagi siapa pun yang mempelajari ilmu medis. Hal ini tidak bisa dipungkiri, dengan kemajuan teknologi informasi, menuntut organisasi untuk menerapkan sistem informasi berbasis komputer dalam mendukung kegiatan yang ada di organisasi tersebut. Begitu juga bagi institusi kesehatan, dengan menerapkan sistem informasi diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan baik di Rumah Sakit, Puskesmas atau bagi Dinas Kesehatan. Sistem informasi memberikan kemudahan dan kecepatan akses data maupun informasi. Selain itu keamanan dan ketersediaan data juga lebih terjamin akurasinya. Sehingga akan sangat membantu penyedia layanan kesehatan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat. Sistem Informasi Kesehatan merupakan salah satu bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari Sistem Kesehatan di suatu negara. Kemajuan atau kemunduran Sistem Informasi Kesehatan selalu berkorelasi dan mengikuti perkembangan Sistem Kesehatan, kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bahkan mempengaruhi Sistem Pemerintahan yang berlaku di suatu negara. Konsep Dasar Sistem Informasi Kesehatan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Konsep Dasar Sistem Informasi Kesehatan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Tuturan Metaforis Ragam Jurnalistik

Pengertian dan contoh-contoh mengenai gaya bahasa metafora dan komponen makna akan memberikan pemahaman dasar untuk memahami isi buku ini. Bentuk dan jenis metafora memberikan ilustrasi betapa bervariasinya tuturan metaforis pada ragam jurnalistik, khususnya pada kolom berita surat kabar, yang merupakan tuturan sehari-hari. Ini menunjukkan bahwa metafora bukanlah ‘monopoli’ milik ragam sastra saja. Bab terakhir membicarakan tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan metafora dengan cara memvariasikan tuturan dan konteks, serta mengubah kelas kata melalui proses derivasi. Buku Tuturan Metaforis Ragam Jurnalistik ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Tuturan Metaforis Ragam Jurnalistik ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Dasar-dasar Jurnalistik Televisi

Panduan Praktis Memahami Teknik-Teknik Reportase dan Menulis Naskah Berita untuk Media Televisi

Buku Dasar-dasar Jurnalistik Televisi menghidangkan panduan paling praktis kegiatan reportase dan penulis naskah berita untuk media televisi. Buku ini bukan saja ditujukan bagi calon-calon jurnalis televisi di Fakultas Imu Komunikasi dan jurusan-jurusannya, tapi para praktisi yang mencoba mengembangkan SDM di lingkungan organisasinya.

Buku Dasar-dasar Jurnalistik Televisi menghidangkan panduan paling praktis kegiatan reportase dan penulis naskah berita untuk media televisi.

Buku Induk Fikih Islam Nusantara (Mencakup Fatwa-Fatwa Kontemporer Dan Bab Fikih Lengkap Berdasarkan Kitab-Kitab Mu'tabarah Kalangan Pesantren)

Buku ini bermula dari permintaan diterjemahkannya kitab penulis yang berjudul “al-Fikrah alNahdliyyah fi Ushuli wa Furu’I Ahl al-Sunah wa al-Jamaah” oleh berbagai kalangan ke dalam bahasa Indonesia. Buku ini bukan buku tentang analisis pemikiran tetapi merupakan pilihan-pilihan penulis tentang pendapat para ahli fikih Mazhab Syafi’i dalam berbagai masalah fikih secara lengkap. Di beberapa masalah penulis pula menyisipkan pendapat penulis sendiri berdasarkan keilmuan penulis, baik masalah fikih klasik terlebih dalam masalah kontemporer. Jika ditemukan masalah kemudian tidak penulis cantumkan referensinya, maka kebanyakan dari masalah seperti itu, merupakan kesimpulan dan pendapat penulis sendiri. Buku Induk Fikih Islam Nusantara (Mencakup Fatwa-Fatwa Kontemporer Dan Bab Fikih Lengkap Berdasarkan Kitab-Kitab Mu'tabarah Kalangan Pesantren) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku Induk Fikih Islam Nusantara (Mencakup Fatwa-Fatwa Kontemporer Dan Bab Fikih Lengkap Berdasarkan Kitab-Kitab Mu'tabarah Kalangan Pesantren) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Teori Dan Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran 4.0

Buku ini tersusun atas IX bab, di setiap babnya menjelaskan dengan sangat terstruktur baik secara teori maupun konsep manajemen sistem pembelajaran 4.0. Bab I menguraikan teori dan konsep dasar dari pendidikan itu sendiri sampai pada manajemen pembelajaran baik tingkat dasar sampai pada tingkat perguruan tinggi. Bab II menjelaskan baik secara teori dan konsep terkait dengan sistem, menguraikan teori sistem dalam pendangan banyak ahli, menguraikan dengan rinci model sistem pembelajaran 4.0, juga menjelaskan mutu dari pembelajaran serta dilengkapi dengan penjelasan yang mendasar terkait dengan quality dan evaluasi. Bab III menjelaskan secara mendasar terkait dengan manajemen sistem 4.0 secara umum, menjelaskan sistem sebagai sebab akibat, mengurai terkait dengan data yang telah ditafsirkan, menjelaskan secara mendasar terkait dengan manajemen dalam beberapa mahzab serta mengurai dengan terstruktur perihal pencatatan fakta. Bab IV menjelaskan terkait dengan teknologi pendidikan 4.0. Bab V membahas sistem informasi manajemen 4.0, penerapan blended learning, juga menjelaskan secara konsep terkait dengan penguatan institusi pendidikan dan juga gaya manajemen pembelajaran dan institusi itu sendiri.Bab VI buku ini akan lebih banyak mengurai teknologi pembelajaran multiplatform sebagai salah satu alat bantu pembelajaran. Seterusnya sampai pada Bab IX bab akhir dari buku ini menjelaskan konsep dasar dari audit 4.0 dan proses audit 4.0 yang sangat diperlukan sebagai tolak ukur atas pelaksanaan dan implementasi manajemen pembelajaran 4.0. Teori Dan Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran 4.0 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Teori Dan Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran 4.0 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Edisi Belajar Teori Ekonomi (Pendekatan Mikro) Berbasis Karakter

Tujuan pembelajaran ini untuk salah satu upaya untuk menindak lanjuti dan mendukung program dunia agar setiap tindakan ekonomi yang dilakukan oleh pelaku ekonomi harus dilakukan dengan mempertimbangkan keberlanjutan tindakan tersebut di masa yang akan datang atau sering disebut dengan “Ekonomi yang keberlanjutan” (sustainability economic), selain itu mendukung program unesa growing with character dan program Fakultas Ekonomi (FE) tentang Eco Green. Tulisan dalam buku ini merupakan hasil bersama dalam pembelajaran teori ekonomi, penulis memberikan aprisiasi pada mahasiswa manajemen angkatan 2014 yang dengan secara runtut mengikuti pembelajaran teori ekonomi melalui pembelajaran kontektual di Hutan Mangrove Wonorejo. Selain itu, penulisan ini juga diilhami dari penelitian sebelumnya tentang penyusunan perangkat pembelajaran dalam kurikulum yang berbasis Hutan Mangrove Wonorejo. Dalam penelitian tersebut penulis bekerja sama dengan Dinas Pertanian Surabaya. Muatan buku ini. Bab Pertama berisi tentang teori ekonomi tentang pasar persaingan sempura yang berisi tentang kajian teoritik, antara lain berisi tentang pengertian, ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, hubungan antara pasar dan perusahaan, persaingan sempurna jangka pendek dan jangka panjang dan diakhiri dengan contoh aplikatif tentang “Jika Aku jadi pengusaha di Ekowisata Hutan Mangrove pada pasar persaingan sempurna” selain dari kajian teoridan aplikatifnya yang bermuatan karakter sesuai dengan motto Unesa dalam mengembangkan growing with character Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh (IdamanJelita) Pada Bab kedua dalam buku ini berisi tentang pasar persaingan monopoli yang terdiri dari pengertian, ciri-ciri, faktor yang menyebabkan monopoli, kebaikan dan keburukan pada pasar monopoli dan penyusunan proyek di pasar monopoli. Buku ini memberikan inspirasi bagaimana menyusun proyek yang bisa menimbulkan monopoli di hutan mangrove dalam berbisnis. Buku ini akan mengarahkan pembaca untuk berbisnis yang tetap peduli lingkungan. Pada Bab ketiga dilanjutkan tentang persaingan monopolistik.Dalam buku ini dijelaskan tentang pengertian, ciri-ciri, kurva keseimbangan, kurva operasi jangka pendek dam dan jangka panjang, persaingan bukan harga (non price, competitive) pada pasar persaingan monopolistik, selain itu nilai lebih dari buku ini adalah disajikan dengan detail aplikasi teori pasar monopolistic pada bisnis berbasis mangrove, tentang nilai ekonomis mangrove dalam perspektif sistem persaingan pasar monopolistic dari tinjauan perspektif mahasiswa. Bab keempat, Berdasarkan dari kata mutiara Bill Gates “Pelanggan yang tidak puas adalah guru bisnismu yang terbaik” (Bill Gates), pada Bab keempat ini disajikan bentuk pasar yang berada pada posisi pasar input/pasar faktor produksi. Pada bab ini diakhiri dengan sebuah kajian pasar input komoditi mangrove. Pada bab ini akan disajikan pasar persaingan monopsoni sebelumnya telah disajikan definisi, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan, kurva pasar persaingan monopsoni dan implementasinya di pasar input mangrove. Pada bab kelima, disajikan pasar oligopoli yang diawali dengan definisi, faktor-faktor pembentuknya, dampak positif dan negatifnya, hubungan antar perusahaan, keseimbangan pasar, macam-macam model, jenis-jenis pasar, kelebihan dan kekurangan pasar ologopoli, hambatan beserta contoh aplikatifnya. Pada Bab keenam, ini menarik untuk disimak dan dicarikan contoh aplikatifnya selain contoh-contoh yang sudah disajikan. “Pesaing yang harus ditakuti adalah seseorang yang tidak pernah mengganggu urusanmu, tetapi dia serius menjalani bisnisnya dengan jauh lebih baik setiap hari” (Henry Ford). Pada bab ini ditemukan hakikat teori permainan, macam-macam teori permainan, dan contoh-contoh teori permainan yang mengandung nilai karakter. Pada Bab ketujuh, Pada bagian ini disajikan contoh aplikasi pasar input di Ekowisata hutan mangrove, pertama disajikan secara runtut tentang gambar arus aliran perekonomian, diikuti bentuk kurvanya, pergeseran kurva permintaan, gabungan faktor produksi melalui persamaan matematisnya dan keseimbangan pasarnya. Pada Bab kedelapan, pada bab ini disajikan langsung pada aplikasitifnya di hutan mangrove yang merupakan salah satu contoh barang publik, mulai dari beda barang eksludable dan barang rival, barang public, sifat-sifatnya, contohnya dan sekaligus dibahas tentang pengertian sumberdaya milik bersama dan contohnya di hutan mangrove. Pada Bab kesembilan, penanaman karakter agar dimasa depan mahasiswa menjadi pelaku usaha yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan pada ekternalitas dampak dari kegiatan yang dilakukan. Pada bab ini dipelajari tentang pengertian, jenis-jenis, faktor-faktor penyebab dan solusi swasta dan kebijakan public berkenaan dengan eksternalitas. Dengan mempelajari aplikatif ekternalitas, mahasiswa akan menjadi pelaku bisnis yang bertanggung jawab pada diri dan lingkungannya. Tentunya buku ini, diharapkan dapat bermanfaat untuk banyak pihak terutama untuk warga belajar FE khususnya dan Unesa serta masyarakat umum sebagai bahan pengayaan dalam belajar ekonomi. Saya sangat mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan buku ini demi kebaikan di masa yang akan datang.

Buku Edisi belajar teori ekonomi (pendekatan mikro) berbasis karakter ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.