Sebanyak 25516 item atau buku ditemukan

Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan

Penelitian kualitatif merupakan metode-metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang oleh sejumlah individu atau kelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Proses penelitian kualitatif ini melibatkan upaya-upaya penting, seperti mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan prosedur-prosedur, mengumpulkan data yang spesifik dari para partisipan, menganalisis data secara induktif mulai dari tema-tema khusus ke tema-tema umum, dan menafsirkan makna data.

Penelitian kualitatif merupakan metode-metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang oleh sejumlah individu atau kelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan.

Penelitian Komunikasi Kualitatif

Buku ini menggambarkan dan mengajak kita untuk masuk pada ranah metodologis dari varian-varian komunikasi yang berkembang selama ini dalam masyarakat, yang hampir luput dari perhatian kita. Komunikasi dengan segala perannya menjadi kontruksi sosial, dimana masyarakat dibentuk dan diarahkan oleh arus kuat komunikasi. Bahkan komunikasi menjadi panglima kehidupan dewasa ini, dan manusia sudah sangat bergantung pada bentukan komunikasi.

Buku ini menggambarkan dan mengajak kita untuk masuk pada ranah metodologis dari varian-varian komunikasi yang berkembang selama ini dalam masyarakat, yang hampir luput dari perhatian kita.

Desain Penelitian Kualitatif Sastra

Buku ini dapat menjadi pegangan dalam melakukan penelitian sastra, utamanya bagi mahasiswa. Hal ini menjadi penting karena banyak ditemui mahasiswa yang kesulitan, alih-alih menyusun rancangan penelitian, memahami hakikat sebuah penelitian. Dengan mengacu pada desain penelitian kualitatif, diharapkan buku ini dapat menjadi “pemandu” mahasiswa dalam memahami, merumuskan, dan merancang desain penelitiannya. Sebagai sebuah ilmu pengetahuan, pemahaman terhadap metodologi penelitian sastra yang memusatkan pada sifat objektifitas berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah perlu diketengahkan. Karenanya, buku ini dirancang sedemikian rupa agar memudahkan pembaca untuk merancang penelitiannya. Buku ini tidak didesain untuk mengemukakan berbagai perkembangan asumsi teoretis dalam penelitian sastra, tetapi lebih mengedepankan prinsip praktis. Artinya, dengan membaca buku ini, diharapkan pembaca dapat memahami dengan baik langkah demi langkah yang harus dipersiapkan dan dilakukan dalam menyusun desain penelitian sastranya.

Buku ini dapat menjadi pegangan dalam melakukan penelitian sastra, utamanya bagi mahasiswa.

Penelitian Kualitatif: Analisis Kinerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan

Buku ini ditulis berdasarkan pemahaman bahwa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) merupakan media yang tepat bagi Pemerintah untuk dijadikan mitra dalam pembangunan yang berpola pemberdayaan dan partisipatif, terutama di level paling ujung yaitu Kelurahan. LPMK merupakan organisasi masyarakat yang berhubungan langsung dengan masyarakat sekaligus merupakan ujung tombak keberhasilan pembangunan di Kelurahan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif buku ini memberikan gambaran mengenai eksistensi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) atau dengan kata lain menggambarkan kinerja LPMK di level grassroots. Buku ini menggunakan empat kacamata (responsivitas, responsibilitas, output dan outcome) yang berelevansi dengan Tupoksi LPMK seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2007.

Buku Penelitian kualitatif : analisis kinerja lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Administrasi Pendidikan

Kemampuan mengelola kurikulum harus di wujudkan dalam penyusunan kelengkapan data administrasi pembelajaran , penyusunan kelengkapan data administrasi bimbingan konseling , penyusunan kelengkapan data administrasi kegiatan pratikum ...

ADMINISTRASI PENDIDIKAN (Menuju Sekolah Efektif)

Buku ini berawal dari catatan persiapan penulis untuk mengisi mata kuliah Administrasi Pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo (sekarang IAIN Palopo) dan Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Namun, tentu saja, isinya diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pembaca umum terutama yang bergerak di bidang pendidikan (pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya) dengan harapan dapat membantu memahami berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan pendidikan. Buku ini memuat beberapa hal, yaitu konsep administrasi pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, dan supervisi pendidikan. Konsep administrasi pendidikan dilengkapi dengan kiat-kiat dalam merencanakan pembelajaran. Kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi pendidikan menjadi dua bagian yang saling melengkapi. Pemahaman tentang kepemimpinan kepala sekolah akan sangat membantu dalam penyelenggaraan supervisi pendidikan.

Kegiatan pengembangan diri dapat dilaksanakan dalam bentuk: 1) Bimbingan konseling, (kehidupan pribadi, sosial, kesulitan belajar, karir ); dan atau 2) Ekstrakurikuler, Pengembangan kreativitas, kepribadian sis-wa, seperti: Kepramukaan, ...

ADMINISTRASI PENDIDIKAN (TINJAUAN TEORI & IMPLEMENTASI)

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, penulis menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka untuk melakukan pengkajian pada bidang ilmu yang diperlukan.

A. Pengertian Komunikasi Istilah komunikasi dalam bahasa inggris “communication”, berasal dari bahasa latin “communicatus” yang memiliki arti berbagi atau menjadi milik bersama. Komunikasi dimaknai sebagai hubungan kontak antar dan ...

Antologi Administrasi Publik dan Pembangunan

Festschrift untuk Sjamsiar Sjamsuddin

Diperlukan proses pendidikan yang tepat yang menjadi landasan kehidupan
masyarakat rawan bencana. Ada beberapa alasan penting digalakkannya
pendidikan kebencanaan, antara lain: 1. Pendidikan bencana memberikan
penyadaran ...