Sebanyak 29021 item atau buku ditemukan

Pintar Belajar Fikih dengan TTS

Buku yang berjudul “Pintar Belajar Fikih dengan TTS” ini mencoba untuk membuat sebuah karya inovasi pembelajaran berupa teka-teki silang. Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam melakukan pembelajaran dengan berbagai macam bentuk media yang kreatif dan inovatif. Hadirnya buku ini dapat menambah rujukan berbagai bentuk inovasi pembelajaran terutama pada mata pelajaran Fikih. Selama ini mungkin guru mengalami kesulitan dalam mencari berbagai bentuk inovasi untuk menarik minat siswa dalam belajar. Salah satu solusinya adalah dengan mempergunakan TTS. Buku ini berisikan beragam pertanyaan yang disesuaikan dengan materi kurikulum 2013. Susunan Kompetensi Dasarnya disesuaikan dengan yang terdapat dalam buku guru dan buku siswa. Materi yang dihadirkan adalah materi Fikih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah semester satu dan dua, serta dilengkapi dengan kunci jawaban dan rangkuman materi. Buku ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi Fikih sekaligus menarik minat dan semangat siswa dalam belajar. Bagi para siswa memiliki buku ini akan menambah semangat dalam membahas materi-materi Fikih. Belajar yang menyenangkan dan menarik Insya Allah akan terwujud dengan mempergunakan media TTS yang terdapat dalam buku ini.

Buku yang berjudul “Pintar Belajar Fikih dengan TTS” ini mencoba untuk membuat sebuah karya inovasi pembelajaran berupa teka-teki silang.

FIQH AS SHALAH LIL BANIN

Fikih Salat untuk Anak-Anak

Buku ini didedikasikan untuk anak-anak agar dapat terbimbing dalam belajar menunaikan ibadah salat. Dilengkapi dengan gambar dan sumber rujukan dari berbagai pendapat para ulama, hadis nabi Muhammad SAW dan Al-Qur`an.

Buku ini didedikasikan untuk anak-anak agar dapat terbimbing dalam belajar menunaikan ibadah salat. Dilengkapi dengan gambar dan sumber rujukan dari berbagai pendapat para ulama, hadis nabi Muhammad SAW dan Al-Qur`an.

Pendidikan Agama Islam : Fikih Untuk Madrasah Aliyah Kelas X

Buku pelajaran Fikih untuk Madrasah Aliyah (MA) Kelas X ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014, dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015, terdiri atas 12 Bab. Setiap bab mengandung: uraian materi

Buku pelajaran Fikih untuk Madrasah Aliyah (MA) Kelas X ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014 ...

Fikih Kurban

Ada syarat, kewajiban, dan sunnah-sunnah ibadah kurban yang perlu kita ingat-ingat kembali, sehingga kurban yang dilaksanakan pada tahun ini bisa lebih bernilai, insyaallah. Bukan hanya tentang hukum fikih kurban bagi yang akan berkurban; buku ini juga mengangkat pembahasan-pembahasan menarik bagi yang belum berkesempatan berkurban. Tidak ketinggalan, berkurban di kondisi pandemi seperti saat ini juga dibahas dengan bahasa yang lugas. Selamat membaca!

Bukan hanya tentang hukum fikih kurban bagi yang akan berkurban; buku ini juga mengangkat pembahasan-pembahasan menarik bagi yang belum berkesempatan berkurban.

Anak Cantik Belajar Fikih

Apakah yang dimaksud dengan Fikih? Fikih adalah ilmu yang membahas aturan-aturan dalam Islam. Aturan-aturan ini berbeda lho antara perempuan dan laki-laki. Nah, buku ini memberikanmu pengetahuan seputar Fikih bagi perempuan. Mulai dari kedudukan perempuan dalam Islam. Tuntunan beribadah, aturan berpakaian, hingga pembagian hak waris sesuai syariat islam. Dikemas dengan ilustrasi yang indah dan cerita-cerita yang mudah dipahami. Kamu akan belajar Fikih dengan cara yang menyenangkan.

Apakah yang dimaksud dengan Fikih?

PENGELOLAAN ZAKAT BERBASIS MASJID PERKOTAAN

Pemahaman Fikih dan Hukum Positif

Dalam tulisan ini, penulis membahas zakat dalam perspektif yang sangat antropologis, tidak dengan perspektif normatif. Sekalipun penulis sendiri menyatakan bahwa penelitiannya mengenai zakat ini berjenis penelitian hukum normatif-empiris dan mengintergasikan penjelasan yuridis-normatif zakat dan melegkapinya dengan penggambaran implementasi empiriknya di masjid-masjid dengan pendekatan studi kasus. Untuk yang disebut terakhir, saya pribadi melihatnya sebagai bagian dari penelitian antropologis. Tentu saja ini merupakan langkah yang sangat berani, sementara penelitian lain pada umumnya berusaha menghindari perspektif ini sebab hasil penelitiannya sangat mungkin akan berkontradiksi dengan sisi normativitas Islam yang diyakini sudah selesai dan karena itu tidak perlu diganggu gugat lagi. Pendekatan empiris untuk memnganalisis praktik ajaran agama dapat memengaruhi keyakinan terhadap kebenaran ajaran agama yang selama ini menggunakan pendekatan deduktif yang premis-premisnya sudah terbangun sejalan dengan keyakinan tentang kesempurnaan ajaran agama. Bagaimanapun, keberanian ini layak diapresiasi mengingat zakat sebagai praktik yang hidup dalam lingkungan sosiologis manusia merupakan fakta empiris yang terimplementasi dalam suatu sistem sosiokultural tertentu yang tidak terlepas dari berbagai konteks yang melingkupinya. Kontekstualisasi zakat menunjukkan keragaman dalam implementasi yang dispesifikasi penulis pada dua, yaitu implementasi zakat yang bersifat tradisional dan kontekstual. Dalam praktik yang bersifat tradisional, pemahaman fikih zakat Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) masih melestarikan kebiasaan lama dengan pemahaman yang belum komprehensif mengenai aturan hukum tentang pengelolaan zakat sehingga belum merealisasi dalam pengelolaan zakat secara riil. Bahwa pola penghimpunan zakat masih bersifat pasif yaitu menunggu muzakki yang membayar zakat kepada DKM dengan pola serta item distribusinya yang terbatas pada kegiatan komsumtif tradisional.

Dalam tulisan ini, penulis membahas zakat dalam perspektif yang sangat antropologis, tidak dengan perspektif normatif.

Fikih untuk Milenial

Di era global ini, sebagai bagian dari masyarakat yang merasakan semakin majunya perkembangan zaman, terkadang kita merasakan dilema terhadap fenomena-fenomena yang ada. Bagaimana hukum penggunaan e-money? Bagaimana hukumnya jual beli followers? Bagaimana hukumnya bermain musik, fotografi dan editing foto? Dan berbagai masalah lainnya dari kacamata fikih. Fikih pada dasarnya sangat dinamis. Karena itu, fikih paling cepat merespons perkembangan zaman, termasuk masyarakat milenial. Perubahan fatwa hukum, terutama yang berkaitan dengan muÕamalah dan bukan ibadah mahdlah merupakan hal yang wajar. Karena syariat dalam muamalah sifatnya mutammim (penyempurna). Sehingga aturan dibuat global, tidak rigid (kaku) dan selalu kontekstual. Buku ini adalah jawaban atas beberapa masalah yang seringkali dipertanyakan di kalangan pelajar dan anak muda generasi digital. Tema-tema fikih yang terus berkembang seiring perkembangan zaman menuntut untuk selalu menghadirkan jawaban yang relevan dan mudah dipahami secara sederhana. Oleh karena itu, kehadiran buku ini dapat mengisi kekosongan dan juga sebagai pelengkap buku-buku fikih sebelumnya. Selamat membaca.

Di era global ini, sebagai bagian dari masyarakat yang merasakan semakin majunya perkembangan zaman, terkadang kita merasakan dilema terhadap fenomena-fenomena yang ada.

Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) khususnya untuk Mata Pelajaran Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Buku ini disusun dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa dan pemberian contoh dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, buku ini juga memuat kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran yang dapat memudahkan guru dan orangtua untuk ikut membimbing siswa mempelajari buku ini. Materi dalam buku ini meliputi materi khitan, bersuci dari haid, mandi wajib setelah ihtilam, shalat Jum’at, shalat Dhuha, shalat Tahajjud, dan shalat ‘Idain. Kelebihan dari buku ini, adanya pernak-pernik yang dapat menambah wawasan siswa berupa Tilawātil Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Kilas Bahasa, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) khususnya untuk Mata Pelajaran Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang ...

Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas II

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) khususnya untuk Mata Pelajaran Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas II. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Buku ini disusun dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa dan pemberian contoh dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, buku ini juga memuat kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran yang dapat memudahkan guru dan orangtua untuk ikut membimbing siswa mempelajari buku ini. Materi dalam buku ini meliputi materi adzan dan iqamah, shalat fardu, shalat berjamaah, serta dzikir dan doa. Kelebihan dari buku ini, adanya pernak-pernik yang dapat menambah wawasan siswa berupa Tilawātil Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Kilas Bahasa, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) khususnya untuk Mata Pelajaran Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas II. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang ...