Sebanyak 48 item atau buku ditemukan

Ushul Fiqh

Jalan Tengah Memahami Hukum Islam

Hukum Islam berkembang sejalan dengan perkembangan zaman, dewasa ini umat Islam dihadapkan kepada permasalahan yang cukup kompleks seiring dengan berkembangnya zaman. Permasalahan yang dihadapi umat Islam sangatlah serius dan banyak hal-hal baru yang muncul dalam setiap aspek kehidupannya. Permasalahan tersebut kadang tidak bisa diselesaikan dengan kitab-kitab fiqh klasik yang ada, memang perbedaan latar belakang yang dihadapi sangatlah berbeda. Dalam konteks ini maka metode baru penyelesaian hukum atas permasalahan yang dihadapi menjadi sebuah keniscayaan. Buku Ushul Fiqh ini merupakan solusi bagi permasalahan yang dihadapi umat Islam dewasa ini, ilmu Ushul Fiqh merupakan ilmu yang sangat penting dalam ajaran Islam. di dalamnya terdapat kumpulan-kumpulan kaidah hukum yang dapat digunakan umat Islam sebagai metode penyelesaian hukum. Materi buku ini disesuaikan dengan kurikulum mata kuliah Ushul Fiqh di universitas-universitas Islam di Indonesia baik negeri maupun swasta. Tema penting yang dibahas meliputi: sumber hukum Islam, hukum syara’, metode istinbat hukum, ijtihad, ittiba dan ita. Oleh sebab itu, buku ini sangat penting untuk dimiliki oleh para mahasiswa dan masyarakat umum yang tertarik mempelajari dan mendalami khususnya ilmu Ushul Fiqh dan Hukum Islam secara umum.

Buku Ushul Fiqh ini merupakan solusi bagi permasalahan yang dihadapi umat Islam dewasa ini, ilmu Ushul Fiqh merupakan ilmu yang sangat penting dalam ajaran Islam. di dalamnya terdapat kumpulan-kumpulan kaidah hukum yang dapat digunakan umat ...

Interaksi & Kolaborasi Access, Excel, dan Word pada Microsoft Word

Interaksi dan kolaborasi antar program dalam paket Office merupakan suatu keistimewaan, tetapi masih jarang dipakai secara memadai karena kurangnya pengetahuan pemakai program tersebut. Padahal dengan interaksi dan kolaborasi Access, Excel, dan Word, banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan dan diselesaikan dlam `satu kaitan kerja`, baik pada komputer tunggal maupun jaringan, baik dalam pekerjaan satu orang maupun dalam kelompok kerja. Dengan interaksidan kolaborasi, suatu data cukup diinput satu kali, selanjutnya program lain dapat menggunakan data tersebut dan menganalisisnya, serta dibuat laporannya. Hasilnya pun menjadi sangat menarik karena Anda dapat menampilkan data, grafik, dan dokumen dalam satu laporan. Buku ini didesain untuk pemula dan pemakai Access, Excel, dan Word. Materi penting pada setiap program dibahas dengan lugas, diikuti teknik interaksi dan kolaborasinya. Pembahasan dalam buku ini mencakup: - Menggunakan Access - Mengelola Database dengan Access - Menggunakan Database Access dalam Excel - Query dan Analisa Data dalam Excel - Membuat Grafik Data dan Analisisnya - Menggunakan Database Access dalam Word - Menggabungkan Tabel dan Grafik Excel dalam Dokumen Word - Mengaitkan object Antarprogram dalam Word - Mengintegrasikan Pekerjaan dalam Access, Excel, dan Word

Interaksi dan kolaborasi antar program dalam paket Office merupakan suatu keistimewaan, tetapi masih jarang dipakai secara memadai karena kurangnya pengetahuan pemakai program tersebut.

Micro Teaching (Pengembangan Kemampuan Mengajar)

Micro teaching adalah salah satu implementasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi dasar mengajar calon guru/guru yunior, dan juga sebagai tuntutan pengembangan professional guru. Calon guru,guru yunior harus terus memperdalam kemampuan mengajarnya dengan banyak berlatih melalui micro teaching, sehingga dapat diperoleh kemampuan yang maksimal dan lebih berkualitas. Seorang guru profesional harus memiliki kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi personal, dan kompetensi sosial. Buku disusun utuk memenuhi kebutuhan bagi mahasiswa sebagai calon guru, disamping itu, dapat juga dijadikan pedoman dalam praktik laboratorium micro teaching dan praktik pengalaman lapangan (PPL), serta bermanfaat dalam menjembatani jika terjadi perbedaan pendapat antara mahasiswa dan dosen pembimbing dalam pembelajaran micro teaching. Buku ini dirasakan sangat bermanfaat bagi guru atau mahasiswa calon guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pengajar. Buku ini juga menjelaskan tentang keterampilan dasar mengajar, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan member penguatan, dan keterampilan menutup pelajaran.

Ketua bidang Pendidikan P2TP2A Kota Lhokseumawe Aktifitas yang pernah diikuti, Pemberdayaan Ulama Perempuan, Medan 2001, Pelatihan TOT HAM Banda Aceh 2000, TOT Psikologi/Konseling Untuk Anak, Jakarta 2004. Pelatihan Trafiking 2007 ...

Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di Perguruan Tinggi Islam/Umum

Alhamdulillah buku Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di Perguruan Tinggi Islam/Umum ini hadir sebagai salah satu seri manajemen perguruan tinggi untuk meningkatkan pengelolaan dan kualitas proses belajar mengajar. Pembelajaran yang berkualitas memerlukan manajemen untuk mendukung hal itu, maka diperlukan literature buku tentang manajemen dalam lembaga pendidikan. Buku ini diharap dapat memberikan inspirasi pembaca untuk meninjauan kembali manajemen pendidikan yang melandasi penyelenggaraan pendidikan secara umum maupum pendidikan dalam Islam sekarang ini, agar penyelenggaran pendidikan lebih dinamis, dan tetap bersandar pada nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku. Mudah-mudahan kehadiran buku ini menjadi sebuah sumbangsih yang bermanfaat bagi yang peduli terhadap pendidikan anak bangsa dan para pemerhati pendidikan. Namun penulis menyadari masih banyak kekurangan buku ini, penyajian materi buku ini dari hasil penelitian di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, pada waktu kuliah pada program Doktor manajemen pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saefuddin Jambi. Oleh karena itu saran dan masukan, serta koreksi dari pembaca yang sangat membantu, penulis mengucapkan terima kasih

yang ilmiah dan amal ilmiah sebagai tenaga ahli yang bertanggung jawab di bidang ilmu agama Islam. Tujuan Institusional Pendidikan Tinggi Agama Islam adalah Pertama membentuk sarjana Muslim yang berakhlak mulia, berilmu cakap serta ...

Model pembelajaran berbasis kearifan lokal

untuk meningkatkan karakter dan ketuntasan belajar

Buku dengan judul “Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal" disusun untuk membantu pendidik dan dosen atau calon pendidik dan mahasiswa pendidikan atau non-pendidikan, pakar pendidikan, dan praktisi pendidikan, yang hendak merencanakan dan mengelola pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik berorientasi pada penyelidikan ilmiah (scientific inqury) yang dilakukan dengan mengintegrasikan budaya kearifan lokal suatu daerah. Salah satu kearifan lokal suatu daerah yang diintegrasikan dalam pembelajaran adalah ungkapan a’bulo sibatang dengan mengutamakan norma assamaturuseng, yang diperoleh dari kearifan lokal masyarakat Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat pada umumnya, serta masyarakat pulau Barrang Lompo pada khususnya.

Buku dengan judul “Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal" disusun untuk membantu pendidik dan dosen atau calon pendidik dan mahasiswa pendidikan atau non-pendidikan, pakar pendidikan, dan praktisi pendidikan, yang hendak merencanakan ...

MICROTEACHING

Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

Buku dengan judul “Microteaching Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal" disusun untuk membantu pendidik dan dosen atau calon pendidik dan mahasiswa pendidikan atau non-pendidikan, pakar pendidikan, dan praktisi pendidikan, yang hendak merencanakan dan mengelola pembelajaran dalam bentuk kelas microteaching, khususnya dalam buku ini dicontohkan melalui mata pelajaran Fisika. Dalam pelaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik berorientasi pada penyelidikan ilmiah (scientific inqury) yang dilakukan dengan mengintegrasikan budaya kearifan lokal suatu daerah. Salah satu kearifan lokal suatu daerah yang diintegrasikan dalam pembelajaran adalah ungkapan a’bulo sibatang dengan mengutamakan norma assamaturuseng, yang diperoleh dari kearifan lokal masyarakat Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat pada umumnya, serta masyarakat pulau Barrang Lompo pada khususnya. Hal lain yang menjadi penekanan dalam pembelajaran adalah kedekatan dengan lingkungan sekitar peserta didik yang dibingkai dalam suatu model pembelajaran yang berlansung di dalam kelas maupun di luar kelas dan dilaksanakan dalam bentuk microteaching.

Buku dengan judul “Microteaching Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal" disusun untuk membantu pendidik dan dosen atau calon pendidik dan mahasiswa pendidikan atau non-pendidikan, pakar pendidikan, dan praktisi pendidikan, yang ...

Perencanaan Pembelajaran Untuk Kejuruan

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan formal, dan pendidikan menengah. Dalam Undang-Undang Nomor 14 Pasal 20 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, tertulis bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban: (a) merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran; (b) meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Terkait dengan tugas tersebut, maka guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang tepat dan benar agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Buku Perencanaan Pembelajaran untuk Kejuruan ini, disusun untuk para calon guru SMK dalam mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai langkah awal dalam mengajar. Buku ini diperuntukkan untuk mahasiswa program studi pendidikan vokasional dan calon guru SMK karena memuat contoh-contoh yang terkait dengan bidang produktif khususnya bidang rekayasa bangunan. Ruang lingkup buku Perencanaan Pembelajaran untuk Kejuruan ini membahas materi tentang perencanaan pembelajaran dengan dua dimensi, yaitu bagian I esensi dan bagian II bidang penerapan. Peta konsep dari isi buku ini dapat divisualisasikan pada ilustrasi. Pembahasan tentang esensi mencakup tentang konsep pembelajaran terkini dan kurikulum yang digunakan saat ini. Bidang penerapan menguraikan tentang penyusunan perencanaan pembelajaran. Buku persembahan penerbit PrenadaMedaiGroup

Strategi pembelajaran diterjemahkan dari instructional strategy. Menurut
Reigeluth (2007) bahwa strategi pembelajaran sebagai metodemetode untuk
memanipulasi unsurunsur pengetahuan. Merupakan metodemetode untuk
memanipulasi ...