Sebanyak 2359 item atau buku ditemukan

PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI (Antologi NAM)

Nilai-nilai moral dan agama perlu ditanamkan ke diri anak sedini mungkin. Keberhasilan dan kegagalan akan berpengaruh ke diri anak nantinya. Program pada TK, yaitu konsep diri, kerapihan dan kesopanan. Konsep diri berhubungan dengan pembentukan karakter, yaitu menanamkan kepercayaan diri, keberanian berpendapat, dll. Kerapihan berhubungan dengan pembentukan kepribadian, yiatu cara makan, berpakaian dan perilaku. Kesopanan berhubungan dengan sosial anak yaitu cara bersikap kepada orang lain. Dalam mengembangkan nilai agama, kita membantu anak dalam hal keimanan dan ibadah.

Nilai-nilai moral dan agama perlu ditanamkan ke diri anak sedini mungkin.

Buku Ajar Manajemen Pendidikan

Buku Ajar Manajemen Pendidikan ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang ilmu manajemen pendidikan. Buku ini dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di bidang ilmu manajemen pendidikan dan diberbagai bidang Ilmu terkait lainnya. Selain itu, buku ini juga dapat digunakan sebagai panduan dan referensi mengajar mata kuliah manajemen pendidikan dan menyesuaikan dengan rencana pembelajaran semester tingkat perguruan tinggi masing-masing. Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari konsep dasar manajemen pendidikan, fungsi-fungsi administrasi dan manajemen pendidikan, ruang lingkup adm dan manajemen pendidikan, supervisi pendidikan, kepemimpinan pendidikan, kepala sekolah sebagai administrator dan supervisor, guru dan manajemen pendidikan. Selain itu, materi mengenai manajemen konflik dan strategi peningkatan mutu pendidikan juga dibahas secara mendalam. Buku ajar ini disusun secara sistematis, ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Buku Ajar Manajemen Pendidikan ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang ilmu manajemen pendidikan.

ILMU PENDIDIKAN : Panduan Komprehensif untuk Pendidikan

Buku "Ilmu Pendidikan” Panduan Komprehensif untuk Pendidik adalah sebuah buku yang dirancang khusus sebagai panduan lengkap bagi para pendidik. Buku ini mengungkapkan berbagai konsep penting dalam pendidikan yang dibutuhkan oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Mulai dari pengantar ilmu pendidikan hingga teori-teori pembelajaran seperti kognitivisme, konstruktivisme, dan konnektivisme, buku ini memberikan dasar pemahaman yang kokoh tentang bagaimana peserta didik memperoleh pengetahuan dan berkembang dalam konteks pendidikan. Selain itu, buku ini membahas topik yang relevan seperti perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran efektif, evaluasi pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Buku ini juga mengeksplorasi aspek psikologi pendidikan seperti psikologi perkembangan anak, psikologi motivasi belajar, serta pentingnya pendidikan inklusif, multikultural, dan karakter dalam konteks pendidikan. Dengan menyajikan panduan yang lengkap dan mudah dipahami, buku ini menjadi sumber informasi yang berharga bagi para pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan beragam.

Buku "Ilmu Pendidikan” Panduan Komprehensif untuk Pendidik adalah sebuah buku yang dirancang khusus sebagai panduan lengkap bagi para pendidik.

Ekonomi Syariah (Teori & Aplikasi Ekonomi Islam)

Bagaimana Islam memandang aktivitas ekonomi? Apakah mungkin menjalankan sistem keuangan yang adil, bebas riba, dan tetap relevan di era modern? Buku Ekonomi Syariah (Teori dan Aplikasi Ekonomi Islam) ini hadir sebagai panduan komprehensif untuk memahami fondasi teoritis serta implementasi praktis ekonomi Islam dalam konteks kontemporer. Disusun secara sistematis, buku ini membahas prinsip-prinsip dasar ekonomi syariah seperti keadilan distribusi, larangan riba, pentingnya zakat, hingga konsep kerja sama dalam transaksi. Lebih jauh, pembaca diajak mengeksplorasi aplikasi nyata sistem ekonomi Islam dalam perbankan syariah, pasar modal syariah, keuangan mikro Islam, hingga pengelolaan wakaf produktif. Dengan bahasa yang mudah dipahami namun tetap akademis, buku ini cocok bagi mahasiswa, akademisi, praktisi keuangan, dan siapa pun yang ingin memahami bagaimana ekonomi Islam mampu menjadi solusi atas berbagai problematika ekonomi modern, tanpa meninggalkan nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan. Bukan sekadar teori, buku ini menjembatani antara konsep dan praktik- sebuah kontribusi penting dalam memperkuat pemahaman dan implementasi ekonomi yang berlandaskan syariah.

... syariah untuk investor Muslim. Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah investor syariah selama lima tahun terakhir. c. Fintech Syariah Dengan kemajuan teknologi, muncul platform fintech syariah ...

Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Sebagian besar para ahli pendidikan sepakat, bahwa metodologi pembelajaran memegang peranan yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Di kalangan para pelajar pondok pesantren (santri) misalnya terkenal ungkapan: al-thariqah ahammu min al-maaddah (metode pembelajaran adalah lebih utama dari materi). Ketersediaan sarana prasarana pendidikan dan lainnya yang serba lengkap, misalnya akan kurang ada artinya jika guru yang mengajar di dalam kelas tidak menguasai metodologi pembelajaran yang baik. Seiring dengan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi digital, khususnya teknologi informasi (information technology), dalam berbagai bentuknya, seperti internet Facebook, Instagram, YouTube, dan lainnya menyebabkan berbagai informasi dari berbagai sumber dapat dengan mudah diakses. Demikian pula tuntutan masyarakat yang semakin ingin diperlukan secara demokratis dan semakin berkembangnya berbagai temuan para ahli dalam bidang psikologi berpengaruh besar terhadap perkembangan model pembelajaran; model pembelajaran yang semula banyak berpusat pada guru (teacher centered) misalnya kini bergeser menjadi berpusat pada peserta didik (student centered). Perkembangan hal tersebut selanjutnya berpengaruh pula pada perkembangan dalam metodologi pembelajaran. Perkembangan dalam metodologi pembelajaran tersebut menjadi sangat menarik dan perlu dikuasai oleh tenaga pendidik baik pada tataran teori maupun praktik. Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadis sehingga menjadi lebih sesuai ketika berbagai metode pembelajaran tersebut akan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Buku yang saat ini berada di tangan para pembaca yang budiman akan berupaya membantu Anda memahami perkembangan berbagai macam metodologi pembelajaran yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam, serta contoh penerapannya dalam pembelajaran pendidikan wgama Islam. Untuk itu penulis mengajak kepada para pendidik untuk terus mengembangkan, menguasai metodologi pembelajaran sehingga pendidikan agama Islam akan lebih menarik minat peserta didik khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Selamat membaca, semoga membawa berkah. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di ...