Sebanyak 3201 item atau buku ditemukan

METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

Buku dengan judul Metodologi Penelitian Pendidikan merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Paradigma dan Karakteristik Penelitian Positivistik/Kuantitatif & Interpretatif/Kualitatif, 2) Desain Penelitian Eksperimen, 3) Desain Penelitian Korelasional, 4) Desain Penelitian Survei, 5) Desain Penelitian Etnografi, 6) Desain Penelitian Grounded Theory, 7) Desain Penelitian Tindakan Kelas, 8) Desain Penelitian Evaluatif, 9) Desain Penelitian Teks.

Buku dengan judul Metodologi Penelitian Pendidikan merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika

Penelitian Pengembangan dan desain riset dalam pembelajaran Matematika

Berdasarkan pengalaman dalam mengajar metodologi penelitian pendidikan, membimbing dan menguji mahasiswa tingkat akhir; penulis melihat hampir sebagian besar penguasaan dibidang metodologi masih rendah. Hal ini mudah dipahami karena penguasaan metodologi penelitian pendidikan tidak cukup hanya dengan mendapatkan kuliah satu semester untuk mahasiswa. Memahami metodologi penelitian dan dapat mengaplikasikannya dalam meneliti masalah memerlukan pembelajaran yang lama dan latihan yang cukup banyak. Disamping itu, penguasaan metodologi penelitian pendidikan memerlukan banyak referensi yang relevan (prasyarat) dengan bidang ilmu lain seperti satistika, evaluasi pembelajaran matematika, dan media pembelajaran. Titik berat pada buku ajar ini ialah membahas komponen-komponen penelitian juga mengkaji secara mendalam tentang jenis penelitian dan pengembangan, jenis penelitian desain riset pembelajaran masih dianggap baru dalam dunia penelitian pendidikan serta dilengkapi dengan aktivitas berpikir guna merangsang kemampuan berpikir mahasiswa, soal latihan dan tugas guna mengembangkan konsep mahasiswa lebih luas dan mendalam. Diharapkan mahasiswa dapat memahami jenis penelitian dan menemukan solusi untuk masalah yang mereka temukan di sekolah.

Disamping itu, penguasaan metodologi penelitian pendidikan memerlukan banyak referensi yang relevan (prasyarat) dengan bidang ilmu lain seperti satistika, evaluasi pembelajaran matematika, dan media pembelajaran.

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, DAN EKSPERIMEN

Buku ini memberikan informasi secara lengkap mengenai seluk-beluk penelitian yang bersifat kualitatif, kuantitatif, dan eksperimen dalam penelitian sosial. Penulisan buku ini merupakan hasil kerja keras bersama, banyak pihak yang membantu dalam pengam- bilan data serta pemilihan contoh. Maka dari itu, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan wawasan dan bimbingan kepada penulis.

Pengukuran digunakan dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian kuantitatif, pengukuran merupakan langkah terpisah dalam proses penelitian yang terjadi sebelum pengumpulan data. Pengukuran kuantitatif memiliki ...

METODOLOGI PENELITIAN; KAJIAN TEORITIS DAN PRAKTIS BAGI MAHASISWA

Buku ini merupakan hasil kerja kolaboratif antar dosen dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, buku ini dibagi dalam 11 bab dan kemudian setiap individu dosen menulis satu bab buku, sehingga setiap penulis akan fokus terhadap bab yang menjadi tanggung jawabnya, sehingga diharapkan akan lahir hasil karya buku ini yang lebih berkualitas.

Buku ini merupakan hasil kerja kolaboratif antar dosen dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, buku ini dibagi dalam 11 bab dan kemudian setiap individu dosen menulis satu bab buku, sehingga setiap penulis akan fokus terhadap ...

Metodologi Riset Bidang Sistem Informasi dan Komputer

Kehadiran buku ini semoga dapat memberikan sumbangsih keilmuan dan menambah wawasan bagi semua pihak terutama para akademisi, praktisi dan pihak-pihak yang tertarik dalam pengembangan ilmu bidang riset. Buku ini terdiri dari beberapa bahasan yaitu : Bab 1 Pengertian Penelitian dan Tahapannya Bab 2 Tujuan dan Produk Penelitian Bab 3 Ringkasan Dari Proses Penelitian Bab 4 Partisipan dan Etika Penelitian Bab 5 Mereview Literatur Bab 6 Strategi Penelitian Desain dan Kreasi Bab 7 Strategi Penelitian Eksperimen Bab 8 Strategi Penelitian Studi Kasus Bab 9 Penelitian Ethnography Bab 10 Interviu dan Observasi Sebagai Metode Pengambilan Data Bab 11 Kuesioner dan Dokumen Sebagai Metode Pengambilan Data Bab 12 Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif

Kehadiran buku ini semoga dapat memberikan sumbangsih keilmuan dan menambah wawasan bagi semua pihak terutama para akademisi, praktisi dan pihak-pihak yang tertarik dalam pengembangan ilmu bidang riset.

Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Metode yaitu cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki. Selain itu, juga didefanisikan sebagai cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Dalam pembelajaran bahasa indonesia metode diartikan sebagai sisitem perencanaan pembelajaran bahasa indonesia secara menyeluruh untuk memilih, mengorganisasikan, dan meyajikan materi pelajaran bahasa indonesia secara teratur. Metode bersifat prosedural artinya, penerapan pembelajaran bahasa Indonesia harus dikerjakan menurut langkah-langkah yang teratur, bertahap yakni mulai perencanaan pembelajaran, penyajian sampai dengan penilaian dan hasil belajar.

Metode yaitu cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki.

Pengembangan inovasi dan teknologi di era revolusi industri 4.0 : konsep dan penerapan

Inovasi dan Teknologi

Fenomena hari ini semakin menunjukkan berkembang pesatnya teknologi yang berdampak pada semakin berkembangnya pula proses produksi. Kemajuan teknologi ini kemudian menggeser gaya hidup lama yang melibatkan banyak interaksi antar manusia. Tersubstitusi pada penerapan konsep automatisasi melalui mesin yang dikolaborasikan dengan teknologi cyber. Mengambil alih peran manusia dalam hal implementasinya. Dunia kontemporer menyebutnya sebagai implikasi dari Era Revolusi Industri 4.0. Industri 4.0 merupakan istilah dari revolusi industri keempat, lanjutan dari ketiga revolusi industri sebelumnya. Ditandai dengan munculnya berbagai percepatan kerja melalui smart technology. Ekosistem dunia akhirnya mengalami perubahan pada berbagai lini. Mengutamakan efektivitas dan efisiensi kerja, demi meningkatkan produktivitas. Perubahan ini hadir, tentu juga menawarkan peluang manfaat. Menyikapi fenomena itu, menumbuhkembangkan kemampuan komputerisasi untuk dapat menyeimbangkan kemajuan teknologi yang diprediksi akan terus meningkat, tentu menjadi sebuah tuntutan. Lalu, seperti apa peluang dan tantangan Era Revolusi 4.0 bagi kehidupan? Seperti apa perkembangan teknologi dan inovasi di Era Revolusi 4.0 pada bidang: (1) Keperawatan; (2) Kontruksi Jalan; (3) Bidang Transportasi; (4) Teknologi Penerbangan; (5) Sektor Ekonomi; (6) Teknologi Komposit; (7) Konstruksi Bangunan; (8) Enterpreneurship; (9) Sistem Informasi; (10) Manajemen Sumber Daya Manusia; (11) Komunikasi Sosial; (12) Energi Terbarukan Bidang Keairan; (13) Teknologi Informasi dalam Pelaksanaan Proyek dan (14) Material Penyusun Perkerasan Jalan Lentur? Buku ini hadir memperluas cakrawala berpikir kita menyaksikan semakin pesatnya perkembangan teknologi di era revolusi 4.0 yang kini semakin menggejala.

Fenomena hari ini semakin menunjukkan berkembang pesatnya teknologi yang berdampak pada semakin berkembangnya pula proses produksi.

Penerapan Teknologi Informasi Di Berbagai Sektor

Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Teknologi Informasi. Sistematika buku Penerapan Teknologi Infomasi di Berbagai Sektor ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 9 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Penerapan TI di Sektor Pemerintahan, Penerapan TI di Sektor Pendidikan, Penerapan TI di Sektor Perdagangan, Penerapan TI di Sektor Transportasi, Penerapan TI di Sektor Perhotelan, Pertanian, Penerapan TI di Sektor Keuangan, Penerapan TI di Sektor Perikanan dan Penerapan TI di Sektor Hukum.

Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2021 “ Bangkit dan Berdaya Menuju Kemandirian Desa Melalui Adaptasi Teknologi di Masa New Normal ”

Buku pedoman Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini memiliki arti penting bagi civitas akademika terutama dalam mengendalikan dan mengikuti gerak langkah KKN dan tatanan administrasinya sehingga diharapkan dengan buku pedoman ini akan mampu bekerja secara efektif dan efesien sesuai dengan aspek kegiatanya. Tujuan dari penyusunan buku pedoman ini adalah sebagai acuan bagi mahasiswa dan dosen pembimbing dalam melaksanakan kegiatan KKN dimana pada Buku Pedoman Pelaksanaan dan Penulisan Laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilakukan beberapa penyempurnaan Buku pedoman ini dilengkapi dengan SOP sebagai Standard Operational Procedure (SOP) umum yang mengatur tentang pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa-mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surabaya. Tentu dalam penerapan nantinya masih diperlukan petunjuk-petunjuk teknis yang lebih detail sesuai dengan aspeknya masing-masing.

Menempuh pendidikan S1 dan mendapatkan gelar sarjana Akuntansi pada tahun 2014 di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surabaya. Melanjutkan studi pada Program Pascasarjana Akuntansi, mendapat gelar Magister Akuntansi pada tahun ...