Sebanyak 32 item atau buku ditemukan

Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Google Podcast

Dalam buku ini dapat kita lihat bahwa pendidikan adalah proses belajar yang didalamnya terdapat jaringan informasi dari dosen kepada mahasiswa dalam mata kuliah Pembelajaran Agama Islam. tahapan informasi tersebut akan membentuk sebuah interaksi yang aktif dalam meningkatkan cara berpikir, mengubah pola perilaku pembelajaran berbasis digital semakin menjadi lebih baik. Perkembangan teknologi dan era society 5.0 yg bertujuan mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik. Dengan Pengembangan pembuatan media pemlajaran ini Mahasiswa bisa melakukan banyak kegiatan dalam satu waktu (multitasking), sehingga dalam hal ini dibutuhkan sebuah media pembelajaran berbasis Audio Podcast. Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 memunculkan banyak metode. Beragam metode pembelajaran yang kemudian diterapkan pada mahasiswa, ada yang melalui google classroom, whatsapp grup, google meet, video conference zoom, dan lain-lain. Podcast dalam pembelajaran agama Islam secara sederhana merupakan materi audio dengan menghadirkan para pemateri yang didalamnya terdapat dialog dan informasi yang berkembang. potensi podcast ini terletak pada keunggulannya, karena dapat diakses secara otomatis, penggunaan mudah dan kontrol ada di tangan mahasiswa atau pendengar. Selain itu, podcast dapat dibawa dan didengar kapanpun dan di manapun dan dapat di ulang-ulang oleh mahasiswa dan pendengar, serta konten ini akan selalu tersedia di wadah platform yang digunakan oleh pemilik konten.

Dalam buku ini dapat kita lihat bahwa pendidikan adalah proses belajar yang didalamnya terdapat jaringan informasi dari dosen kepada mahasiswa dalam mata kuliah Pembelajaran Agama Islam. tahapan informasi tersebut akan membentuk sebuah ...

AKTIVISME ISLAM KAUM URBAN (Politisasi Identitas, Mobilisasi dan Pragmatisme Politik)

Aktivisme Islam: Politisasi Identitas, Mobilisasi, dan Pragmatisme Politik”, adalah wujud konsern saya terhadap realitas sosial politik kontemporer di mana gerakan-gerakan Aktivisme Islam menjadi kecenderungan umum di masyarakat urban kota di antarapertarungan mereka dengan gerakan identitas lain dan relasi struktur ekonomi politik di Kota. Saya berusaha meramu semua bahan tulisan itu sampai dia beraroma sosiologi agama, dengan mengurai pendekatan gerakan sosial, meskipun tidak terbatas pada itu. Hal ini dimaksudkan agar buku ini bisa juga dibaca bukan hanya oleh peminat kajian sosiologi agama, tetapi khalayak yang lebih luas.

Di sinilah, festival jazz terbesar di Asia berlangsung, festival music rock terbesar juga ada, dan lain sebagainya. ... Imajinasiimajinasi ini dibentuk secara sadar oleh orang atau sekelompok orang, biasanya produsen, kapitalis, ...

Studi Ilmu Dakwah Kontemporer

Buku ini mampu menjadi sedikit wawasan kepada kita untuk memahami aspek aspek penting dalam memahami ilmu dakwah, teori teori dakwah, problematika dakwah, strategi dakwah modern, dan dakwah melalui media elektronik media masa dan media sosial serta memberikan sedikit gambaran tentang pandangan ilmu dakwah secara kontemporer, dan juga memberikan dasar dan arah pijakan bagi penyampaian dakwah serta menambah wawasan bagi kita selaku juru dakwah

Buku ini mampu menjadi sedikit wawasan kepada kita untuk memahami aspek aspek penting dalam memahami ilmu dakwah, teori teori dakwah, problematika dakwah, strategi dakwah modern, dan dakwah melalui media elektronik media masa dan media ...

Ragam Pendekatan Studi Islam

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-nya kepada kita semua, sehingga tebitnya buku yang berjudul “Ragam Pendekatan Studi Islam”. Maksud penulis adalah buku ini mampu menjadi sedikit wawasan kepada kita untuk memahami aspek aspek penting dalam memahami islam dan juga memberikan dasar dan arah pijakan bagi pemahaman keislaman serta menambah wawasan bagi kita selaku umat Islam. Sebagai hamba Allah yang memiliki kelebihan dan kekurangan, penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam menyelesaikan penulisan buku ini bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Namun dengan petunjuk dan hidayah dari Allah SWT dan didorong rasa tanggung jawab serta bantuan dan bimbingan serta fasilitas yang diberikan oleh semua pihak sehingga buku ini dapat diselesaikan sebagaimana mestinya.

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-nya kepada kita semua, sehingga tebitnya buku yang berjudul “Ragam Pendekatan Studi Islam”.

Karakter Nasionalis Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Siswa SMA

Pembelajaran sejarah sejatinya memainkan peranan yang strategis dalam pembentukan karakter, karena sejarah sebagai pelajaran menginformasikan berbagai peristiwa yang dapat di jadikan teladan. Belajar sejarah merupakan kegiatan untuk mengurai kembali memori yang ada untuk di jadikan nilai. Belajar sejarah adalah melihat diri sendiri. Dengan melihat diri sendiri sesungguhnya pembelajar telah mengukur kemampuannya. Sehingga dengan demikian, dapat menentukan pilihan terbaik untuk dirinya. Pada tataran inilah syarat menjadi guru kehidupan dan menjadikan orang bijak. Buku ini mengulas tentang karakter nasionalisme dan pembelajaran sejarah yang dilakukan pada satuan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas. Siswa SMA merupakan generasi yang berada dalam suasana kejiwaan yang menjurus pada proses pembentukan karakter. Agar dalam proses ini tidak terjadi salah langkah, kiranya perlu hal-hal yang dapat di jadikan sebagai panduan dalam mewujudkan karakter yang terukur. Karakter nasionalisme dalam pembelajaran sejarah dimaksudkan untuk mengisi hal-hal yang dapat membentuk karakter sekaligus dapat dijadikan sebagai panduan untuk mengukur kelayakan pembelajar sebagai generasi yang berkarakter nasionalis.

Pembelajaran sejarah sejatinya memainkan peranan yang strategis dalam pembentukan karakter, karena sejarah sebagai pelajaran menginformasikan berbagai peristiwa yang dapat di jadikan teladan.

Kumpulan Artikel Manajemen II (Tadris Biologi 2 Semester IV Tahun 2021)

Buku kumpulan artikel ini hanyalah sedikit menambah wawasan mengenai manajemen yang berusaha mencoba membuka pandangan arti sebuah manajemen. Semoga buku ini bisa bermanfaat untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan guna penyempurnaan buku ini di masa yang akan datang.

Fungsi kepemimpinan pendidikan sebagai administrator mencakup kemampuan mengelola administrasi kegiatan belajar-mengajar serta bimbingan dan konseling, kesiswaan, ketenagaan, keuangan, dan prasarana, maupun aspek kemampuan mengelola ...

Micro Teaching (Pengembangan Kemampuan Mengajar)

Micro teaching adalah salah satu implementasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi dasar mengajar calon guru/guru yunior, dan juga sebagai tuntutan pengembangan professional guru. Calon guru,guru yunior harus terus memperdalam kemampuan mengajarnya dengan banyak berlatih melalui micro teaching, sehingga dapat diperoleh kemampuan yang maksimal dan lebih berkualitas. Seorang guru profesional harus memiliki kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi personal, dan kompetensi sosial. Buku disusun utuk memenuhi kebutuhan bagi mahasiswa sebagai calon guru, disamping itu, dapat juga dijadikan pedoman dalam praktik laboratorium micro teaching dan praktik pengalaman lapangan (PPL), serta bermanfaat dalam menjembatani jika terjadi perbedaan pendapat antara mahasiswa dan dosen pembimbing dalam pembelajaran micro teaching. Buku ini dirasakan sangat bermanfaat bagi guru atau mahasiswa calon guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pengajar. Buku ini juga menjelaskan tentang keterampilan dasar mengajar, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan member penguatan, dan keterampilan menutup pelajaran.

Ketua bidang Pendidikan P2TP2A Kota Lhokseumawe Aktifitas yang pernah diikuti, Pemberdayaan Ulama Perempuan, Medan 2001, Pelatihan TOT HAM Banda Aceh 2000, TOT Psikologi/Konseling Untuk Anak, Jakarta 2004. Pelatihan Trafiking 2007 ...

Manajemen Pendidikan Islam

(Analisis Kajian Teori-Teori Kekinian)

Mengingat pentingnya pendidikan sebagai investasi mensyaratkan pengelolaan pendidikan yang cermat melalui prosedur manajemen yang baik. Prinsip-prinsip manajemen seperti planning, organizing, actuating, budgeting dan controlling seharusnya mendapatkan perhatian. Sebab tanpa itu semua, pengelolaan pendidikan akan berkualitas rendah dan pemborosan (watages) atau yang dikenal dengan ekonomi biaya tinggi yang merugikan dan mengakibatkan rendahnya produktivitas. Manajemen dalam pelaksanaan program pendidikan bukanlah tujuan tetapi alat atau metode untuk mencapai mutu dan meningkatkan performance yang harapkan. Di indonesia upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan telah dilakukan, salah satunya adalah dengan perbaikan pola manajemen. Kebijakan desentralisasi adalah bentuk pebaikan dan reparadigmatisasi pengelolaan pendidikan dimana terdapat penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah kepada daerah untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya. Diantara aspek yang menjadi kewenangan pemerintah daerah (provinsi) adalah penyelenggaraan pendidikan dan alokasi sumber daya manusia potensial. Hal ini merupakan jawaban dan solusi keterpurukan pendidikan nasional yang menurut World Bank dalam Educational Indonesia: From Crisis to Recovery disebabkan oleh empat hal yaitu, pertama kompleksitas pengorganisasian pendidikan, Kedua, praktek manajemen yang sentralistik, Ketiga, penganggaran dan pengelolaan pendidikan yang kaku, dan Keempat, manajemen pada tingkat sekolah yang tidak efektif. Buku ini adalah salah satu bentuk usaha memberikan acuan bacaan konseptual-teoritis dalam bidang manajemen pendidikan. Oleh karena itu saya memberi apresiasi terhadap penerbitan buku ini di tengah-tengah masih terbatasnya buku manajemen pendidikan.

Mengingat pentingnya pendidikan sebagai investasi mensyaratkan pengelolaan pendidikan yang cermat melalui prosedur manajemen yang baik.

KOMITMEN MEMBANGUN PENDIDIKAN (Tinjauan Krisis Hingga Perbaikan Menurut Teori)

Pendidikan merupakan variabel utama dalam memajukan suatu bangsa. Karenanya, pendidikan adalah investasi yang paling menjanjikan dan strategis dalam membentuk sumber daya manusia. Oleh karenanya untuk mewujudkan itu maka seluruh unsur – unsur pendidikan harus saling terintegrasi dan bersinergi dengan sistem yang lain untuk kencapai tujuan itu. Meminjam istilah Ki. Hadjar Dewantara Bapak Pendidikan Indonesia bahwa Tri Pusat Pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat) harus saling melengkapi dalam mewujudkan mansyarakat berkeadaban. Dalam rangka memajukan pendidikan dibutuhkan komitmen dari seluruh unsur stake holders terkait. Kerja sama baik dengan menggunakan prinsip - prinsip manajemen juga merupakan hal yang penting dalam menghasilkan pendikan unggul dan bermutu. Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan gagasan penulis yang dituangkan berangkat dari melihat kegelisahan pada lembaga- lembaga pendidikan, out put yang dihasilkan pendidikan terasa kurang maksimal, begitu juga fenomena pengelolaan pendidikan yang masih semeraut dalam tatatan manajemen, juga komitmen membangun pendidikan para pemangku kepentingan pendidikan belum menjadi prioritas utama dalam membangun pendidikan. Hadirnya buku ini ingin menuangkan dan menjelaskan tentang komitmen membangun pendidikan berdasarkan tinjauan kritis yang berbasis teoritis dalam menjawab problema dan tantangan pendidikan. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam membantu menyusun dan menerbitan buku ini, kepada editor, korektor, dan penerbit penulis merasa berhutang banyak tanpa bantuan mereka sulit rasanya buku ini sampai ke tangan pembaca. Buku ini merupakan edisi kedua dari edisi pertama yang merupakan penyempurnaan dan perbaikan guna lebih memberikan kajian-kajian yang mendalam. Buku yang berada ditangan pembaca ini diharapkan tetap memberikan kontribusi guna kemajuan dunia pendidikan. Terakhir, sebagai karya manusia biasa penulis menyadari karya ini masih kurang dari kesempurnaan. Oleh karenanya kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca yang budiman. Di atas segalanya dan dengan penuh kerendahan hati, buku ini penulis hantarkan ke hadapan para pembaca. Dengan harapan semoga bermanfaat adanya.

Apabila kedelapan etos tersebut senantiasa dilakukan guru dalam melaksanakan tugas di sekolah, maka hal ini akan membentuk menjadi sebuah kebiasaan, dan pada akhir sikap dan kebiaasaan itu akan membentuk menjadi karakter.