Sebanyak 2132 item atau buku ditemukan

Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan

Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal

Dalam kaitan pembentukan karakter yang diharapkan, maka baik kebudayaan maupun pendidikan saling mendukung. Kebudayaan memiliki nilai-nilai budaya yang berfungsi dan mampu membentuk karakter manusia pendukungnya. Yang diperlukan ialah para pendidik dan pemerintah harus berkemauan dan mampu menggali nilai-nilai kebudayaan yang dibutuhkan untuk membangun karakter yang dibutuhkan oleh bangsa. Namun yang paling utama ialah pendidikan harus mampu membentuk kepribadian yang memang berkeinginan keras untuk memiliki karakter yang baik dan berguna bagi bangsa. Moral yang diperoleh dari nilai-nilai budaya dan terutama mendapat dukungan dari ajaran agama dan kepercayaan yang dianut oleh setiap insan manusia Indonesia. Menurut penelitian penulis ada sejumlah 10 fungsi pendidikan asli milik bangsa Indonesia yang harus dilaksanakan di dalam pendidikan dan pengajaran di lembaga-lembaga sekolah dan universitas. Bila ditambah dengan 8 yang dikemukakan oleh Metta Spencer dan Alex Inkeles, maka kita memiliki 18 fungsi pendidikan yang sangat fungsional.

Dalam kaitan pembentukan karakter yang diharapkan, maka baik kebudayaan maupun pendidikan saling mendukung.

MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL

Buku ini disusun agar dapat melihat kehadiran digitaliasi dalam dunia pendidikan. Tidak luput juga percepatan pendidikan dengan metode pembelajaran digital tersebut dipengaruhi oleh pademi corona yang melanda dunia. Buku ini dimulai dengan mengenal manajemen pendidikan serta dan sosiologi, pada bab terakhir akan membahas manajerial pendidikan dalam menghadapai pademi Covid-19. Buku juga membahas metode pembelajaran digital dan e-Learning. Buku ini mengenalkan para mahasiswa, akademisi dan masrakat umumnya dalam mempelajari konsep-konsep pembelajaran digital di dunia pendikan formal Penulis pun menyadari jika didalam penyusunan buku ini mempunyai kekurangan, namun penulis meyakini sepenuhnya bahwa sekecil apapun buku ini tetap akan memberikan sebuah manfaat bagi pembaca.

4) Sarana dan prasarana Keberadaan sarana dan prasarana disekitar sekolah sangat menunjang dalam pembangunan sekolah, diantaranya adalah kemudahan sumber ...

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dalam buku ini akan menguraikan secara jelas dan rinci bagaimana sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, mulai dari awal sampai dengan saat ini. (Balai Pustaka)

Dalam buku ini akan menguraikan secara jelas dan rinci bagaimana sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, mulai dari awal sampai dengan saat ini. (Balai Pustaka)

Katalog Alat Permainan Edukatif (APE) BOP PAUD Tiga Serangkai

Katalog Alat Permainan Edukatif (APE) BOP PAUD Tiga Serangkai

Katalog Alat Permainan Edukatif (APE) BOP PAUD Tiga Serangkai

Assesmen Pembelajaran PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental. Ada 2 hal penting yang dialami anak usia dini, pertama adalah usia golden age dimana perkembangan seluruh aspek berkembang secara pesat, kedua, anak usia dini merupakan masa kritis, dimana seluruh aspek perkembangan pada usia ini menentukan perkembangan berikutnya. untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik salah satunya yaitu dengan melakukan assesmen atau penilaian. Kegiatan penilaian merupakan usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik. Adapun tujuan pelaksanaan assesmen yaitu untuk (1) merencanakan pembelajaran individual dan kelompok agar dapat berkomunikasi dengan orang tua. (2) Mengidentifikasi anak yang memerlukan bantuan atau layanan khusus. (3) Mengevaluasi apakah tujuan pendidikan sudah tercapai atau belum. Oleh karena itu kegiatan assesmen anak usia dini tidak terlepas dari 3 hal ini. Untuk lebih mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai assesmen pada anak usia dini, dalam buku ini akan dipaparkan berbagai kajian ilmiah tentang konsep dasar anak usia dini beserta aspek-aspek perkembangannya. Buku ini juga dilengkapi dengan teknik penilaian assesmen yang efektif dan tepat untuk diterapkan dalam pendidikan anak udia dini. Dalam buku ini terdiri dari 10 bab yang membahas tentang Assesmen autentik anak usia dini, Assesmen observasi dan portofolio anak usia dini, Assesmen unjuk kerja dan catatan anekdot anak usia dini, Assesmen percakapan pada anak usia dini, Assesmen Pembelajaran moral agama anak usia dini, Assesmen perkembangan kognitif pada anak usia dini, Assesmen perkembangan bahasa pada anak usia dini, Assesmen perkembangan sosio emosional anak usia dini, Assesmen perkembangan fisik motorik anak usia dini, Assesmen perkembangan seni pada anak usia dini.

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental.

PILAR-PILAR PENGEMBANGAN PAUD BERBASIS KEMANDIRIAN

Panduan praktis bagi Penilik PAUD dan GTK (Guru dan Pengelola/Kepala) PAUD

Menjadi satuan pendidikan yang berkualitas adalah obsesi semua penyelenggara dan pengelola pendidikan. Berbagai upaya dan langkah dilakukan, namun banyak yang melupakan hal mendasar yang harus dipertimbangkan oleh sebuah satuan pendidikan: yaitu membangun pondasi satuan pendidikan berbasis kemandirian. Berbekal pengalaman 10 tahun menjadi General Manajer di sebuah yayasan pendidikan, penulis merangkum apa yang telah dilakukan sehingga sebuah lembaga tidak hanya survive dalam mengeliminasi kelemahan dan move on menghadapi tantangan, namun berkembang dan menumbuhkan budaya inovatif di satuan pendidikan. Anda perlu memilikinya.

Panduan praktis bagi Penilik PAUD dan GTK (Guru dan Pengelola/Kepala) PAUD Drs. MARSUM, M.Pd. ... seseorang wajib melaksanakan pekerjaan/profesi tertentu sesuai dengan tugas dan wewenangnya, dan diangkat dengan surat keputusan yayasan.

Filsafat Pancasila Menurut Bung Karno

untuk dalam usaha ilmu pengetahuan tidak meninggalkan unsur kebaikan .
Dalam pada itu kita harus tetap berpaham dan bersikap etis , dengan tentu saja
memegang teguh kepada sifat mutlak daripada ilmu pengetahuan , ialah setia ...

Gus Dur: Islam Nusantara & Kewarganegaraan Bineka

Gus Dur berhasil membalik strategi penyelesaian konflik Aceh dan Papua. la memberikan keadilan, baru kemudian menuntut kesetiaan dengan tiga langkah: pengakuan, penghormatan, dan tranformasi kelembagaan negara untuk mengakomodasi mereka. Dengan itulah terbangun terbangun kewarganegaraan bineka yang didasarkan pada metodologi Islam Nusantara. “Bagi Presiden Abdurrahman Wahid, melalui pendekatan keadilan yang menyeluruh, khususnya buat Aceh dan Papua, penyelesaiannya akan lebih efektif dengan mernantapkan masalah integrasi nasional,sebagaimana yang disimpulkan oleh Dr. Ahmad Suaedy dalam karyanya ini." Mantan Ketua PP Muhammadiyah dan Tokoh Humunis “Gus Dur berhasil meyakinkan mereka karena Gus Dur dipercaya mampu menyelesaikan masalah itu dengan baik dan dikenal sebagai pemimpin muslim yang demokratis, dengan visi pluralisme dan kebangsaan yang jelas. Gus Dur adalah sosok konkret Islam Nusantara sebagaimana terungkap dalam buku Ahmad Suaedy ini." Ahli Tasawuf dan Ketua Umum PBNU “Kite masih harus banyak belajar dari Gus Dur. Dalam buku ini Ahmad Suaedy menguraikan secara rinci bagaimana Gus Dur,sebagai Presiden RI, menangani dua kon?ik yang sejak puluhan tahun membara, yakni kon?ik di Aceh dan PapuaI" Pastor dan Guru Besar Filsafar STF Driyarkara Jakarta "Suaedy berhasil mengungkap sisi humanis Gus Dur dalam menghadapi aspirasi eksponen separatis Aceh dan Papua dengan pendekatan personal dan empati" Deakin University, Melbourne Australia & Penulis Biogra? Gus Dur

... citizenship status and community membership . Because the modern state has been typically a national state , citizenship is derived ultimately from membership by birth within an ethnic community , where the entitlement to citi- zenship ...

Arkeologi Islam Nusantara

Islamic archaeology in Indonesia.

... Centre ” , Report of the International Expert Meeting on the Conservation of
Borobudur , 7-11 Agustus , 1989. Borobudur Conservation Project . 16. “
Conservation of Cultural Heritage in Indonesia " , 356 ARKEOLOGI ISLAM
NUSANTARA.