Sebanyak 1792 item atau buku ditemukan

Fiqh Madani ; Konstruksi Hukum Islam di Dunia Modern

Buku ini berusaha mengkaji lebih jauh dan lebih mendalam perihal teori hudud yang dicetuskan oleh Syahrur, terutama dalam kaitannya untuk mengatasi krisis hukum Islam di dunia modern. Adapun fokus dalam tulisan ini adalah persoalan bagaimana memahami kaitan antara teori hudud sebagai bagian dari reformasi keagamaan yang Syahrur dengan reformasi politik dan masyarakat yang didambakannya.

Buku ini berusaha mengkaji lebih jauh dan lebih mendalam perihal teori hudud yang dicetuskan oleh Syahrur, terutama dalam kaitannya untuk mengatasi krisis hukum Islam di dunia modern.

Peranan pendidikan Islam dalam KBSM

satu kajian mengenai penghayatan dan keberkesanannya mengenai penghayatan dan keberkesanannya di Sekolah Menengah Dato' Syed Omar, Alor Star, Kedah

Hadis tarbawi : analisis komponen-komponen pendidikan perspektif Hadis

Semua kaum Muslim, kaum terpelajar atau bukan, sudah sangat paham bahwa Hadis adalah sumber ajaran Islam yang kedua sesudah al-Qur’an. Sebagaimana al-Qur’an, Hadis pun mencakup berbagai aspek, termasuk aspek pendidikan. Sosok Rasulullah SAW baik yang berbentuk perkataan, perbuatan, maupun ketetapan Beliau merupakan sebuah sistem pendidikan yang memiliki komponen-komponen pendidikan. Bahkan Beliau memperkenalkan dirinya sebagai mu’allim (pengajar) dan muaddib (pendidik). Sedangkan pengikut atau para sahabat sebagai peserta didik, dan ilmu keislaman merupakan kurikulum atau materi pelajarannya. Di dalamnya juga ada tujuan, strategi, metode, dan penilaian sebagaimana sebuah pendidikan yang berstruktur, bahkan di dalamnya juga ada adab sebagai tata tertib. Dari hasil penelusuran Hadis-Hadis yang memiliki hubungan dengan pendidikan tersebut kemudian menjadi Hadis Tarbawi/Hadis Pendidikan. Jadi Hadis Tarbawi adalah Hadis-Hadis Rasulullah SAW yang dapat dijadikan rujukan dalam merumuskan teori pendidikan. Sesuai dengan judul buku ini, Hadis Tarbawi, Analisis Komponen-Komponen Pendidikan Perspektif Hadis. Bahwa buku ini berisi Hadis-Hadis komponen pendidikan mulai dari term pendidikan Islam, dasariyah tarbiyah, tujuan pendidikan, lingkungan pendidikan, lembaga pendidikan, pendidik, peserta didik, kurikulum, metode pendidikan, hingga evaluasi pendidikan dan disempurnakan dengan tema pendidika yang aktual yaitu pendidikan kaum wanita dan pendidikan era milenial perspektif Hadits. Pendekatan penulisan yang digunakan dua pendekatan, yaitu maud}u>’i> (tematik) sesuai tema-tema dalam buku ini yaitu berkaitan dengan komponen-komponen pendidikan dan tah}līlī digunakan menganalisis teks Hadis. Buku ini disusun sebagai referensi mahasiswa dalam mata kuliah Hadis Tarbawi. Memperhatikan semua Program Studi pada Fakultas Tarbiyah di lingkungan Perguruan Tinggi Islam baik Negeri maupun Swasta menjadikan Hadis Tarbawi (Hadis Pendidikan) sebagai matakuliah yang wajib dipelajari. Selain itu, kajian dalam buku ini juga dapat dinikmati oleh para pemerhati, praktisi, pengembang pendidikan, penyelenggara pendidikan, pengelola pendidikan dan terutama bagi Dosen/Pengajar pengampu dalam bidang mata kuliah Hadis Tarbawi.

Jadi Hadis Tarbawi adalah Hadis-Hadis Rasulullah SAW yang dapat dijadikan rujukan dalam merumuskan teori pendidikan. Sesuai dengan judul buku ini, Hadis Tarbawi, Analisis Komponen-Komponen Pendidikan Perspektif Hadis.

Pendidikan Karakter Khas Pesantren

Terjemah Adabul 'Alim wal Muta'allim

Cetakan baru dari terjemah kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy'ari yang membahas tentang etika, akhlak, etika atau sopan santun kaum santri di Pondok Pesantren, namun relevan untuk diterapkan di berbagai lembaga pendidikan Islam lainnya.

Cetakan baru dari terjemah kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy'ari yang membahas tentang etika, akhlak, etika atau sopan santun kaum santri di Pondok Pesantren, namun relevan untuk diterapkan di berbagai lembaga ...

Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer

Pertanyaan yang akan selalu aktual dikemukakan seiring dengan bergulirnya era disrupsi dan era industri 4.0 adalah apa yang harus dilakukan lembaga pendidikan Islam untuk menghadapi era tersebut? Pun, seperti apa peran dan peluang lembaga pendidikan Islam menghadapi era industri 4.0? Era disrupsi merupakan era terjadinya perubahan-perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat yang dimulai dengan digunakannya perangkat-perangkat digital menggantikan cara-cara manual. Era industri 4.0 merupakan nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Adanya revolusi ini ditandai dengan terjadinya perubahan secara besar-besaran di berbagai bidang melalui perpaduan teknologi, termasuk bidang pendidikan. Menghadapi situasi demikian, pendidikan Islam tentu harus merencanakan strategi tepat dalam pengelolaannya sehingga tidak mengalami ketertinggalan dan tidak ditinggalkan oleh masyarakat. Nah, untuk tujuan itulah, buku ini hadir agar dapat memberikan sumbangsih bagi strategi pengelolaan dan pemasaran lembaga pendidikan Islam menghadapi era industri 4.0. Selamat membaca! *** Sinopsis Pertanyaan yang akan selalu aktual dikemukakan seiring dengan bergulirnya era disrupsi dan era industri 4.0 adalah apa yang harus dilakukan lembaga pendidikan Islam untuk menghadapi era tersebut? Pun, seperti apa peran dan peluang lembaga pendidikan Islam menghadapi era industri 4.0? Menghadapi situasi demikian, pendidikan Islam tentu harus merencanakan strategi tepat dalam pengelolaannya sehingga tidak mengalami ketertinggalan dan tidak ditinggalkan oleh masyarakat. Nah, untuk tujuan itulah, buku ini hadir agar dapat memberikan sumbangsih bagi strategi pengelolaan dan pemasaran lembaga pendidikan Islam menghadapi era industri 4.0.

Pertanyaan yang akan selalu aktual dikemukakan seiring dengan bergulirnya era disrupsi dan era industri 4.0 adalah apa yang harus dilakukan lembaga pendidikan Islam untuk menghadapi era tersebut?