Sebanyak 34 item atau buku ditemukan

Pendidikan Akhlak Bagi Mahasiswa

Buku Pendidikan Akhlak bertujuan memberikan wawasan dan pemahaman yang luas dan mendalam kepada mahasiswa mengenai persoalan akhlak. Penekanannya pada kajian pendidikan akhlak, pengertian, objek dan sumber; urgensi dan kedudukan akhlak dalam islam, relevansi iman, islam & ihsan; klasifikasi & karakteristik akhlak, akhlak kepada allah, akhlak terhadap manusia, akhlak terhadap alam & lingkungan, pembentukan karakter islam, internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kehidupan, dan konsep serta implementasinya. Buku Pendidikan Akhlak ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa tentang materi Pendidikan Akhlak agar mereka dapat menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari, menemukan model berakhlak dalam dunia modern dan membina lingkungannya untuk berakhlak mulia.

Buku Pendidikan Akhlak bertujuan memberikan wawasan dan pemahaman yang luas dan mendalam kepada mahasiswa mengenai persoalan akhlak.

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Qs. Luqman: 12 - 19

Buku dengan judul ”Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Perspektif QS. Luqman: 12 – 19” dilatarbelakangi oleh keadaan moral bangsa yang semakin mengalami kemerosotan dan semakin jauhnya umat meninggalkan Al-Qur’an yang menjadi pedoman bagi kehidupan manusia. Dalam rangka ikut memberikan sumbangsih terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara maka diperlukan adanya peran serta untuk ikut bersama–sama membenahi permasalahan yang dialami oleh bangsa ini. Pendidikan karakter merupakan upaya sadar dari semua pihak yang peduli terhadap kehidupan generasi bangsa untuk menanamkan karakter–karakter yang baik agar menjadi pribadi yang bukan hanya cerdas intelektualnya, akan tetapi cerdas emosional, cerdas spiritual dan cerdas sosialnya. Pendidikan karakter merupakan pendidikan value (pendidikan nilai-nilai) dalam diri seseorang. Tujuannya diimlpementasikannya pendidikan karakter adalah untuk melakukan pembenahan moral generasi bangsa. Buku ”Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Perspektif QS. Luqman: 12 – 19”, memberikan solusi tentang konsep Pendidikan karakter yang dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi sebuah pembiasaan bagi setiap orang. Allah Swt sebagai Dzat yang Maha Mengetahuai memberikan gambaran tentang upaya yang harus dilakukan oleh setiap manusia untuk mengaplikasikan isi kandungan Alqur’an seperti yang ditunjukkan oleh Luqman Al Hakim sesuai dengan QS. Luqman: 12-19 perspektfi Tafsir Al Misbah. Nilai Pendidikan Karakter dalam QS. Luqman: 12-19 di antaranya: Penanaman sikap syukur, penanaman ajaran tauhid, penanaman bakti kepada orang tua, penanaman pengawasan diri (muraqabatu allah), penanaman tentang kewajiban sholat, penanaman amar ma’ruf nahi mungkar, penanaman perilaku sabar, menjauhi perilaku sombong, dan mengajarkan kesederhanaan serta mengajarkan sopan santun.

Pendidikan karakter merupakan pendidikan value (pendidikan nilai-nilai) dalam diri seseorang. Tujuannya diimlpementasikannya pendidikan karakter adalah untuk melakukan pembenahan moral generasi bangsa.

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Buku ini berisi tentang penerapan kedisiplinan di sekolah. Dalam buku ini dijelaskan bahwa dengan menerapkan pendidikan karakter disiplin mampu meningkatkan hasil belajar terhadap materi teks tanggapan dan teks cerita inspiratif melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tindakan siklus I dan tindakan siklus II.

Buku ini berisi tentang penerapan kedisiplinan di sekolah.

Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Karakter

manusia hidup di dunia membutuhkan orang lain. dia tidak dapat hidup sendiri karena itu harus bersosialisasi dengan lingkungannya. namun dalam bersosialisasi sering terjadi kesenjangan yang menyebabkan terganggunya hubungan antar sesama. sebagai contoh pangkat, jabatan, pendidikan bahkan jika diperhatikan lagi meluas ke bentuk fisik seseorang. dan itu terjadi bukan hanya pada orang dewasa melainkan sejak awal sudah mulai tertanam dalam diri seorang anak jika tidak dicegah sejak dini. contohnya ada anak yang tidak mau bergaul dengan temannya yang tidak cantik atau gemuk atau memiliki kekurangan fisik lainnya. bahkan di masa modern ini media sosial turut serta menyokong adanya peningkatan dalam berlomba-lomba menampilkan kecantikan fisik seseorang dengan menawarkan produk-produk kecantikan yang beragam. seharusnya hal ini tidak perdu terjadi jika tidak ada orang yang suka memandang seseorang dari wajah dan fisiknya saja. dan semua itu juga tidak perlu terjadi apabila sejak kecil orang tua dan masyarakat selalu mengajarkan kepada anak-anaknya contoh yang baik dalam memperlukan temannya dengan manusiawi.

manusia hidup di dunia membutuhkan orang lain. dia tidak dapat hidup sendiri karena itu harus bersosialisasi dengan lingkungannya. namun dalam bersosialisasi sering terjadi kesenjangan yang menyebabkan terganggunya hubungan antar sesama. ...

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER AYAT-AYAT HAJI

Buku ini memuat analisis nilai pendidikan karakter pada ayat-ayat haji, sehingga menghasilkan ekstrak nilai pendidikan karakter, tentunya diharapkan sebagai tawaran pemikiran dari sumber autentik Al-Qur’an, dalam rangka membentuk karakter pribadi, keluarga dan masyarakat. Semoga tulisan kecil ini dengan adanya pendidikan karakter dari ayat-ayat haji menjadi jalan keluar dari permasalahan ditengah-tengah masyarakat, terutama era sekarang yang sangat cepat mengalami perubahan dari seluruh sendi kehidupan yang simultan mendegradasi moral anak bangsa. Karena itu hendaknya semua stakeholder pendidikan berupaya dengan kemampuan maksimal yang dimiliki untuk mengimplementasikan pendidikan karakter. Buku ini sangat cocok dibaca terutama pendidik, sangat penting dimiliki bagi calon tamu Allah yang bercita-cita berhaji, dan wajib dimiliki oleh alumni haji agar lebih memaknai apa yang sudah dijalani selama berhaji, dan spesial kepada semua pencinta ilmu Al-Qur’an untuk menambah khazanah keilmuan.

Buku ini memuat analisis nilai pendidikan karakter pada ayat-ayat haji, sehingga menghasilkan ekstrak nilai pendidikan karakter, tentunya diharapkan sebagai tawaran pemikiran dari sumber autentik Al-Qur’an, dalam rangka membentuk karakter ...

Perpaduan Pembelajaran Blended Learning Secara Daring dan Tatap Muka pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2022

Buku ini ditulis dari pengalaman melaksanakan pembelajaran pada saat pandemi. Pada saat pandemi guru dan siswa dilarang bertemu di sekolah karena dikhawatirkan menjadi tempat penularan penyakit. Untuk mengatasinya menggunakan blended learning. Perkembangan teknologi (TIK) membuat marak pembelajaran jarak jauh atau daring. Maka marak dan bekerja keras pegiat pembelajaran mempelajari TIK agar dapat digunakan untuk pembelajaran. Setelah pandemi berakhir pegiat pembelajaran merasa bahwa blending learning masih dapat dijalankan. Blended learning membuat pembelajaran lebih beraneka ragam dan pelaksanaanya dapat dibantu oleh siapa saja, dengan siapa saja, belajarnya kapan saja dan tempatnya di mana saja.

Buku ini ditulis dari pengalaman melaksanakan pembelajaran pada saat pandemi.

Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture pada Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup

Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan seorang pendidik (guru) dalam membantu menyampaikan materi klasifikasi makhluk hidup. Cakupan materi yang luas, materi yang sulit, yang mengandung nama ilmiah (bahasa Latin) menjadi salah satu tantangan bagi seorang pendidik. Pemilihan metode pembelajaran yang cocok untuk mempermudah penerimaan materi tersebut ke peserta didik. Di bagian awal diuraikan tentang pengertian belajar, metode belajar, motivasi, hasil belajar, dan materi klasifikasi makhluk hidup. Inti buku ini, penulis menguraikan pengertian dan sintaks model pembelajaran picture and picture, kelebihan dan kekurangan, serta pelaksanaan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran klasifikasi makhluk hidup.

Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan seorang pendidik (guru) dalam membantu menyampaikan materi klasifikasi makhluk hidup.

MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Buku ini bertujuan untuk membantu para pengajar dalam memilih model pembelajaran yang akan diterapkan di kelas. Buku ini berisi pengertian, kelebihan, kekurangan dan langkah-langkah pelaksanaan dari model pembelajaran Numbered Head Together. Numbered Head Together merupakan tipe model pembelajaran kooperatif yang dapat merangsang aktivitas semua siswa, siswa termotivasi dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian diharapkan bahwa Numbered Head Together dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika karena siswa mempunyai peluang yang sama untuk mengerjakan soal di depan kelas. Model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan Turunan Fungsi.

Buku ini bertujuan untuk membantu para pengajar dalam memilih model pembelajaran yang akan diterapkan di kelas.

Model Pembelajaran Blended Learning Materi Kubus dan Balok

Buku ini merupakan sebuah hasil penelitian dosen pemula pada tahun 2022, yang membahas proses pembelajaran matematika yang tidak membosankan. Belajar matematika dengan menggunakan model blended learning. Model pembelajaran ini berbasis teknologi, yaitu yang menggabungkan antara pembelajaran daring dan luring. Buku ini membahas tentang model pembelajaran blended learning pada materi kubus dan balok. Materi kubus dan balok merupakan pelajaran matematika yang dimulai dari sekolah dasar sampai sekolah tingkat tinggi. Oleh karena itu penulis menulis buku dengan judul model pembelajaran blended learning pada materi kubus dan balok. Penulis berharap dengan adanya buku ini dapat memotivasi siswa belajar matematika.

Model pembelajaran ini berbasis teknologi, yaitu yang menggabungkan antara pembelajaran daring dan luring. Buku ini membahas tentang model pembelajaran blended learning pada materi kubus dan balok.

KONSEP DASAR PENELITIAN KUALITATIF: TEORI DAN CONTOH PRAKTIS

Buku ini sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang penelitian ilmiah. Pembaca akan diinformasikan definisi sampai kepada betapa pentingnya melakukan sebuah penelitian Ilmiah, kemudian pembaca juga diinformasikan mengenai pentingnya konsep dasar penenilitian kualitatif.

B. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dasar pendidikan anak usia dini ini adalah Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 butir 14 menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan pada anak ...