Sebanyak 23776 item atau buku ditemukan

Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Di Sekolah/Madrasah

Bimbingan dan konseling merupakan bagian dari sistem pendidikan di sekolah/madrasah yang memiliki peranan penting berkaitan dengan pemenuhan fungsi dan tujuan pendidikan serta peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah. Pendidikan yang bermutu dalam penyelenggaraannya tidak cukup hanya dilakukan melalui transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi harus didukung oleh peningkatan profesionalisasi dan sistem manajemen pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangan kemampuan peserta didik untuk menolong diri sendiri dalam memilih dan mengambil keputusan demi pencapaian cita-citanya.

Buku Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Di Sekolah/Madrasah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

SURVEY PERMASALAHAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Buku dengan judul “Survey Permasalahan Bimbingan & Konseling” ini disusun dalam rangka memenuhi kebutuhan mahasiswa dan sebagai penunjang mata kuliah Survey Permasalahan Bimbingan dan Konseling. Penelitian survey merupakan metode yang sering digunakan dalam ilmu sosial untuk membantu melakukan pengamatan terhadap suatu fenomena sosial. Dalam pembahasan ini hanya akan dibahas mengenai survey khususnya permasalahan terkait bidang bimbingan dan konseling. Buku ini, mengupas tentang konsep dasar survey, desain survey, proses penelitian survey, masalah, pengumpulan data beserta penulisan laporannya. Selamat membaca.

Contoh penelitian survey adalah: Survey Mengenai Pandangan Guru-guru di Perkotaan tentang Dampak Internet Terhadap Tingkah Laku Remaja. 2. Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat bagi Dosen UGM Kelompok Ilmu SosialHumaniora dalam ...

Peserta didik dan guru bimbingan konseling dalam pembelajaran

Diandra Kreatif

Pelaksanaan bimbingan dan konseling berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan, yang dalam pelaksanaannya harus dikelola sebaik dan seefisien serta seefektif mungkin yang selaras dengan prinsip–prinsip suatu program. Sebagaimana dalam hasil penelitian mengenai persepsi siswa terhadap eksistensi guru bimbingan dan konseling (studi kasus SMA di Sorong), secara umum siswa menilai guru pembimbing yang bertugas memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah senantiasa menunjukkan sikap yang positif, dan ternyata latar belakang pendidikan guru bukan menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan. Sehingga dalam proses pelaksanaannya masih ada beberapa metode yang perlu ditingkatkan. Akan tetapi ditinjau dari aspek perilaku guru pembimbing, penampilan guru pembimbing, maupun unjuk kerja guru pembimbing dalam setiap layanan bimbingan dan konseling dinilai positif oleh siswa didalam pelaksanaannya. Buku ini memaparkan persepsi siswa terhadap eksistensi guru bimbingan dan konseling pada SMA di Sorong, bahwa guru bimbingan dan konseling pada SMA di Sorong telah melakukan kinerja dengan baik atau positif dengan berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan

Pelaksanaan bimbingan dan konseling berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan, yang dalam pelaksanaannya harus dikelola sebaik dan seefisien serta seefektif mungkin yang selaras dengan prinsip–prinsip suatu program.

INOVASI PENYUSUNAN PROGRAM DAN PELAKSANAAN ASESMEN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF BERBASIS INFORMATION DAN COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICT)

Secara keseluruhan buku ini dibagi menjadi lima bab dengan masing-masing pembahasan sebagaimana berikut ini: Bab pertama pembaca akan diajak untuk menganai bimbingan dan konseling komprehensif, Bab kedua adalah penjelasan mengenai manajemen bimbingan dan konseling komprehensif, Bab ketiga adalah pembahasan tentang organisasi dan administrasi bimbingan dan konseling komprehensif; Bab empat akan menjelaskan asesmen dan Bab kelima adalah bagian terakhir yang mengkaji topik penyusunan program dan asesmen berbasis teknologi

Secara keseluruhan buku ini dibagi menjadi lima bab dengan masing-masing pembahasan sebagaimana berikut ini: Bab pertama pembaca akan diajak untuk menganai bimbingan dan konseling komprehensif, Bab kedua adalah penjelasan mengenai manajemen ...

Bimbingan Konseling Qur’ani (Jilid 1)

Buku ini diadopsi dari hasil penelitian penulis yang berjudul "Telaah Ayat-Ayat Al-Qur'an yang relevan dengan konsep Konseling tentang Hakikat Manusia, Pribadi Sehat, dan Pribadi tidak Sehat". Penulis akan berusaha menuntaskan konsep koseling qur'ani ini sampai kepada hakikat konseling, sikap konselor, prosedur dan teknik konseling, sehingga akan terbentuk sebuah sebuah konsep dasar konseling berdasarkan ayat-ayat Al-Qur'an yang utuh dan sistematis. BERDASARKAN pengamatan penulis hingga saat ini belum ada konsep konseling Islami yang tersusun secara lengkap dan sistematis, sehingga paling tidak buku ini merupakan sebuah alternatif acuan dalam rangka pengembangan konseling Islami di dunia pendidikan di Indonesia.

Buku ini diadopsi dari hasil penelitian penulis yang berjudul "Telaah Ayat-Ayat Al-Qur'an yang relevan dengan konsep Konseling tentang Hakikat Manusia, Pribadi Sehat, dan Pribadi tidak Sehat".

MODUL VIDEO SEBAGAI MEDIA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

-

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin meluas maka perlu pengembangan model palayanan bimbingan dan konseling yang lebih baik untuk mengikuti perubahan tersebut. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling adalah aplikasi media video. Dengan penguasaan materi dan kemampuan yang baik oleh konselor dalam media video diharapkan akan membantu meningkatkan kualitas layanan serta ketercapaian materi bagi para siswa didik nantinya. Buku ini berisikan modul singkat bagaimana aplikasi video sebagai alternatif media dalam layanan bimbingan dan konseling.

Buku ini berisikan modul singkat bagaimana aplikasi video sebagai alternatif media dalam layanan bimbingan dan konseling.

PEMBINAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Sebuah Perspektif Bimbingan dan Konseling)

Buku ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan rekan-rekan pendidik pada khususnya dan para pembaca umumnya tentang Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus terutama bagi guru Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Karir Proses pemberian bantuan oleh guru bimbingan dan konseling atau konselor kepada Anak Berkebutuhan Khusus untuk mengalami pengenalan, pemahaman, perkembangan, eksplorasi, aspirasi dan jika memungkinkan sampai kepada pengambilan ...

Kumpulan Contoh Laporan Hasil Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK)

Kebiasaan instan tanpa perjuangan dan kerja keras namun mengharapkan hasil yang maksimal sangat membudaya di kalangan pelajar tempat penulis bekerja. Para pelajar tidak menyadari bahwa tujuan belajar yang sebenarnya adalah bukan sekedar nilai yang bersifat kuantitas namun lebih dari itu yaitu untuk memperoLeh pengetahuan, pengertian, pemahaman, ketrampilan, sikap dan lain-lain yang bersifat kualitas.

Buku Kumpulan Contoh Laporan Hasil Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.