Sebanyak 4509 item atau buku ditemukan

Sejarah Nasional Indonesia Jilid 3: Zaman Pertumbuhan & Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia

Buku Sejarah Nasional Indonesia (SNI) Edisi Pemutakhiran ini terbit dalam cetakan ketujuh. Sejak awal penerbitan SNI pada tahun 1975, buku SNI ini belum pernah dimutakhirkan sesuai d engan temuan-temuan baru dan perkembangan teori sejarah yang baru. Sudah hampir tiga puluh tiga tahun, banyak naskah perbaikan masih tersimpan di laci para penulis sejarah Indonesia. Keunikan pertama dari SNI adalah bahwa buku ini merupakan hasil karya bangsa Indonesia sendiri, ilmuwan/-wati Indonesia yang sebagian besar masih hidup. Keunikan kedua dari buku SNI ini adalah ditulis dengan latar belakang Indonesia atau bersifat indonesiasentris. Untuk mengetahui latar belakang penulisan buku SNI sebanyak enam jilid ini perlu dibaca Prakata Editor Umum pada edisi pertama yang ditulis oleh Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo. Buku SNI telah mendapat julukan dari masyarakat Indonesia sebagai “buku standar” sejarah Indonesia. Oleh karena itu, isi buku SNI sering dipakai sebagai sumber rujukan penulisan dan pembicaraan tentang sejarah Indonesia, baik secara langsung dikatakan maupun secara tersirat. Balai Pustaka sebagai pemegang hak penerbitan buku SNI telah berusaha keras untuk menghidupkan kembali semangat nasional para pencetus dan penulis awal buku SNI. Dengan menghimpun semua mereka yang terlibat langsung dan tidak langsung dalam penulisan buku SNI, Balai Pustaka berhasil memutakhirkan isi b uku SNI walaupun memang terlambat. Kepada para penulis buku SNI, baik yang masih hidup dan terus terlibat dalam pemutakhiran buku SNI ini dan kepada yang telah meninggal, Balai Pustaka mengucapkan terima kasih dan penghormatan besar atas karya dan jasa mereka. Dengan ini, SNI Edisi Pemutakhiran ini hadir di hadapan sidang pembaca. Semoga SNI Edisi Pemutakhiran ini menyadarkan bangsa Indonesia akan sejarah bangsanya dan buku ini berguna bagi bangsa Indonesia. Terima kasih.

Pada masa selanjutnya, terdapat pasar ikan di sebelah utara kota Jakarta, membuktikan bahwa banyak ikan yang dijual. ... karena semua modal milik orang-orang lapisan atas atau elite dan mungkin juga dari keluarga bangsawan.

SEJARAH INDONESIA MASA ORDE BARU HINGGA REFORMASI

Dalam buku ini, memuat kajian yang komprehensif mengenai peristiwa masa Orde Baru hingga masa Reformasi dan juga materi yang disajikan yang relevan dengan mata kuliah mengenai Sejarah Indonesia Masa Reformasi sampai era Reformasi yang bisa menjadi alternatif pegangan bagi mahasiswa dan dosen yang menempuh studi tersebut maupun khalayak umum yang berminat mengenai kajian Orde Baru dan Reformasi.

Dalam buku ini, memuat kajian yang komprehensif mengenai peristiwa masa Orde Baru hingga masa Reformasi dan juga materi yang disajikan yang relevan dengan mata kuliah mengenai Sejarah Indonesia Masa Reformasi sampai era Reformasi yang bisa ...

PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Pendidikan Islam sebagai salah satu disiplin ilmu menjadi alternatif dalam rangka membentuk manusia menjadi lebih baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan begitu, manusia, khususnya pendidik dan peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki menuju perubahan yang lebih baik serta mengangkat harkat dan martabatnya sebagai manusia yang merupakan ciptaan-Nya yang paling baik.

Pendidikan Islam sebagai salah satu disiplin ilmu menjadi alternatif dalam rangka membentuk manusia menjadi lebih baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Ilmu Pendidikan Islam

Buku Ilmu Pendidikan Islam ini merupakan buku dasar yang kami susun yang diperuntukan sebagai acuan perkuliahan bagi mahasiswa yang menempuh mata kuliah tersebut Ilmu Pendidikan Islam. Buku ini kami rasa sangat jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu masukan dan perbaikan dari semua pihak sangat kami harapkan sehingga kedepan buku ini layak dibaca oleh semua pihak sehingga bisa menjadi rujukan sebagai referensi baik bagi akademisi maupun praktisi bisnis.

Buku Ilmu Pendidikan Islam ini merupakan buku dasar yang kami susun yang diperuntukan sebagai acuan perkuliahan bagi mahasiswa yang menempuh mata kuliah tersebut Ilmu Pendidikan Islam.

BAHAN AJAR, MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Buku ini membahas tentang pengertian bahan ajar, fungsi bahan ajar, ciri dan manfaat bahan ajar, klasifikasi bahan ajar yang mendeskripsikan jenis bahan ajar, perencanaan dan pengembangan bahan ajar, serta dilengkapi dengan teknik dalam menentukan bahan ajar yang relevan, dan juga konsep media pembelajaran, ragam media pembelajaran bahkan urgensi media pembelajaran juga teknologi pendidikan dari masa ke masa.

Buku ini membahas tentang pengertian bahan ajar, fungsi bahan ajar, ciri dan manfaat bahan ajar, klasifikasi bahan ajar yang mendeskripsikan jenis bahan ajar, perencanaan dan pengembangan bahan ajar, serta dilengkapi dengan teknik dalam ...

Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar

Adanya tatanan dunia baru dalam era digital ini agaknya memengaruhi sikap, karakter, serta kecenderungan personal bahkan psikologis generasi muda yang sebagian besar berada pada usia sekolah baik pada level dasar, menengah, atas maupun perguruan tinggi. Sikap, karakter, serta kecenderungan personal generasi muda usia sekolah ini berperan besar dalam munculnya berbagai isu problem belajar di sekolah mulai dari motivasi, bahan ajar, dan media ajar. Sebagai contoh problem motivasi belajar siswa khususnya Generasi Z kerap dijumpai karena derasnya gempuran media sosial berikut segenap atributnya seperti influencer, gamer, youtuber dan sebagainya. Banyak anak-anak sekolah lebih termotivasi mendapatkan popularitas seperti role model mereka masing-masing di media sosial dibanding prestasi akademik karena umumnya penggiat media sosial memang tidak mengangkat tema akademis. Hal tersebut pada dasarnya bukan hal yang bersifat negatif mengingat di era digital ini bahkan keterampilan mengelola media sosial dapat menjadi aset yang sangat berharga. Akan tetapi, hal ini banyak disalah artikan oleh Generasi Z sehingga menurunkan motivasi belajar dan menimbulkan problem bagi sekolah, guru, maupun orangtua.

Adanya tatanan dunia baru dalam era digital ini agaknya memengaruhi sikap, karakter, serta kecenderungan personal bahkan psikologis generasi muda yang sebagian besar berada pada usia sekolah baik pada level dasar, menengah, atas maupun ...

Bahan Ajar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Kesehatan merupakan cara seseorang menawarkan produknya yang berkaitan dengan kesehatan, atau sama dengan penyuluhan kesehatan masyarakat yang sering dilakukan oleh tenaga kesehatan sebelum menyampaikan program-program yang harus disosialisasikan, Cara ini tidak sepenuhnya salah jika Dikaitkan dengan pengertian promosi dan kesehatan itu sendiri, terdapat beberapa teori dasar promosi kesehatan. Sebelumnya nama kegiatan promosi adalah Program Bina Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) tahun 1975 dan tingkat Internasional tahun 1978 Deklarasi Alma Ata tentang Primary Health Care menjadi tonggak cikal bakal Kesehatan Promosi (Departemen Kesehatan, 1994). Istilah Health Promotion (promosi kesehatan) sebenarnya sudah mulai dicetuskan setidaknya pada tahun 1986, ketika Promosi Kesehatan diselenggarakannya Konferensi Internasional pertama tentang Health Promotion di Ottawa, Kanada pada tahun 1986. Pada Waktu Itu “The Ottawa Charter” diluncurkan, yang berisi definisi dan prinsip. Prinsip dasar promosi kesehatan. Buku ajar ini hadir dengan harapan dapat memenuhi rasa ingin tahu tentang konsep dasar Kesehatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Sehingga harapannya dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang fenomena masalah kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Semoga buku ini memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan pengetahuan siswa guna mencapai kompetensi yang dipersyaratkan dalam kurikulum, serta bekal untuk menyelesaikan pendidikan dan berkarya di bidang lingkungan dan kesehatan masyarakat. Bahan Ajar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Bahan Ajar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Mudah Membuat Bahan Ajar Matematika menggunakan Canva

Buku ini berisi hasil penelitian pengembangan bahan ajar digital menggunakan Canva. Tujuan umum buku ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar digital dengan menggunakan media Canva pada materi matriks. Sedangkan secara khusus buku ini bertujuan untuk dapat mengetahui nilai kelayakan dari produk bahan ajar digital menggunakan Canva pada materi matriks sebagai suatu kebaruan dalam bahan ajar digital matematika. Kebaharuan penelitian dalam buku ini juga yaitu menghasilkan produk bahan ajar digital dengan berbantuan media canva yang memuat bahan ajar serta konten-konten yang menarik di dalamnya serta dapat di tampilkan melalui komputer maupun smartphone. Sehingga peserta didik lebih mudah untuk mempelajari bahan ajar digital tersebut. Buku ini memberikan tahapan pembuatan bahan ajar digital melalui Canva serta dalam penyusunananya menggunakan pendekatan kualitatif metode penelitian dan pengembangan serta desain ADDIE (Analyst, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data yang diperoleh yaitu dari hasil validasi ahli. Modul di uji validasi kepada ahli media dan ahli materi dan bertujuan untuk menguji kelayakan bahan ajar digital yang dibuat. Proses pembuatan bahan ajar digital ini diolah dan didukung dengan beberapa software yaitu, Microsoft Office, VideoScribe, Filmora, BandiCam, dan Googleform.

Buku ini berisi hasil penelitian pengembangan bahan ajar digital menggunakan Canva.

SUPERVISI AKADEMIK: Studi Peningkatan Kinerja Guru MI dalam Pengembangan Bahan Ajar

Sebagai bagian dari usaha memajukan kualitas pendidikan, supervisi akademik menjadi bagian penting. Secara konseptual, supervisi akademik ini adalah rangkaian kegiatan pembinaan dengan memberi bantuan teknis kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran guru secara otomatis akan meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Sehingga pembinaan dan pemberian dampingan secara kesinambungan yang dilakukan oleh kepala sekolah akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru dan akan berdampak pada kualitas hasil belajar peserta didik, baik itu di sekolah atau madrasah. Peranan guru sangat menentukan dalam usaha peningkatan mutu pendidikan formal. Guru mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pembangunan bidang pendidikan, dan oleh karena itu perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat. Pengembangan bahan ajar merupakan bagian dari proses pengembangan inovasi dalam pendidikan. Bahan ajar yang digunakan tidak selamanya harus konvensional namun sebagai guru haruslah melakukan beberapa tindakan untuk perbaikan paradigma, cara pandang, berpikir, sikap, kebiasaan, profesionalisme, maupun perilaku dalam mengajar. Dengan demikian para guru harus memberikan inovasi dalam membuat bahan ajar karena akan berdampak pada kelancaran kegiatan pembelajaran siswa agar tidak cenderung merasa bosan. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kepengawasan yang sudah tertulis dalam buku ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja guru madrasah dalam pengembangan materi bahan ajar melalui penerapan supervisi akademik pengawas upaya peningkatan capaian mutu sekolah di MI binaan wilayah Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Dalam buku hasil penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Kinerja Guru Madrasah dengan mencapai standar ideal. Dari 69,25 % pada siklus l, dapat meningkat menjadi 71,65 % pada siklus II, dan siklus ke III meningkat menjadi 85,25%. Hasil Penelitian Tindakan Kepengawasan ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan supervisi akademik pengawas dapat meningkatkan kinerja guru madrasah dengan ketuntasan mencapai 100 %, tanggapan guru adalah sangat positif terhadap pembinaan yang dilakukan melalui penerapan Supervisi Akademik.

Sebagai bagian dari usaha memajukan kualitas pendidikan, supervisi akademik menjadi bagian penting.