Sebanyak 4106 item atau buku ditemukan

PENGANTAR ILMU EKONOMI Kajian Teoritis dan Praktis Mengatasi Masalah Pokok Perekonomian

Buku ini lahir dijadikan sebagai perwujudan terhadap pengembangan dasar ilmu ekonomi sebagaimana dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari terutama sebagai pelaku ekonomi yang berupaya keras dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik berupa pangan, sandang maupun papan. Kebutuhan tersebut senantiasa dapat terpenuhi tentunya dengan ilmu supaya dalam mendapatkan profit (keuntungan) didasari oleh penerapan ilmu ekonomi dalam memanajemenkan kehidupan ekonomi pula. Sumber daya yang ada berada dalam keadaan yang sangat terbatas namun kebutuhan manusia sangatlah tidak terbatas, sehingga diperlukan suatu upaya manusia atau masyarakat untuk mengatur atau menentukan pilihan-pilihan terhadap sumber daya yang terbatas itu untuk memenuhi kebutuhan manusia atau masyarakat yang tidak terbatas. Sebagaimana diketahui bahwa sumber daya yang ada ditengah manusia sebagai pelaku ekonomi itu berupa uang, modal, tanah, mesin, pendidikan, keahlian, dan sebagainya merupakan sesuatu yang terbatas dan harus dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan bukan digunakan dan dieksploitasi tanpa batas sehingga tidak ada kesinambungan bagi generasi yang akan datang. Dalam kasus tertentu misalnya seseorang yang ingin memiliki sepeda motor, kulkas, mesin cuci dan sebagainya sebagai barang yang sifatnya membutuhkan uang dalam jumlah relatif banyak, untuk bisa mendapatkan barang tersebut secara bersamaan sebagaimana disebabkan karena penghasilan pelaku ekonomi yang pas-pasan tentunya tidak mungkin bisa membeli semuanya dalam waktu yang bersamaan, maka sudah barang tentu pelaku ekonomi hendaknya berupaya untuk menentukan pilihan dengan membeli salah satu dari barang tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Pilihan itu ditentukan karena pada saat itu pelaku ekonomi memiliki keterbatasan sumber daya berupa uang. Berlandaskan terhadap kasus ekonomi tersebut, maka dapat dapat diketahui bahwa betapa pentingnya mempelajari ilmu ekonomi karena ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang upaya manusia baik secara individu atau masyarakat dalam menentukan sumber daya yang terbatas jumlahnya, untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dilakukan penulisan buku yang berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi. Buku ini merupakan hasil kajian kepustakaan yang menjadi teori utama (grounded theory) yang penulis temukan dalam berbagai literatur ilmiah berupa jurnal dan kutipan buku ajar yang lain. Penulis menyadari dengan berlandaskan kepada konsep bahwa ketika ilmu disebarluarkan kepada banyak orang maka ilmu tersebut akan memberikan manfaat kepada pemiliknya sehingga misi utama penulisan buku ini secara umum digunakan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan tentang ilmu ekonomi kepada semua kalangan baik akademisi maupun praktisi singkatnya pembaca secara luas dan sekaligus semoga dapat tetap membuat penulis untuk tetap senantiasa rendah hati dan tunduk kepada ketaatan terhadap kemutlakan ilmu Tuhan Yang Maha Kuasa diatas segala ilmu sehinga satu harapa tersebut penulis yaitu dapat menyebabkan penulisnya belajar dan belajar lagi, karena sesungguhnya semakin banyak ilmu yang kita ketahui maka kita akan senantiasa merasa kecil dan tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan ilmu Tuhan yang sungguh besar dan luas.

Karl Marx serta para pemikir sistem ekonomi sosialis lainnya seperti Frederick Engels dan Vladimir Lenin , berdasarkan teori revolusi sosial yang dikembangkannya, mengemukakan bahwa kapitalisme membangkitkan material preconditions ...

International and Transnational Criminal Law

This comprehensive and versatile book covers both international criminal law and the application of US criminal law transnationally. It has chapters on each of the core crimes (aggression, genocide, crimes against humanity, war crimes), as well as separate chapters on the international tribunals from Nuremberg on and the ICC. Other chapters treat modes of liability, defenses, crimes against women, and alternatives to criminal prosecution in post-conflict societies. Thus the book can be used for courses focusing entirely on international criminal law and accountability for core crimes. But it also covers US criminal law in transnational contexts, including money laundering, Foreign Corrupt Practices Act, and terrorism. In addition, it includes chapters on extradition, evidence gathering abroad, comparative criminal procedure and comparative sentencing, and US constitutional rights abroad. Introductory chapters on the nature of international criminal law, transnational jurisdiction, and the basics of public international law make the book accessible to students with no prior background. New to the 3rd Edition: Recent developments in the international tribunals, including the Habré trial in the African Extraordinary Chamber Updates on post-Morrison jurisdictional developments and the treatment of jurisdiction in the Restatement (Fourth) of the Foreign Relations Law of the United States Activation of the crime of aggression by the ICC; cyber-attacks as aggression Recent war crimes jurisprudence and the treatment of war crimes in the US Department of Defense Law of War Manual A thorough revision of the ICC chapter including the Lubanga sentencing decisions and the Comoros decision on gravity Recent ICC jurisprudence on modes of liability Latest FCPA prosecution standards New cases on immunities and extradition Professors and students will benefit from: Versatility: Can be used for courses on international criminal law, and also for courses on US criminal law applied across borders Self-contained introductory chapters on basic public international law, transnational jurisdiction, and the nature of criminal law Detailed treatment of “headline” issues including torture, terrorism, and war crimes Readable background on historical context Teaching materials include: Comprehensive teacher’s manual, including the authors’ own teaching notes Discussion problems

New to the 3rd Edition: Recent developments in the international tribunals, including the Habré trial in the African Extraordinary Chamber Updates on post-Morrison jurisdictional developments and the treatment of jurisdiction in the ...

TEORI BELAJAR & PEMBELAJARAN

B elajar merupakan suatu perubahan perilaku setiap individu yang dapat dibentuk dari pengalaman atau pengetahuan yang diperoleh. Perubahan perilaku setiap individu juga berbeda, selain bertambahnya ilmu pengetahuan, perubahan lainnya dapat terlihat dari cara individu berinteraksi dengan lingkungan sekitar, minat terhadap sesuatu, sikap, dan kepercayaan diri. Proses belajar bertujuan untuk memberikan perubahan perilaku individu ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Kemudian dengan mendapatkan ilmu pengetahuan diharapkan tiap individu dapat meningkatkan kemampuan berpikir kognitifnya dalam menyelesaikan masalah. Selanjutnya dapat menumbuhkan dan menerapkan konsep keterampilan jasmani maupun rohani dengan matang sehingga munculnya perubahan psikomotorik, juga dapat membentuk sikap individu mengarahkan untuk berpikir kepada hal yang positif agar memunculkan perubahan afektif pada individu. Dalam hal ini, terdapat beberapa urutan bentuk belajar sebagai tahap belajar yang hirarkis, artinya semua bentuk belajar berjenjang dan bersyarat, dimana bentuk belajar yang satu menjadi dasar untuk bentuk belajar berikutnya. Sehingga bentuk belajar yang satu harus terlebih dahulu dapat dikuasai oleh individu sebelum beralih kebentuk belajar yang lain. Kemudian, terdapat prinsip-prinsip dalam belajar, meskipun memiliki beberapa perbedaan, tetapi arah dari prinsip belajar yang telah dijelaskan menuju kepada tujuan yang sama. Tujuan yang dimaksud adalah agar mempermudah individu dalam belajar, mendapatkan ilmu dan memahaminya dengan mudah sehingga ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dengan baik. Selain itu, terdapat beberapa teori yang penting untuk dipahami dalam belajar dan pembelajaran, seperti teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivistik, teori belajar konstruktivistik, teori humanistik, teori sibernetik, teori belajar revolusi sosio kultural, dan teori belajar kecerdasan majemuk (multiple intellegences). Semua teori ini akan dibahas secara rinci dan mendalam dalam buku ini. Semoga bermanfaat untuk pembaca.

Selain itu, terdapat beberapa teori yang penting untuk dipahami dalam belajar dan pembelajaran, seperti teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivistik, teori belajar konstruktivistik, teori humanistik, ...

Belajar Dan Pembelajaran

Belajar juga merupakan proses melihat, mengamati dan memahami sesuatu. “Belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai suatu pola-pola respon yang berupa keterampilan, sikap, kebiasaan, kecakapan atau pemahaman. Proses belajar terjadi apabila individu dihadapkan pada situasi di mana ia tidak dapat menyesuaikan diri dengan cara biasa, atau apabila ia harus mengatasi rintangan-rintangan yang mengganggu kegiatan-kegiatan yang diinginkan. Proses penyesuain diri mengatasi rintangan terjadi secara tidak sadar, tanpa pemikiran yang banyak terhadap apa yang dilakukan. Dalam hal ini pelajar mencoba melakukan kebiasaan atau tingkah laku yang telah terbentuk hingga ia mencapai respon yang memuaskan. Jadi belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku yang berkesinambungan antara berbagai unsur dan berlangsung seumur hidup yang didorong oleh berbagai aspek seperti motivasi, emosional, sikap dan yang lainnya dan pada akhirnya menghasilkan sebuah tingkah laku yang diharapkan. Unsur utama dalam belajar adalah individu sebagai peserta belajar, kebutuhan sebagai sumber pendorong, situasi belajar, yang memberikan kemungkinan terjadinya kegiatan belajar.

Belajar juga merupakan proses melihat, mengamati dan memahami sesuatu. “Belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai suatu pola-pola respon yang berupa keterampilan, sikap, kebiasaan, kecakapan atau ...

Apa Salah MLM?

Sanggahan 22 Pengharaman Multi Level Marketing

Banyak kalangan yang memandang system Multi Level marketing atau yang biasa disingkat MLM mengandung unsure riba, gharar, zhalim, hukumnya haram dan seperti tidak ada kebaikan sama sekali padanya. Tapi, apakah klaim ini benar dan dapat dipertanngungjawabkan secara ilmiah? Atau hanya berdasarkan prasangka dan nukilan tanpa menganalisa dan mengkaji langsung system MLM ini. Buku yang ditulis oleh Supriadi Yosup Boni ini, membahas sanggahan terhadap 22 Pengharaman MLM yang sering dilontarkan pihak yang mengharamkan MLM. Penulis buku ini, dulunya aktif terlibat di dunia MLM, pada waktu yang bersamaan, beliau juga mendalami hokum-hukum syariah di LIPIA dan percaya sebagai sebagai pengasuh tetap Kolom Ekonomi Islam pada Harian Amanah. Penggabungan dua hal ini (pengalaman dan kompetensi syariah) menjadikan materi-materi yang tersajikan di buku ini terasa kuat dan dalam ilmu syariah, atau yang berkompeten ilmu syariah tapi terlibat langsung dalam bisnis MLM. Penulis menyampaikan materi dengan sederhana, mudah dicerna, logis, namun tetap mengedepankan keilmiahan serta kaya dengan kaidah-kaidah dasar fikih muamalah dan jual beli. Seperti kata Umar bin Khathab, “jangan ada yang bertransaksi di pasar kami kecuali orang yang telah paham agama.” (HR. At-Tirmidzi) Karena itu pula, sebelum kita masuk ke pasar MLM dan mengklaim halal dan haramnya bisnis ini, maka alangkah baiknya terlebih dahulu membaca buku ini. Semoga bermanfaat. - Pustaka Al-Kautsar Publisher -

Buku yang ditulis oleh Supriadi Yosup Boni ini, membahas sanggahan terhadap 22 Pengharaman MLM yang sering dilontarkan pihak yang mengharamkan MLM.

Syariah Marketing

Peta pemasaran di Indonesia tampaknya menunjukkan tanda-tanda pergerakan dari pasar rasional ke pasar konsumer, bahkan ke pasar spiritual. Jika pada pasar rasional konsumer membeli barang atau jasa dengan pertimbangan rasional (misalnya, fungsi dan harga), pada pasar emosional dengan pertimbangan emosi (misalnya, cita rasa personal, prestise, cita-diri), maka pada pasar spiritual konsumer mulai mempertimbangkan nilai (baik-buruk, halal-haram). Inilah barangkali yang menjelaskan mengapa pasar syariah di Indonesia menunjukkan tanda-tanda ke arah perkembangan yang pesat, dengan profitabilitas tertinggi di dunia! Kendati demikian, perbankan syariah di Indonesia baru mencapai pangsa 1,3 persen dari total aset industri perbankan nasional. Padahal, dengan penduduk Muslim di Indonesia sekitar 200 juta, pasar syariah masih sangat terbuka. Lalu, bagaimana memperbesar pangsa pasar yang ada? Konsep syariah marketing kami tawarkan sebagai sebuah solusinya, terdiri dari strategi, taktik, dan value. Syariah marketing strategy dirancang untuk memenangkan mind-share, syariah marketing tactic didesain untuk memenangkan market-share, dan syariah marketing value direkayasa untuk memenangkan heart-share. Dengan landasan konsep yang kuat dan disertai berbagai contoh kasus nyata, buku ini menunjukkan kepada Anda bagaimana menerapkan solusi syariah marketing untuk memenangkan pasar perbankan, asuransi, dan lembaga-lembaga keuangan syariah lainnya di Indonesia. [Mizan, Pustaka, Referensi, Bisnis]

Lalu, bagaimana memperbesar pangsa pasar yang ada? Konsep syariah marketing kami tawarkan sebagai sebuah solusinya, terdiri dari strategi, taktik, dan value.

Multi Level Marketing Syariah Di Indonesia Dalam Perspektif Maqashid Syariah

Buku ini merupakan hasil penelitian penulis yang kebetulan saya sebagai promotor atau pembimbing pertamanya. Namun demikian tanggung jawab ilmiahnya tetap merupakan tanggung jawab penulis. Saya memberikan apresiasi yang mendalam jika akhirnya hasil penelitian ini dijadikan buku ilmiah dan dapat dijadikan bahan rujukan oleh para pembaca sekalian. Buku ini, menjelaskan hal-hal yang terkait dengan Multi Level Marketing Syariah di Indonesia mulai dari kehalalan Multi Level Marketing Syariah, produk-produk dan sistem perusahaannya juga tinjauannya dari sudut pandang Maqashid syariah. Buku ini wajar dijadikan bahan rujukan karena ditulis oleh orang yang berkompeten di bidangnya. Penulis adalah orang yang langsung berkecimpung memberikan kuliah, memotivasi, melatih mitra-mitra dalam Multi Level Marketing Syariah mulai dari memberikan pemahaman materi Multi Level Marketing Syariah sampai presentasi untuk menjadi leader hingga aplikasi merekrut mitra-mitra baru yang menjadi keharusan menuju kesuksesan di perusahaan Multi Level Marketing Syariah. Multi Level Marketing Syariah Di Indonesia Dalam Perspektif Maqashid Syariah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Multi Level Marketing Syariah Di Indonesia Dalam Perspektif Maqashid Syariah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Marketing Strategy Top Brand Indonesia

Untuk melambungkan produk menjadi Top Brand di Indonesia, dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif meliputi segmentasi pasar, pembidikan pasar, dan penempatan posisi produk, serta diferensiasi produk.

Hotel Sofyan Group Jakarta memosisikan diri sebagai hotel yang dikelola selaras dengan prinsip syariah . Iklan Hotel Sofyan Group Jakarta ditunjukkan pada Gambar 2.35 . HOTEL SOFYAN GROUP - JAKARTA Dikelola selaras dengan prinsip ...