Sebanyak 101 item atau buku ditemukan

Metode dan model pembelajaran untuk merdeka belajar

Buku ini membahas tentang: 1. Pengertian Merdeka Belajar 2. Jenis Belajar Anak 3. Metode Active Learning Model Think Pair Share 4. Metode Active Learning Model Jigsaw 5. Metode Active Learning Model Problem Based Learning 6. Model Pembelajaran Flipped Classroom 7. Blended Learning 8. Project Based Learning

Buku ini membahas tentang: 1.

Bahasa Indonesia Era Digital : Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi

Dewasa ini, bahasa Indonesia mulai memudar pesonanya di kalangan khalayak umum. Mereka lebih mencintai bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi, padahal mereka sendiri belum mahir berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini akan berdampak pada pudarnya nasionalisme bangsa Indonesia, dan hilangnya bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Seperti yang sudah diketahui, masyarakat Indonesia umumnya menguasai tiga bahasa di antaranya: bahasa ibu, bahasa Indonesia, dan bahasa asing. Buku ini berusaha untuk menyegarkan kembali para pembacanya dengan menyuguhkan sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, hingga pengaplikasian bahasa Indonesia. Penulis mengharapkan pembaca buku ini, dapat menemukan suatu pengetahuan dalam bahasa Indonesia. Seperti yang sudah diketahui, bahasa Indonesia merupakan wujud kebudayaan masyarakat Indonesia yang diwakili dengan bahasa. Adanya bahasa membuat masyarakat Indonesia memiliki identitas diri yang jelas dan diakui di dunia internasional. Selain itu, buku ini juga berusaha menginformasikan kepada pembacanya aturan dasar dalam bahasa Indonesia yang sering kali diabaikan oleh penggunanya. Aturan tersebut berkaitan dengan penggunaan tanda baca, penulisan huruf kapital, kata baku, dan lain sebagainya. Sebagai pengguna bahasa yang baik, tentu kita harus menaati aturan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar perlu diimplementasikan sejak dini, supaya pengguna bahasa terbiasa dengan aturan yang baik dan benar.

Dewasa ini, bahasa Indonesia mulai memudar pesonanya di kalangan khalayak umum.

Media Komunikasi Pembelajaran

Buku ini berbicara tentang perkembangan media komunikasi pembelajaran dan hubungannya dengan perkembangan teknologi yang terus menghadirkan berbagai kemungkinan baru. Pola yang menjadi dasar belajar dan mengajar dan konsep dasar komunikasi media pembelajaran. Rangkaian pembahasan tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan perbincangan mengenai perkembangan media pembelajaran dan peran guru di dalamnya serta tahapan perencanaan sampai produksi media pembelajaran. Adapun pemaparan yang lebih perinci berkisar tiga pada mengapa serta bagaimana menggunakan media grafis, presentasi, komputer, multimedia, dan media pembelajaran individual untuk menciptakan komunikasi yang efektif dalam kegiatan belajar mengajar menua di pamungkas yang menutup rangkaian perbincangan ini. Buku persembahan penerbit PrenadamediaGroup

Buku ini berbicara tentang perkembangan media komunikasi pembelajaran dan hubungannya dengan perkembangan teknologi yang terus menghadirkan berbagai kemungkinan baru.

MODUL BAHAN KULIAH E-COMMERCE FOR AGRIBUSSINESS

Dalam awal bahan ajar ini, Anda akan saya ajak untuk mendiskusikan tentang konsep dan ruang lingkup koperasi di Indonesia. Materi pembelajaran dengan acuan rencana pembelajaran semester (RPS). Suatu perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Setelah mempelajari bahan ajar ini, dengan menggunakan wawasan dan pengalaman anda mengenai E-Commerce For Agribussiness, anda diharapkan mampu mengadakan analisis dan menerapkan teori E-Commerce For Agribussiness. Kemampuan menganalisis ide-ide berpikir merupakan mengkompilasi seluruh bahan atau materi perkuliahan yang diambil dari buku teks, jurnal ilmiah, artikel dan lain-lain.

Dalam awal bahan ajar ini, Anda akan saya ajak untuk mendiskusikan tentang konsep dan ruang lingkup koperasi di Indonesia.

Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD)

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru di Sekolah Dasar(SD) adalah konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Hal ini tidak lain karena IPS merupakan materi wajib yang harus dipelajari oleh siswa di Sekolah Dasar(MI) sebagaimana diamanatkan dalam sistem dan peraturan perundang-undangan pendidikan yang berlaku. Secara substansi, IPS merupakan materi yang didapat dari berbagi sumber dan pengalaman hidup sebagai makhluk sosial yang mempunyai kecenderungan kuat untuk hidup bersama dalam kelompok. IPS sangat berguna untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial yang dalam hal ini dilakukan manusia pada setia harinya, termasuk didalamnya permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi oleh manusia di dalam kehidupan.

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru di Sekolah Dasar(SD) adalah konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS).

PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Buku Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah untuk membantu para mahasiswa dalam memahami apa saja yang harus dipedomani dalam pelaksanaan pembelajaran matematika untuk anak usia dini. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan mereka pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahan wawasan mengenai bab-bab yang dipelajari tersebut. Kami sadar bahwa penulisan buku ini bukan merupakan buah hasil kerja keras kami sendiri. Ada banyak pihak yang sudah berjasa dalam membantu kami di dalam menyelesaikan buku ini, seperti pengambilan data, pemilihan materi, soal, dan lain-lain. Maka dari itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan wawasan dan bimbingan kepada kami sebelum maupun ketika menulis buku ini.

Integrasi kurikulum misal menggunakan projek tematik yang menggabungkan matematika, sains, membaca dan menulis. anak, Peran guru dalam pembelajaran konstruktivisme adalah bukan memberikan jawaban akhir atas pertanyaan melainkan ...

Buku Panduan Video Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak di Taman Kanak- Kanak

Metode pembelajaran terhadap anak usia dini sangat menentukan keberhasilan pendidikan untuk masa yang akan datang. Metode tersebut juga memerlukan penyesuaian- penyesuaian atau adaptasi terhadap perkembangan sosial yang dipengaruhi oleh perkembangan sain dan teknologi. Dengan semakin maraknya alat-alat digital yang ada di lingkungan anak-anak maka anak-anak sudah menjadi kelompok digital native ( orang yang dibesarkan dalam lingkungan yang sudah familiar dengan alat- alat digital). Untuk hal tersebut tentu perlu penyesuaian-penyesuaian di dalam metode pengajaran. Dengan memanfaatkan audio video di dalam metode pembelajaran, adalah salah satu upaya untuk menyesuaikan kebutuhan anak dan kebiasaan anak yang telah berada ada di dalam era digital yang sangat maju ini. Untuk memberikan arah bagaimana metode pembelajaran yang baik untuk anak tentu guru- guru PAUD juga harus memahami bagaimana cara metode pengajaran yang update sesuai dengan perkembangan anak di lingkungannya. Untuk itu buku panduan video berbasis model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak di Taman Kanak-kanak ini, perlu disosialisasikan dan dimanfaatkan oleh guru PAUD sebagai salah satu referensi dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk anak-anak PAUD saat ini. Saya berharap kiranya buku panduan ini dapat dimanfaatkan seefektif mungkin di dalam memajukan pendidikan kedepan. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi Drs. Melfi. M. Si NIP. 196605061986021005

Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3). Sapriani, R. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Melati ... Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH

Pendidikan fiqih merupakan salah satu pelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam institusi pendidikan, mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi Islam sebagai sarana mewujudkan tujuan pendidikan, yakni untuk membentuk manusia yang mengerti akan syari’at agama Islam. Pendidikan pembelajaran fiqih menekankan dan membahas tentang ibadah dan muamalah yang ada dalam syari’at Islam, dan diharapkan dengan belajar ilmu fiqih manusia dapat mengetahui dan memahami serta mengaplikasikan ilmu-ilmu fiqih dalam kehidupan sehari-hari. Makalah ini akan menguraikan tentang hakikat pembelajaran ilmu fiqih yang mencakup pengertian, tujuan, ruang lingkup, dan urgensi pembelajaran ilmu fiqih.

Pendidikan fiqih merupakan salah satu pelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam institusi pendidikan, mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi Islam sebagai sarana mewujudkan tujuan pendidikan, yakni untuk membentuk ...

Bank dan Lembaga Keuangan Syariah

Buku Bank dan Lembaga Keuangan Syariah ini adalahsebagai penambah khazanah keilmuan tentang ekonomi Islamkhususnya tentang Lembaga Keuangan Syariah, sehinggadapat dijadikan panduan oleh mahasiswa dan masyarakat luasyang membutuhkan.

Buku Bank dan Lembaga Keuangan Syariah ini adalahsebagai penambah khazanah keilmuan tentang ekonomi Islamkhususnya tentang Lembaga Keuangan Syariah, sehinggadapat dijadikan panduan oleh mahasiswa dan masyarakat luasyang membutuhkan.

METODE PEMBELAJARAN PAI

Metode dalam Bahasa Arab, dikenal dengan istilah thariqoh yang berarti langkah-langkah strategis yang dipersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Bila dihubungkan dengan pendidikan, maka metode itu harus diwujudkan dalam proses pendidikan, dalam rangka mengembangkan sikap mental kebribadian agar peserta didik menerima pelajaran dengan mudah, efektif dan dapat dicerna dengan baik. Metode mengajar dapat diartikan sebagai cara yang digunakan oleh guru dalam membelajarkan peserta didik saat berlangsungnya proses pembelajaran. Menurut Pupuh Fathurrohman (2009: 55). Metode mengajar adalah cara-cara menyajikan bahan pelajaran kepada siswa untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, salah satu keterampilan guru yang memegang peranan penting dalam pengajaran adalah keterampilan memilih metode. Pemilihan metode berkaitan langsung dengan usaha-usaha guru dalam menampilkan pengajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga pencapaian tujuan pengajaran diperoleh secara optimal. Oleh karena itu, salah satu hal yang sangat mendasar untuk dipahami guru adalah bagaimana memahami kedudukan metode sebagai salah satu konponen bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang sama pentingnya dengan konponen-konponen lain dalam keseluruhan komponen pendidikan.

... ke depan (plan ahead) Untuk penjelasan mengenai prototipe-prototipe pendekatan belajar yang dikembangkan Biggs itu, penyusun sajikan tabel perbandingan (Tabel 6) diatas. F. Pendekatan Independent Learning dan SelfDirected Learning ...