Sebanyak 353 item atau buku ditemukan

Pengembangan Afektif dalam Pembelajaran PAI

Seri Antologi Pendidikan Islam

Buku digital ini berjudul "Pengembangan Afektif dalam Pembelajaran PAI", merupakan tulisan yang berisi tentang "Pendidikan Agama Islam" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan agama Islam yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga konten yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran bagi siapapun juga.

Buku digital ini berjudul "Pengembangan Afektif dalam Pembelajaran PAI", merupakan tulisan yang berisi tentang "Pendidikan Agama Islam" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca.

FIQIH IBADAH

Buku ini adalah buku lanjutan yang sejalan dengan buku tulisan pertama penulis yang berjudul Kitabuttauhid “Esa”-kanlah “Aku”. Dalam sejarahnya, untuk membentuk sebuah generasi rabbani, yang berpegang teguh di atas al-Qur'an dan Sunnah, yang pertama kali dilakukan oleh Rasulullah adalah menanamkan nilai-nilai tauhid yang lurus kepada ummat manusia, dan ini merupakan sebuah kewajiban bagi setiap kaum muslimin. Bila pendidikan tauhid telah berhasil dilakukan, maka barulah diajarkan kepadanya pendidikan ubudiyah (ibadah) dan inilah yang akan dikupas dalam kitab ini. Dalam ilmu tauhid, hal ini disebut dengan Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah. Artinya, setelah tertanam dalam benak mereka tentang keharusannya mentauhidkan Allah dalam hal Rububiyah, maka wajib baginya untuk mentauhidkan Allah dalam hal Uluhiyah atau Ubudiyah. Buku ini terdiri dari 11 bab, yaitu: (1) Cara Memahami Ilmu Fiqih, (2) Sunnah-Sunnah Fitrah, (3) Najis dan Cara Menyucikannya, (4) Berwudlu, Khuf, dan Tayamum, (5) Adab Buang Hajat dan Mandi Wajib, (6) Sholat Fardhu, (7) Sholat Sunnah, (8) Pembahasan Seputar Zakat, (9) Ash-Shiyam (Puasa Ramadhan), (10) Puasa Sunnah, (11) Haji dan 'Umrah.

Buku ini adalah buku lanjutan yang sejalan dengan buku tulisan pertama penulis yang berjudul Kitabuttauhid “Esa”-kanlah “Aku”.

MANAJEMEN STRATEGIK (sebuah kajian dalam Pendidikan Islam)

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya. Dengan karya-karya semacam ini, yang tergabung dalam sistem keilmuan program studi MPI, kita dapat berharap secara bertahap stigma terhadap LPI sebagai lembaga pendidikan “yang tahan hidup, banyak masalah, dan tidak maju” itu dapat kita atasi.

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya.

EKONOMI PEMBANGUNAN TEORI DAN APLIKASI

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat, hidayah dan kasih sayangnya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan buku “EKONOMI PEMBANGUNAN: Teori dan Aplikasi”. Buku ini telah kami susun dengan semaksimal mungkin dan mendapatkan bantuan dan pertolongan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar dalam proses pembuatan buku ini. Untuk itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan terlibat dalam pembuatan buku ini. Terlepas dari semua itu, kami tentunya menyadari sepenuhnya bahwa masih terdapat banyak kekurangan, baik dari segi susunan kalimat ataupun kaidah penulisan. Oleh karena itu, kami dengan tangan terbuka menerima segala saran serta kritik dari para pembaca sehingga kami dapat memperbaiki buku ini. Demikian yang dapat kami sampaikan, akhir kata kami berharap semoga buku ini dapat memberikan manfaat maupun inspirasi bagi pembaca.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam kajian ekonomi Islam, persoalan pertumbuhan ekonomi telah menjadi perhatian ... (economic growth) merupakan bagian terpenting dalam kebijakan ekonomi di negara maupun sistem ekonomi manapun.

Nilai-Nilai Karakter Sunda

Indonesia kaya dengan sumber nilai pembentuk karakter bangsa, diantaranya: agama, budaya dan falsafah negara dan tujuan pendidikan nasional. Nilai budaya dalam bentuk kearifan lokal (local wisdom) dapat digali dari berbagai etnis di Indonesia. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk, multietnis dan multikultur yang telah berkontribusi positif dalam pembentukan karakter bangsa. Seperti diungkapkan oleh Chaedar Alwasilah (2009) Masyarakat adat secara keseluruhan telah mampu menyelenggarakan pendidikan yang tangguh dan bisa menangkal ekses negatif dari budaya global.

Indonesia kaya dengan sumber nilai pembentuk karakter bangsa, diantaranya: agama, budaya dan falsafah negara dan tujuan pendidikan nasional.

PENDIDIKAN KARAKTER

Buku ini tersusun dalam beberapa bagian, sebagai berikut : Bab 1 : Konsep Dasar Pendidikan Karakter Bab 2 : Pendidikan Karakter Berbasis Agama Bab 3 : Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Bab 4 : Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Bab 5 : Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Bab 6 : Pendidikan Karakterdi Pondok Pesantren: Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Arqom Garut Bab 7 : Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Bab 8 : Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Bab 9 : Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus: Studi Kasus di SLB Negeri Garut Kota Bab 10 : Pendidikan Karakter Era Milenial

Buku ini tersusun dalam beberapa bagian, sebagai berikut : Bab 1 : Konsep Dasar Pendidikan Karakter Bab 2 : Pendidikan Karakter Berbasis Agama Bab 3 : Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Bab 4 : Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Bab 5 ...

Evaluasi Pembelajaran

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Evaluasi Pembelajaran, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang dengan detail, melainkan contoh soal yang sesuai dengan aplikasi dan mudah dipahami. Sistematika buku ini dengan judul “Evaluasi Pembelajaran” mengacu pada konsep dan contoh soal pembahasan. Buku ini terdiri atas 10 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar Evaluasi Pembelajaran untuk para pendidik diantaranya: Konsep Pengukuran, penilaian dan evaluasi, Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran, Acuan dan Aspek hasil belajar, mendeskriptifkan penilaian tes dan non tes, analisis teoritis, validitas soal secara manual, excel dan SPSS, Reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal, penilaian keterampilan, mengolah hasil tes, prosedur administrasi dan pelaopran hasil pengukuran dan penilaian, kompetensi guru dalam pengukuran dan penilaian Pendidikan.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Evaluasi Pembelajaran, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi ...