Sebanyak 2052 item atau buku ditemukan

Pengantar Statistika

Buku ini disusun dalam 12 bab yang dikelompokkan menjadi 4 bagian. Bab 1 sampai 3 membahas contoh terapan statistika dalam kehidupan sehari-hari. Bab 4 sampai 5 membahas tentang sebaran penarikan contoh yang mempunyai peranan sentral dalam referensi statistik. Bab 6 sampai 9 membahas dasar dalam inferensi statistika. Bab 10 sampai 12 membahas metode analisis statistik yang sifatnya komparasi maupun kausalitas.

Buku ini disusun dalam 12 bab yang dikelompokkan menjadi 4 bagian.

Metode Statistika Multivariat Generalized Structured Component Analysis (GSCA) Pemodelan Persamaan Struktural (SEM)

Ketersediaan buku teks statistika di Indonesia, khususnya analisis multivariat dengan penekanan pada pemodelan persamaan struktural (SEM) menggunakan pendekatan GSCA, yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan cara interpretasi print out hingga membahas hasil analisis secara memadai masih belum banyak ditemukan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, buku ini ditulis, dengan melakukan pengembangan dari modul yang telah digunakan beberapa kali dalam kegiatan pendidikan pelatihan, semiloka, dan workshop. Beberapa umpan balik dari peserta pendidikan pelatihan, semiloka, dan workshop diyakini memberikan sumbangsih perbaikan yang sangat berarti dalam penulisan buku ini. Saran-saran tentang teknis tata tulis dapat membuat buku ini mudah dipahami, sedangkan saran-saran yang bersifat substantif menjadi inspirasi diberikannya ilustrasi mulai dari proses analisis, interpretasi print out, dan cara melakukan pembahasan hasil secara memadai. Inspirasi penulisan buku ini bersumber dari pengalaman penulis dalam memberikan bimbingan dan konsultasi kepada mahasiswa S2 dan S3 di bidang Manajemen, Akuntansi, Administrasi Bisnis dan Publik, Ilmu Ekonomi, Kedokteran, dan lain-lain, di berbagai perguruan tinggi. Kegiatan perkuliahan pada progam Magister (S2) dan Doktor (S3) pada beberapa bidang dan di berbagai perguruan tinggi, juga menjadi sumber inspirasi penulisan buku ini. Dorongan dari sejawat dosen, terutama di PDIM FEB UB, PDIM FE UNMUL, dan di MM UNUD, juga sangat menginspirasi untuk segera merealisasikan penulisan buku ini. Metode analisis ini sangat bermanfaat pada penelitian yang menyidik tentang sistem, dengan melibatkan multivariabel, multihubungan dan berjenjang, serta variabel laten. Kekuatan utamanya adalah mampu menganalisis model indikator refektif, atau formatif, dan atau campuran. Di samping itu, metode GSCA mempunyai keunikan dapat digunakan untuk menganalisis model tidak rekursif yang di dalamnya ada hubungan resiprokal (saling memengaruhi). Berkembangnya analisis variabel moderasi multigrup juga dibahas di dalam buku ini. Hadirnya buku ini juga dimaksudkan untuk menambah sumber dan bahan bacaan tentang metode kuantitatif bagi para mahasiswa, baik S1, S2, maupun S3 pada berbagai bidang keilmuan. Bagi para sejawat dosen, buku ini dapat digunakan sebagai sumber dan bahan bacaan untuk pengayaan metode kuantitatif. Demikian halnya bagi para peneliti di berbagai lembaga, organisasi, dan instansi serta perusahaan, juga dapat menggunakan buku ini sebagai sumber dan bahan bacaan serta acuan tentang metode analisis data kuantitatif.

Ketersediaan buku teks statistika di Indonesia, khususnya analisis multivariat dengan penekanan pada pemodelan persamaan struktural (SEM) menggunakan pendekatan GSCA, yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan cara interpretasi print out ...

STRATEGI DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI ERA MILENIAL

Upaya mewujudkan pembelajaran yang efektif sangat tergantung kepada bagaimana guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran, serta dapat memilih strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran. Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Setidaknya ada ada 3 jenis strategi yang berkaitan dengan pembelajaran yang harus dikuasai oleh guru, yakni: a) strategi pengorganisasian pembelajaran, b) strategi penyampaian pembelajaran, c) strategi pengelolaan pembelajaran. Pembelajaran yang efektif apabila kegiatan mengajar dapat mencapai tujuan yaitu peserta didik belajar meraih target sesuai dengan kriteria target pada perencanaan awal. Pembelajaran dapat dikatakan efektif jika peserta didik dapat menyerap materi pelajaran dan mempraktekannya sehingga memperoleh kompetensi dan keterampilan terbaiknya. Pembelajaran efektif berarti guru menggunakan waktu yang sesingkat-singkatnya dengan hasil setinggi-tingginya. Jadi mengajar yang efektif berarti mengajar yang efisien. Salah satu upaya untuk mewujudkan pembelajaran efektif apabila guru dapat menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang efektif. Walaupun tidak dapat dijadikan jaminan, bahwa variasi strategi dan metode guru mengajar akan dapat menyebabkan pembelajaran efektif, namun setidak-tidaknya dengan kebervariasian menggunakan strategi dan metode itu, guru benar-benar berusaha secara maksimal untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dengan kebervariasian strategi dan metode setidaknya dapat menjadi jaminan tumbuh berkembangnya motivasi dan minat peserta didik terhadap proses pembelajaran. Melalui buku ini diharapkan dapat memberikan modal pengetahuan bagi para pengamat pendidikan serta para pimpinan satuan pendidikan. Selain itu, juga diperuntukkan bagi para mahasiswa untuk mengembangkan buku ini dan menjadi rujukan referensi. Semoga apa yang telah diupayakan ini bermanfaat bagi para pembaca. Selain itu, juga memberi manfaat bagi seluruh civitas akademika.

Upaya mewujudkan pembelajaran yang efektif sangat tergantung kepada bagaimana guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran, serta dapat memilih strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran.

Pengantar Bimbingan Dan Konseling Pendekatan Qur’ani: Dalam Berbagai Kekhasan Setting Kehidupan

Berbeda dengan nabi dan rasul sebelumnya yang menerima mukjizat berupa obyek dan material berkaitan dengan trend peradaban dan kebudayaan yang dibatasi waktu, maka kemukjizatan Muhammad Saw adalah kitab suci Al Qur’an itu sendiri. Dalam kurun waktu yang lama semenjak kitab ini diturunkan bahkan setelah wafatnya Sang Nabi, Al Qur’an menjadi topik yang menghangat dan memiliki kemulian yang masih mencengangkan para pakar dari berbagai disiplin ilmu dan dari berbagai bangsa dan agama. Semakin berkembang hingga dasawarsa terakhir ini menjadi telaah keilmuan yang meluas, bukan hanya perspektif agama, tetapi di dalam kitab ini juga berbicara banyak ilmu pengetahuan dan teknologi sampai seni. Sungguh berbangga hatilah mereka yang memiliki keimanan yang tulus sehingga memiliki kalimat yang sama sebagaimana disebutkan dalam firman Allah. Salah satu perhatian ayat-ayat Al Qur’an yang tidak dapat dilewatkan adalah kajian kejiwaan dan gejala kejiwaan (psikis). Seperti yang tertera pada pada firman Allah Swt dalam Al Qur’an pada surah Yunus ayat 57: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman” (QS. Yunus [10]: 57). Telaah pada ayat tersebut mengisyaratkan keberadaan bimbingan dan konseling telah lama disebutkan dalam Al Qur’an. Hal ini juga menunjukkan bahwa permasalahan psikologis dan upaya terapi dalam proses konseling sudah mendapat perhatian secara khusus mendalam. Buku yang hadir ditangan pembaca ini pengantar awal dalam serangkaian upaya membingkai puzzle berserak di dalam Al Qur’an pelaksanaan bimbingan dan konseling berdasarkan pendekatan Al Qur’an, yang tentunya bisa dilaksanakan dalam berbagai setting kehidupan. Tentu sudah banyak buku sejenis yang membahas hal serupa, tetapi menelaah pelaksanaan bimbingan dan konseling berdasarkan ayat-ayat Al Qur’an tentu saja merupakan hal yang berbeda. Kepada para pembaca dan pemerhati kami mengucapkan selamat membaca dan menjelajahi isi buku ini....... Pengantar Bimbingan Dan Konseling Pendekatan Qur’ani: Dalam Berbagai Kekhasan Setting Kehidupan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Ahman (1998: 121-123) menggambarkan sejumlah gambaran strategis yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan bimbingan dan konseling pada SD/MI yakni ...

Model-Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasional

Pendidikan vokasional merupakan salah satu jenis pendidikan yang memiliki tujuan untuk menyiapkan peserta didik/pembelajar menjadi calon tenaga kerja dan siap bersaing dalam pasar kerja. Lembaga pendidikan, termasuk pendidikan vokasional, tidak hanya menyiapkan lulusan yang terdidik semata, tetapi juga telah terlatih dan terampil dalam kompetensi/bidang keahlian tertentu. Oleh karena itu, pendidikan vokasional sebagai bentuk pendidikan untuk bekerja (education-for-work) terus berupaya meningkatkan kapabilitas lulusan guna menyediakan calon tenaga terampil dengan kuantitas dan kualitas sesuai permintaan yang dibutuhkan di pasar kerja (demand driven). Selain itu, kompetensi yang harus dimiliki lulusan harus senantiasa diselaraskan dengan harapan pasar kerja (competency based) sehingga transisi dari masa persekolahan menuju masa bekerja (school-to-work transition) berlangsung lebih cepat dan mulus.

Pendidikan vokasional merupakan salah satu jenis pendidikan yang memiliki tujuan untuk menyiapkan peserta didik/pembelajar menjadi calon tenaga kerja dan siap bersaing dalam pasar kerja.

Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring (Sebuah Model Konseptual)

Pendidikan karakter merupakan salah satu tujuan utama pendidikan di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan serta peluang pemanfaatannya di dunia pendidikan, diperlukan adanya adaptasi dalam pelaksanaan pembelajaran karakter, khususnya dalam pembelajaran daring. Oleh karena itu, dibutuhkan konsep yang jelas agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal. Namun penelitian terdahulu, belum ditemukan adanya model pendidikan karakter melalui pembelajaran daring yang dapat dijadikan acuan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual pendidikan karakter melalui pembelajaran daring yang mencakup metode dan strategi yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan pokok bahasan, serta sistem sosial, prinsip reaksi, sintaks, bahan dan alat yang dibutuhkan, serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif dengan mengkombinasikan Social Cognitive Theory (SCT), Komponen Karakter Lickona (KKL), dan framework TPACK untuk membantu penyusunan model. Penelitian ini merupakan penelitian konseptual dengan tipe model dengan menerapkan multi method qualitative dalam pengumpulan datanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dan Focus Group Discussion (FGD). SLR dilakukan dengan cara mencari, menyeleksi, dan mengkaji penelitian-penelitian terdahulu yang relevan, sedangkan FGD dilakukan sebanyak 3 kali (31 Januari 2021 – 14 Februari 2021) yang melibatkan 18 guru Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti atau Diniyah dari berbagai lembaga pendidikan di Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan 123 referensi penelitian yang relevan dan pengumpulan data dari FGD, dilakukan triangulasi data dan ditemukan 45 kegiatan pembelajaran yang dipetakan menjadi metode dan strategi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran daring.Penelitian ini menemukan bahwa metode dan strategi pada pendidikan karakter membutuhkan kesesuaian dengan KI/KD mapel PAI & BP SMP berdasarkan karakteristik KKL masing-masing. Implementasi metode dan strategi dalam pembelajaran daring disesuaikan dengan tipe aplikasi utama yang akan digunakan. Sistem pendukung lainnya disesuaikan dengan tipe aplikasi utama, metode dan strategi tersebut. Dalam sintaks pembelajarannya perlu diperhatikan sintaks sosial dan prinsip reaksi yang telah disusun dan ditetapkan oleh sekolah. Integrasi dan operasionalisasi dari prosedur tersebut direpresentasikan dengan model konseptual yang diajukan dalam penelitian ini, serta desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran khusus untuk pembelajaran daring (RPP Daring) yang dilengkapi dengan cara pengisiannya.

Pembahasan tentang karakter pada penelitian ini dilakukan dengan mengimplementasikan Teori Komponen Karakter oleh Lickona. Pengimplementasian Komponen Karakter oleh dibatasi berdasarkan pada karakteristik seluruh konten atau pokok ...

Tes Kemampuan IQ dan Kecerdasan Intelegensi SD

Kumpulan Soal-soal untuk meningkatkan kinerja dan Daya pikir Otak serta mengukur setinggi apa IQ-mu

Tes IQ adalah tes untuk mengetahui kemampuan seseorang mengacu pada kognitif, kondisi emosional, minat, bakat, karakter, intelegensi, kreativitas, kecermatan, ketelitian, Meningkatkan Kinerja dan Daya Pikir Otakmu. Di dalam buku ini otak Anak akan terus di latih untuk terus berpikir dan fokus. Karena di setiap soal membutuhkan konsentrasi ekstra. Dari itulah buku yang diterbitkan KATA ALVABET ini dapat di susun. Melalui Buku inilah kemampuan anda dapat teruji. Maka tidak salah lagi, buku inilah yang harus menjadi pegangan anda. -Lembar Langit Indonesia Group-

Kalimat majemuk beningkat di atas memiliki kalimat pengganti .... subjek predikat objek keterangan 22. Secara bergantian, kalian masuklah ke dalam satu per ...

Akselerasi Berpikir Ekstraordinari Merdeka Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Era Pandemi Covid-19

Pengalaman empiris para penulis sebagai guru atau dosen bidang keolahragaan di era Pandemi Covid-19, bersamaan dengan kemajuan teknologi digital dan program Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Nadiem Makarim tentang merdeka belajar dan guru penggerak perubahan, memperkaya penulis untuk mengungkap pengalaman empirik yang unik karena kondisinya saat ini diluar dari kebiasaan. Pengalaman empirik tersebut dijabarkan dalam berbagai topik yang menarik dan enak dibaca dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, dan berdaya saing tinggi menuju Indonesia emas 2045. Pandemi Covid-19 secara sadar mengubah pikiran manusia untuk selalu care menjaga kesehatan pribadinya. Penyebaran virus corona yang demikian dahsyat sangat mungkin setiap orang tertular terutama yang imunnya rendah yang disebabkan karena beberapa faktor antara lain; usia lanjut, sakit penyakit bawaan, hubungan antar manusia yang kurang peduli dengan protap kesehatan, lingkungan yang kurang sehat, tubuh yang tidak sehat dan bugar dan lain-lain. Kondisi tubuh sehat dan bugar tentu menjadi dambaan setiap insan manusia tanpa terkecuali, dan kondisi ini sesuai dengan capaian target belajar pendidikan olahraga.

Pengalaman empiris para penulis sebagai guru atau dosen bidang keolahragaan di era Pandemi Covid-19, bersamaan dengan kemajuan teknologi digital dan program Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Nadiem ...

TEACHING FROM HOME: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar

Buku dengan judul: “TEACHING FROM HOM: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar” ditulis secara kolaborasi dengan pemikiran masing-masing penulis. Dalam buku ini dibahas, strategi, tantangan, harapan dari beberapa dosen serta aplikasi apa saja yang digunakan disaat mengajar dari rumah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan “Merdeka Belajar” adalah kemerdekaan berpikir. Kampus/ Sekolah dipacu untuk melakukan proses adaptasi.

Ruang publik di era digital menyuguhkan nilai-nilai yang mencerminkan ... Tidak dapat dielakkan bahwasanya pembelajaran dalam jaringan “daring” mulai banyak ...

28 Cara Senang Belajar Matematika

Kumpulan Karya Ilmiah Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar

Kumpulan makalah yang berisi pengembangan konsep, media, metode, dan inovasi pembelajaran matematika untuk guru SD, SMP, dan SMA. Siswa pun mampu memahami matematika dengan mudah.

Saran Di era digital seperti saat ini, kemajuan teknologi yang sangat pesat ... pembelajaran atau alat bantu untuk menunjang jalannya proses pembelajaran di ...