Sebanyak 385 item atau buku ditemukan

KONVERSI ENERGI: MANAJEMEN, PRINSIP, DAN APLIKASI

Buku ini disusun sebagai buku teks untuk perkuliahan dasar konversi energi. Buku ini juga disesuaikan sebagai referensi bagi para profesional yang bekerja pada bidang manajemen dan konversi energi. Pembaca diasumsikan memiliki pengetahuan dasar tentang termodinamika, perpindahan panas dan massa, sistem listrik dan elektronika daya, serta dasar pemrogaman komputer. Sistematika penulisan buku ini terdiri dari 20 bab yang dapat dikelompokkan sebagai berikut: Bab 1-4: Membahas prisip umum transformasi energi, manajemen energi, dan sumber energi terbarukan. Bagian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum pada pembaca tentang konversi dan manajemen energi, dari sumber energi hingga pengguna energi. Bab 5 dan 6: Membahas tentang gardu listrik dan pembangkit listrik tenaga uap. Keduanya diinvestigasi dan disediakan saran peningkatan efisiensinya. Bab 7 dan 8: Membahas jaringan listrik internal dan sistem distribusi fluida dari fasilitas ke pengguna akhir. Bab 9: Membahas pembangkit kogenerasi dan trigenerasi. Bab 10 dan 11: Membahas fasilitas pabrik untuk memindahkan cairan seperti pompa, kipas, dan kompresor. Bab 12-14: Membahas fasilitas pabrik seperti pendingin, sistem HVAC, dan sistem pencahayaan. Bab 15: Membahas pemulihan panas dari proses dan fasilitas penukar panas. Bab 16: Membahas pengelolaan limbah dari proses dan fasilitas penukar panas. Bab 17: Membahas audit energi, penghitungan energi untuk kontrol dan perencanaan, dan kontrol terpusat. Bab 18: Membahas peran pendidikan dalam konversi dan manajemen energi. Bab 19: Membahas analisis ekonomi untuk investasi hemat energi. Bab 20: Memberikan kesimpulan, rumus dasar, data, dan indeks kinerja utama/key performance index (KPI). Contoh praktis diberikan untuk kasus dasar. terutama untuk bagian fasilitas. Kasus dasar yang disajikan dapat dengan mudah dikembangkan untuk aplikasi yang lebih rumit, termasuk pada sistem proses. Evaluasi teknis dikembangkan untuk aplikasi yang lebih rumit, termasuk pada sistem proses. Evaluasi teknis ditunjukkan pada akhir setiap bab. Tabel yang disajikan pada buku ini diirancang untuk memfasilitasi elaborasi data dengan lembar kerja standar.

Buku ini disusun sebagai buku teks untuk perkuliahan dasar konversi energi.

Jejak Esai Ekonomi Politik

Ekonomi politik adalah suatu interdisiplin Ilmu antara ilmu ekonomi dan politik. Ilmu ekonomi secara fungsional, tak bisa sebagai ilmu ekonomi murni an sich. Oleh sebab itu, butuh pelaku dan kebijakan. Dalam kaitan demikianlah, ekonomi dan politik mengalami elaborasi, sebagai suatu ekonomi politik dalam mencapai tujuan-tujuan tertentu. Tujuan dari ekonomi politik, adalah untuk merespons berbagai fenomena ekonomi yang terjadi. Fenomena yang meniscayakan ekonomi dan politik yang saling berinteraksi. Saling membutuhkan. Ekonomi membutuhkan politik dan aktor sebagai suatu policy dan policy maker. Di antaranya (ekonomi dan politik) berlandaskan pada sikap metodologis individu, bahwa apakah suatu peristiwa itu sebagai suatu ekonomi murni atau suatu ekonomi politik. Sudah satu dekade lebih penulis melewati proses konkret ekonomi politik di pusaran pengambil kebijakan. Proses tersebut memberikan perspektif dan dinamika bagi penulis yang terdeskripsi dalam buku ini sebagai jejak narasi ekonomi politik.Kendatipun buku ini merupakan antologi dari berbagai refleksi penulis di media mainstream dan lini masa, namun kondisi objektif yang direfleksikan secara keseluruhan, menggambarkan corak ekonomi politik dengan ulasan yang beragam. Dengan harapan, pembaca bisa menangkap maksud buku ini dari berbagai sisi peristiwa. Jejak Esai Ekonomi Politik ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Dengan harapan, pembaca bisa menangkap maksud buku ini dari berbagai sisi peristiwa. Jejak Esai Ekonomi Politik ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Mengembangkan Kreativitas

Pengalaman Hidup 10 Tokoh Kreativitas Indonesia

Cuplikan pengalaman hidup / Emil Salim Pengalaman hidup dengan kreativitas / S.C. Utami Munandar Pengembangan kreativitas sepanjang masa / Conny Semiawan Kreativitas dalam kehidupan pribadi / Toety Herati Noerhadi Rangsangan, tantangan, dan peluang, kaitannya dengan kreativitas / A.S. Munandar Peran kreativitas dan inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat / Boen Setiawan Selalu ada cerah / Ieda Poernomo Sigit Sidi Membangun kedamaian, menjaga keharmonisan, sebuah cerita perjalanan / Drs. Nugroho Pada mulanya adalah gagasan / Bambang Utomo Kreativitas dan pengalaman hidup saya / Seto Mulyadi.

Cuplikan pengalaman hidup / Emil Salim Pengalaman hidup dengan kreativitas / S.C. Utami Munandar Pengembangan kreativitas sepanjang masa / Conny Semiawan Kreativitas dalam kehidupan pribadi / Toety Herati Noerhadi Rangsangan, tantangan, dan ...

EC Research Funding

A Guide for Applicants

2.1 ESPRIT II European Strategic Programme for Research and development in Information Technologies Information ... artificial intelligence and cognitive science , the application of solid state physics to IT , advanced systems design ...

Dari Semar ke sufi

kesalehan multikultural sebagai solusi Islam di tengah tragedi keagamaan umat manusia

Cultural and religious values as solution approach to social problems in Indonesia; collected articles from Islamic viewpoints.

Cultural and religious values as solution approach to social problems in Indonesia; collected articles from Islamic viewpoints.

PAI dan Budi Pekerti Untuk Kelas X

Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, efektif, produktif, dan menyenangkan, dengan tetap mengacu kepada tujuan Pendidikan Nasional merupakan arah dan tujuan pembelajaran. Hal ini maksudnya adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab (Pasal 3 UU Sisdiknas 2003), hal ini juga merupakan bagian dari kebijakan penyusunan Kurikulum 2013.

Guru dan para pendidik seperti ini, akan siap memproses pembelajaran melalui model pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik (student centered instruction), peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran (active learning) dan ...