Sebanyak 153 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN KEUANGAN

KONSEP DASAR DAN PRINSIP-PRINSIP

Aktivitas utama manajerial adalah perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan. Manajemen keuangan merupakan pengelolaan keuangan dengan tujuan utamanya mensejahterakan pemilik modal, meningkatkan nilai perusahaan dan keberlanjutan usaha (sustainability). Untuk mencapai tujuan itu, pihak manajer keuangan melakukan tiga aktivitas yang menjadi ruang lingkup manajemen keuangan yaitu: mencari sumber dana, mengelola dana dan kebijakan pendistribusian dividen (dividend policy). Buku ini menjelaskan konsep dasar manajemen keuangan berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan manajer keuangan untuk mencapai tujuannya dan prinspi-prinsip yang menjadi acuan.

Selanjutnya dalam perkembangannya berdiri lagi sebuah lembaga internasional yang bernama International Islamic Market (IIFM) ... Lembaga ini bergerak pada pengembangan istrumen kepatuhan syariah dalam system manajemen likuiditas dan ...

Ekonomi Mikro Islam

Pada pokoknya mendirikan suatu bangunan itu dmulai dengan meletakkan fondasi (foundation)) yang kuat. Di atasnya dibangun lantai dasar (ground floor). Di atas lantai dasar ditegakkan tiang-tiang penyengga (pillar). Dalam sistem rumah Jawa, pendopo di bagian tengannya ditegakkan 4 tiang utama yang disebut soko-guru (main pillar). Lalu dibangun flafon (plafond). Dan paling atas dibangun atap (roof). Pada bangunan rumah itu tentu ada pintu-pintu (door) yang merupakan ruang masuk dan keluar dan jendela (window) yang menghubungkan ruang dalam dan dunia luar. Sudah barang tentu masalahnya adalah, bagaimana menginterpretasi bangunan rumah atau gedung itu dengan bangunan ekonomi yang sifatnya abstrak. Interpretasi itu adalah material atau bahan-bahan bangunan. Dalam Ekonomi Islam, bahan bangunan itu adalah ajaran Islam yang bersumber dari al Qur’an dan Sunah serta tradisi pemikiran yang telah dikembangkan oleh para ulama, filsuf dan tindakan-tindakan para pemimpin Islam, seperti para sahabat dan pemimpin-pemimpin berikutnya yang dicatat dalam sejarah perkembangan perekonomian. Suroso Imam Djazuli dari Universitas Erlangga bahkan berpendapat bahwa hakekat Ekonomi Islam itu adalah praktek kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh Nabi dan para sahabatnya.

... Islam jika pasar dalam situasi normal. Hanbali menolak keras kebijakan ... Islamic Microeconomic, (Jakarta: Muamalat Institute, 2001), hlm. 4 4 Adiwarman A, Karim, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam (Jakarta: PT. 170 | Ekonomi Mikro Islam.

Fiqh Muamalah II

... 8 Mardani, Fiqih Muamalah, Juli 2013. hlm. 282 9 Ismail Nawawi, Fikih Muamalah Klasik Dan Kontemporer, April 2012, hlm. 206. 10 Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/46/PBI/2005 tentang Akad Penghimpunan dan. Fiqih Muamalah II 44.

Fiqh Muamalah Al-Maaliyah Hukum Ekonomi dan Bisnis Syariah

Fiqh Muamalah saat ini menjadi kajian yang sangat diminati sebagai efek positif dari berkembangan ekonomi dan bisnis syariah. Sebagai ilmu yang mengkaji mengenai dimensi hukum dalam bidang muamalah al maaliyah (ekonomi dan bisnis syariah)maka ilmu ini penting dipelajari oleh seluruh umat Islam khususnya praktis dan akademisi bidang ekonomi dan bisnis syariah. Bagi akademisi menjadi bekal dalam mengkaji lebih mendalam mengenai ekonomi dan bisnis syariah. Sedangkan bagi praktisi menjadi pedoman dalam melaksanakannya. Buku ini disusun dengan mengambil dari sumber-sumber yang kredibel sehingga diharapkan apa yang ada dapat dipelajari oleh semua lapisan masyarakat. Maknanya buku ini dapat dimanfaatkan oleh akademisi, praktisi dan juga masyarakat secara umum yang ingin mengetahui lebih detail terkait dengan fiqh muamalah dan ekonomi syariah.

Fiqh Muamalah saat ini menjadi kajian yang sangat diminati sebagai efek positif dari berkembangan ekonomi dan bisnis syariah.

MANAJEMEN PEMASARAN

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, pemahaman yang kuat tentang manajemen pemasaran menjadi kunci keberhasilan. Buku “Manajemen Pemasaran” adalah panduan yang komprehensif bagi para praktisi dan pemula yang ingin menguasai strategi dan taktik pemasaran yang efektif. Di dalam buku ini disajikan materi-materi tentang: Konsep Dasar Manajemen Pemasaran Peran Manajemen Pemasaran Bagi Perusahaan Strategi Pemasaran pengambilan Keputusan Analisis Pasar & Perilaku Konsumen Segmentasi Pasar & Targetting Branding & Positioning Produk Riset Pasar dan Pengumpulan Data Konsumen Perencanaan & Pengembangan Produk Baru Manajemen Distribusi dan Penjualan Promosi dan komunikasi pemasaran Manajemen Harga & Penentuan Harga Produk Evaluasi dan Kinerja Pemasaran

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, pemahaman yang kuat tentang manajemen pemasaran menjadi kunci keberhasilan.

Praktik Dakwah Teori dan Aplikasi

Dakwah adalah pekerjaan atau suatu kegiatan penyampaian pesan Islam kepada manusia. Dapat dipahami secara operasional, dakwah adalah mengajak atau mendorong manusia kepada tujuan yang definitif, dimana rumusannya dapat diambil dari Al-Qur’an dan Hadis, atau dirumuskan oleh da’i, sesuai dengan kebutuhan atau ruang lingkup dakwahnya. Dakwah ditunjukkan kepada manusia, yang mana dapat menerima dan menolak sesuai dengan persepsinya terhadap dakwah tersebut, demikian karena manusia makhluk yang berjiwa, berpikir, dan merasa. Buku ini diterbitkan sebagai tujuan untuk berkontribusi positif bagi kemajuan dakwah Islam. Perlu diingat kembali bahwa tiada yang sempurna di dunia ini, tetapi semoga karya ini bisa menjadi kunci untuk memperluaskan kembali ilmu yang telah diajarkan oleh para ilmuan sebelumnya. Khususnya untuk para pejuang dakwah yang tengah mengarungi samudera hidup yang penuh dengan lika-liku dan tantangan zaman di era serba canggih saat ini.

Penulis adalah Dosen tetap di Pascasarjana Institut Agama Islam SAHID Bogor dan Dosen Luar Biasa (DLB) di Universitas ... “Pertukaran dan Percampuran dalam Ekonomi Islam”, “Epistemologi Islamisasi Ilmu Syehk Mohammad Naquid Alatas dan ...

Teori Planned Behavior dan Asuransi Syariah

Perkembangan asuransi syariah di Indonesia dewasa ini mengalami peningkatan, hal ini ditandai dengan banyaknya pertumbuhan pe-rusahaan asuransi syariah dan adanya peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang pemisahan Unit Usaha Syariah (UUS) perusahaan asuransi menjadi perusahaan sendiri paling lambat akhir Oktober 2024. Data dari OJK sampai dengan Desember 2018 ada 48 UUS, terdiri dari 22 UUS asuransi jiwa, 24 UUS asuransi umum dan 2 UUS reasuransi, di samping itu, Total as-set asuransi syariah meningkat tiap tahunnya. Namun total as-set yang dimiliki asuransi syariah masih jauh tertinggal dibandingkan total asset asuransi konvensional. Salah satu faktornya adalah jumlah nasabah asuransi syariah yang masih san-gat terbatas dibandingkan dengan jumlah nasabah asuransi konven-sional, Sehingga, diperlukan strategi pemasaran yang baik sebagai upaya untuk menggaet calon nasabah supaya bergabung dengan asuransi syariah, di antara variabel yang diperlu dipertimbangkan oleh marketer asuransi syariah dalam memasarkan produk asuransi syariah kepada nasabah adalah theory of planned behavior yang dikembangkan oleh Ajzen (1991), theory of planned behavior men-jelaskan bahwa bahwa tindakan manusia diarahkan oleh tiga macam kepercayaan, yaitu kepercayaan perilaku (sikap), ke-percayaan normative (norma subjektif) dan kepercayaan kontrol (control behavior). Banyak penelitian termasuk di dalamnya penelitian dalam buku ini mengkonfirmasi adanya kontribusi pengaruh yang kuat dari theory of planned behavior terhadap minat dan keputusan membeli produk asuransi syariah.

Perkembangan asuransi syariah di Indonesia dewasa ini mengalami peningkatan, hal ini ditandai dengan banyaknya pertumbuhan pe-rusahaan asuransi syariah dan adanya peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang pemisahan Unit Usaha Syariah ...

MANAJEMEN PEMASARAN SYARIAHKONSEP DASAR, E-MARKETING, DAN STRATEGI

Puji syukur kehadirat Allah SWT., penulis panjatkan dengan sepenuh hati atas karunia keimanan, Islam, kesempatan, dan kemampuan kepada penulis sehingga bisa menyelesaikan karya ini. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada tauladan ummat, junjungan, dan pemimpin terhebat: Rasulullah SAW yang telah membawa pencerahan di dunia dan menyebarkan dakwah ke seluruh alam melalui generasi-generasi sahabat, tabi’in, dan tabi’it tabi’in. Melalui pencerahan Islam, dua pertiga dunia pernah mengalami puncak kejayaan dan pemerataan kesejahteraan selama kurang lebih 13 abad hingga sinar Islam mampu menerangi hati kita.

Puji syukur kehadirat Allah SWT., penulis panjatkan dengan sepenuh hati atas karunia keimanan, Islam, kesempatan, dan kemampuan kepada penulis sehingga bisa menyelesaikan karya ini.

Manajemen Pemasaran

Buku Manajemen Pemasaran ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai ilmu Manajemen Pemasaran. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam tigabelas bab yang memuat tentang Konsep Dasar Manajemen Pemasaran, Perencanaan Pemasaran, Sistem Informasi Pemasaran, Segmentasi Pasar, Ekuitas Merek, Strategi Produk, Strategi Penetapan Harga, Manajemen Saluran Distribusi, Bauran Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, Menciptakan Kepuasan Pelanggan, Pasar Global, serta bab terakhir mengenai Komunikasi Pemasaran.

Buku Manajemen Pemasaran ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.