Sebanyak 21083 item atau buku ditemukan

Konsep Ideal Labschool

Di Indonesia, problem Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) tidak hanya pada bahan ajar, penelitian, dan juga sistemnya, namun juga adanya Labschool yang kurang ideal. Labschool yang dikelola LPTK, selama ini masih sekadar menyesuaikan selera pasar dan belum sepenuhnya menjawabbasic need (kebutuhan dasar) serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) kita. Apalagi saat ini kita dihadapkan dengan tantangan disruption yang terjadi pada ketercerabutan dalam berbagai hal. Ada tiga elemen yang akan dibangun jika Labschool yang dikelola di LPTK berjalan ideal. Pertama, dosen dan pengelola atau guru di Labschool itu sendiri. Dosen di LPTK yang menaungi Labschooltersebut bisa melakukan sebuah penelitian, ekperimen, dan bersinergi untuk mendesain sebuah program untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan uji coba program dalam Labschool itu sendiri. Selama ini yang dimaksud Labschool hanya peran gurunya, padahal kelebihan Labschool itu bisa diteliti dosen atau peneliti dari dalam LPTK maupun dari luar yang berkepentingan. Kedua, bagi mahasiswa di LPTK yang mengelola Labschool bisa melakukan penelitian dalam menunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tidak hanya saat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Kuliah Kerja Nyata (KKN), namun peneitian itu bisa dilakukan dalam menunjang perkuliahan metode penelitian pendidikan, penelitian kolaborasi dengan dosen, dan peneliti, atau melakukan penelitian pengembangan di Labschool yang terdiri atas banyak variabel. Bisa model, metode, media pembelajaran di Labschool atau berkaitan dengan kurikulum yang dikembangkan di sana. Ketiga, bagi orang tua dan pihak berkepentingan. Selain dosen dan guru Labschool serta mahasiswa di LPTK yang mengelola Labschool itu, juga bisa dimanfaatkan semua pihak yang berkepentingan termasuk orang tua peserta didik di Labschool itu sendiri. Banyak sekali proyek-proyek penelitian yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Sebab, semua harus berbasis riset dan tidak bisa sekadar deskripsi tanpa pembuktikan dan pendekatan ilmiah. Bisa dari unsur Dinas Pendidikan, LPTK lain, organisasi PGRI, IGI, HIMPAUDI, atau dari USAID Prioritas, dan lainnya. Semua itu harus disinergikan dalam rangka bisa mendongkrak Labschool yang dikelola LPTK untuk selalu menggenjot akselerasi dan inovasi. Buku ini merupakan hasil penelitian, dan gagasan ilmiah dari beberapa buku dan jurnal serta hasil penelitian lain yang terdiri atas beberapa bab. Pada BAB I menjelaskan “Konsep Labschool dalam Pendidikan Indonesia”. Kemudian pada BAB II mengkaji tentang “Labschool sebagai Fondasi LPTK Berkualitas”. Bab III mengkaji tentang “Konsep Ideal Labschool” yang di dalamnya ada desain ideal Labschool, inovasi Labschool menjawab tantangan zaman, integrasi E-learning di Labschool, penguatan Literasi diLabschool, dan program akselerasi Labschool. Terbitnya buku ini menjadi sejarah perkembangan Labschool dengan hasil sebuah gagasan dan tawaran konsep pengelolaan, manajemen, dan juga kurikulum, metode, model, dan strategi pembelajaran Labschool yang selalu update dalam menyesuaikan zaman. Labschool memang bukan segalanya, namun penguatan kualitas LPTK sebagai pencetak guru profesional berawal dari sana. (*)

Ada beberapa dasar Kemendikbud mengimplementasikan K13. Pertama, UUD 1945, UU Sisdiknas (20/2003), ... Pertama, peningkatan akses dan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan nonformal dan pendidikan informal.

Konsep hak milik atas tanah bagi bangsa Indonesia ditinjau dari ajaran hak asasi manusia

On land titles in Indonesia from human rights perspectives.

... dan terlibatnya modal , ilmu dan teknologi , dan manajemen yang pada
akhirnya melahirkan Perusahaan Transnasional . ... Khususnya konsep
kualifikasi hak milik publik dan privat atas tanah sebagai prinsip dasar hak milik
atas tanah ...

Menelusur Jejak Implementasi Konsep Bangunan Hijau dan Pintar di Kampus Biru

Buku ini ditulis sebagai bentuk informasi dan rekam jejak yang berlanjut mengenai pengembangan konsep bangunan hijau di Universitas Gadjah Mada. Pada Bab 1 dibahas mengenai isu global, perkembangan kebijakan dalam negeri, konsep dasar, dan sistem pemeringkatan bangunan hijau yang diterapkan di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia. Pada Bab 2 dan 3 disajikan informasi lebih detail mengenai prinsip-prinsip bangunan hijau berdasarkan sistem GREENSHIP serta parameter ukur bangunan hijau menurut jenis bangunan. Selanjutnya, di Bab 4 dibahas mengenai dasar-dasar teori, standar, serta metode pengukuran dan simulasi yang digunakan untuk mengukur secara kuantitatif parameter-parameter fisika bangunan. Informasi dasar di Bab 4 kemudian didukung dengan pengetahuan yang komprehensif mengenai penerapan teknologi cerdas dan kontrol pada bangunan (smart and control system) yang dibahas pada Bab 5. Implementasi konsep bangunan hijau di beberapa kampus di Indonesia yang dibahas pada Bab 6 membuka studi dan pandangan yang lebih lebar untuk melihat seberapa penting dan besar pengaruhnya ketika konsep bangunan hijau diterapkan di institusi perguruan tinggi. Kajian lebih lanjut dan dalam dipaparkan pada Bab 7 mengenai berbagai studi kasus terkait analisis bangunan hijau dan cerdas di Universitas Gadjah Mada yang telah dilakukan oleh grup riset INSGREEB (Integrated Smart and Green Building) sejak tahun 2012 hingga saat ini. Studi kasus meliputi Gedung Pusat UGM, Perpustakaan Pusat UGM, Asrama Kinanti 1, 2, dan 3, beberapa gedung di Fakultas Teknik, dan beberapa calon gedung baru seperti Smart and Green Learning Center dan Sport Center. Akhirnya, semoga buku ini dapat menjadi sumber informasi yang komprehensif bagi pembaca dalam memahami konsep bangunan hijau dan penerapannya di kawasan perguruan tinggi. Selain itu, semoga juga mampu menjadi rujukan metode dan studi kasus bagi pembaca untuk mendapatkan contoh-contoh yang sistematis dalam mengimplementasikan konsep bangunan hijau. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Buku ini ditulis sebagai bentuk informasi dan rekam jejak yang berlanjut mengenai pengembangan konsep bangunan hijau di Universitas Gadjah Mada.

Pemrograman C: Konsep dan Implementasi

Cocok Bagi Programmer Profesional dan Pembelajar Mandiri

Selamat datang ke bahasa pemrograman C! Buku ini menyajikan pendekatan “belajar dari contoh” bagi mahasiswa, instruktur, dan para profesional. Setiap konsep disajikan dalam konteks program utuh, bukan potongan program. Buku ini berjudul “PEMROGRAMAN C: Konsep dan Implementasi” yang dikhususkan bagi pembaca yang benar-benar ingin menguasai teknik-teknik pemrograman terstruktur dan struktur data menggunakan C. Karena pondasi harus kokoh, buku ini sungguh-sungguh memperdalam konsep-konsep yang mendasari pemograman terstruktur. Buku ini ditulis karena spirit untuk mendokumentasikan gagasan-gagasan pemrograman terstruktur dan struktur data di dalam keluarga besar bahasa C. Di Indonesia, sangat jarang ditemui buku yang mendiskusikan pemrograman C yang mengupas secara detil kelebihan dan kekurangan suatu kode sumber. Buku ini menelaah suatu kode sumber dengan memberikan perhatian khusus terhadap potongan-potongan kode yang dianggap penting. Buku ini dikhususkan bagi siswa programmer profesional serta pembelajar mandiri yang menjadi pemrogram handal.

Selamat datang ke bahasa pemrograman C! Buku ini menyajikan pendekatan “belajar dari contoh” bagi mahasiswa, instruktur, dan para profesional.

Manajemen Stratejik (Konsep,Kasus & Impl

Masing - masing strategi generik melibatkan rute yang berbeda secara
fundamental terhadap keunggulan bersaing , yang menggabungkan suatu
pilihan mengenai jenis keunggulan bersaing yang dicari dengan cakupan target
strategis di ...

Konsep Dasar Pengolahan dan Pemrograman database Dengan SQL Server,MS.Access, dan MS.Visual Basic

BAB II SISTEM MANAJEMEN DATABASE RELASIONAL odel data relasional
pertama kali diperkenalkan oleh Edgar F . 1 " Ted " Codd , seorang ilmuwan
komputer yang lahir tanggal 23 Agustus 1923 di Porland , Ingris . Kuliah di
Universitas ...

KONSEP DASAR KETERAMPILAN KEBIDANAN

Buku ajar Konsep Dasar Keterampilan Kebidanan ini memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai keterampilan dasar dalam praktik klinik kebidanan. Yang berisikan dan menjelaskan tentang Konsep dasar manusia sebagai (sistem adaptif, mahluk holistik), Kebutuhan Dasar Manusia, keterampilan pemenuhan kebutuhan dasar manusia, konsep sehat sakit, konsep diri, konsep stress adaptasi, kehilangan dan kematian, pencegahan infeksi, serta keselamatan pasien.

Buku ajar Konsep Dasar Keterampilan Kebidanan ini memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai keterampilan dasar dalam praktik klinik kebidanan.

Cara Mudah Memahami Akuntansi: Inti Sari Konsep Dasar Akuntansi

Buku ini memberikan penjelasan secara ringkas mengenai inti sari konsep dasar akuntansi sehingga pembaca dapat dengan mudah dan cepat memahaminya. Di samping itu, para pembaca juga akan dijelaskan secara praktis mengenai pencatatan transaksi ke dalam jurnal serta contoh laporan akuntansi. Buku ini dapat dipakai secara luas, baik pelajar, mahasiswa, eksekutif, maupun masyarakat pada umumnya yang ingin mengenal akuntansi dasar. Buku persembahan penerbit Prenada Media

Buku ini memberikan penjelasan secara ringkas mengenai inti sari konsep dasar akuntansi sehingga pembaca dapat dengan mudah dan cepat memahaminya.

Pemrograman Bahasa Assembly Konsep Dasar Dan Implementasi

Prosedur merupakan suatu bentuk pemrograman terstruktur yang umum dijumpai dalam pemrograman bahasa level tinggi. Bahasa mesin juga memiliki suatu bentuk prosedur yang masih dalam bentuk yang sederhana. NamaP merupakan nama dari prosedurnya. Nama dari sebuah prosedur sebaiknya mewakili apa yang dilaksanakan oleh prosedurnya tersebut.

Prosedur merupakan suatu bentuk pemrograman terstruktur yang umum dijumpai dalam pemrograman bahasa level tinggi.