Fiqih Ekonomi Kontemporer, Jenis Akad Dalam Ekonomi Islam, Produksi Dalam Ekonomi Islam, Distribusi Dalam Ekonomi Islam, Konsumen Dalam Ekonomi Islam Dan Ekonomi Islam Di Indonesia
Fiqih Ekonomi Kontemporer, Jenis Akad Dalam Ekonomi Islam, Produksi Dalam Ekonomi Islam, Distribusi Dalam Ekonomi Islam, Konsumen Dalam Ekonomi Islam Dan Ekonomi Islam Di Indonesia
Uji Kompetensi Guru merupakan tolok ukur dalam mengukur kemampuan dan kompetensi seorang guru. Pada dasarnya, seorang guru memiliki beberapa kompetensi seperti kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan juga kompetensi keagamaan untuk guru bidang agama. Dengan demikian, uji kompetensi ini harus diadakan secara berkala untuk melihat sejauh mana profesionalisme guru, mengetahui level kompetensi individu guru, dan lain-lain. Buku Uji Kompetensi Guru ini hadir untuk membantu para guru, dalam menghadapi Uji Kompetensi Guru. Dalam buku ini berisi beragam penjelasan dan juga disertai dengan paket soal, yang tentunya dapat memudahkan guru untuk berlatih. Materi-materi yang ada dalam buku ini berkaitan tentang karakteristik siswa, teori belajar, kurikulum, desain pembelajaran, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan lain-lain. Segeralah membaca buku ini, dan jawab semua soal-soalnya!
Di era globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kita membutuhkan seorang guru profesional, berkualitas dan memiliki kompetensi untuk mendidik para siswa sehingga lebih berprestasi. Pengembangan nilai-nilai kompetensi guru dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar dan pelatihan-pelatihan program pendidikan yang merupakan suatu cara terpadu yang diorientasikan pada tuntutan kerja aktual dengan penekanan pada pengembangan skill, knowledge, dan ability. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih baik sehingga membuat para siswa lebih semangat dan tertarik untuk belajar. Kompetensi inilah yang dapat ditunjukkan oleh seorang guru dengan mengikuti gaya masa kini yang semakin canggih, menerapkan pembelajaran yang kreatif dengan media-media elektronik sesuai dengan standar pembelajaran.
Di era globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kita membutuhkan seorang guru profesional, berkualitas dan memiliki kompetensi untuk mendidik para siswa sehingga lebih berprestasi.
Bermula dari minimnya buku pengembangan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, lahirlah buku “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Non- Pendidikan melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah” ini. Sesuai dengan judulnya, buku ini adalah semacam pedoman yang bisa dimanfaatkan oleh Lembaga Profesional untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lembaga pendidikan khususnya sekolah yang memfokuskan pada peningkatan mutu pendidikan berbasis kompetensi guru melalui supervisi akademik kepala sekolah. Buku ini terdiri dari enam bab, mulai dari bab pendahuluan yang membahas tentang bagaimana mutu pendidikan pada saat sekarang serta faktor yang mempengaruhinya. Bab kedua kompetensi dan profesionalisme guru, membahas tentang komponen apa saja yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Bab ketiga penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), membahas tentang tata cara mengimplementasikan program pembelajaran. Bab keempat supervisi akademik, membahas tentang supervisi akademik merupakan salah satu program yang dapat diselenggarakan dalam pemberdayaan guru. Bab kelima meningkatkan kompetensi pedagogik guru non-pendidikan melalui supervisi akademik kepala sekolah, yaitu berisikan hasil dari penelitian yang telah dilakukan di SMP 2 Hiliduho yang dilakukan kepala sekolah melalui teknik supervisi akademik. Dan yang terakhir yaitu kesimpulan, berisikan ringkasan dari hasil pembahasan yang dari bab sebelumnya.
Bermula dari minimnya buku pengembangan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, lahirlah buku “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Non- Pendidikan melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah” ini.
Dikemas dengan metode pendampingan berkelanjutan, buku ini membahas terkait kompetensi pedagogik, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran yang mana hal ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam implementasinya dalam proses belajar mengajar. Setiap bab pembahasan dijelaskan secara rinci, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami dan menerapkannya dalam aktivitas belajar mengajar.
Dikemas dengan metode pendampingan berkelanjutan, buku ini membahas terkait kompetensi pedagogik, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran yang mana hal ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam implementasinya dalam proses belajar ...
Sesuai amanat Undang Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No. 19 Tahun 2005 sebagaimana diubah dengan PP No 32 Tahun 2013 yang selanjutnya diubah dengan PP No. 13 Tahun 2015 tentang tentang Standar Nasional Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan Penjaminan Mutu Pendidikan di Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, tujuan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah oleh satuan pendidikan di Indonesia berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Berdasarkan hasil dari beberapa kajian, survey dan penelitian menunjukkan bahwa mutu pendidikan di Indonesia cenderung masih di bawah standar dibandingkan dengan negera-negara tetangga di Asia Tenggara, apalagi di dunia. Karena itu menjadi urgen bagi semua pemangku kepentingan di sekolah, daerah, maupun secara nasional untuk memikirkan dan menindaklanjuti berbagai upaya program dan kegiatan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia kini dan di masa mendatang.
Sesuai amanat Undang Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No. 19 Tahun 2005 sebagaimana diubah dengan PP No 32 Tahun 2013 yang selanjutnya diubah dengan PP No. 13 Tahun 2015 tentang tentang Standar Nasional ...
Disertai Kompetensi Dasar dan Pembahasan Soal AKM Literasi-Numerasi SMA
Saat ini, proses AKM telah berlangsung. Dalam berbagai forum,beberapa guru mengungkapkan kesulitan untukmemperoleh referensi soal AKM dan pembelajaran yang inovatif.Buku yang secara spesifik ditujukan untuk guru pada jenjang SMA ini akan mengupas soal AKM dan pembelajaran inovatifsecara mendalam. Pembahasan tentang paradigma AKM, perubahan ragam/jenis soal AKM menjadi fokus utama buku ini. Perubahan paradigma pendidikan sudah saatnya mendapatkan perhatian lebih dari para guru. Salah satu cara mengukur keterampilan peserta didik adalah soal. Keterampilan guru dalam menyusun soal dengan kompetensi berpikir tingkat tinggi gayut dengan program pemerintah yang mewajibkan guru untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dan mengukurnya dalam asesmen kompetensi minimum (AKM). Oleh karenanya, guru perlu melatih siswa dengan soal yang mengacu pada AKM. Namun demikian, ragam soal AKM dengan paradigma yang baru belum dipahami oleh mayoritas guru. Padahal, skor AKM memengaruhi rapor mutu suatu sekolah. Dengan demikian, guru perlu membekali diri dengan kemampuan merancang pembelajaran dan soal berbasis AKM.Kehadiran buku yang lengkap dengan contoh soal dari berbagai level kognitif, baik literasi maupun numerasi ini,diharapkan dapat menginsipirasi para guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif di kelas.