Sebanyak 4895 item atau buku ditemukan

Konsep Dasar Sains 1

BAB I HAKIKAT SAINS A. Hakikat Sains B. Lahirnya Ilmu Alamiah dan Hakikatnya C. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Alam D. Hakikat Sains dan Pembelajaran di Sekolah E. Latihan Soal BAB II KETERAMPILAN PROSES SAINS A. Pengertian Keterampilan Proses Sains B. Karakteristik Keterampilan Proses Sains C. Latihan Soal BAB III MAKHLUK HIDUP A. Pengertian Makhluk Hidup B. Ciri-ciri Makhluk Hidup C. Ekosistem D. Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya E. Latihan Soal BAB IV MENGENAL BAGIAN TUBUH MAKHLUK HIDUP A. Fungsi Bagian Tubuh Tumbuhan B. Klasifikasi Hewan C. Tubuh Manusia ~ 50 D. Latihan Soal BAB V EKOLOGI A. Pengertian Ekologi B. Ruang Lingkup Ekologi C. Latihan Soal BAB VI SALING KETERGANTUNGAN MAKHLUK HIDUP A. Rantai Makanan B. Jaring-jaring Makanan C. Rantai Makanan dan Tingkat Trofik D. Piramida Ekologi E. Aliran Energi F. Latihan Soal BAB VII MATERI DAN ENERGI A. Pengertian Materi dan Energi B. Klasifikasi Materi C. Perubahan Materi D. Konsep Energi E. Bentuk Energi dan Perubahannya F. Energi dan Usaha G. Pesawat Sederhana H. Latihan Soal BAB VIII GERAK A. Pengertian Gerak B. Macam-macam Gerak C. Konsep pada Gerak D. Latihan Soal

BAB I HAKIKAT SAINS A. Hakikat Sains B. Lahirnya Ilmu Alamiah dan Hakikatnya C. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Alam D. Hakikat Sains dan Pembelajaran di Sekolah E. Latihan Soal BAB II KETERAMPILAN PROSES SAINS A. Pengertian Keterampilan Proses ...

Memahami Dasar Ilmu Hukum

Konsep Dasar Ilmu Hukum

Dalam mempelajari bidang apa saja, mahasiswa harus memahami dan menguasai hal-hal yang mendasar dalam bidang studi tersebut. Tanpa penguasaan materi dasar, akan sulit bagi mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya pada tingkat lebih lanjut. Mengingat pentingnya materi dasar itulah, maka disusunlah buku ini sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa yang menekuni kajian bidang studi hukum. Buku ini disusun secara sistematis dan komprehensif untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya. Muatannya mencakup beragam materi dasar seperti ruang lingkup ilmu hukum, sejarah ilmu hukum, konsep dasar, teori-teori ilmu hukum, kaidah-kaidah hukum, penafsiran dan mazhab atau aliran dalam ilmu hukum, lembaga hukum, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, buku ini wajib dimiliki oleh mahasiswa hukum dan siapa saja yang tertarik dengan studi ilmu hukum, baik di ranah akademik atau praktis. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Dalam mempelajari bidang apa saja, mahasiswa harus memahami dan menguasai hal-hal yang mendasar dalam bidang studi tersebut.

Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan

Penulis : Nurul Hidayatun Jalilah, S.Si.T., M.Keb, Ruly Prapitasari, S.Si.T., M.Kes Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 343 Halaman ISBN : 978-623-68721-3-0 Ruly Prapitasari, S.Si.T., M.Kes, lahir di Demak, 16 November 1983. Penulis Merupakan Staf pengajar di Universitas Borneo Tarakan, Jurusan Kebidanan sejak 2019 s.d saat ini. Sebelumnya penulis aktif sebagai dosen Kebidanan di STIKES RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Pengalaman sebagai Bidan Pendidik sudah berjalan selama 14 tahun. Nurul Hidayatun Jalilah, S.Si.T., M.Keb, lahir di Lombok Barat, 24 September 1987. Penulis Merupakan Staf pengajar di Universitas Borneo Tarakan, Jurusan Kebidanan sejak 2019 s.d saat ini. Sebelumnya penulis aktif sebagai staf dosen Kebidanan di STIKes Hamzar Lombok sejak tahun 2009 s.d 2019. Penulis menyelesaikan Pendidikan DIII Kebidanan tahun 2008 dan D4 Kebidanan tahun 2009 di STIKes NGUDI WALUYO UNGARAN, selanjutnya tahun 2016 penulis menyelesaikan Pendidikan pascasarjana di Universitas Padjadjaran Bandung

Penulis : Nurul Hidayatun Jalilah, S.Si.T., M.Keb, Ruly Prapitasari, S.Si.T., M.Kes Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 343 Halaman ISBN : 978-623-68721-3-0 Ruly Prapitasari, S.Si.T., M.Kes, lahir di Demak, 16 November 1983.

Intisari Konsep Dasar Akuntansi

Buku ini dibuat mengingat sambutan yang sangat luar biasa dari para pembaca setia atas beberapa buku akuntansi yang pernah saya tulis sebelumnya. Buku ini hadir untuk membantu pembaca menjadi mahir menguasai prinsip akuntansi secara mandiri. Pada bagian pertama dari buku ini, topik-topik yang akan dibahas adalah Siklus Akuntansi, Akuntansi Perusahaan Dagang, Kas dan Pengendaliannya, Akuntansi Piutang, Persediaan, Aset Tetap, Kewajiban Lancar dan Penggajian, Akuntansi Firma, Akuntansi Persero, Utang Obligasi, Investasi Obligasi dan Saham, Laporan Arus Kas, dan Pengendalian Internal. Sedangkan pada bagian kedua, pembaca akan mendapatkan pemahaman konsep akuntansi melalui format kamus akuntansi.

Buku ini dibuat mengingat sambutan yang sangat luar biasa dari para pembaca setia atas beberapa buku akuntansi yang pernah saya tulis sebelumnya.

Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD)

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru di Sekolah Dasar(SD) adalah konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Hal ini tidak lain karena IPS merupakan materi wajib yang harus dipelajari oleh siswa di Sekolah Dasar(MI) sebagaimana diamanatkan dalam sistem dan peraturan perundang-undangan pendidikan yang berlaku. Secara substansi, IPS merupakan materi yang didapat dari berbagi sumber dan pengalaman hidup sebagai makhluk sosial yang mempunyai kecenderungan kuat untuk hidup bersama dalam kelompok. IPS sangat berguna untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial yang dalam hal ini dilakukan manusia pada setia harinya, termasuk didalamnya permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi oleh manusia di dalam kehidupan.

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru di Sekolah Dasar(SD) adalah konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS).

BUKU AJAR KONSEP DASAR PAUD

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan sebelum memasuki sekolah dasar. Pendidikan ini diperuntukkan bagi anak usia 0 – 6 tahun. Dalam melaksanakan pendidikan anak usia dini diperlukan bekal pengetahuan dan pemahaman yang memadai supaya anak-anak dapat terlayani dengan baik sesuai dengan tingkat perkembangannya. Pengetahuan dan pemahaman terhadap pendidikan anak usia dini sangat diperlukan, khususnya bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). Mereka adalah calon-calon pendidik anak usia dini yang akan berhadapan langsung dengan anak-anak. Di samping itu, mereka sebagai akademisi juga mempunyai peran penting untuk mensosialisasikan dan memajukan pendidikan anak usia dini di masyarakat. Sebagai upaya mempermudah dalam mengetahui dan memahami pendidikan anak usia dini tersebut penulis mempersembahkan sebuah buku berjudul ‘Buku Ajar Konsep Dasar PAUD’. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa maupun dosen PGPAUD di seluruh Indonesia sebagai pegangan dan tambahan refrensi mata kuliah Konsep Dasar PAUD. Dengan buku ajar ini diharapkan mahasiswa dapat belajar dengan mudah sehingga kelak mereka dapat menjadi pendidik-pendidik PAUD yang profesional.

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan sebelum memasuki sekolah dasar.

Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam

Terbitnya buku ini merupakan sebuah langkah baik dalam proses mencerahkan pemahaman dan pengaplikasian konsep pendidikan anak usia dini dalam dunia pendidikan anak. Buku ini mengetengahkan mengenai tahap awal prapendidikan, mulai dari memilih pasangan suami maupun istri karena berkaitan dengan perkembagan anak, pola asuh, dan perlindungan hak-hak anak dalam pembentukan karakter di dalam keluarga, disertai bacaan doa-doa dan sebagainya dalam dimensi ke-Islaman. Karya tulis ini dipandang penting bagi para akademisi, orangtua, dan praktisi pendidikan anak usia dini sebagai bahan rujukan dalam menjalankan aktivitas pendidikan bagi anak usia dini.

Terbitnya buku ini merupakan sebuah langkah baik dalam proses mencerahkan pemahaman dan pengaplikasian konsep pendidikan anak usia dini dalam dunia pendidikan anak.

Konsep Dasar PPKn SD Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila untuk Mahasiswa

Secara khusus, buku ini hadir dihadapan pembaca karena diniati untuk memenuhi bahan bacaan pada perkuliahan Konsep Dasar PPKn SD Kelas Rendah dan Pembelajaran PPKn SD Kelas Tinggi yang penulis ampu di Universitas Dharmas Indonesia. Secara umum, buku ini disiapkan untuk kebutuhan bacaan mahasiswa yang menenuh mata kuliah Konsep Dasar PPKn SD Kelas Rendah dan Pembelajaran PPKn SD Kelas Tinggi. Mata kuliah Konsep Dasar PPKn SD Kelas Rendah termasuk mata kuliah wajib dalam kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan mengonsep PPKn di SD. Capaian pembelajaran mata kuliah yang diharapkan, yaitu mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar PPKn SD secara mandiri maupun berkelompok serta dapat mengimplementasikannya ke dalam pengetahuan PPKn SD melalui pelaksanaan pembelajaran. Buku ini hadir diniati untuk memenuhi buku ajar mahasiswa dalam rangka mendukung tercapainya capaian pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar PPKn SD Kelas Rendah. Buku ini terdiri atas Sembilan bab, yaitu sejarah perkembangan PPKn di Indonesia, PPKn di SD, paradigm baru PPKn dan Kewarganegaraan multidimensi, konsep dasar kurikulum PPKn di SD, kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) PPKn di SD/MI, pengembangan kurikulum PPKn SD, strategi pembelajaran PPKn SD, metode pembelajaran PPKn SD dan media pembelajaran PPKn SD.

Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal PG-PAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai, 4(1), 1–23. Famahato Lase. (2015). Dasar Pengembangan Kurikulum Menjadi Pengalaman Belajar. Jurnal PG-PAUD STKIP Pahlawan Tuanku ...

Filosofi, Teori, dan Konsep Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar

Puji syukur penulis haturkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga buku Filosofi, Teori, dan Konsep Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar terselesaikan dengan baik. Kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi dalam upaya pengembangan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Dalam proses penyusunan buku penulis berpedoman pada berbagai sumber yang relevan, baik pembahasan mengenai Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, hasil penelitian pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, maupun data valid terkait kondisi dan progres pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pembahasan dalam buku mencakup dua kompetensi utama yaitu Language Competence (Kompetensi Bahasa) dan Language Use (Penggunaan Bahasa). Kedua kompetensi utama ini akan mewadahi filosofi, teori, dan konsep pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Supaya lebih mudah dipahami pembaca, penjabaran materi yang terdapat dalam buku disusun dan dikelompokkan ke dalam delapan bab pembahasan, yaitu Konsep Dasar Bahasa, Pemerolehan Bahasa, Pemerolehan Bahasa Kedua dan Pembelajaran Bahasa, Kompetensi Komunikatif, Teori Belajar dalam pembelajaran Bahasa, Komunikasi, Interaksi, dan Literasi. Hal tersebut penulis tujukan agar struktur materi lebih jelas dan terdapat kesinambungan antar setiap bab pembahasan. Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berpartisipasi menyumbangkan gagasan dan pemikiran dalam proses penyusunan buku. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan buku di masa yang akan datang. Akhir kata, semoga setiap usaha kita berbuah berkah dan semoga buku ini bermanfaat dalam menambah khazanah pengetahuan, serta mampu berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Komponen language use meliputi: (1) komunikasi, (2) interaksi, dan (3) literasi. Keseluruhan komponen tersebut dijelaskan dalam pembahasan berikut ini. A. KOMUNIKASI Sebagai makhluk sosial, manusia tak bisa lepas dari komunikasi.

PSIKOLOGI PENDIDIKAN (Konsep Dasar, Teori, dan Implikasinya dalam Pembelajaran)

Buku ini masih bersifat global, mengungkap masalah-masalah seputar tentang pengertian; aspek-aspek perkembangan; psikologi pendidikan dalam kearifan lokal; memahami konsep dasar belajar; teori-teori belajar; faktor-faktor yang memengaruhi belajar; masalah kesulitan belajar; lupa dan transfer belajar; pembawaan dan lingku- ngan; motivasi belajar, kemampuan dan inteligensi; gaya belajar dan gaya kognitif dalam pembelajaran; serta konsep dasar evaluasi pembelajaran.

Ia juga menerbitkan bukubuku berjudul ”Motivasi Kerja Guru” diterbitkan oleh Penerbit Interpena Yogyakarta (2010); ”Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Konsep dan Aplikasinya Dalam Kehidupan SehariHari” diterbitkan oleh Penerbit Interpena ...