Sebanyak 166 item atau buku ditemukan

Pengantar Proses Manufaktur untuk Teknik Industri

Manufaktur merupakan proses mengolah bahan baku hingga menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Perkembangan manufaktur di dunia ini semakin pesat sehingga industri saat ini berlomba-lomba dalam meningkatkan proses serta sistem manufaktur. Pada buku ini dijelaskan mengenai teori dasar tentang mesin konvensional, seperti mesin bubut dan mesin milling serta pekerjaan manufaktur sederhana dengan kerja bangku sehingga buku ini cukup sesuai dibaca untuk dijadikan referensi dalam melakukan proses manufaktur.

Manufaktur merupakan proses mengolah bahan baku hingga menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.

Etika Profesi Pendidikan Generasi Milenial 4.0

Buku ini membahas tentang etika dan profesi pendidik dalam menghadapi generasi milenial di era revolusi industri dan society 5.0 yang meliputi hakikat etika profesi keguruan, implementasi profesi keguruan, etika guru, serta kompetensi guru profesional. Guru profesional dituntut memiliki kompetensi keguruan yang meliputi (1) kompetensi personal, (2) kompetensi pedagogik, (3) kompetensi profesional, dan (4) kompetensi sosial. Optimisasi keempat kompetensi tersebut untuk mewujudkan guru profesional yang berpegang pada etika profesi keguruan dijelaskan secara rinci pada bab strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran yang sesuai dengan generasi milenial 4.0 akan mewujudkan guru profesional yang dibutuhkan oleh siswa. Secara garis besar buku ini dibagi menjadi tiga tema yaitu etika profesi pendidikan di era 4.0, strategi pengelolaan kelas untuk menjadi guru profesional, dan etika profesi yang terintegrasi ke sistem tata laksana pendidikan, administrasi sekolah, kepengawasan sekolah, dan kepemimpinan sekolah. Sehingga buku ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan bagi praktisi pendidikan, pendidik, calon pendidik, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, serta kepala sekolah.

Buku ini membahas tentang etika dan profesi pendidik dalam menghadapi generasi milenial di era revolusi industri dan society 5.0 yang meliputi hakikat etika profesi keguruan, implementasi profesi keguruan, etika guru, serta kompetensi guru ...

Hitam Putih Pendidikan

Menyingkap Realitas, Merajut Solusi

Pendidikan memiliki andil yang tidak kecil dalam mempersiapkan sumber daya manusia untuk keberlangsungan pembangunan dan peradaban. Derap langkah pembangunan senantiasa diupayakan selaras dengan tuntutan dan perkembangan zaman. Perkembangan zaman selalu memunculkan problematika-problematika baru yang sebelumnya hampir tidak terpikirkan. Menjadi dilema tatkala dunia pendidikan terceraikan dengan kualitas pembangunan yang berkeadaban. Sejumput persoalan yang melanda negeri ini juga tidak terlepas dari faktor pendidikan yang semakin hari semakin merumit, kualitas peserta didik yang masih rendah, kurikulum tambal sulam, pengajar yang kurang professional, biaya yang terlampau mahal, bahkan regulasi dan kebijakan yang disharmonis. Buku ini hadir untuk semua lapisan baik pelajar/mahasiswa/santri, pemerhati pendidikan, akademisi guru/dosen/kiai & pemangku kebijakan. Karena di dalamnya mengulas dan menyibak realitas dari berbagai optik dan sudut pandang dengan analisa non mainstream.

Pendidikan memiliki andil yang tidak kecil dalam mempersiapkan sumber daya manusia untuk keberlangsungan pembangunan dan peradaban.

Evapro (Evaluasi Proyek)

Teori dan Aplikasi pada Usaha Pembesaran Ikan Sidat (Anguilla sp)

Potensi sumber daya perikanan ikan sidat masih belum banyak dimanfaatkan, padahal ikan sidat ini baik dalam ukuran benih maupun ukuran konsumsi kuantitasnya cukup melimpah. Sebagai akibat belum banyak dikenal umum terhadap ikan sidat ini, maka tingkat pemanfatannya masih sangat rendah. Sehingga pada umumnya penduduk Indonesia belum mengenal dalam mengonsumsinya. Untuk mengoptimalkan sumber daya ikan sidat ini dalam pengelolaannya, maka diupayakan beberapa langkah strategis, yaitu pertama mengenali daerah yang mempunyai potensi sumber daya benih dan ukuran konsumsi kemudian upaya selanjutnya adalah pemanfatannya untuk dikonsumsi, baik untuk pasar lokal maupun pasar ekspor. Evapro (Evaluasi Proyek) adalah suatu studi untuk melakukan penilaian terhadap instansi pada proyek tertentu yang sedang atau akan dilaksanakan. Studi ini digunakan untuk memberikan arahan apakah investasi pada proyek tertentu itu layak dilaksanakan atau tidak. Atas dasar risk and uncertainty (risiko dan ketidakpastian) dimasa yang akan datang, diperlukan studi Evapro secara multidisipliner sebelum pengambilan keputusan. Hal ini berdampak bahwa untuk melakukan studi Evapro ini melibatkan team work dari berbagai keahlian disiplin ilmu yang kuat misalnya: managerial skill, rekayasa teknologi (teknokrat), hukum (advokat), ekonomi, policy maker (birokrat), akuntan, psikologi kesehatan dan lain-lain yang terkait dengan investasi proyek tertentu.

Tujuan dilakukannya Evapro atau evaluasi proyek yaitu untuk mengurangi resiko kerugian, memudahkan perencanaan, memudahkan pelaksanaan pekerjaan, memudahkan pengawasan, serta untuk memudahkan pengendalian. Tahapan yang dilakukan dalam ...

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Asing pada Pendidikan Tinggi

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Asing pada Pendidikan Tinggi ini adalah buku teks yang bisa menjadi referensi untuk para dosen bahasa asing di tingkat perguruan tinggi. Buku ini diawali dengan bentuk pembelajaran bahasa asing di Indonesia, dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pentingnya evaluasi pembelajaran bahasa asing ini perlu dipaparkan dengan jelas karena terdapat beberapa kesalahan umum para dosen bahasa asing yang ditemui sehingga evaluasi pembelajaran bahasa asing tersebut menjadi kurang tepat. Buku ini akan menyajikan beberapa informasi dan contoh yang berguna untuk mengevaluasi pembelajaran bahasa serta strategi yang digunakan dalam mengimplementasikannya di kelas pada tingkat pendidikan tinggi. Penulis juga menyediakan beberapa contoh cara penilaian yang dapat digunakan dosen bahasa asing untuk mengukur tingkat keberhasilan proses belajar mengajar yang telah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Asing pada Pendidikan Tinggi ini adalah buku teks yang bisa menjadi referensi untuk para dosen bahasa asing di tingkat perguruan tinggi.

Sistem Informasi Akuntansi pada Aplikasi Administrasi Bisnis

Sistem Informasi Akuntansi yang dibahas dalam buku ini sebagai bahan ajar untuk membantu pembaca memahami Sistem Informasi Akuntansi yang berbasis administrasi dalam perusahaan (administrasi bisnis). Penyebutan Sistem Informasi Akuntansi dalam pembahasan buku ini akan disebut sebagai nama Sistem Akuntansi, istilah yang sering digunakan dalam administrasi perusahaan. Penulis mengajak pembaca memahami Konsep Sistem Informasi Akuntansi berbasis praktik, diawali dengan pembahasan tentang sistem dan kedudukannya. Hingga detail pada komponen sistem tersebut dibahas satu persatu dalam pola pikir sistemik yang berada dalam lingkup administrasi perusahaan.

Sistem Informasi Akuntansi yang dibahas dalam buku ini sebagai bahan ajar untuk membantu pembaca memahami Sistem Informasi Akuntansi yang berbasis administrasi dalam perusahaan (administrasi bisnis).

Sistem Informasi Manajemen

Dewasa ini, informasi menjadi sumber daya yang penting sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komputer. Buku ini disajikan secara ringkas dan menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami bagi para mahasiswa dan pembaca yang berminat. Buku ini membahas konsep-konsep, teori-teori dan disajikan pula praktik-praktik sistem informasi terkait dengan praktik manajemen bisnis modem. Buku ini ditulis oleh Dr. Achmad Sudiro, SE., ME., Perdana Rahadhan, SE., dan Ir. Nur Prima, MM., Tim Dosen pengajar Sistem Informasi Manajemen pada jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Buku ini ditulis oleh Dr. Achmad Sudiro, SE., ME., Perdana Rahadhan, SE., dan Ir. Nur Prima, MM., Tim Dosen pengajar Sistem Informasi Manajemen pada jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Konfigurasi Fiqih Poligini Kontemporer

Kritik terhadap Paham Ortodoksi Perkawinan Poligini di Indonesia

Bergesernya buadaya masyarakat modern ternyata tidak menyurutkan langkah pendukung poligini untuk mempertahankan ortodoksi produk penafsiran klasik. Sementara sistem masyarakat sudah mengubah wajahnya dari budaya patriafsiran menuju tatanan sosial yang egaliter, corak positivisme fiqih tersebut tetap saja yang mengemuka. Padahal, teks-teks keagamaan klasik seringkali justru dimanfaatkan oleh kelompok oportunis untuk melakukan semacam kejahatan atas nama agama (religion crime). Untuk itu, beberapa cendekiawan muslim kontemporer menawarkan banyak gagasan baru sekitar poligini. Buku ini menyingkap poligini perspektif cendekiawan muslim internasional seperti Muhammad Abduh (Mesir), Muhammad Syahrur (Syria), Asghar Ali Engineer (India) dan Fazlur Rahman (Pakistan). Gagasan para Ulama tersebut kemudian Penulis kontekstualisasikan dengan ortodoksi poligini yang ada di Indonesia yang belakangan semakin merebak. Bahkan tak jarang mereka juga sering kali menghujat regulasi poligini dalam UU No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam (KHI). Dengan deskripsi mendalam dan analisis yang tajam, buku ini dengan mudah mematahkan argumentasi pemikiran ortodoksi tentang poligini karena beberapa alasan aktual yang selama ini dikesampingkan, seperti kuantitas jumlah laki-laki dan perempuan yang nyaris sama dan potensi kemandulan yang secara medis ternyata juga bisa terjadi karena mandulnya pihak suami. Oleh karena itu, buku ini cocok bagi semua kalangan yang selama ini merindukan gagasan dan kritik progresif terkait poligini dari sudut pandang teologis.

Bergesernya buadaya masyarakat modern ternyata tidak menyurutkan langkah pendukung poligini untuk mempertahankan ortodoksi produk penafsiran klasik.

Buku Referensi Perancangan Kurikulum Program Studi Dietisien

Buku referensi ini akan menjabarkan masing-masing capaian pembelajaran terkait 3 (tiga) bidang penekanan (emphasize area) yaitu gizi klinik, gizi komunitas dan manajemen penyelenggaraan makanan .Buku ini secara umum tersusun dengan menggunakan pendekatan konsep Nutritional Care Process (NCP) dimana pada setiap tahapan asuhan gizi harus melalui tahapan Pengkajian Status Gizi (Nutritional Assessment), Diagnosa Gizi (Nutritional Diagnosis), Intervensi Gizi (Nutrition Intervention), serta Monitoring dan Evaluasi (Monitoring and Evaluation). Namun untuk bidang Manajemen Penyelenggaraan Makanan penjabaran capaian pembelajaran berdasarkan pada sistem manajemen penyelenggaraan makanan. Buku referensi ini sangat bermanfaat untuk para pembimbing maupun peserta pendidikan dietisien dalam memahami tiap kompetensi yang harus dicapai maupun cara mencapainya. Manfaat bagi pembimbing adalah dapat menjadi pedoman untuk mengatur kegiatan pada tiap rotasi, penugasan yang diberikan kepada peserta pendidikan profesi maupun indikator untuk mencapai tiap tujuan pembelajaran. Adapun untuk peserta dapat dijadikan pedoman untuk mengetahui kompetensi dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai serta kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama pendidikan profesi maupun evaluasinya sehingga peserta dapat merencanakan pendidikannya dengan lebih baik dan terarah.

... feasibility mengembangkan business plan study di institusi rencana bisnis dan menganalisis penyelenggaraan untuk program , kelayakan usaha makanan proses Laporan Kampus semua menu Sekolah Sekolah dan / atau intervensi makanan Buku ...

Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem

Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian

Anak judul buku ini adalah “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut. Perancangan proposal penelitian untuk hibah kompetisi menyaratkan hal tersebut jika ingin mendapat pendanaan, baik yang berskala nasional dan lebih-lebih yang berskala internasional. Demikian halnya dengan proposal untuk disertasi, sedangkan untuk proposal tesis dan skripsi diharapkan mahasiswa mampu untuk mencapai hal tersebut. Di sisi lain, luaran hasil penelitian berupa manuskrip atau naskah yang akan diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi. Manuskrip yang berpeluang besar bisa terbit menjadi artikel di jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi sangat dituntut memiliki novelty yang tinggi dan ditulis dari hasil penelitian yang valid. Buku ini mengulas secara sederhana dan mudah dipahami tentang “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”. Sehingga dapat digunakan sebagai rujukan untuk kegiatan penelitian dan dapat digunakan sebagai pegangan untuk perkuliahan metodologi penelitian, pada jenjang program S1 dan lebih-lebih pada program S2 dan S3 di berbagai bidang keilmuan.

Anak judul buku ini adalah “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut.