Sebanyak 104 item atau buku ditemukan

Pendidikan Karakter Islami Bangun Peradaban Umat

Hakekat Pendidikan karakter Islami adalah ikhtiar dalam rangka membentuk pribadi anak-anak pemuda dan orang dewasa agar menjadi seorang muslim sejati, beriman teguh, beramal saleh dan berakhlak mulia, sehingga ia menjadi salah seorang anggota masyarakat yang sanggup hidup di atas kaki sendiri mengabdi kepada Allah dan berbakti kepada bangsa serta tanah airnya, bahkan sesama umat manusia. Di dalam Islam, karakter dikenal dengan sebutan “akhlak”, perkataan akhlak berasal dari bahasa Arab yaitu jamak dari “khuluqun” yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku (tabiat) dan adat kebiasaan.[1] Akhlak merupakan sifat yang tumbuh dan menyatu di dalam diri seseorang, sehingga dari sifat itulah terpancar sikap tingkah laku perbuatan seseorang. Abdullah Salim menyebutkan bahwa akhlak Islami adalah perangkat tata nilai bersifat samawi dan azali, yang mewarnai cara berfikir, bersikap dan bertindak seseorang Muslim terhadap dirinya, terhadap Allah dan Rasul-Nya, serta terhadap alam lingkungannya. Samawi berarti akhlak ini seluruhnya bersumber pada Al-Qur’an dan Hadits, sedangkan Azali berarti bahwa akhlak Islam tersebut bersifat tetap, tidak berubah walaupun tata nilai atau norma-norma dalam kehidupan masyarakat berubah sesuai dengan perubahan masa dan keadaan [2]. Dalam kehidupan masyarakat tempat kita berinteraksi, sering kita menemukan istilah-istilah yang berkaitan dengan perilaku manusia yaitu; Akhlak, moral, karakter, budi pekerti, adab, etik, mental. Dilihat dari fungsi dan perannya, hubungan dari beberapa istilah ini adalah sama, yaitu menentukan hukum atau nilai dari suatu perbuatan yang dilakukan manusia untuk ditentukan baik-buruknya. Kesemua istilah tersebut sama-sama menghendaki terciptanya keadaan masyarakat yang baik, teratur, aman, damai, dan tenteram sehingga sejahtera bathiniah dan lahiriah. Adapun perbedaannya, adalah terletak pada sumber yang dijadikan patokan untuk menentukan baik dan buruk serta terlihat pula pada sifat dan kawasan pembahasannya.

Hakekat Pendidikan karakter Islami adalah ikhtiar dalam rangka membentuk pribadi anak-anak pemuda dan orang dewasa agar menjadi seorang muslim sejati, beriman teguh, beramal saleh dan berakhlak mulia, sehingga ia menjadi salah seorang ...

Pendidikan Karakter Bangsa Dan Bela Negara

Negara sebagai sebuah organisasi sosial, adalah sesuatu yang lahir dan berkembang bersama dengan peradaban manusia. Bangsa Indonesia yang memiliki sejarah, nasionalisme diartikan sebagai suatu kesatuan solidaritas masyarakat yang terbangun oleh perasaan kebersamaan Esdecorb akibat kesediaan saling berkorban dalam waktu yang panjang serta kesediaan untuk melanjutkan di masa kini dan masa depan dengan berlandaskan atas kebersamaan untuk mewujudkan cita-cita bersama. Nasionalisme dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dikenal sebagai sebuah kata sakti yang mampu membangkitkan kekuatan berjuang melawan penindasan selama beratus-ratus tahun lamanya. Perasaan senasib dan sepenanggungan yang dialami mampu mengalahkan perbedaan etnik, budaya dan agama sehingga lahirlah sejarah pembentukan kebangsaan Indonesia. Dalam gagasan pembangunan bangsa yang berkarakter, pendidikan memiliki fungsi sebagai pemersatu bangsa, penyamaan kesempatan dan pengembangan potensi diri. Pendidikan diharapkan dapat memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), memberi kesempatan yang sama bagi setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan memungkinkan setiap warga negara untuk mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal.

Negara sebagai sebuah organisasi sosial, adalah sesuatu yang lahir dan berkembang bersama dengan peradaban manusia.

Motivasi Kinerja Guru Berbasis Al-Quran (Analisis Manajemen Konflik)

Buku ini tentang Manajemen Konflik dalam Peningkatan Kinerja Guru Perspektif Al-Qur’an, adalah dalam mengelola konflik dibutuhkan seorang pemimpin yang memiliki kemampuan leadership dan menejerial yang baik, yang mampu mengelola konflik menjadi sumber peningkatan kinerja. Strategi yang dapat digunakan dalam mengelola konflik adalah sebagai berikut: Pertama: Strategi Kalah-Kalah (Lose-Lose Strategy). Kedua: Strategi Menang-Kalah (Win-Lose Strategy). Ketiga, Strategi Kalah-Menang (Lose-Win Strategy). Keempat, Strategi Menang-Menang (Win-Win Strategy). Manajemen mana yang cocok dengan perusahaan atau organisasi anda? Dalam buku ini akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing strategi. Semoga bermanfaat!

Buku ini tentang Manajemen Konflik dalam Peningkatan Kinerja Guru Perspektif Al-Qur’an, adalah dalam mengelola konflik dibutuhkan seorang pemimpin yang memiliki kemampuan leadership dan menejerial yang baik, yang mampu mengelola konflik ...

Desain Pembelajaran: Sebuah Pengantar

Masalah rendahnya mutu lulusan (output) merupakan permasalahan sentral yang dihadapi oleh setiap lembaga pendidikan. Permasalahan tersebut tidak lepas dari pengaruh sistem yang ada pada lembaga pendidikan. Sistem tersebut meliputi: (1) masukan mentah (raw input) yang akan diproses menjadi lulusan (output), (2) pendidik, tenaga kependidikan, administrasi sekolah, kurikulum, anggaran, sarana dan prasarana (Instrumental input) yang memungkinkan dilaksanakan pemrosesan men­jadi lulusan, dan (3) budaya dan kondisi masyarakat, kependudukan, politik dan keamanan (enviromental input). Mutu lulusan yang dihasilkan oleh lembaga pen­didikan sangat ditentukan oleh interaksi antara masukan mentah, masukan instrumental dan masukan lingkungan. Ketiga komponen ini saling memengaruhi dalam meningkatkan dan menurunkan kualitas pembelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti me­ningkatkan fasilitas belajar, kualitas guru dan menerapkan desain pembelajaran. Pada konteks kelas, strategi pembelajaran memiliki peran penting dalam me­nentukan keberhasilan belajar. Indikator suksesnya belajar di kelas dapat di­identifikasi jika peserta didik belajar dengan aktif, bebas, menyenangkan dan meng­gairahkan. Pembelajaran merupakan aktivitas yang sistematik dan sistemik, terdiri atas banyak komponen, masing-masing dari komponen tidak bersifat parsial (terpisah) atau berjalan sendiri-sendiri, tetapi harus berjalan secara teratur, saling bergantung, komplementer, dan berkesinambungan. Desain pembelajaran yang baik harus di­kembangkan berdasarkan pada prinsip-prinsip pengajaran. Aktivitas pembelajaran yang dikelola secara terprogram, teratur, dan mengikuti prinsip-prinsip pengelolaan serta kaidah-kaidah kengejaran yang baik merupakan tuntutan yang semestinya ter­hadap pelaksanaan pembelajaran.

Begitupun bagi guru yang sudah susah payah merancang rencana, tentunya akan berusaha untuk melakukan yang terbaik agar rencananya tersebut berhasil. Memahami definisi perencanaan Pembelajaran dapat dikaji dari kata-kata yang ...

Desain Pembelajaran Interaktif SD

Pendidikan merupakan aset yang paling berharga, baik perseorangan, maupun masyarakat. Itulah sebabnya proses pendidikan diharapkan berjalan secara optimal dan berkualitas. Sementara inti dari proses pendidikan ialah proses pembelajaran sehingga dapat dikatakan berhasil dalam meraih fungsi dan tujuan pendidikan, tujuan pendidikan ini sangat berkaitan dengan keberhasilan guru dalam menjalankan proses pembelajaran. Pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal manakala seperangkat kompetensi sebagai rumusan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam ranah ini, guru adalah desainer pembelajaran yang berperan langsung dalam merancang proses pembelajaran. Rancangan proses pembelajaran meliputi tujuan dan materi pembelajaran, pengalaman belajar, dan evaluasi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik. Agar peran sebagai desainer pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik, guru harus memahami berbagai model desain pembelajaran. Buku ini akan memandu Anda dalam merancang pembelajaran berbasis pencapaian kompetensi dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.

Joyce dan Weil berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahanbahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di ...

Desain pembelajaran SD : teori dan praktik

Desain pembelajaran merupakan prinsip-prinsip penerjemah dari pembelajaran dan instruksi ke dalam rencana-rencana untuk bahan-bahan dan aktivitas-aktivitas instruksional (Smith and Ragan, 1993). Lebih lanjut mereka mengatakan bahwa desain pembelajaran dapat di anggap sebagai suatu sistem yang berisi banyak komponen yang saling berinteraksi. Komponen-komponen tersebut harus di kembangkan dan diimplementasikan untuk kelengkapan suatu instruksional.

Joyce & Weil berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di ...

Menyelami Keagungan Al-Qur’an Melalui Tulisan (Kupas Tuntas Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an)

Ada banyak cara untuk meraih keberkahan Al-Qur'an. Mulai dari membaca, menghafal, sampai mentadabburinya. Selama kuliah, saya menemukan cara tak biasa untuk dekat dengan ayat-ayat Al-Qur'an, yakni melalui tulisan. Jelasnya, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an. Salah satu jenis Karya Tulis Ilmiah yang membuat saya terpana akan keagungan makna dari mukjizat terbesar Rasulullah SAW. Al-Qur'an is not a book of SCIENCE, but it is book of SIGNS. Terdapat lebih dari 6.000 tanda yang dapat memberikan hikmah bagi manusia. Inilah yang menginspirasi saya untuk menarik alternatif solusi demi kemaslahatan umat berlandaskan ayat-ayat Al-Qur'an. Melalui buku ini, kita akan belajar untuk memangkas jarak dengan Al-Qur'an, melalui Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an.

Ada banyak cara untuk meraih keberkahan Al-Qur'an.

Strategi, Pendekatan, & Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Pembelajaran Matematika

Buku ini merupakan buku referensi. Isi buku ini penulis susun berdasarkan hasil kajian literatur dari berbagai sumber dan hasil penelitian secara empiris berbagai pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif serta contoh bentuk bahan ajarnya. Adapun tujuan penulisan buku ini adalah untuk memberikan gambaran terkait pengertian, penjelasan tentang konsep dan teori terkait pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif dan contoh bentuk bahan ajar dari setiap pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa, guru, peneliti dan dosen bidang pendidikan matematika dalam penerapan di lapangan.

Buku ini merupakan buku referensi.

Bahasa Indonesia Era Digital : Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi

Dewasa ini, bahasa Indonesia mulai memudar pesonanya di kalangan khalayak umum. Mereka lebih mencintai bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi, padahal mereka sendiri belum mahir berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini akan berdampak pada pudarnya nasionalisme bangsa Indonesia, dan hilangnya bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Seperti yang sudah diketahui, masyarakat Indonesia umumnya menguasai tiga bahasa di antaranya: bahasa ibu, bahasa Indonesia, dan bahasa asing. Buku ini berusaha untuk menyegarkan kembali para pembacanya dengan menyuguhkan sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, hingga pengaplikasian bahasa Indonesia. Penulis mengharapkan pembaca buku ini, dapat menemukan suatu pengetahuan dalam bahasa Indonesia. Seperti yang sudah diketahui, bahasa Indonesia merupakan wujud kebudayaan masyarakat Indonesia yang diwakili dengan bahasa. Adanya bahasa membuat masyarakat Indonesia memiliki identitas diri yang jelas dan diakui di dunia internasional. Selain itu, buku ini juga berusaha menginformasikan kepada pembacanya aturan dasar dalam bahasa Indonesia yang sering kali diabaikan oleh penggunanya. Aturan tersebut berkaitan dengan penggunaan tanda baca, penulisan huruf kapital, kata baku, dan lain sebagainya. Sebagai pengguna bahasa yang baik, tentu kita harus menaati aturan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar perlu diimplementasikan sejak dini, supaya pengguna bahasa terbiasa dengan aturan yang baik dan benar.

Dewasa ini, bahasa Indonesia mulai memudar pesonanya di kalangan khalayak umum.

Buku Ajar Keuangan Publik Islam

Sebagai sebuah mata kuliah di program studi ekonomi Islam, keuangan publik Islam sangat menarik untuk dipelajari demi memperoleh pengetahuan tentang bagaimana dahulu warisan keilmuan Rasulullah dan para khalifah mengatur keuangan negara. Buku ini disusun sesuai dengan rencana pembelajaran semester dengan 16 kali tatap muka, termasuk ujian tengah semester dan ujian akhir. Memuat beberapa contoh soal dan pertanyaan yang memancing mahasiswa untuk kritis, berikut daftar referensi sebagai acuan untuk dipelajari lebih lanjut. Dapat dipergunakan sebagai bahan ajar dalam mata kuliah ini, dan sebagai pembuka untuk studi lebih lanjut mengenai keuangan publik Islam.

Sebagai sebuah mata kuliah di program studi ekonomi Islam, keuangan publik Islam sangat menarik untuk dipelajari demi memperoleh pengetahuan tentang bagaimana dahulu warisan keilmuan Rasulullah dan para khalifah mengatur keuangan negara.