Sebanyak 620 item atau buku ditemukan

Menyemai Benih Teknologi Pendidikan

Buku ini merupakan kumpulan tulisan pilihan dari 600 karya ilmiah sepanjang pengbdian hidup Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc. Buku ini menghadirkan berbagai aspek teknologi pendidikan sebagai sebuah disiplin keilmuan yang independen, mulai dari teori hingga aplikasi, danÑyang paling pentingÑproses pensinergian teori pendidikan murni dengan kecanggihan teknologi dalam aplikasinya di dunia nyata. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Pengembangan Kelembagaan Teknologi Pendidikan undangan yang berlaku pada pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi, pendidikan luar sekolah, pendidikan kedinasan, pendidikan keagamaan, dan pendidikan berkelanjutan.

Otonomi & Manajemen Keuangan Daerah

Edisi Terbaru

Buku Otonomi & Manajemen Keuangan Daerah Edisi Terbaru 2018 ini merupakan evolusi edisi sebelumnya dengan berbagai update dan penambahan konten yang substansial untuk menjaga relevansinya dengan kondisi saat ini. Dalam edisi terbaru ini, dibahas esensi manajemen keuangan pemerintah daerah dalam bingkai otonomi daerah dan desentralisasi fiskal. Paradigma baru manajemen keuangan sektor publik seperti good governance, value for money, dan economic inclusiveness, dibahas secara lebih mendalam sebagai pedoman bagi pemerintahan daerah dalam mengelola keuangan daerah sebagaimana yang seharusnya. Dengan demikian, diharapkan desentralisasi fiskal dan otonomi daerah benar-benar dapat menjadi alat yang ampuh untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. Buku ini merupakan kristalisasi pemikiran dari sumber-sumber yang kredibel dan pengalaman penulis selama berkarir sebagai akademisi dan birokrat sehingga cocok digunakan sebagai bahan pembelajaran, diskusi, dan referensi untuk mendalami isu otonomi daerah dan manajemen keuangan daerah di Indonesia.

18) tidak hanya menyinggung mengenai konsep akuntabilitas publik, tetapi juga konsep akuntabilitas manajerial. ... 19) menggambarkan hal ini sebagai “rangkaian hubungan pelaporan”, melalui staf pemerintah daerah kepada atasannya, ...

MANAJEMEN KEUANGAN PUBLIK

Mengapa buku ini layak dibaca.. Buku ini dibagi ke dalam sembilan bab, menawarkan metode pengajaran yang baru bagi perkembangan Manajemen Keuangan Publik di Indonesia. Sistem Pembelajaran. Dirancang untuk meningkatkan minat pembaca dan membuat teks tersebut mudah untuk dibaca dan dipahami. Beberapa keistimewaan dalam buku ini kami sebut sebagai Inovasi Pedagogik yang terdapat dalam setiap bab, antara lain tujuan instruksional umum, tujuan instruksional khusus, deskripsi bab beserta bab sebelum dan sesudahnya; realitas terkait topik, tinjauan bab, kutipan penjelas atau data pendukung dalam paragraf, materi inti, serta penyajian halaman yang menarik. Esai dan Problema. Disertai dengan esai yang berbentuk soal uraian dan permasalahan dalam bentuk pilihan berganda yang disajikan secara komprehensif sebagai poin kritis untuk memastikan bahwa pembaca memahami isi buku. Studi Kasus. Disajikan fenomena fakta-fakta yang ada di Indonesia. Pembaca diharapkan bisa memecahkan perma- salahan yang ada terkait organisasi sektor publik. Pemikiran Kritis. Teks dalam buku ini menyajikan banyak kasus, dan, masalah terkait tata kelola keuangan publik untuk meningkatkan keahlian berpikir kritis.

manusia harus memiliki hak milik pribadi yang aman, sistem hukum yang tidak memihak, dan penyediaan layanan publik yang menyediakan lapangan permainan (ruang) yang setara di mana orang dapat bertukar dan membuat kontrak.

MANAJEMEN KEUNGAN SEKOLAH

Konsep Prinsip dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah

Upaya peningkatan mutu pendidikan perlu didukung dengan kemampuan manajerial para pengelola pendidikan, hendaknya berupaya untuk mendayagunakan sumber-sumber manajemen, baik personal maupun material, secara efektif danefisien guna menunjang tercapainya tujuan lembaga pendidikan secara optimal. Manajemen pendidikan efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk mengoperasikan sekolah, kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik limkungan pendidikan, kemampuan dan commitment (tanggung jawab terhadap tugas) pendidik dan tenaga kependidikan yang handal. Kesemuanya itu perlu dukung dengan sarana-prasarana yang memadai, dana yang cukup untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya, serta partisipasi masyarakat yang tinggi. Bila salah satu hal diatas tidak sesuai dengan yang diharapkan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka efektivitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan (sekolah/madrasah) kurang optimal. Dengan demikian diperlukan adanya keseimbangan antara komponen-komponen di atas. Untuk mencapai keseimbangan tersebut, di perlukan sumberdaya manusia (SDM) profesinal yang mampu memahami prinsip-prinsip dan aplikasinya dalam pegelolaan keuangan. Oleh karena itu perlu dikelola dengan efektif dan efisien agar membantu pencapaian tujuan pendidikan. Untuk itu, kajian tentang pengelolaan keuangan di lingkungan pendidikan dibahas tuntas dalam mata kuliah Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan hadir, untuk memahami dan mendalami mata kuliah ini dengan tuntas dan mendalam. Buku refen ”manajemen keuangan pendidikan” ini menjadi salah satu alternatif pendukungnya. Dalam konteks itulah buku “Manajemen Keuangan Pendidikan” Revisi ke IV ini, melalui penyesuaian kekinian, disajikan guna membantu para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya dalam rangka memehami konsep manajemen keuangan pendidikan, serta melakukannya secara efektif dan efisien dalam rangka membangun mutu sekolah/madrasah yang efektif yang dapat mengahasilkan lulusan bermutu dan ber-kualitas, sesuai dengan tuntutan pembangunan dan perkembangan zaman. Buku ini ditulis berdasarkan kebutuhan para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya yang terungkap dalam berbagai pertemuan diskusi, seminar, lokakarya dilingkungan Kementerian Pendidkan Kebudayaan (Kemendikbud), serta Kementerian Agama (Kemenag). Secara lebih khusus, buku ini ditujukan untuk para mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 program manajemen pendidikan. Buku ini berupaya memformulasikan suatu konsep dan cara praktis berbasis pengalaman, bagi para mahasiswa, guru, dan kepala sekolah/madrasah beserta tenaga kependidikan lainnya dalam megelola keuangan pendidikan. Pemaparananya dimulai dengan Wawasan Pengembangan Mananajemen Keuangan, Konsep dasar manajem keuangan pendidikan, kemudian berturut-turut perencanaan keuangan, pelaksanaan, pengawasan, pelaporan dan pertanggungjawaban keunagan, pada tiap bab dilengkapi model implemtasinya yang sarat pengalaman. Penulis berharap, kehadiran buku revisi ke IV ini, dapat memberikan inspirasi dan urun rembuk, pada pemecahan, mencerdaskan, dan menjadi solusi terhadap berbagai permasalahan manajemen tenaga pendidikan. Semoga buku ini bermanfaat bagi kepentingan umat dan mendapat ridlo Allah SWT., Amin.

Upaya peningkatan mutu pendidikan perlu didukung dengan kemampuan manajerial para pengelola pendidikan, hendaknya berupaya untuk mendayagunakan sumber-sumber manajemen, baik personal maupun material, secara efektif danefisien guna menunjang ...

MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

Filosofi, Konsep, dan Aplikasi

Berapa banyak sekolah-sekolah yang tidak dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara optimal, hanya masalah keuangan, baik untuk menggaji guru maupun untuk mengadakan sarana dan prasarana pembelajaran. Dalam kaitan ini, meskipun tuntutan reformasi pendidikan yang murah dan berkualitas, namun pendidikan yang berkualitas senantiasa memerlukan dana yang memadai. Dalam falsafah jawa dikenal dengan Jer Basuki Mawa Beya,. Proses pendidikan tidak dapat berjalan tanpa dukungan biaya, karena segala kegiatan yang dilakukan sekolah perlu dana. Hampir dapat dipastikan bahwa proses pendidikan tidak dapat berjalan tanpa dukungan biaya yang memadai. Implikasi diberlakukannya kebijakan desentralisasi pendidikan, membuat para pengambil keputusan sering kali mengalami kesulitan dalam meminij dan mendapatkan referensi tentang komponen pembiayaan pendidikan. Kebutuhan tersebut dirasakan semakin mendesak sejak dimulainya pelaksanaan otonomi daerah yang juga menutut semua bidang kehidupan tidak terkecuali bidang pendidikan harus transparansi, akutabel, efektif dan efisien, terutama dalam pengelolaan biaya. Buku Manajemen Pembiayaan Pendidikan ini, hadir sebagai buku ajar memberi pemahaman, pendalalam, dan pengaplikasian pembiayaan pendidikan. Pembahasan yang singkat, padat, jelas, dan disertai berbagai ilustrasi gambar, serta model-model aplikasi pembiayaan pendidikan. Penyajiannya diawali dengan; Paradigma Pengelolaan Biaya Pendidikan, selanjutnya berturut-turut menyajikan; Konsep dan sistem manajemen pembiayaan pendidikan; Perencanaan anggaran biaya; Analisis sumber pembiayaan; Pengelolaan biaya investasi; biaya modal kerja; biaya operasional; Akutansi biaya pendidikan; Produksi dan funsi biaya; Analisis BEP; Evaluasi, pengawasan dan pertaggungjawaban. Pada bagian akhir dilengkapi dengan Model penguatan tatakelola biaya pendidikan menuju transparansi akutambilas biaya pendidikan. Buku ini dapat dijadikan referensi untuk bidang Manajemen pembiayaan pendidikan, khusunya bagi mahasiswa yang sedang mendalami Manajemen Pendidikan di S1-S2, mapun S3. Serta ditujukan pula untuk berbagai kalangan pembaca maupun kalangan umum yang tertarik dengan manajemen pembiayaan pendidikan.

Buku Manajemen Pembiayaan Pendidikan ini, hadir sebagai buku ajar memberi pemahaman, pendalalam, dan pengaplikasian pembiayaan pendidikan.

Manajemen Kepegawaian Sipil di Indonesia Edisi Kedua

Substansi utama isi buku ini antara lain memuat uraian permasalahan kepegawaian sipil di Indonesia, mulai dari sistem lama (terdahulu) hingga ke sistem yang terbaru—undang-undang kepegawaian sipil —yang mulai diberlakukan, perubahan paradigma pemerintahan, manajemen kepegawaian pemerintah, masalah kebijakan dan peraturan tentang pegawai negeri sipil, penataan birokrasi, dan proses manajemen kepegawaian sipil, serta alternatif solusi persoalan yang dihadapi dalam penataan dan pengelolaan kepegawaian sipil di Indonesia. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Staf Ahli Bidang Hukum Meneg PAN • Staf Ahli Bidang Kebijakan Publik • Staf Ahli Bidang Hubungan Staf ahli ... Asdep Urusan Komunikasi dan Informasi PAN Bidang Deputi Bidang Akuntabilitas Pelayanan Aparatur Publik Asdep Urusan Analisis ...

STRATEGI MANAJEMEN BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH

Kami menyambut gembira dengan terbitnya buku Strategi Manajemen Bank Syariah Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah, ditengah perkembangan perbankan syariah yang relatif baru, sehingga dibutuhkan pemikiran dan pengetahuan baru, agar dapat tumbuh secara berkelanjutan ditengah pesaingan perbankan yang semakin hari bertambah ketat. Ditulis oleh penulis praktisi selama 32 tahun lebih di dunia perbankan, dimulai dari Bank Dagang Negara (Bank Mandiri) selama 20 tahun lebih, LPEI 3 tahun dan BSM 9 tahun lebih dan sebagai akademisi, mudah dibaca dan dipahami karena fokus pada strategi meningkatkan loyalitas nasabah. Secara khusus dijelaskan bahwa untuk meningkatkan loyalitas nasabah terdapat tiga aspek utama yang perlu menjadi pehatian yaitu: bank image, brand image dan services quality, yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan serta fakto-faktor yang ada disetiap aspeknya. Pembahasannya diawali dengan manajemen pemasaran jasa, mengenal bank syariah, produk-produknya, perkembangan bank syariah di Indonesia, loyalitas nasabah, faktor-faktor pembentk loyalitas, strategi meningkatkan loyalitas dan ditambah dengan transformasi bank syariah di Indonesia.

Kami menyambut gembira dengan terbitnya buku Strategi Manajemen Bank Syariah Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah, ditengah perkembangan perbankan syariah yang relatif baru, sehingga dibutuhkan pemikiran dan pengetahuan baru, agar dapat ...

Islamic Quality Education Management

Permasalahan utama pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, mulai pendidikan dasar dan menengah, demikian pula pada taraf pendidikan tinggi. Untuk itu perlu dilakukan upaya agar dapat menyelenggarakan pendidikan bermutu, efektif, dan komprehensif sehingga dapat menghasilkan output atau SDM yang juga bermutu dan berdaya saing tinggi sesuai kebutuhan. Secara internal, sekolah memiliki perangkat, yaitu: guru, murid, kurikulum, sarana, dan prasarana. Dan secara eskternal sekolah memiliki dan akan selalu berhubungan dengan instansi lain baik secara vertikal maupun horizontal. Hendaknya diketahui bahwa dalam konteks pendidikan, sekolah memiliki stakeholder, seperti murid, guru, masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha. Oleh karena itu sekolah perlu dikelola secara profesional, sehingga dapat menghasilkan SDM yang bermutu, sesuai tuntutan dan kebutuhan semua pihak yang berkepentingan. Untuk itu, dalam memandang, memperbaiki, dan menyelesaikan permasalahan pendidikan, harus dimulai dari visi, kurikulum, mutu pengajar, sarana dan prasarana, hingga peserta didik. Melalui buku Islamic Quality Education Management ini penulis memberikan solusi bagaimana caranya mengelola pendidikan bermutu, sehingga dapat melahirkan insan bermutu sesuai tuntutan stakeholder, agama, dan akhirnya dapat berfaedah bagi masyarakat, nusa, dan bangsa.

Dengan e-learning, kita tidak hanya memperkenalkan teknologi baru untuk pembelajaran, tetapi kita juga memperkenalkan cara baru untuk berpikir tentang pembelajaran. Banyak usaha pada penggunaan teknologi untuk pembelajaran tidak dapat ...

Memahami Al-Qur'an di masa post truth

Buku ini menunjukkan hasil pembacaan Al-Qur’an dalam berbagai perspektif. Mulai perspektif inderawi artinya Al-Qur’an dibaca dengan hanya melibatkan mata yakni membaca huruf demi huruf Al-Qur’an. Atau, dengan perspektif rasional-akademik yaitu dibaca dengan kritis, apa, bagaimana, di mana, untuk apa, dan kepada siapa, serta konteks ayat-ayat itu diturunkan. Dapat juga dibaca dalam perspektif emotional heart, yaitu dengan melibatkan emosi pembacanya. Dan, bisa pula dibaca dalam perspektif spiritual heart, yaitu menggunakan “mata Tuhan” di dalam membaca ayat atau dengan “telinga Tuhan” di dalam mendengarkan bacaan Al-Qur’an. Al-Qur’an bisa memberikan kepuasan kepada seluruh lapisan masyarakat pembacanya, mulai dari masyarakat awam sampai kepada kelompok khawâsh al-khawâsh. Dan bacaan paling tinggi nilainya adalah dengan perspektif spiritual heart, karena si pembaca mampu memahami seperti apa sesungguhnya yang dimaksud Tuhan dalam setiap ayat Al-Qur’an. Pembaca tidak hanya melibatkan indera, otak atau pikiran, dan perasaannya, tetapi sudah mampu menghayati lebih mendalam makna ayat demi ayat, bahkan huruf-hurufnya.

Buku ini menunjukkan hasil pembacaan Al-Qur’an dalam berbagai perspektif.

Panduan Praktis Penggunaan Media dalam Bimbingan Konseling

Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pan­du­an dalam menyusun media bimbingan dan konseling guna me­nun­jang proses kegiatan layanan bimbingan konseling. Media bimbingan dan konseling merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan bimbingan dan konseling yang me­­rangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan seorang sis­­wa atau konseli untuk memahami, membimbing, dan mengambil ke­putusan tentang masalah yang dihadapi.

Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pan­du­an dalam menyusun media bimbingan dan konseling guna me­nun­jang proses kegiatan layanan bimbingan konseling.