Sebanyak 21083 item atau buku ditemukan

Pendidikan Islam dan Neurosains

Menelusuri Jejak Akal dan Otak dalam Al-Qur’an Hingga Pengembangan Neurosains dalam Pendidikan Islam

Buku yang merupakan pengembangan lebih jauh dari disertasi Penulis ini menjawab tantangan dan kebutuhan tersebut. Ilmu pendidikan Islam dihibridisasikan dengan neurosains untuk menemukan varietas ilmu baru yang disebutnya dengan istilah “Neurosains Pendidikan Islam.” Pendekatan hibridisasi menjadi alternatif baru yang lebih akurat di tengah pusaran dan perdebatan Islamisasi ilmu, pengilmuan Islam dan integrasi keilmuan. Neurosains Pendidikan Islam mempunyai masa depan yang menantang sebagaimana cabang-cabang keilmuan yang selama ini telah berkembang, seperti filsafat pendidikan Islam, antropologi pendidikan Islam, psikologi pendidikan Islam, termasuk neurosains pendidikan Islam. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Ilmu pendidikan Islam dihibridisasikan dengan neurosains untuk menemukan varietas ilmu baru yang disebutnya dengan istilah “Neurosains Pendidikan Islam.” Pendekatan hibridisasi menjadi alternatif baru yang lebih akurat di tengah pusaran ...

Percikan pemikiran tentang agama, pendidikan, ekonomi, dan da'wah bilhal

Issues on thought, education, economic of Islam, and role of Ulama in political activities in Indonesia; collected articles.

Dengan tindakan yang arif ini dan dengan ucapan Umar yang mengingatkan bahwa Nabi Muhammad telah mewakilkan kepada Abu Bakar untuk memimpin shalat jama'ah , akhirnya hati ummat Islam tersentuh dan pada hari berikutnya , Abu Bakar ...

Terjemahan dalam bidang pendidikan

Issues on translation in education; papers of a workshop.

Bidang terjemahan ini sangat luas , walaupun begitu kertas kerja ini akan hanya
membicarakan dua perkataan yang banyak disebut dalam al - Qur'an , iaitu
perkataan ad - deen dan solat . Ad - Deen Perkataan ad - Deen dalam Bahasa
Arab ...

Pendidikan

persoalan, penyelesaian, dan harapan

Education in Malaysia.

Manfaat kedua yang dapat diperoleh oleh para pelajar tersebut melalui
sumbangan ini ialah akan menghindarkan keraguan dan penyelewengan dalam
huruf dan ayat - ayat al - Qur'an sebagaimana yang terdapat dalam mahsaf yang
 ...

Laporan penelitian dan Seminar Pendidikan pada Perguruan Agama

Survey report and proceedings of the seminar on religious schools in Indonesia.

Oleh karena itu untuk memahami latar belakang apa dari pendirian - pendirian
Madrasah itu , perlu kita analisa setjara saksama , terhadap faktor - faktor
sebagai ... ajat - ajat Allah , disamping apa jang tersurat dan tersirat dalam Al Qur
' an .

Tantangan ganda dalam pendidikan agama pada abad ilmu pengetahuan

Analysis on the effect of science and political way of thinking, on religious education in Indonesia.

Oleh karena semua sifat dari Ketuhanan menjadi sumber semua perintah ,
ajaran dan penilaian , dan dalam Al Qur - an terdapat pula semua petunjuk moral
, maka menurut pendapat saya , prinsip deduktip ini dapat diterapkan pada
semua ...

Paradigma pendidikan berbasis pluralisme dan demokrasi

rekonstruksi dan aktualisasi tradisi ikhtilaf dalam Islam

Al - Kahfi ( 18 ) : 29 107 Konsep IQRA ' dalam al - Qur ' an surat Al - ' Alaq
menunjukkan ugahan untuk menggunakan akal dan nalar dalam memecahkan
sesuatu persoalan dan permasalahan . Iqra ' yang dimaksud di sana bukanlah ...

Pendidikan kelamin dalam Islam

Dari ajat - ajat Al Qur'an dan hadits - hadits tersebut djelasiah bahwa Islam
sangat mengandjurkan kepada penganut - penganutnja supaja lekas - lekas
kawin , djika sudah mempunjai kesanggupan untuk melakukannja , sebab djika
tidak ...

PANDUAN LENGKAP MENGAJAR TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN Berdasarkan Kurikulum Yayasan Syamil Qur’an Nunukan

Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan ikhtiar penulis dalam memberikan kontribusi terhadap perkembangan taman-taman pendidikan al-Qur’an yang membutuhkan sistematisasi pembelajaran bagi para santrinya. Berdasarkan pengamatan penulis selama menjadi pengajar di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPA/TPQ) sejak tahun 2004 sampai sekarang, belum ada satu buku pegangan para asatidz/asatidzah (guru/pengajar) dan santri yang praktis dan sistematis untuk materi yang diberikan, maka hadirnya buku ini diniatkan penulis dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut sekaligus mengamalkan hadits Nabi: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya.” (H.R. Bukhari). Buku ini terdiri atas 4 jilid. Setiap jilid berisi 1 tahun pembelajaran, yang di bagi atas 2 semester. Pembahasan dalam buku ini meliputi: taharah, bacaan salat, bacaan surah pendek, hafalan doa harian, akidah, akhlak, mahfuzhat, kisah Islami dan lain-lain. Setiap bab mulai dari buku jilid satu dan seterusnya telah disesuaikan mulai dari materi yang paling dasar hingga menuju level materi yang lebih tinggi secara bertahap, sehingga akan mempermudah para pengajar dalam memberikan materi kepada para santri. Walau demikian karena buku ini tiap bagian pembahasannya dibuat secara ringkas, perlu kiranya para guru/pengajar untuk mengembangkan materi yang singkat tersebut, tentu dalam hal ini para pengajar harus mempersiapkan diri dengan memperkaya referensi materi dan metode mengajar yang inovatif sehingga pembelajaran yang diajarkan lebih menarik bagi para santri. Terakhir, semoga buku ini bermanfaat, kritik dan saran yang kontruksif dari pembaca untuk perbaikan buku ini sangat dinantikan.

Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan ikhtiar penulis dalam memberikan kontribusi terhadap perkembangan taman-taman pendidikan al-Qur’an yang membutuhkan sistematisasi pembelajaran bagi para santrinya.