Sebanyak 21096 item atau buku ditemukan

Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Statistika

Buku Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Statistika ini terdiri atas VIII Bab. Bab I Pendahuluan, pokok bahasan meliputi pengertian dan perbedaan antara Penelitian Kuantitatif dengan Penelitian Kualitatif.

Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1

Buku ini ditulis dalam 10 bab dan disusun dengan urutan sebagai berikut: Bab-1 tentang pengertian penelitian dan metode penelitian. Bab-2 berisi rumusan masalah. Bab-3 membahas tentang studi kepustakaan sebagai dasar untuk menyusunan hipotesis dan pembahasan hasil penelitian. Bab-4 berisi tentang penyusunan atau perumusan hipotesis. Bab-5 menguraikan tentang variabel dan definisi operasional variabel. Bab-6 menjelaskan pengukuran dan ukuran-ukuran yang digunakan dalam mengukur variabel. Bab-7 membahas proses pengumpulan data, yang menyangkut populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian. Bab-8 berisi tentang analisis data. Bab-9 membahas tentang pengujian hipotesis. Bab-10 berisi tentang teknik penyusunan laporan penelitian. Mahasiswa yang mempelajari metodologi penelitian dengan pendekatan kuantitatif, agar lebih mudah untuk memahami, disarankan membaca bahan ajar ini sesuai dengan urutan bab-bab yang ada, apabila sudah mempunyai gambaran secara garis besar tentang metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Untuk dapat melakukan penelitian, mahasiswa tidak hanya mempelajari bahan ajar ini, karena dalam bahan ajar ini belum diuraikan secara lebih rinci tentang model dan teknik-teknik pengolahan dan analisis data yang menggunakan statistik. Setelah mempelajari bahan ajar ini, hendaknya mahasiswa mempelajari tentang pemilihan dan penggunaan model dan teknik analisis. Mahasiswa juga perlu mempunyai pengetahuan statistik, terutama statistik inferensial. Analisis data dalam penelitian kuantitatif tidak bisa dipisahkan dari statistik yang berfungsi sebagai alat analisis. Selain itu, juga diharap dapat mnggunakan perangkat lunak (software) untuk statistik, misalnya program SPSS, atau program-program komputer (software) yang lainnya.

Buku ini ditulis dalam 10 bab dan disusun dengan urutan sebagai berikut: Bab-1 tentang pengertian penelitian dan metode penelitian.

Metodologi penelitian filsafat

UNSUR - UNSUR METODIS UMUM BAGI PENELITIAN FILSAFAT Objek formal
yang khas bagi filsafat , dengan sifat - sifatnya ( bab 2 ) membawa konsekuensi -
konsekuensi bagi metode penelitian di bidang filsafat . Objek itu hanya dapat ...

Metodologi Penelitian Kesehatan

Buku ini menegaskan bahwa rumusan masalah yang jelas dan tajam akan membimbing peneliti untuk pengembangan kerangka teoretis bagi perumusan hipotesis, identifikasi variabel penelitian, desain penelitian, pemilihan rancangan penelitian, metodologi penelitian, metode penarikan sampel, prinsip pengukuran, pengumpulan data, manajemen data, prinsip analisis data, dan metode penelitian klinis (kesehatan). Referensi penting ini merupakan usaha positif dari upaya pencarian solusi alternatif dalam memahami masalah penelitian kesehatan untuk penyusunan skripsi, tesis, dan disertasi, serta karya tulis ilmiah lainnya. Penting dimiliki oleh para mahasiswa kesehatan dan kedokteran, dosen/pengajar, peneliti ilmiah, dan analisis kesehatan. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Buku ini menegaskan bahwa rumusan masalah yang jelas dan tajam akan membimbing peneliti untuk pengembangan kerangka teoretis bagi perumusan hipotesis, identifikasi variabel penelitian, desain penelitian, pemilihan rancangan penelitian, ...

Metodologi Penelitian Kuantitatif

Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS

Buku ajar ini dibuat untuk kepentingan penulisan skripsi bagi mahasiswa Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada, Batam. Penulisan skripsi tidak hanya sekadar memenuhi tugas akhir, tetapi lebih dari itu mahasiswa dapat belajar dan memahami bahwa sebuah keputusan harus didasari pada data dan fakta. Usulan perbaikan harus berangkat dari hasil analisis atas fakta yang terjadi, bukan berdasarkan asumsi atau karena ada kepentingan pribadi. Melalui kerja penelitian mahasiswa memahami dan belajar bagaimana cara memecahkan sebuah masalah secara ilmiah.

Buku ajar ini dibuat untuk kepentingan penulisan skripsi bagi mahasiswa Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada, Batam.

Metodologi Penelitian Teknologi Informasi

Mahasiswa sistem informasi atau teknik informatika sangat perlu untuk memahami materi metodologi penelitian teknologi informasi secara mendalam, karena perkembangan teknologi informasi sangat pesat sekali yang menuntut pelaku teknologi informasi untuk melakukan penelitian pengembangan dan penggunaan teknologi. Metodologi Penelitian Teknologi Informasi mengajarkan kepada mahasiswa Sistem Informasi dan Teknik Informatika metode penelitian yaitu bagaimana cara melakukan penelitian dengan luaran proposal penelitian seperti proposal Tugas Akhir.

Metodologi Penelitian Teknologi Informasi mengajarkan kepada mahasiswa Sistem Informasi dan Teknik Informatika metode penelitian yaitu bagaimana cara melakukan penelitian dengan luaran proposal penelitian seperti proposal Tugas Akhir.

Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem

Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian

Anak judul buku ini adalah “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut. Perancangan proposal penelitian untuk hibah kompetisi menyaratkan hal tersebut jika ingin mendapat pendanaan, baik yang berskala nasional dan lebih-lebih yang berskala internasional. Demikian halnya dengan proposal untuk disertasi, sedangkan untuk proposal tesis dan skripsi diharapkan mahasiswa mampu untuk mencapai hal tersebut. Di sisi lain, luaran hasil penelitian berupa manuskrip atau naskah yang akan diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi. Manuskrip yang berpeluang besar bisa terbit menjadi artikel di jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi sangat dituntut memiliki novelty yang tinggi dan ditulis dari hasil penelitian yang valid. Buku ini mengulas secara sederhana dan mudah dipahami tentang “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”. Sehingga dapat digunakan sebagai rujukan untuk kegiatan penelitian dan dapat digunakan sebagai pegangan untuk perkuliahan metodologi penelitian, pada jenjang program S1 dan lebih-lebih pada program S2 dan S3 di berbagai bidang keilmuan.

Anak judul buku ini adalah “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut.

Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis. Namun demikian, tidak dapat dielakkan adanya pengaruh kuat dari pendekatan dalam penelitian kuantitaif atau kualitatif. Dalam penelitian ilmu sosial, pendekatan kuantitatif dan kualitatif sudah berkembang sekitar tahun 1960-an sehingga para pakar tidak lagi mempersoalkannya. Bahkan, terdapat kecenderungan adanya kesesuaian metodologis terhadap topik penelitian meskipun tidak dimungkiri sebagian pakar khususnya di Indonesia masih terpetak-petak dalam kubu kuantitaif dan kubu kualitatif. Sering kali pakar kuantitatif dalam bidang ilmu-ilmu sosial menjadi fanatik dan bertolak belakang dengan kubu kualitatif yang menganggap pendekatan kualitatif sebagai penelitian yang tidak obyektif, subyektif, tidak representatif, dan tidak reliable. Buku yang terdiri atas delapan bab ini akan mengajak pembaca memahami seluk beluk metodologi penelitian kualitatif dalam ranah pendidikan, sosial, kebudyaan dan keagamaan. Buku ini akan lebih jauh mengulas metode penelitian kualitatif sebagai salah satu tipe penelitian yang tidak kalah populer dan kredibel dengan tipe kuantitatif.

Mampu membedakan latar belakang penelitian antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. b. Mampu membedakan fokus penelitian antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. c. Mampu membedakan masalah penelitian yang membedakan ...

Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi

Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi adalah buku ajar yang sederhana yang disusun oleh Tim Dosen STT Jaffray untuk melengkapi buku-buku metode penelitian yang sudah ada sebelumnya. Buku ajar ini memiliki kelebihan yang lain karena buku ini disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dalam penelitian teologi khususnya pendidikan teologi yang meliputi teologi, pendidikan Kristen serta secara holistik dalam gereja dan interaksi sosial. Pemahaman teknik pengumpulan data dan statistika penelitian yang benar dapat membantu mahasiswa untuk menghasilkan metodologi penelitian yang benar pula sehingga hasil penelitiannya dapat dipertanggungjawabkan. Buku ajar ini adalah buku dasar dalam metodologi penelitian yang sangat membantu mahasiswa untuk memahami definisi dan penerapan metodologi penelitian dalam penulisan karya ilmiah, skripsi, tesis dan disertasi. Secara khusus buku ini memberikan contoh struktur penyusunan kajian biblika, struktur skripsi, tesis, disertasi dan struktur penulisan jurnal serta penulisan catatan kaki dan kepustakaan.

Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi adalah buku ajar yang sederhana yang disusun oleh Tim Dosen STT Jaffray untuk melengkapi buku-buku metode penelitian yang sudah ada sebelumnya.