Sebanyak 227 item atau buku ditemukan

Analisis Kebijakan Pendidikan

Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0

Problematika pendidikan Indonesia semakin rumit dihadapkan dengan Era Revolusi Industri 4.0. Sejak dulu, beberapa masalah yang menjadi momok tak kunjung tuntas dicari solusinya. Bongkar pasang kurikulum, perumusan standar pendidikan, peningkatan kompetensi guru, serta banyak masalah kebijakan pendidikan yang belum terlihat garis finish-nya. Masalah ini terus dibicarakan, didiskusikan, diperdebatkan, bahkan diimplementasikan dengan banyak ragam. Kadang, implementasinya tergantung kepada siapa pemegang kekuasaan pendidikan. Belum tuntas masalah pendidikan yang begitu runyam ini, sekarang kita dihadapkan pada pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Era ini bukan saja melanjutkan kehebatan era dahulu yang belum sempat terkejar oleh pendidikan kita, namun era yang memiliki ekosistem yang berbeda dengan sistem sebelumnya. Ada banyak disrupsi (kekacauan) dalam banyak faktor. Misalnya saja, perubahan aktivitas sekolah yang sangat masif. Peran guru yang selama ini sebagai satu-satunya penyedia ilmu pengetahuan sedikit banyak bergeser menjauh darinya. Aktivitas belajar mengajar tidak lagi dilakukan di ruang kelas, dan tanpa interaksi tatap muka antara guru dan siswa. Pendidikan kita semakin memiliki beban yang sangat berat. Buku ini ditujukan agar dapat dibaca oleh berbagai kalangan, karenanya penulis menyusun isu-isu pendidikan yang berkaitan dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pendidikan di Indonesia. Bagi mahasiswa dan dosen Prodi Manajemen Pendidikan dan Fakultas Pendidikan akan mendapatkan gambaran bagaimana kebijakan pendidikan pemerintah yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, Kemenristekdikti, dan Kemenag. Bagi pengawas, kepala sekolah, dan guru akan memperoleh informasi bagaimana konsep dan praktik pendidikan yang terjadi dan belum terjadi (ide) di Indonesia. Di samping itu, buku ini dapat dijadikan bahan diskusi bagi mahasiswa, dosen, pengawas, kepala sekolah, dan guru tentang kebijakan, konsep, dan praktik pendidikan dasar, menengah, dan tinggi Indonesia. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Problematika pendidikan Indonesia semakin rumit dihadapkan dengan Era Revolusi Industri 4.0.

Transaksi Murabahah Perbankan Syariah, Terbelenggu Isu Batal Demi Hukum

Buku ini menjelaskan penyaluran pembiayaan pada perbankan syariah yang menggunakan transaksi (jual beli) murabahah, dapat berakibat menjadi transaksi yang batal demi hukum karena terbelenggu oleh intermediasi keuangan, beban jaminan, beban pajak, dan pelaksanaan wakalah. Kepatuhan terhadap prinsip syariah seharusnya tetap dijalankan karena: intermediasi keuangan tidak menolak adanya jual beli, jaminan dapat dipergunakan untuk menjamin pelunasan kewajiban pembayaran nasabah yang belum lunas, beban pajak dan beban lainnya dapat dikenakan tarif 0% atau Rp.0,- khusus untuk kegiatan usaha bank syariah, dan pelaksanaan wakalah seharusnya tetap mencatatkan kedudukan bank syariah sebagai pembeli.

Buku ini menjelaskan penyaluran pembiayaan pada perbankan syariah yang menggunakan transaksi (jual beli) murabahah, dapat berakibat menjadi transaksi yang batal demi hukum karena terbelenggu oleh intermediasi keuangan, beban jaminan, beban ...

Manajemen Public Relations

Buku ini mencoba menghadirkan uraian seimbang antara humas organisasi nonbisnis dan humas organisasi bisnis. *** Persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Buku ini mencoba menghadirkan uraian seimbang antara humas organisasi nonbisnis dan humas organisasi bisnis. *** Persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Pengalaman Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19

Buku Antologi yang kami susun ini merupakan kumpulan tulisan artikel berupa bab (chapter), mengenai pengajaran Bahasa Inggris di setiap kampus tempat kami mengajar di seluruh Indonesia. Adapun isi dari artikel yang ditulis pada buku ini sangatlah beragam, mulai dari strategi pembelajaran Bahasa Inggris, cerita pengalaman pembelajaran Bahasa Inggris, hasil penelitian tentang pembelajaran Bahasa Inggris, maupun teori-teori tentang pembelajaran Bahasa Inggris terkini. Menjadi sangat menarik, buku ini disusun dalam masa pandemi COVID-19. Pengalaman Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Ia juga tercatat sebagai salah satu penulis Antologi Pemikiran yang dipublikasikan oleh Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini, ia juga tengah menjadi salah satu penulis di kegiatan Gerakan Menulis Buku Indonesia yang ...

Ushul Fiqh

Edisi Pertama

Dengan alasan untuk menata kembali bangunan ushul fiqh klasik itu, penulis di sini mencoba berangkat dari masalahmasalah prinsipel yang melandasi bangunan ushul fiqh. Untuk ini, dengan menghimpun berbagai pandangan dalam hal tersebut, kajian akan kita hidangkan dalam bentuk yang agak berbeda dengan umumnya format ushul fiqh yang disusun pada abad klasik dan pertengahan, bahkan mungkin beberapa dengan buku-buku ushul fiqh pada abad ke-20. Dengan meminjam kritikan Syeikh Abdullah Darraz, bahwa aspek ushul fiqh yang kelihatan agak terabaikan beberapa abad lamanya dalam penyusunan ushul fiqh adalah aspek maqashid syari’ah. Dalam kebanyakan buku-buku ushul fiqh klasik, kajian maqasid syari’ah umumnya hanya disinggung ketika membahas dan untuk kepentingan qiyas. Padahal, secara teoretis, setiap rumusan ushul fiqh pada dasarnya adalah dengan mempertimbangkan aspek mendasar tersebut (maqashid syari’ah). Oleh karena itu, dalam tulisan ini penulis berupaya mengangkat kembali aspek tersebut, bahkan mencoba mencari kembali titik temu antara metode-metode yang telah dirumuskan oleh para ulama terdahulu dengan aspek maqashid syari’ah. Dengan penyajian seperti ini, diharapkan kita akan mampu menempatkan setiap pengambilan keputusan dalam bidang hukum Islam pada proporsi yang sebenarnya, yaitu untuk mewujudkan kemaslahatan bagi umat manusia. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Dalam kebanyakan buku-buku ushul fiqh klasik, kajian maqasid syari’ah umumnya hanya disinggung ketika membahas dan untuk kepentingan qiyas.

Ilmu Ushul Fiqih

1 & 2

Buku ini menghadirkan semua aspek ushul fiqih dalam bahasan komprehensif dan sistematis yang dinarasikan dengan gaya bahasa dan logika yang mudah dicerna oleh para pemula sekalipun. Berbagai contoh yang mengiringi uraian dalam buku ini merupakan daya tarik utama buku ini di dalam menjembatani antara konsep dan kaidah ushuli dengan aplikasi di dunia nyata. Ushul fiqih adalah sarana penting di dalam memahami dan bahkan menganalisis berbagai praktik hukum Islam, karena itu penguasaan ilmu ini merupakan syarat penting untuk meletakkan hukum Islam dalam posisi akal. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Ushul fiqih adalah sarana penting di dalam memahami dan bahkan menganalisis berbagai praktik hukum Islam, karena itu penguasaan ilmu ini merupakan syarat penting untuk meletakkan hukum Islam dalam posisi akal. *** Persembahan penerbit ...

Kepemimpinan dan Manajemen Konflik

Strategi Mengelola Konflik dalam Inovasi Organisasi dan Pendidikan di Madrasah/Sekolah yang Unggul

Konflik yang terjadi dalam sebuah lembaga atau organisasi termasuk madrasah, jika dibiarkan terlebih pada lembaga atau organisasi yang baru mengadakan dan sedang berkembang, maka semakin besar. Dan ini memerlukan seorang pemimpin yang mampu mengelola konflik agar tetap dapat mencapai tujuan yang ditetapkan. Dan salah satu pemimpin yang mampu menurut hasil penelitian ini adalah pemimpin transformational. Dan jika di lembaga pendidikan khususnya madrasah, maka yang cocok adalah “Pemimpin Transformational Plus”. Dan lebih-lebih jika lembaga pendidikan atau madrasah ingin cepat mengadakan inovasi dan pengembangan dengan cepat, maka yang cocok adalah pemimpin transformational plus.

Strategi Mengelola Konflik dalam Inovasi Organisasi dan Pendidikan di Madrasah/Sekolah yang Unggul H. Nur Zazin, M.A. ... di MTs N dia mengadakan lomba yang diikuti siswa-siswi MI/ SD, sedangkan di Madarasah Aliyah Negeri mengadakan ...

Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan

Potensi penelitian di Indonesia menyebar di berbagai lembaga, baik di lembaga kementerian maupun nonkementerian. Dan, salah satu potensi yang paling menarik adalah perguruan tinggi, karena di sanalah tempat para dosen berkecimpung. Dosen, sejatinya adalah ilmuwan yang mengajar. Dengan demikian, tugas utama mereka, selain mengajar, adalah melahirkan dan mengembangkan teori-teori ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologinya. Tugas penelitian perguruan tinggi tidak sekadar menemukan teknologi baru, tetapi juga mempersiapkan berbagai institusi pendukung perubahan-perubahan sosial, seperti pengembangan sikap multikulturalisme, toleransi, dan sikap kreatif, inovatif, dan kolaboratif dalam rangka meningkatkan produktivitas bangsa. Buku Penelitian Kualitatif untuk llmu Pendidikan sangat tepat sebagai buku rujukan para peneliti, khususnya para peneliti di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam, dengan tradisi penelitian interpretivisme. Seiring bergeraknya perubahan paradigma kajian agama, yakni dari epistemologi metafisis ke ilmu sosial yang empirik dengan pendekatan post-positivisme, atau pendekatan interpretatif, para peneliti di perguruan tinggi dituntut untuk menguasai metode penelitian kualitatif. Buku ini menyajikan materi dan bahan bacaan yang dibutuhkan untuk memahami penelitian kualitatif, serta langkah-langkah melakukan penelitian kualitatif. Berbagai pertanyaan yang sering muncul tentang penelitian kualitatif, misalnya, dijawab penulis dengan jelas di bab dua. Di samping itu, permasalahan yang kerap kali menjadi tantangan dalam pelaksanaan penelitian kualitatif akan dikupas tuntas di bab Lima: Pelaksanaan Penelitian: Pengumpulan dan Analisis Data. Terakhir ditutup dengan pembahasan penelitian tindakan dan pengembangan. Buku ini ditujukan sebagai buku rujukan untuk penelitian pendidikan, dan juga ilmu-ilmu sosial lainnya, yang sudah mulai melirik pentingnya penelitian interpretif dalam pengembangan teori-teori keilmuannya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Potensi penelitian di Indonesia menyebar di berbagai lembaga, baik di lembaga kementerian maupun nonkementerian.

HADITS-HADITS PENDIDIKAN

Buku yang berjudul “Hadits-Hadits Pendidikan” ini yang di dalamnya penulis mencoba menyajikan sisi normatif, historis, teoritis dan praktis tentang hal ihwal yang bersinggungan dengan hadits-hadits pendidikan. Dalam mengkaji dan menganalisis Hadits, penulis menggali informasi dari data primer yang bersumber dari al-Qur‟an dankitab-kitab Haditsmu’tabaroh, disertai data sekunder melalui karya monumental para intelektual Muslim yang berkompetendalambidangmasing-masing, khususnya para muhaddits. Sehingga data daninformasi yang diperolehlebihcredible, valid dan komprehensif.Iringan shalawat terbingkai salam, semoga senantiasa Allah curahkan kepada Revolusioner dunia baginda NabiMuhammad saw., yang telah membina dan membawa umat manusia dari gelapnya kebodohan menuju gelimangan sinarilmu pengetahuan di setiap lini kehidupan, serta seluruh keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka hingga akhir masa. Buku ini juga telah disesuaikan dengan garis-garis besar Silabi yangditerbitkan Ditjen Pendis Kemenag RI, kemudian penulis kembangkan sesuai dinamisasiPendidikan Islam masa kini. Buku ini bukan saja untuk STAIN/IAIN/UIN, tetapi juga untuk PTAISdanUmum, khususnyaJurusan Tarbiyah

Buku yang berjudul “Hadits-Hadits Pendidikan” ini yang di dalamnya penulis mencoba menyajikan sisi normatif, historis, teoritis dan praktis tentang hal ihwal yang bersinggungan dengan hadits-hadits pendidikan.